BAB 10 DATA NETWORKING AND INTERNET APPLICATIONS

MAKALAH

Oleh: ADI HERIYADI (102070XX) EVA HARJA TRISWANA (10207100) DEPEMA GINTING (10207103) ASTRID DARMAWAN (10207104) REZA PERMANA PUTRA (10207126)

JURUSAN TEKNIK KOMPUTER FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2011

10.1 Aplikasi computer dan jaringan data: protokol application layer Application layer Application Layer, Layer tujuh, adalah lapisan paling atas baik di OSI maupun di TCP/ IP model. Application layer adalah lapisan yang menyediakan interface antara aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi dan jaringan yang mendasarinya di mana pesan akan dikirim. Protokol Application Layer digunakan untuk pertukaran data antara program yang berjalan pada source dan host tujuan. Ada banyak protokol Application Layer dan protokol terus dikembangkan. Application layer berada pada ujung protocol stack TCP/IP. Application layer pada TCP/IP adalah kumpulan dari beberapa komponen software yang mengirim dan menerima informasi dari port TCP dan UDP. Beberapa komponen pada application layer hanya sebagai alat untuk pengumpul informasi konfigurasi network dan beberapa lainnya boleh jadi adalah sebuah user interface atau Application Program Interface (API) yang mendukung desktop operating environment. Lapisan aplikasi berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS. Oleh sebab setiap lapisan memiliki tugas yang independen dari lapisan-lapisan lainnya, maka transparansi data akan terjamin. Sebagai contoh, semua jenis browser internet akan tetap digunakan, sekalipun media fisik yang digunakan berubah dari kabel tembaga menjadi sinyal radio misalnya Jadi protokol application layer (lapisan aplikasi) (OSI lapisan protokol 7) melakukan berbagai fungsi yang berguna untuk pengguna komputer dan programmer, termasuk: • • Transmisi perintah keyboard dari terminal komputer ke remote komputer Memungkinkan pengguna atau program komputer untuk mencari melalui atau perangkat cetak sistem file dari sebuah remote komputer dan transfer file ke atau dari “file server”

• •

Memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks dan file terlampir Memungkinkan penguna untuk mengirim suara, video atau data secara Dua yang pertama pada protokol application layer (lapisan aplikasi) - telnet

sebagai surat elektronik (email) realtime dari satu komputer ke komputer lain dan FTP (file transfer protocol) yang dikembangkan pada awal tahun 1980 sebagai bagian dari pengembangan asli ARPANET (ARPANET meletakkan dasar dari internet modern). Tujuannya adalah untuk memungkinkan 'berbagi file' antara AS dan komunitas komputasi dan 'mendorong penggunaan komputer remote'. Telnet dan FTP meletakkan dasar untuk jaringan komputer modern yang membangun sistem standar untuk representasi, pengajuan dan transfer data antara perangkat keras komputer dan sistem operasi yang berbeda desain dan pembuatan. Standard application layer protocols Gambar 10.1 mengilustrasikan jaringan komputer data pada awal 1980-an dan tuntutan utama ditempatkan atas mereka. Protokol yang kuat dan stabil pertama kali dirancang untuk fungsi-fungsi (Telnet dan FTP - file transfer protocol) tetap digunakan saat ini.

Gambar 10.1 tuntutan dasar protokol lapisan aplikasi awal.

2 protokol lapisan aplikasi umum dan protokol transportasi yang mendasarinya.Seperti Gambar 10. SSH (port TCP 22). diikuti oleh SMTP pada November 1981. Gambar 10. sedangkan FTP menggunakan TCP port 20 dan 21.bahkan meskipun angka rendah port TCP memungkiri konsepsi sebelumnya.2. Versi stabil FTP (file transfer protocol) tidak muncul sampai Oktober 1985 (RFC 959) . tapi terus harus diubah sampai versi stabil muncul Mei 1983 (RFC 854).RFC 783) muncul dalam versi stabil pada bulan Juni 1981 (TFTP versi 2).sebuah protokol yang digunakan untuk login . Pada saat yang sama di awal 1980-an protokol telnet dan FTP sedang dikembangkan. seperti juga ditunjukkan pada Gambar 10. seperti yang akan kita bahas secara rinci nanti dalam bab ini. TFTP (Trivial File Transfer Protocol . adalah 'versi modern dan aman dari telnet' . Bersama ini membentuk dasar modern berbasis IP jaringan komputer. telnet dan protokol transfer file (FTP) yang dirancang untuk menggunakan layanan transmisi data yang dapat diandalkan disediakan oleh kombinasi dari protokol kontrol transmisi dan protokol Internet (TCP/IP). komputer 'midrange'. Telnet menggunakan TCP port 23. sejumlah lain protokol lapisan aplikasi penting muncul.2 mengilustrasikan. FTP diadaptasi beberapa kali untuk mengakomodasi kebutuhan sistem operasi UNIX 'minicomputer'. Protokol telnet itu berkembang pada saat yang sama. 'server' dan 'workstation' yang muncul pada waktu yang sama.

Sementara itu sebuah "bank keseimbangan 'dapat didefinisikan dengan cara nomor rekening tersebut. Dunia komputasi berubah dalam 'semalam'. item. Tiba-tiba hampir setiap meja memiliki PC di atasnya. membuat untuk 'berbagi' data jauh lebih mudah. Hanya ada satu jalan ke depan . format file dan objek komputasi tersebut.suatu metode standar untuk menentukan informasi komputer.mereka membutuhkan sarana pemantauan dan manajemen. fungsi. presentasi grafis dari data dan transfer file yang cepat . pemilik.1) Sampai dengan 1981. Tapi pada tahun 1981 datang sebuah revolusi . Setiap jenis objek yang berbeda menggunakan format data standar untuk menggambarkannya (misalnya. Object-oriented application layer protocols and the abstract syntax notation 1(ASN. 'berbagi file'. file atau proses dengan cara standar yang programmer lain dengan mudah dapat menafsirkan dan menggunakan. koordinat lokasi dan warna objek.remote yang aman ke server.tetapi gaya pemrograman dan format data yang digunakan oleh para programmer individu yang dibuat ini hampir mustahil.komputer personal IBM. Ada tuntutan untuk 'data bersama'. sebuah lingkaran dapat didefinisikan dengan cara radius. file atau proses yang disebut objek.bersamaan dengan versi baru dari SMTP. fungsi. Setelah didefinisikan dengan cara ini. komputasi paling tetap sebagian besar berbasis teksmenggunakan teletypes dan terminal untuk mengakses remote 'timeshared' komputer mainframe. serta nilai-nilai data aktual yang dapat dengan mudah ditularkan dari satu program komputer ke komputer lain. Ini meletakkan dasar surat elektronik modern (email). Sementara itu. staf manajemen sistem komputer yang berjuang untuk mengelola perangkat jaringan area lokal. Pemrograman berorientasi objek memungkinkan programmer komputer untuk menentukan karakteristik data item yang nyata. router dan workstation yang telah muncul . Domain Name System (DNS) didefinisikan pada tahun 1984 . Pada tahun 1988. Pemrograman berorientasi objek komputer muncul. dan banyak orang lebih banyak menulis sendiri 'aplikasi' program. alamat) parameter definisi objek. untuk tujuan pemantauan dan kontrol pengelolaan jaringan .

