You are on page 1of 10

4

BAB II PAUS BIRU DAN KEHIDUPANNYA
Sebagai penghuni di lautan, bangsa paus (Cetacea) adalah hewan-hewan yang dinamis menjelajahi seluruh lautan di dunia. Paus dikatakan sebagai penguasa lautan karena mereka terdiri dari ratusan spesies dan karena ukuran tubuhnya yang jauh lebih besar dibandingkan hewan laut lainnya. Paus bukan termasuk golongan ikan tetapi golongan binatang menyusui (mammalia). Berdasarkan penemuan fosil yang ada, menunjukkan bahwa paus mungkin keturunan dari binatang serupa beruang yang kecil dan primitif. Salah satu spesies yang sangat terkenal adalah Paus Biru (Balaenoptera musculus) yaitu binatang terbesar di dunia. Paus yang termasuk subordo Mysticeti (pauspaus besar) tersebut besarnya melebihi dinosaurus paling besar yang pernah ada yaitu Brachiosaurus. Paus biru dapat hidup sampai seratus sepuluh tahun.

Gambar 2.1 Paus Biru di lautan

600 manusia.2 Perbandingan Ukuran Tubuh Paus Biru dan Makhluk Hidup Besar Lainnya 2. sedangkan manusia hanya memperbaharui 10-20% udara. Memiliki berat tubuh seperti ini. Tubuh Paus Biru berwarna abu-abu atau biru dan terkadang di kulit bagian bawah berwarna kekuningan akibat algae. ia mampu memperbaharui 80-90% udara dalam paru-paru. Saat paus biru menghirup napas. Tiap-tiap rambut di sekitar mulut paus memiliki kurang lebih empat ratus syaraf sensorik yang amat peka. Paus biru memiliki paru-paru yang cukup kecil yaitu beratnya hanya satu persen dari berat tubuhnya. Paru-parunya dapat menampung 200 liter udara. Tetapi kapasitas total paru-parunya 500 kali lebih besar dari kapasitas total paru-paru manusia. membuat Paus Biru hampir sama berat dengan 30 ekor gajah afrika atau 1.5 Gambar 2. Paru-paru paus memiliki efisiensi tinggi .1 Morfologi dan Fisiologi Paus Biru Paus Biru memiliki ukuran tubuh yang sangat besar yaitu panjangnya mencapai 33 meter dan berat tubuhnya mencapai 190 ton. Hewan tersebut tidak memiliki gigi dan sebagai gantinya Paus Biru memiliki balin (jumbai-jumbai rambut) yang ada di rahang atas. paus biru memiliki lidah raksasa yang beratnya seperti berat satu ekor gajah. Selain itu.

Lubang ini terbuka saat paus berada di permukaan. ada dua lubang nafas yang terpisah oleh lapisan jaringan tipis . Jantung hewan tersebut sebesar mobil yang dapat memompa sepuluh ton darah yang disalurkan ke seluruh tubuh oleh jutaan mil pembuluh darah. Jantung paus berdetak 5-6 kali permenit. dan diantara tulang belakang. Oksigen yang disimpan bukan hanya di paru-paru tetapi seluruh bagian jaringan tubuhnya yang besar sehingga paus dapat menyelam lebih dari setengah jam sampai kedalaman di bawah 500 m. di antara tulang rusuk. Pada paus berbalin. seluruh tubuh paus biru diselimuti oleh lemak di bawah kulit di berbagai tempat yang tebalnya hampir 20 inchi yang menyekat tiap dinginnya air. Selain itu.6 karena jumlah alveoli serta kapiler darah yang sangat banyak. Kandungan mioglobinnya (protein pengikat oksigen) yang terkandung sangat tinggi sehingga daging hewan tersebut berwarna gelap. Lapisan berminyak. Paus juga memiliki reservoir darah kaya oksigen di dalam tubuhnya berupa saluran panjang berbelit-belit bernama retia mirabilia. Sehingga paus mampu bertahan di suhu air sedalam apapun. Letak retia mirabilia sebagian besar dibawah pleura. saluran rongga hidungnya berupa tube sederhana. oksigen dan karbondioksida). Sebenarnya yang disemburkan adalah hembusan nafas yang berbentuk kabut tipis terdiri dari uap air dan gas (nitrogen. yang . Salah satu keunikan paus adalah memiliki lubang hidung yang diistilahkan dengan ”lubang tiup” yang menyemburkan air ke arah atas. pleura (selaput pembungkus paru-paru) yang cukup tebal dan mengandung serat elastik (myoelastic fiber). Otot paus memang dirancang untuk dapat menyimpan oksigen maksimum. Paus Biru memiliki urat nadi yang sangat besar sampai-sampai anak bayi mungkin dapat merangkak di dalamnya.

