You are on page 1of 14

RINCIAN MINGGU EFEKTIF (KOMPONEN ANALISIS PROGRAM PENGAJARAN) Mata Pelajaran Kelas / Semster Tahun Pelajaran I.

Jumlah Minggu dan Satu Semester a. Rincian Minggu dalam semester 1. Bulan Januari 2. Bulan Pebruari 3. Bulan Maret 4. Bulan April 5. Bulan Mei 6. Bulan Juni 7. Bulan Juli Jumlah b. Minggu Efektif II. Jam Pelajaran kurikulum III. Pembagian Alokasi Waktu No KD 8.3 8.4 KOMPETENSI DASAR Melakukan budidaya tanaman produktif dengan menerapkan berbagai ragam cara reproduksi vegetatif maupun generatif Melakukan budidaya tanaman obat dengan menerapkan berbagai ragam cara reproduksi vegetatif Ulangan Harian Ulangan Tengah Semester UAS/UKK Jumlah 16 8 2 jam Pelajaran 2 jam Pelajaran 2 jam Pelajaran 6 jam Pelajaran Mejayan, ………………. Guru Bidang Studi PLH ALOKASI WAKTU = 1 Minggu = 4 Minggu = 5 Minggu = 4 Minggu = 4 Minggu = - Minggu = - Minggu = 18 Minggu = Minggu : PLH : IX / Genap : 2008 / 2009

= 2 x 18 Jam pelajaran

Mengetahui Kepala SMPN 2 Mejayan

M. SAKIRUN, S.Pd NIP. 130 527 627

SULASMINI, S.Pd NIP. 510 166 727

Guru Bidang Studi PLH M.Pd NIP.1 Melakukan budidaya tanaman peneduh dengan menerapkan berbagai ragam cara reproduksi vegetatif maupun generatif 8. 130 527 627 SULASMINI.2 Melakukan budidaya tanaman obat dengan menerapkan berbagai ragam cara reproduksi vegetatif maupun generatif Jumlah JUMLAH TOTAL KETERANGAN GENAP Mengetahui Kepala SMPN 2 Mejayan Mejayan. 510 166 727 . SAKIRUN. S. S.Pd NIP.2 Melakukan budidaya tanaman hias dengan menerapkan berbagai ragam cara reproduksi vegetatif maupun generatif 8.PROGRAM TAHUNAN Mata Pelajaran Kelas / Semster Tahun Pelajaran : PLH : IX / Genap : 2008 / 2009 WAKTU JAM PELAJARAN SEMESTER GANJIL KOMPETENSI DASAR 8. ……………….3 Melakukan budidaya tanaman produktif dengan menerapkan berbagai ragam cara reproduksi vegetatif maupun generatif 8.

Mengimplementasikan upaya pelestarian lingkungan hidup di sekolah dengan berbagai budidaya tanaman yang mempunyai nilai artisik. Memahami cara melakukan budidaya tanaman produktif secara vegetatif khususnya mengenten 4. Okulasi : Dilakukan dengan cara menempelkan (memindahkan) mata tunas tanaman yang satu pada ( bekas mata tunas yang sudah diambil) tanaman lain yang sejenis tetapi berbeda varietasnya : SMPN 2 MEJAYAN : PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP : GENAP : 12 JAM PELAJARAN (6 X PERTEMUAN) .3 Melakukan budidaya tanaman produktif dengan menerapkan berbagai ragam cara reproduksi vegetatif INDIKATOR 1. Materi Pembelajaran 1. Memahami cara melakukan budidaya tanaman produktif secara vegetatif khususnya mencangkok 3. Memahami cara melakukan budidaya tanaman produktif secara generatif Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran 6 x pertemuan A. Memahami cara melakukan budidaya tanaman produktif secara vegetatif khususnya okulasi 2.RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN SEKOLAH MATA PELAJARAM KELAS/ SEMSTER ALOKASI STANDAR KOMPETENSI SK 8. Tujuan pembelajaran 1. Memahami cara melakukan budidaya tanaman produktif secara vegetatif khususnya geneatif B. Memahami cara melakukan budidaya tanaman produktif secara vegetatif 2. estetis dan ekonomis KOMPENTENSI DASAR 8.