690). X. Dalam bab ini kita akan mencakup prtokol berikut pada gilirannya: • • • Telnet File Transfer Protocol (FTP) Trivial File Transfer Protocol (TFTP) . kita akan meninjau teknik yang digunakan untuk membawa video dan suara-over-IP (VOIP) sinyal. kita akan menjelaskan penggunaan dan operasi protokol dari masing-masing secara rinci. Saat ini ada lebih dari 5000 port TCP dan UDP untuk protokol alokasi aplikasi yang berbeda.luas dan perangkat komputasi. Other modern application layer protocols Tuntutan paling baru dibuat pada jaringan data IP untuk transportasi sinyal multimedia. (ASN. Multimedia. ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi) dan ITU-T (International Telecommunication Union sektor telekomunikasi sebelumnya disebut CCITT) mendirikan satu set hirarki objek standar dan standar prosedur yang objek dapat didefinisikan lebih lanjut dan ditambahkan untuk mengatur.1 didefinisikan dalam ISO 8824-5 dan ITU-T rekomendasi X. sebagian besar yang telah didefinisikan dengan menggunakan ASN. Munculnya pemrograman komputer berorientasi objek memungkinkan pengembangan ASN. dan khususnya video 'real-time' dan voice-over-IP (VOIP).1 jauh lebih cepat dari berbagai perangkat lunak aplikasi yang berbeda dan layer aplikasi protokol komunikasi yang saling melengkapi. Kemudian dalam bab ini. protokol aplikasi yang paling modern dapat diuraikan.6803 dan X. Review of application layer protocols Karena pentingnya protokol lapisan aplikasi diilustrasikan dalam Gambar 10. Tetapi dengan pemahaman tentang ASN. dan khususnya akan menjelaskan aplikasi real-time protokol transport (RTP) dan aplikasi real-time transport protokol kontrol terkait (RTCP) yang digunakan untuk tujuan ini.208-9.1.2. diperlukan pengembangan baru untuk mengembangkan berbagai protokol lapisan aplikasi.1 dan kita bahkan tidak bisa menuliskan semuanya di sini. Bahasa untuk definisi objek disebut ASN. Akibatnya.1 (sintaks abstrak notasi satu).

Telnet terdiri dari kombinasi standar lapisan sesi.3).4 mengilustrasikan hubungan imajiner antara NVT virtual terminal dan printer virtual di salah satu arah komunikasi. Sebuah koneksi NVT mirip dengan Gambar 10.2 Telnet Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. Telnet menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) port 23. RTCP dan VOIP. Karena itu.3).4 . diterbitkan pada bulan Mei 1983. Versi saat ini dari protokol telnet didefinisikan dalam RFC 854.• • Secure Shell (SSH) Realtime application Transport Protocol (RTP). salah satu standar Internet pertama. 10. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan. meskipun sejumlah adaptasi dan ekstensi dari protokol telah diterbitkan kemudian. Sebuah sesi telnet menyediakan untuk koneksi komunikasi (pada TCP port 23) di seluruh jaringan TCP / IP antara sebuah terminal virtual (VT) dan perangkat remote seperti komputer mainframe (Gambar 10. Telnet dirancang untuk menyediakan 8-bit (byte) komunikasi dua arah berorientasi antara perangkat terminal komputer dan 'proses' sebuah komputer remote yang terkait. Para desainer dari protokol telnet dihadapkan dengan kebutuhan untuk mendefinisikan sebuah protokol yang memungkinkan koneksi dari remote terminal yang disediakan oleh salah satu produsen ke proses komputer (biasanya disebut kontrol komputer 'shell') yang berjalan pada komputer mainframe yang berbeda yang disediakan oleh produsen (Gambar 10. Gambar 10. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8. lapisan presentasi dan fungsi layer aplikasi protokol. Protokol telnet sendiri mengasumsikan bahwa ada terminal dan printer di kedua ujung koneksi. Masalah utama dalam definisi format umum di mana data dapat dipertukarkan. Konfigurasi ini disebut jaringan virtual terminal (NVT).

Setiap terminal virtual pertama menetapkan TCP (trans-misi control protokol) koneksi ke telnetd.5 mengilustrasikan fungsi protokol yang harus dilakukan oleh kedua terminal virtual (VT) dan server dari koneksi telnet berbasis UNIX. Server menjalankan program perangkat lunak yang disebut telnetd (telnet daemon) untuk menanggapi pengguna masuk yang ingin membangun koneksi telnet ke server. Jadi terminal nyata dari Gambar 10. Gambar 10.4 Jaringan-virtual terminal imajiner (NVT) hubungan komunikasi menggunakan protokol tel-net.3 bertindak baik sebagai virtual terminal (bila mengirim data) dan printer virtual (saat menerima data). Setelah itu. mengambil alih kendali telnetd dan memberikan . Gambar 10. Gambar 10.3 Tujuan utama dan penggunaan protokol telnet.adalah dibayangkan ada di kedua arah komunikasi lainnya.

Telnet dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan itu. Dalam 'jendela telnet' yang muncul pada PC atau workstation terminal virtual. Konten yang sebenarnya dan sintaks perintah-perintah Sistem operasi dan (misalnya. 'edit'. Setelah jaringan yang tersedia. atau koneksi. oneksi menggunakan Telnet disebut Virtual Terminal (vty) sesi. Alih-alih menggunakan perangkat fisik untuk terhubung ke server. pengguna melihat perintah dan tanggapan dari server jauh. . 'Mengeksekusi'. 'hapus'. Kedua protokol itu sendiri dan perangkat lunak client yang mengimplementasikan protokol yang sering disebut sebagai Telnet.pengguna terminal kesan menjadi terminal terhubung secara lokal (VT) ke host server UNIX jauh.5 Realisasi protokol telnet UNIX : terminal dan fungsi daemon telnet. atau mainframe. Telnet menggunakan perangkat lunak untuk membuat perangkat virtual yang menyediakan fitur yang sama dari sesi terminal dengan akses ke server antarmuka baris perintah (CLI). Telnet tanggal kembali ke awal 1970-an dan merupakan salah satu yang tertua dari protokol Application Layer dan layanan di TCP / IP suite. Gambar 10. orang membutuhkan cara akses jarak jauh ke sistem komputer dengan cara yang sama yang mereka lakukan dengan terminal langsung terpasang. Telnet menyediakan metode standar meniru perangkat terminal berbasis teks melalui jaringan data. dll) disebut shell.