Selama empat puluh tahun pertama di abad itu. Kebanyakan ditemukan dalam pasangan ibu-anak atau dalam kelompok. Atlantik Utara. dan mencari makan di perairan sekitar kutub pada musim panas. 2.000 Paus Biru dibantai di lautan dunia. dan Artik tetapi distribusi terbesarnya di sekitar Antartika. Antartika. Mereka kawin dan melahirkan di perairan tropis yang hangat sepanjang musim dingin. Jumlah Paus Biru berlimpah di hampir semua samudera di seluruh dunia. yaitu diperkirakan mencapai 350.2 Populasi Paus Biru Paus Biru termasuk salah satu jenis ikan paus yang paling terancam punah. Semenjak itu populasi mereka semakin menyusut.2. 2.000 ekor sampai awal abad ke-20. Laut Hindia bagian Utara. Tahun 1929-1930 adalah musim berburu paus yang paling besar dimana sekitar 30.2 Ekologi Paus Biru 2. Perburuan paus biru telah dimulai sejak abad ke-18.7 tembus pandang menutupi mata paus untuk melindunginya dari berbagai dampak membahayakan dari air laut. Paus biru di belahan bumi utara akan pergi ke Laut Artik. Populasi mereka pada tahun 1966 (saat Paus Biru mulai dilindungi oleh “International Whaling Commission”) kurang dari tiga persen dibanding populasi mereka . sedangkan saudaranya di belahan bumi selatan akan pergi ke Antartika.2. mereka diburu sampai hampir punah. Antara lain Pasifik Timur Laut. Kutub Selatan.1 Habitat Paus Biru Paus biru dapat ditemui hampir di seluruh samudera di dunia.

Hal tersebut berarti bahwa lebih dari 300. "Barangkali penghitung salah melihat Paus Pigmi yang memasuki wilayah dimana biasa ditemukan Paus Biru. Terdapat dua kelompok lagi di Atlantik utara dan paling tidak dua lagi di belahan bumi selatan. .8 tahun 1920-an. Ada lagi suatu penelitian baru-baru ini dari International Whaling Commission (IWC).Badan Konservasi Dunia. "Komite setuju mengenai adanya bukti peningkatan populasi Paus Biru di beberapa wilayah di Antartika. Berdasarkan suatu laporan jumlah paus pada tahun 2002. Riset terakhir membuktikan bahwa sebelum perburuan. populasi terbesar (202 sampai 311 ribu) ditemukan di Antarktika Kini hanya sejumlah kecil yang tersisa (sekitar 2000) masing-masing di Pasifik timur laut. Namun penghitungan lebih cermat masih diperlukan untuk menghindari data yang keliru. Dalam laporannya IWC menyebutkan.000 Paus Biru di seluruh dunia. dan Samudra Hindia.000 Paus Biru dibunuh dan diketahui 90% berasal dari wilayah Antartika." ujar Dr." Keraguan itu beralasan karena orang sering keliru membedakan antara Paus Biru dengan kerabat dekatnya yakni Paus Biru Pigmi.500 ekor saat ini. Justin Cooke dari IUCN. Antarktika. diperkirakan bahwa terdapat 5000 sampai 12. mengatakan bahwa populasi Paus Biru Antartika telah meningkat dari sekitar 500 ekor seperempat abad lalu menjadi 1.

yang panjangnya tidak lebih dari 6.9 Untuk menghindari kekeliruan. salah satunya adalah dengan mendengarkan nyanyiannyanyian paus yang khas pada suatu spesies. Gambar 2.5 cm.3. Mereka rata-rata melahap lima ton krill perhari. Pencirian Paus Biru dengan paus lainnya juga disebutkan Lamalera semburannya. Kebutuhan makan sebanyak itu memerlukan dua ciri istimewa yaitu lempengan menyerupai sisir yang disebut balin.3 Cara Paus Biru Mempertahankan Hidup 2. sebagai pengganti gigi dan rangkaian alur sejajar .1 Cara Paus Biru Mencari Makan Makanan utama Paus Biru adalah kriil yaitu crustasea seperti udang yang sangat kecil. maka para ilmuwan menambahkan berbagai kriteria dalam menghitung populasi.3 Grafik Populasi Paus Biru 2. dibedakan karena ke atas arah dan oleh Nelayan bahwa dilihat dari Paus Biru dapat dengan paus lain semburannya lurus cukup tinggi.