Tugas Praktek D. Kegiatan pendahuluan (10 menit) .Direct Intruction (Di) . Budi daya tanaman produktif secara generatif/kawin.Motivasi : Tahukah kalian bagaiaman beda perkembangbiakan secara vegetatif dan generatif .Guru menyampaikan inti materi secara ringkas .Guru menulis di papan tulis kompetensi/tujuan pembelajaran yang ingin dicapai .Metode : . Langkah-Langkah Kegiatan 1. Perkembangbiakan secara generatif (kawin) selalau didahului adanya pelebaran gamaet (sel kelamin) jantan dan betina yang disebut dengan pembuahan (fertilasi) peleburan sperma dan sel telur yang akan menghasilkan zigat.2.Ceramah . Metode Pembelajaran .Observasi . C. Kegiatan Inti (60 menit) . Mengenten : Menyambung ranting pohon pada ranting pohon lain untuk memperoleh buah yang baik dan banyak 4.Pengetahuan : Perkembangbiakan secara vegetatif dan generatif pada tanaman produktif b. Mencangkok : Menumbuhkan akar pada dahan yang dipilih untuk dijadikan tanaman baru dengan cara membungkus dahan yang telah dikuliti dengan dibersihkan kambiumnya dengan tanah dan bahan pembungkus 3.Cooperative learning . Pertemuan pertama a.Diskusi .Modul : .

Pertemuan ke 2 a.Memberikan penghargaan pada seluruh kelompok atas kerja sama pada kegiatan pembelajaran .Tempelkan kulit tunas mangga gadung yang telah disiapkan pada bekas mata tunas potongan dahan mangga lain sehingga tempelan menyatu .Menyediakan alat dan bahan : . Kegiatan inti : . Kegiatan penutup ( 10 menit ) .Menyediakan tanaman produktif yang bisa di okulasi .Siswa dibimbing untuk mengamati tanaman produktif yang bisa diakulasi dilingkungan sekolah . Kegiatan Penutup ( 10 menit ) .5 x 2 cm .Tutuplah celah tempelan yang terbuka dengan paraffin/vaselin) .kuat agar tidak terlepas c.Mangga lain yang terdapat mata tunasnya .Memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang (membawa tanaman produktif yang bisa dilakukan okulasi) unyuk tiap kelompok yang berbeda-beda jenisnya 2.Alat pemotong.Cara Kerja : . pisau tajam.Angkatlah irisan tersebut dengan pisau hingga lepas .Salah satu kelompok mempresentasikan hasil pengamatan tanaman produktif baik secara vegetatif atau generatif dibimbing oleh guru .Dari kegiatan tersebut guru membimbing untuk membuat kesimpulan dan melengkapi materi yang belu diungkap siswa c.Pengetahuan : Macam-macam perkembangbiakan secara vegetatif b.Motivasi : Menurut pendapatmu apakah tujua menmpel atau okulasi . tali raffia paraffin .Mata tunas mangga gadung (diiris ukuran 1.Ikatlah dengan tali raffia kuat..Siswa dibimbing membentuk kelompok untuk melakukan praktek di luar kelas .5 x 2 cm ) .Irislah kulit yang memiliki mata tunas pada batang induk dengan ukuran 1. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit ) .