FTP memungkinkan remote user (biasanya pengguna workstation UNIX) untuk mencari file melalui system remote file server (biasanya server UNIX) dan .5a Telnet Telnet adalah klien/server dan protokol ini menetapkan bagaimana sesi vty didirikan dan diberhentikan. Protocol dimaksudkan untuk menyediakan sarana yang dapat diandalkan dan efisien untuk transfer data: • The “sharing of files” dan • The “use of remote computers”. IAC mendefinisikan byte berikutnya sebagai perintah daripada teks.Gambar 10. serta perintah kontrol yang dapat ditempatkan selama sesi.3 FTP (File Transfer Protocol) FTP didefinisikan ke dalam RFC 959 (dikeluarkan pada Oktober 1985). Seperti namanya. Hal ini juga menyediakan sintaks dan urutan perintah yang digunakan untuk memulai sesi Telnet. Setiap perintah Telnet terdiri dari setidaknya dua byte. Byte pertama adalah karakter khusus yang disebut Tafsirkan sebagai Command (IAC) karakter. 10.

untuk memasukan. Sebuah proses transfer data (DTP) di setiap ujung (user dan server) koordinat komunikasi aktual melintasi sambungan data. Koneksi kontrol FTP menghubungkan user-PI (protocol interpreter) dengan serverPI (protocol interpreter) untuk tujuan pertukaran perintah dan balasan FTP. menghapus atau menyalin file ke direktori. workstation dan personal computer. . Sementara itu. FTP secara khusus dirancang untuk semua jenis komputer dan produsen. sistem dan file yang diizinkan untuk diakses. file yang akan ditransfer). Pada setiap titik waktu. mid-range komputer.6). Prinsip FTP Transfer file protocol (FTP) dapat digunakan untuk mengatur akses untuk pengguna FTP ke system remote file server (server FTP) (Gambar 10. dan • suatu data koneksi FTP (pada port TCP 20). Hal ini diterapkan pada mainframe. yaitu. pengguna dan / atau server DTPs baik aktif (saat mentransfer data pengguna) atau pasif (tidak mentransfer data). minicomputer. sambungan data yang digunakan untuk transfer data aktual pengguna (yaitu. Koneksi FTP sebenarnya terdiri dari dua koneksi yang terpisah: • kontrol koneksi FTP (pada TCP port 21). Kontrol akses mendefinisikan user FTP access privileges.

6 Use and terminology of the file transfer protocol (FTP) Gambar 10. presentasi lapisan (lapisan 6) dan layer aplikasi (lapisan 7) fungsionalitas.7. protocol interpreter (PI) dan proses transfer data (DTP) yang agak mirip tetapi berbeda 'lapisan' dari OSI model (model sistem interkoneksi terbuka).Gambar 10. .7 Sublayers of FTP (file transfer protocol): PI (Protocol interpreter) and DTP (Data Transfer Process) Seperti ditunjukkan dalam Gambar 10. Tapi FTP pre-dates model OSI termasuk campuran lapisan sesi (lapisan 5).

1). lima 7-bit karakter disimpan dalam word data 36-bit (dengan satu bit 'kosong'). pengguna FTP (Gambar 10.ASCII) adalah tanggung jawab relevan PI atau fungsi DTP -sebelum dan/atau setelah transfer data. Dengan menggunakan interpreter protokol. spesifikasi FTP merekomendasikan bahwa kedua perintah FTP dan file pengguna ditransfer di jaringan dalam format standar NVT (telnet network virtual terminal) (Tabel 10. file data pengguna ditransfer dengan transfer data FTP proses (DTP) dengan menggunakan koneksi data. (Pada saat itu. Logical byte size adalah istilah yang diberikan untuk menggambarkan data kata-kata panjang yang digunakan untuk menyimpan data dalam salah satu dari dua komputer di kedua ujung koneksi FTP.format penyimpanan data internal) dan ukuran transfer data (selalu 8-bit NVT. Konversi antara ukuran data logis (komputer. Setelah semuanya telah dipersiapkan. Operasi Protokol FTP Sebagai lapisan presentasi (untuk transfer data pengguna di seluruh sambungan data).7) dapat menunjukkan kepada Server jauh dimana file yang dia ingin transfer ke server atau menerima dari server. Dua komputer berkomunikasi dengan cara FTP diasumsikan untuk mengkonversi antara format data yang internal dan format NVT 8-bit yang disebut transfer size data yang diperlukan. 8-bit karakter disimpan sebagai byte 8-bit (IBM pendekatan-menggunakan alfabet EBCDIC) atau empat karakter 9-bit dalam kata 36-bit). Jaringan virtual sistem file (NVFS) memiliki banyak kesamaan dengan file jaringan UNIX sistem (NFS). .Interpreter protokol (PI) adalah fungsi perangkat lunak dalam FTP (file transfer protocol) yang mengirimkan perintah FTP dan menerima balasan FTP dengan cara koneksi kontrol. yang berbeda produsen komputer digunakan format set karakter yang sangat berbeda dan format penyimpanan data: misalnya. Sebuah direktori sistem file standar (disebut NVFS-network virtual file system) digunakan oleh interpreter protokol untuk menemukan posisi penyimpanan file pada remote server.

Jadi untuk mengirim perintah kontrol. CRLF ACCT urutan dikirim (di mana CRLF adalah karakter EOL telnet).2 .2) dikirim pada koneksi kontrol menggunakan Telnet ini (NVTASCII) set karakter (Tabel 10.3) memastikan bahwa permintaan dan tindakan yang terkoordinasi dan pemulihan yang mungkin (setelah masalah atau kesalahan). satu baris teks dicetak dan karakter end-of-line telnet CRLF. Setiap perintah harus menghasilkan setidaknya satu jawaban. Perintah FTP dan balasan dimaksudkan untuk alternatif. Jawaban terdiri dari sejumlah tiga digit (dikodekan sebagai standar 8-bit NVT.1) untuk pengkodean karakter individu yang membentuk perintah. Jika nilai parameter yang diperlukan oleh perintah. Perintah FTP (Tabel 10. ini mengikuti perintah dan space karakter.karakter ASCII ) diikuti oleh karakter spasi. Tabel 10. Balasan FTP (Tabel 10.FTP commands and the FTP control connection Perintah FTP (yang dikirim melalui FTP control connection-TCP port 21) memungkinkan remote user untuk mengakses dan menavigasi sekitar direktori file dari file server remote dan kemudian mengatur baik untuk mengirim atau menerima file.