500 liter air serta kriil sekali teguk karena alurnya kurang lebih sebanyak enam puluh baris. Lalu paus akan menelan kriil yang telah ditangkap tadi. Diketahui bahwa Paus Biru mengeluarkan ’nyanyian’ dengan kekuatan di atas 180 desibel. Karena itu pula. paus biru akan mengeluarkan isyarat suara kepada paus lainnya untuk menunjukkan lokasi sumber makanan tersebut. paus berenang dengan mulut terbuka dan agak miring untuk memperlambat laju renangnya. rahang mengatup dan lidah terangkat ke langit-langit mulut. Bersamaan dengan itu. mulutnya yang merenggang dirapatkan dan memaksa air laut melewati lempeng balin dan keluar dari samping mulut. Saat menemukan makanan. Paus Biru termasuk paus rorqual (beralur). Nyanyian itu bisa didengar paus lain yang berada pada jarak 1000 km. Mekanisme paus biru menangkap makanan adalah sebagai berikut. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk komunikasi antar paus. Paus memang dikenal sebagai hewan yang menghasilkan nyanyian-nyanyian indah di laut. Kriil sangat berlimpah di perairan dingin seperti Samudera Artik dan Antartika. Paus dapat mengembangkan mulutnya dan menelan 6. saat mendekati kriil atau plankton.10 yang menjulur dari rahang atas sampai rahang bawah paus hingga perutnya. Karena itu banyak terlihat kelompok yang terdiri dari puluhan hingga ratusan individu di daerah tersebut untuk mencari makan. Balin tersebut berfungsi seperti tapis insang pada ikan pemakan plankton. setelah memangsa sekelompok kriil. . Suara ini merupakan suara paling keras yang dihasilkan binatang tetapi berfrekunsi rendah yaitu 10-15 Hz. Balin pada Paus Biru merupakan jaringan epitel dan diperkeras oleh keratin.

3. Pejantan yang lebih besar dapat mengambil udara di permukaan lebih banyak sehingga dapat mengeluarkan nyanyian lebih panjang. Anak-anak paus akan lahir dengan interval waktu 2 hingga 3 tahun setelah paus betina hamil selama 12 bulan. tapi memperkirakan ukuran pejantan dari suaranya. Paus jantan diketahui mengeluarkan nyanyian panjang dengan ketukan pendek untuk menunjukkan kejantanannya kepada lawan jenisnya. Paus betina kemudian akan memilih pejantan yang berkualitas berdasarkan ukuran tubuh. Setiap kelompok paus punya isyarat suara yang berbeda.11 2. vulva terletak di depan anus. Isyarat tersebut memainkan peranan penting saat musim kawin.2 Perkembangbiakan Paus Biru Nyanyian Paus digunakan sebagai pengenalan individu dan seleksi seksual. Paus Biru akan matang secara seksual pada umur enam hingga sepuluh tahun atau bila mereka mencapai panjang 23 meter untuk jantan atau 24 meter untuk betina. banyak terlihat sekelompok paus betina yang berada di perairan hangat di sekitar khatulistiwa seperti Teluk California dan . Bukan dengan melihatnya. Zigot yang menempel pada dinding uterus lalu berkembang menjadi embio. dan organ kopulasi baru dikeluarkan bila dibutuhkan. Testis paus jantan terletak di belakang ginjal dengan tujuan mencegah rusaknya sperma akibat suhu lingkungan yang tidak menentu. Dari ovarium terdapat saluran sempit yang berbelit-belit menuju tuba fallopi pada bagian tersebut sering terjadi pembuahan. Pada paus betina. Di saat migrasi tahunan.

Anak paus berukuran tujuh sampai delapan meter dan berat sekitar tiga ton saat dilahirkan. Makanan yang terlarut tersebut juga mengandung air dan nurisi tinggi yang dibutuhkan oleh bayi ikan paus. Ketika paus menggerakkan otot tersebut. air susu tersebut tidak dapat tercampur dengan air laut. Karena wujudnya seperti itu. Hal tersebut disebabkan karena dinginnya air di daerah kutub tidak cocok untuk proses kelahiran bayi paus. Anak Paus Biru mengkonsumsi 100 galon (379 liter) susu kaya lemak tiap hari. Bentuknya hampir seperti padatan dan sangat berlemak. Air susu paus berbeda dengan yang biasa dikenal.5 inci tiap hari. Bayi paus terlahir ekor dahulu untuk mencegah kemungkinan tenggelam karena kehabisan oksigen. ada otot yang mengelilingi kelenjar susu paus betina. Saat lahir. lapisan lemak pada bayi paus masih sangat tipis sehingga ia bisa mati apabila berada pada air yang sangat dingin. bayi paus akan langsung naik ke permukaan dan menambil napas pertama. Mereka akan menyusu dengan induknya selama tujuh hingga delapan bulan dan berhenti saat mencapai panjang sekitar 16 meter dengan berat kira-kira 23 ton. Tak heran juga beberapa paus biru sampai di perairan Indonesia yang hangat seperti Laut Sawu dan kawasan laut Alor-Solor. Tubuhnya pun bertambah 1. . tekanan yang dihasilkan membuat induk tersebut mampu menyemprotkan air susu langsung ke dalam mulut bayinya. Secara insting. Tidak heran bila binatang tersebut cepat tumbuh menjadi raksasa biru di lautan dalam.12 Laut Cortez setelah sebelumnya berovulasi dan melakukan fertilisasi di musim dingin.6 kg tiap jam. Anak paus akan tinggal bersama induknya sekitar satu tahun. sehingga beratnya bertambah 90 kg tiap hari atau 3. Seperti halnya lumba-lumba. Zat yang diminum atau lebih tepatnya dimakan bayi paus tersebut akan terlarut di dalam perut.

13 BAB III PENYEBAB-PENYEBAB MENURUNNYA POPULASI PAUS BIRU DAN UPAYA KONSERVASINYA .