.

Tabel 10.3 .

7). Jenis data berikut juga diperbolehkan: . dan juga komputer yang menerima akan mengkonversi NVT ASCII dari-ke format data internalnya sendiri penyimpanan jika diperlukan. server-DTP mungkin ada di kedua ujung koneksi. Ini secara efektif protokol ‘lapisan presentasi pada’ FTP. Tapi NVTASCII bukan tipe data yang hanya diizinkan yang dapat digunakan. Pengguna-DTP berjalan di user (pengguna manusia atau terminal) akhir sambungan. Atau.FTP transfer data Transfer data menggunakan FTP berlangsung dengan cara DTP dan data koneksi FTP (port TCP 20). Data yang dikirim melalui koneksi data FTP akan dikodekan sebagai NVTASCII (jaringan virtual terminal ASCII-Tabel 10. server UNIX) pada ujung lainnya (Gambar 10. Komputer pengirim file mungkin perlu mengkonversi data yang tersimpan secara internal dalam format lain ke format NVT ASCII. sedangkan server-DTP berjalan pada file server (misalnya.1).

tanpa kebutuhan untuk mengkonversi ke format NVT-ASCII). atau struktur halaman. karakter yang tidak muncul dalam bentuk cetak dari file). [Baris baru]. Baik pengguna-DTP dan server -DTP memiliki port data default di mana mendengarkan (ketika dinyatakan mereka pasif-yakni. tidak aktif mentransfer data) . File dengan format vertikal mengindikasikan kontrol non-cetak karakter (yaitu.• • • • ASCII (set karakter default adalah NVT ASCII-jaringan virtual EBCDIC (kode biner diperpanjang pertukaran kode desimal -ini adalah Tipe IMAGE (ini adalah data dikodekan sebagai aliran sederhana dari Tipe LOKAL (tipe data ini memungkinkan komputer yang identik pada terminal Standar Amerika kode untuk pertukaran informasi). apakah file termasuk halaman atau format cetak). merekam struktur. [Kereta jalur kembali umpan-ini adalah EOL normal (end- of-line) karakter] Mentransfer byte ukuran yang digunakan oleh FTP adalah selalu 8-bit byte. File yang akan ditransmisikan melalui FTP dapat memiliki salah satu dari tiga struktur file yang berbeda: • • • struktur file. Format yang tepat dari jenis ASCII dan EBCDIC dapat disesuaikan dengan suatu parameter kedua yang menunjukkan apakah file berisi karakter apapun format yang kontrol vertikal (yaitu. [Pakan bentuk]. Karakter ini juga disebut kontrol format. misalnya. [Tab vertikal]. dari ukuran byte non-standar logis. dan kedua ujung koneksi FTP untuk pertukaran data dalam format 'proprietary'. karakter 8-bit Kode awalnya didefinisikan oleh perusahaan IBM). Menetapkan standar karakter kontrol format vertikal adalah: • • • • • • CR LF NL VT FF CRLF [Carriage return]. bit berdekatan). [Line feed].

Hal ini dapat dilakukan baik secara eksplisit (dengan dimasukkannya karakter EOF atau urutan karakter) atau tersirat dengan menutup koneksi data. file server FTP memulai sambungan paket data (swapping penggunaan koneksi port).di sambungan. yang masing-masing didahului dengan sebuah header blok. file dibagi ke dalam blok. atau Modus dikompresi. baik pengguna-DTP dan server-DTP harus konfirmasi dengan mendengarkan pada port masing-masing data untuk mengkonfirmasi bahwa tidak ada kegiatan saat ini. Byte pertama ditetapkan sebagai semua '1 's (heksadesimal FF-karakter escape). Ketika ditransfer dalam modus blok FTP. Pengguna-DTP mendengarkan pada koneksi kontrol untuk aktivitas pada bagian server. (Atau. Arah di mana perintah FTP permintaan pertama dikirim menentukan arah transfer data yang akan mengikuti. • catatan-struktur EOF dan EOR (akhir catatan) yang keduanya diindikasikan oleh kontrol dua-byte karakter kode. • Halaman-struktur EOF ditunjukkan baik oleh EOF eksplisit atau dengan menutup koneksi data. • Pengiriman file dikirim dalam semua tiga modus transfer selalu diakhiri oleh indikasi dari EOF (end-of-file). Blok FTP header (seperti yang diilustrasikan pada Gambar 10. DTP Server mendengarkan pada sambungan data. Sebelum mengirimkan permintaan transfer. File (dalam salah satu dari tiga format) dapat ditransfer sesuai dengan salah satu dari tiga yang tersedia Transfer mode: • • Modus aliran. pengguna-DTP dapat digantikan oleh kedua server-DTP) Sementara itu. 02 (hex) untuk EOF (end-of-file).Byte kedua adalah kode 01 (hex) untuk EOR (akhir-catatan). Blok modus. Port data pengguna adalah koneksi kontrol. Setelah menerima permintaan.atau 03 (hex) untuk EOR / EOF pada byte terakhir. Ketika file ditransfer dalam modus aliran FTP: • Struktur file EOF (end-of-file) diindikasikan dengan menutup koneksi data.8a) mencakup deskriptor bidang 1 byte (atau . Ini disebut pasif proses transfer data.

Deskriptor mendefinisikan pengkodean digunakan untuk mewakili EOR (end-ofcatatan).8b.8 FTP block transfer mode and compressed mode transfer formats. EOF (End-of-file) dan penanda restart (restart Penanda digunakan untuk pemulihan kesalahan. Tabel 10. Ketika dikirim dalam modus kompresi FTP. • kompresi data memungkinkan pengulangan dari karakter yang sama dalam sebuah string (misalnya. Gambar 10.4 FTP block mode transfer: block header-descriptor field meanings. dapat ditularkan hanya menggunakan 2 byte kode-seperti yang ditunjukkan pada Gambar 10. file dikirim dengan cara tiga jenis data: • data dan teks-dikirim sebagai string byte (format standar menggunakan NVT-ASCII set karakter-Tabel 10. bidang jumlah byte dari 16 bit (nilai 0-65535) dan bidang data. banyak 'tab' atau 'spasi') yang akan dikirim lebih efisien. Dalam format ini.oktet) panjang. 'ruang' atau 'tab'). .1). hingga 63 occurrencesof karakter yang sama berturut-turut dalam teks (misalnya.

4). Kisaran jumlah nilai yang dapat diatur dalam sesuai dengan panjang jumlah byte yang dipilih ditetapkan untuk jam penanda restart. Deteksi bit hilang atau diacak selama transfer data dianggap ditangani oleh TCP (Transmission Control protocol). Dalam modus kompresi FTP penanda restart ditunjukkan oleh kode melarikan diri-dua-byte urutan.• Kontrol informasi dikirim dalam dua-byte-kode urutan melarikan diri. bukan pemulihan dari kesalahan bit atau cegukan transmisi kecil. Byte kedua dikodekan dalam cara yang sama seperti deskriptor kode mode blok FTP (lihat Tabel 10. Byte pertama selalu karakter escape (00). 10.8a) dari blok penanda restart (satu blok di mana nilai deskriptor diatur pada Nilai desimal '16 '(nilai heksadesimal '10')). restart penanda blok tambahan data. FTP termasuk mekanisme sederhana untuk pemulihan 'kesalahan' dan restart.4 TFTP (trivial file transfer protocol) . Dalam kasus bahwa dua berkomunikasi sistem file menjadi 'keluar dari sinkronisme' selama transmisi (sebagai hasil dari kegagalan sistem atau lainnya masalah). FTP blok transfer-mode dan mentransfer modus kompresi memungkinkan transmisi untuk akan memulai kembali dimulai pada posisi penanda me-restart ditunjukkan. Dalam modus blok-FTP. Ini memiliki nilai nomor unik yang ditunjukkan dalam bidang data (lihat Gambar 10. Prosedur ini dimaksudkan untuk melindungi terhadap kegagalan sistem utama -memang lebih baik untuk memikirkan pemulihan sebagai sebuah 'kegagalan' pemulihan. berkala dimasukkan ke dalam aliran data.

) Gambar 10. Biasanya digunakan untuk mentransfer file boot atau Keyboard file font ke terminal. • oktet-mode (mode ini transfer. misalnya.9). Tiga mode transfer didefinisikan oleh TFTP: • netascii-mode (mode ini menunjukkan bahwa transfer file yang dikodekan dalam 8-bit NVTASCII-Tabel 10. Ini memungkinkan. modus biner sebelumnya disebut adalah setara dengan FTP modus aliran-string bit biner ditransmisikan dengan ukuran mentransfer 8-bit). pesan muncul di layar terminal.9 Typical uses of TFTP (trivial file transfer protocol). • Modus-mail (dalam mode ini netascii karakter yang dikirim ke pengguna daripada ke sebuah file. TFTP didefinisikan dalam RFC 783 dan beroperasi pada UDP (user datagram protocol) Port 69.1).TFTP (file transfer protocol sepele) adalah protokol transfer file sangat sederhana namun dapat diandalkan. PC diskless atau workstation diskless (Gambar 10. .

10) terdiri dari opcode bidang 2byte (Tabel 10. Jawaban positif untuk permintaan membaca (RRQ) adalah respon yang berisi paket data pertama dari file yang diminta. Tabel 10. Sebuah paket (pengakuan) ACK merupakan 'izin' untuk menulis (yaitu. and ACK message packet formats.5) yang menunjukkan tipe paket TFTP.Gambar 10. Header dari semua paket TFTP (Gambar 10. file transfer dimulai. WRQ. untuk mengirim paket ke ujung jauh).10 TFTP (trivial file transfer protocol): RRQ. Proses transfer File TFTP didirikan dengan terlebih dahulu mengirimkan permintaan pesan-baik WRQ (menulis permintaan) atau RRQ (baca permintaan).5 TFTP packet types and opcode values . Memberikan jawaban positif diterima.

seperti yang ditunjukkan dalam Gambar 10. Setiap paket data termasuk nomor TFTP blok. oktet NULL dan kemudian modus di mana ia akan dikirim (lagi diindikasikan sebagai karakter string dalam NVT-ASCII format karakter).10b) awalnya kembali dengan blok nomor ditetapkan pada 1. seperti yang kita bahas secara rinci dalam Bab 3. Pengakuan menunjukkan jumlah blok data berikutnya yang diharapkan. nama file yang akan dikirim (dalam string teks Format). di sisi lain.10a. Sebuah oktet NULL lebih melengkapi RRQ yang atau WRQ paket. dikirim ke port yang sesuai untuk TID = 69 (desimal) UDP. Gambar 10. Ini digunakan untuk kontrol aliran data. datang data itu sendiri (Gambar 10. diberi nomor urut mulai dari 1. maka Permintaan telah ditolak. Setelah opcode (Ditetapkan pada nilai '3 ') dan jumlah blok (yang bertambah untuk setiap paket yang berturut-turut). Sebuah TID (terminal identifikasi) dipilih secara acak oleh kedua ujungnya dan nilai ini digunakan untuk durasi koneksi sebagai nilai-nilai UDP sumber dan port tujuan.RRQ (baca permintaan) dan WRQ (menulis permintaan) paket. Paket (acknowledgement) ACK (Gambar 10.11a). Jika respons terhadap RRQ atau pesan WRQ menjadi paket kesalahan (opcode = '5 '). Permintaan awal (RRQ atau WRQ). TFTP opcode (nilai '1 'atau '2').11 TFTP (trivial file transfer protocol) .

untuk transfer file antara mesin dan layanan jaringan lainnya. rcp.. bisa mendapatkan akses tidak sah ke sistem. mencuri password dalam berbagai cara.6. rlogin dan yang sejenis layanan data jaringan. Pesan kesalahan biasanya diperpanjang dengan cara teks singkat pesan yang dimaksudkan untuk muncul di layar terminal pengguna. Hal ini digunakan secara khusus sebagai 'versi aman dari telnet' atau sebagai shell program yang memungkinkan perintah yang akan dieksekusi di mesin remote. SSH (Secure Shell) adalah protokol dan program untuk login remote yang aman dan layanan jaringan aman melalui jaringan tidak aman.6 TFTP (trivial file transfer protocol) error message code Pesan kesalahan memiliki format yang ditunjukkan pada Gambar 10. etc.5 Secure shell program and protocol (SSH or SECSH) Karena telnet protokol tradisional (RFC 854) dan terkait UNIX perintah remote login (e. Untuk alasan ini. 10. rsh.g. Pihak ketiga yang memiliki akses jaringan ke host atau server yang terhubung ke Internet.Tabel 10. ssh (SSH atau Secure Shell) program dan protokol dirancang sebagai pengganti yang aman untuk telnet. dimana nilai kode kesalahan diatur sesuai dengan Tabel 10.11b. atau hanya dengan akses fisik ke saluran komunikasi. telah meningkatnya fokus pada peningkatan keamanan protokol (seperti yang akan kita bahas secara lebih rinci dalam Bab 13). dan ssh adalah merek dagang dari perusahaan ini. Saat ini sebuah . rlogin (RFC 1282).) yang rentan terhadap berbagai jenis serangan jaringan. Ini diciptakan oleh SSH Komunikasi Keamanan Oy.

6 RTP/RTPC: real time signal carriage over IP networks Real-Time Protocol (RTP) adalah protocol yang digunakan user voice. Besarnya ukuran packet voice bergantung pada CODEC yang digunakan. di mana dikenal juga sebagai secsh (secure shell). SSH menambahkan 'keamanan data (otentikasi dan enkripsi) lapisan' baru antara lapisan transport (lapisan 4) dan data aplikasi dan protokol (lihat Gambar 10. manipulasi data oleh orang-orang dari host intermediate atau titik jaringan transit. IP spoofing (di mana mesin yang ditargetkan adalah 'ditipu' oleh sebuah remote host yang mengirimkan paket IP yang berpura-pura berasal dari host lain. terpercaya).x1).5 Pada intinya.x1 Prinsip-prinsip dasar dari SSH yang mirip dengan IPsec. 10. Gambar 10.draft internet (sedang dipersiapkan sebagai RFC oleh IETF. Tiaptiap packet RTP berisi potongan packet dari voice conversation.Internet Engineering Task Force). SSH dirancang untuk melindungi terhadap: • • • intersepsi password dan lainnya data dengan host intermediate. • DNS spoofing di mana seorang penganggu memalsukan nama domain sistem (DNS. .

RTP bergantung pada protokol lapisan bawah. Panggilan telepon dilakukan sebagai VOIP (voice-over-IP) di seluruh jaringan IP(atau Internet). Atau. Kedua protokol yang baik didefinisikan dalam RFC 1889.Gambar 10. Gambar 10. RTP digunakan untuk pengangkutan data pengguna yang sebenarnya (setara dengan koneksi data FTP). mungkin pengguna video mengambil bagian dalam konferensi video. melalui penjaga gerbang untuk umum jaringan telepon. Yang pertama adalah aplikasi video streaming di mana PC-pengguna melihat video atau newsclip yang didownload dari server video. jika server juga Multipoint Control Unit (MCU). Hal ini dapat menjadi nyata 'live' aplikasi (seperti sebagai kamera Web webcamWorldwide) atau mungkin melibatkan melihat sebuah film sebelumnya disimpan pada server.16 Real-Time communications applications running via a data network. Aplikasi kedua memungkinkan PC pengguna untuk membuat 'telepon' melalui PC dan Internet.16 mengilustrasikan dua khususnya aplikasi real-time yang mungkin berjalan pada IP jaringan. termasuk protokol pengguna datagram (UDP) dan IPv4 . RTP (real-time aplikasi protokol transport) dan RTCP: profil dan payload jenis Real-time application transport protocol (RTP) dan aplikasi real-time terkait transporti control protocol (RTCP) bersama-sama menciptakan lapisan transportasi untuk pengangkutan real-time sinyal melintasi jaringan berbasis IP.

.13 RTP (real. dengan mengurangi laju bit yang digunakan untuk sinyal video). Berbagai format payload berbeda (profil) dapat dilakukan oleh RTP.DiffServ atau IPv6 untuk pengiriman paket tepat waktu.18) diikuti oleh unsurunsur terstruktur lainnya tergantung pada jenis paket RTCP. Setiap muatan individu format terpisah didefinisikan dalam RFC individu atau rekomendasi ITU-T (Tabel 10. Tabel 10.18) dan RTP payload. RTP (real-time aplikasi protokol transport) dan RTCP: format paket dan protokol operasi Paket RTP (real-time aplikasi protokol transport) terdiri dari RTP header tetap (Gambar 10. QoS (kualitas layanan) dan jaminan seperti. RTP membuat penggunaan multiplexing dan fungsi checksum UDP. RTCP terus memonitor QoS (kualitas pelayanan) dari sinyal yang diterima dan dapat digunakan untuk memodifikasi transmisi (misalnya. RTCP (real-time aplikasi transport control protocol) paket terdiri dari bagian header tetap (Gambar 10.time application transport protocol): profiles and payload types.13).

sumber sinyal dapat memilih transmisi untuk beradaptasi (misalnya. Sebuah sumber kontribusi (CSRC) adalah yang kedua (yaitu. sumber sinkronisasi unit konferensi utama kontroler. Dalam kasus ini. Jika kualitas sinyal yang diterima dari layanan (QoS) akan terlalu rendah. Hal ini dilakukan dengan cara timestamp. jitter sinyal. Paket harus disinkronkan untuk pemutaran. dengan mengurangi kecepatan bit dan / atau beralih ke profil dengan tingkat sinyal skema pengkodean sedikit lebih rendah).Gambar 10. waktu absolut diwakili oleh cara format timestamp dari protokol waktu jaringan (NTP) (nilai mewakili jumlah detik berakhir sejak 1 Januari 1900). delay dan lainnya nilai parameter pengukuran kualitas. Monitor RTP menerima paket RTCP dan digunakan untuk menginformasikan sumber real-time aliran data dengan kualitas sinyal yang diterima. Sumber Berkontribusi mengambil bagian dalam sesi konferensi antara beberapa pengguna. yang biasanya dikodekan menggunakan waktu wallclock (yaitu. jumlah paket yang hilang. .18 RTP and RTCP: fixed header field format Sumber sinkronisasi (SSRC) adalah sumber dari aliran paket RTP. bukan sumber utama) dari real-time sinyal. berkontribusi sumber ditambahkan dengan cara mixer RTP. Paket-paket RTCP adalah dalam bentuk laporan yang menunjukkan jumlah paket yang diterima.

Versi saat ini (RFC 1889) adalah versi 2.13). Fungsi RTCP (real-time aplikasi protokol transport kontrol) RTCP (real-time aplikasi transport control protocol) digunakan untuk mengontrol sesi RTP. P adalah bidang padding bit. header diikuti oleh satu ekstensi header. Nomor urutan digunakan untuk mendeteksi packet loss dan mengembalikan urutan paket. Jika diset. • M adalah bit penanda. Oktet bantalan bukan bagian dari payload dan harus dihapus oleh penerima RTP sebelum dilewatkan ke lapisan protokol yang lebih tinggi. M-bit dimaksudkan untuk digunakan untuk menandai batas-batas frame dalam paket aliran dan dapat digunakan seperti penanda restart FTP (file transfer protocol). Hal ini digunakan untuk berkumpul kembali dan sinkronisasi sinyal real-time pada ujung penerima. Jika bit P adalah set (ke nilai '1 ') maka paket mencakup satu atau lebih bantalan oktet terakhir di akhir 32-bit kata payload. • • X adalah bit ekstensi. RTCP digunakan untuk menetapkan sesi dan penambahan atau penghapusan anggota atau dari konferensi. CC adalah hitungan CSRC (menghitung kontribusi sumber). Nilai ini menunjukkan jumlah Pengidentifikasi CSRC termasuk dalam header (dan dengan demikian jumlah peserta tambahan di samping sumber sinkronisasi (SSRC) yang mengambil bagian dalam sesi konferensi). • timestamp mencerminkan instand waktu sampling dari oktet pertama dalam payload. Ini membantu mencegah serangan 'hacker komputer' metodologi enkripsi. Ada lima jenis paket RTCP yang berbeda: . • • Tipe payload (PT) mengidentifikasi profil RTP yang digunakan (lihat Tabel 10.RTP / RTCP paket Format Bidang Protokol individual dalam header RTP / RTCP (Gambar 10.18) dikodekan sebagai berikut: • • V adalah 2-bit nomor nomor versi. Awal nilai diatur ke jumlah yang dipilih secara acak.

protocol and real networks Kemampuan untuk mengirim dan menerima file antara komputer di seluruh jaringan data menandakan era komputasi 'jaringan'.14. Ini adalah nama yang mengikat untuk RTP sesi yang independen dari alamat jaringan sumber dan digunakan untuk tegas mendefinisikan sesi. SDES (sumber item deskripsi). Sebuah laporan RTCP meliputi bidang untuk menunjukkan jumlah total paket (dikirim atau diterima). begitu pula berbagai aplikasi perangkat lunak dan permintaan mereka. Sistem operasi UNIX dimasukkan protokol TCP / IP. Dengan demikian UNIX FTP-perintah yang tercantum dalam Tabel 10. DAH (akhir partisipasi peserta konferensi). 10. RR (penerima laporan).7 Applications. Server yang digunakan dalam TCP / IP jaringan awal hampir selalu server UNIX. dll Sebuah paket SDES selalu berisi bidang CNAME. CNAME dapat mengambil beberapa bentuk untuk menggambarkan sumber-untuk Misalnya. pengguna dengan workstation UNIX sekarang bisa mengakses server yang berbeda file database. Dengan menggunakan jaringan data TCP / IP. Di bawah ini kami menunjukkan contoh dari UNIX prompt dan perintah bahwa . nama alamat web. Sistem operasi komputer pertama untuk era baru komputasi jaringan adalah UNIX. dan untuk protokol lapisan aplikasi seperti FTP (file transfer protocol) bahkan dimasukkan set perintah khusus. jitter.xx).• • • • • SR (pengirim laporan). nomor telepon atau lokasi geografis. dan APP (aplikasi fungsi spesifik). dan aplikasi tersebar di server UNIX yang berbeda (Gambar 10. Potensi komputasi tumbuh. alamat email. jumlah paket yang hilang atau tindakan dari sinyal yang diterima kualitas seperti delay. Berbagi data dan pesan mulai populer dan mendapatkan electronic data interchange (EDI).

.. pembukaan) koneksi FTP ke server jauh yang disebut 'aserver1'. $ ftp -d ftp> open aserver1 Connected to aserver1.. ftp> quit 221 Goodbye .. User log di bawah nama 'buku 2' menggunakan password dan kemudian meminta daftar direktori file server.4 Tue Dec 20 1988) ready. (. Password: ***** 230 User books2 logged in.2). menempatkan) file ke atasnya.pengguna komputer UNIX mungkin akrab dengan mendirikan (yaitu. 220 aserver1 FTP server (Version 4. Mungkin dia / dia mendapat file dari server atau mengirim (misalnya. Setelah transfer file. pengguna berhenti sesi.etc.) . ftp> dir . Name (aserver1:books2) :books2 331 Password required by books2..etc. Tanggapan dari server adalah campuran pesan UNIX dan balasan FTP standar (dengan 3-digit nomor mereka menjawab seperti yang kita lihat pada Tabel 10.

14 UNIX operating system: FTP commands Kemampuan untuk 'jaringan' komputer menyebabkan munculnya program komputer jauh lebih kuat. menggambar pada file dan masukan data dari berbagai sumber dan hampir 'real time'. konfirmasi dan pembayaran. Jaringan komputer tiba-tiba dapat secara akurat melacak saham dan sumber daya melalui seluruh pasokan dan rantai produksi-dari penerimaan bahan baku untuk pengiriman pelanggan. Xx Tabel 10. Transaksi yang sebelumnya dilakukan dengan bentuk kertas ditransmisikan melalui pos atau fax dan kemudian masukan ke komputer dengan tangan menjadi sepenuhnya otomatis. Sistem komputer individu yang sebelumnya masing- .Gambar 10.

atau SNA (sistem arsitektur jaringan-jaringan perusahaan IBM protocol suite). Tapi ledakan terbesar di permintaan untuk jaringan komputasi-ledakan Internet itu sendiri. . IBM AS400-seri minicomputer. catatan personel. server dan klien/server arsitektur perangkat lunak semua muncul. didorong oleh perkembangan Seluruh Dunia Web (www) dan Internet surat elektronik (email).19).8 Other network/ application protocols of note Beberapa aplikasi perangkat lunak terus memerlukan penggunaan 'milik' protokol lapisan yang lebih tinggi jaringan seperti yang didefinisikan oleh: • • • • Appletalk (jaringan komputer Apple perusahaan protocol suite). order-mengambil dan pengendalian stok. SMB (server pesan blok) dan CIFS (internet sistem file umum) Server Windows remote konsol dirancang khusus untuk memungkinkan aplikasi terminal-driven pada mesin Windows NT untuk dioperasikan dari terminal terpencil di lingkungan LAN. workstation. • Jaringan Microsoft: Windows remote server konsol. Hal ini memungkinkan aplikasi berbasis konsol untuk dieksekusi dan dikendalikan pada remote Windows NT atau mesin host Windows 2000. 10. Peer-to-peer (misalnya. Mengingat pentingnya protokol yang terkait dengan Worldwide Web (www) dan email. atau IPX (internetworking paket tukar-jaringan perusahaan Novell protokol Suite-bagian dari berbagai produk Novell NetWare).masing dilayani terpisah-fungsi pembukuan. Aplikasi jaringan lahir (Gambar 10. atau Microsoft jaringan (bagian integral dari sistem operasi Windows sejak Windows95 dan WindowsNT). dll-dapat dikoordinasikan untuk menciptakan sistem manajemen bisnis seragam konsisten. Ini merupakan'versi Microsoft telnet'. atau NFS (Network File System) dan NIS (layanan jaringan informasi)jaringan protokol dikembangkan oleh Sun Microsystems.

Banyan Vines. Sun Microsystems 'NFS (Network File System). dll Versi terbaru dan disempurnakan dari SMB adalah disebut common Internet file system (CIFS). Alternatif selanjutnya adalah samba. IBM dan Intel) yang memungkinkan PC-terkait mesin untuk berbagi file dan printer dan informasi terkait seperti daftar file yang tersedia dan printer. • mengintegrasikan Microsoft NT dan Windows2000 server ke jaringan perusahaan juga terdiri dari UNIX atau VMS server. Banyan Vines. dll Alternatif untuk SMB termasuk 'milik' jaringan LAN perangkat lunak operasi seperti Novell Netware. Sistem operasi yang mendukung SMB di mereka 'versi asli' termasuk Windows NT. NFS adalah didistribusikan file sistem protokol (untuk pencarian file. Ini pertama kali diterbitkan oleh Microsoft pada tahun 1996. SMB atau CIFS biasanya digunakan untuk tujuan berikut: • mengintegrasikan pengguna Microsoft Windows atau OS/2-style IBM PC desktop sebagai klien ke lingkungan komputasi perusahaan yang terdiri dari server UNIX atau lainnya. browser web. Novell Netware. DECnet. Sun protokol untuk jaringan UNIX Suite jaringan untuk komputer Sun Microsystems termasuk NIS (jaringan layanan informasi) dan NFS (Network File System). RPC (remote procedure call). IBM OS / 2 (sistem operasi / 2 untuk PC). tetapi tidak ada yang baik publik spesifikasi dan banyak tersedia di mesin desktop secara default. binding12 dan mengunci) yang mencakup terkenal prosedur: • • RFS (sistem file jarak jauh). LINUX.SMB (Server Message Block) adalah sebuah protokol jaringan Microsoft (awalnya dirancang oleh Microsoft. Apple Macintosh. . DECnet. Appletalk. Masing-masing alternatif yang berbeda memiliki kekuatan dan kelemahan. atau untuk • mengganti 'proprietary LAN operating system' protokol seperti NFS (Network File System). NIS adalah metode sentralisasi pengguna konfigurasi file dalam lingkungan komputasi terdistribusi.

pengguna Windows).• • XDR (representasi data eksternal). SAMBA Samba adalah sebuah inisiatif (www. . dan YP (halaman kuning). hal ini. disk dan printer) menjadi diakses dari UNIX. • NetBIOS nameserver layanan (seperti yang didefinisikan oleh RFC 1001 dan 1002). • ftp-seperti SMB klien layanan-memungkinkan sumber daya PC (file. atau subnetwork menggunakan sistem LAN 'milik' operasi seperti seperti Novell Netware. Perangkat lunak samba telah telah dikembangkan sebagai upaya kerja sama tersedia secara bebas di bawah lisensi publik umum. Inisiatif ini dimulai oleh Andrew Tridgell dengan maksud untuk 'membuka Windows untuk dunia yang lebih luas ". Warp.' menyediakan sistem LAN-operasi yang mampu: • berbagi file dan layanan cetak untuk klien SMB (misalnya.samba. NFS atau Netware server. Ini diklaim sebagai 'pengganti yang lengkap untuk Windows NT.org) dan open source/software suite gratis yang menyediakan file dan layanan cetak untuk klien SMB/CIFS.

menghapus dan mengubah nama file.Gambar 10. mengelola file direktori. Ini dikembangkan setelah FTP sebagai protokol sepenuhnya kompatibel dengan interkoneksi sistem terbuka (OSI) model dan dengan demikian dimaksudkan untuk digunakan dengan jaringan OSI standardardised dan transportasi lapisan protokol. Protokol FTAM secara kasar setara dengan FTP (file transfer protocol) dan digunakan untuk mengakses file server terpencil. serta mengirim dan menerima.20 mengilustrasikan data switching link (DLS atau DLSw). transfer dan manajemen.20 Data link switching (DLS or DLSw) FTAM FTAM singkatan dari file akses. Data link switching (DLS atau DLSw) Gambar 10. menciptakan. DLS adalah metode yang Komputer IBM mungkin jaringan menggunakan jaringan router TCP / IP berbasis sementara tetap mempertahankan 'milik' IBM protokol . Banyak pengguna OSI dianggap protokol FTAM dan lainnya agak praktis dan di FTP konsekuensi tetap digunakan secara luas dalam modern jaringan berbasis IP.

Penggunaan DLS hanya mungkin dipertimbangkan oleh perusahaan dengan dasar terinstal besar peralatan komputasi IBM.jaringan (SNA dan token ring) untuk koneksi dari komputer IBM perangkat. misalnya. NPSI (jaringan kontrol titik packet switching antarmuka). DLS didefinisikan dalam RFC 1795 dan menggunakan port TCP 2065 dan 2067. DLS adalah sebuah protokol enkapsulasi. DLS membuat jaringan TCP / IP muncul untuk perangkat end komputasi menjadi maya 'token jaringan cincin-dan dengan demikian bagian dari' arsitektur milik 'jaringan IBM. . DLS mengikuti tradisi IBM protokol 'SNA protokol enkapsulasi'. sebelum membongkar mereka di terpencil akhir. paket ini di sebuah 'amplop IP' untuk pengangkutan melintasi jaringan data berbasis IP.25. Dibutuhkan 'milik' SNA (sistem arsitektur jaringan) paket atau frame token ring perangkat komputer IBM. Akibatnya. adalah protokol SNA IBM untuk enkapsulasi melalui jaringan X.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.