Menyediakan tanaman produktif yang bisa dicangkok .Memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang (membawa tanaman produktif yang bisa dilakukan cangkok) untuk setiap kelompok yang berbeda-beda jenisnya 4. tali raffia . Pertemuan ke 4 a.Salah satu kelompok mempresentasikan hasil pengamatan tanaman produktif baik secara vegetatif dan generatif dibimbing oleh guru .Motivasi : Jelaskan menurut pendapatmu tujuan mencangkok .Memberikan penghargaan pada seluruh kelompok atas kerja sama pada kegiatan pembelajaran ..Guru menulis di papan tulis kompetensi/tujuan pembelajaran yang ingin dicapai . Kegiatan penutup ( 10 menit ) .Dari kegiatan tersebut guru membimbing untuk membuat kesimpulan dabn melengkapi materi yang belum diungkap siswa c.Siswa dibimbing untuk mengamati tanaman produktif yang dicangkok dilingkungan sekolah .Pengetahuan : Macam-macam tanaman produktif yang bisa dicangkok b. Kegaiatan Pendahuluan ( 10 menit ) .Menyediakan alat dan bahan Alat dan bahan : .Pengetahuan : Macam-macam tanaman produktif yang bisa dicangkok b.Motivasi : Sebutkanlah minimal 3 sebab keggalan dalam mencangkok .TumbuhanDikotil (jambu.Guru menyampaikan inti materi secara ringkas . Kegiatan Inti : .Memberi tugas untuk pertemuan yang akan datang 3. mangga) Cara Kerja : . sabut kelapa/plastik.Siswa dibimbing membentuk kelompok untuk melakukan praktek di luar kelas . jeruk.Pisau tajam. Kegiatan Inti : . tanah yang gembur. Pertemuan ke 3 a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit) .

60 menit) . Pertemuan ke 6 a.Tutuplah bagian yang telah dikupas dengan tanah sampai menutupi ± 2 cm di atas keratan atas .2.5 cm .Pengetahuan : Macam-macam tanaman produktif yang bisa dilakukan mengenten b. Kegiatan Penutup .Motivasi : Jelaskan menurut pendapatmu keuntungan mengenten .Memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang 6.Pilihlah dahan yang subur tidak berpenyakit dengan diameter +.Pengetahuan : macam-macam perkembangbialan secara vegetatif dengan cara mengenten b.Guru menulis di papan tulis kompetensi/tujuan pemebelajaran yang ingin dicapai . Pertemuan ke 5 a.Rajinlah menyiram agar tanah tetap lembab c. Kegiatan inti . Kegiatan Penutup (10 menit) .Siswa dibimbing membentuk kelompok untuk melakukan Praktekdi luar kelas .Memberikan penghargaan pada kelompok yang aktif .Motivasi : Jelaskan perbedaan anatar menyambung dan mengenten dari segi bagian yang di Sambung .Salah satu kelompok mempresentasikan hasil pengamatan tanaman produktif baik secara vegetatif dan generatif dibimbing guru.Evaluasi terhadap cara kerja masing-masing kelompok 5.Buanglah kambium atau lendir sampai bersih dengan cara dikerik .Bungkus tanahnya dengan sabut kelapa atau plastic . c. Kegiatan Pendahuluan (± 10 menit) .Siswa dibimbing untuk mengamati tanaman produktif yang bisa dilakukan mengenten .Guru menyampaikan inti materi secara ringkas .Buatlah keretan melingkar dan kupaslah kulitnya sampai bersih .Ikat kuat-kuat dengan tali rafia pada ujung atas dan bawah . Kegiatan Pendahuluan (10 menit) . Kegiatan Inti (+..

Pisau.Mencari tunas ranting yang panjangnya ± 10-15 cm dari tanaman lain yang sejenis tetapi berbeda varietasnya . lidi tusuk gigi . Kegiatan Penutup . SAKIRUN.Potong lebih kurang 5-10 ranting bawah dari batang pokok dengan membentuk huruf V dan ptong pada tunas ranting atas membentuk huruf V sehingga bisa dimasukkan ke dalam potongan ranting pokok secara tepat . S.Alat dan bahan . Guru Bidang Studi PLH M. mencangkok dan mengenten Cara kerja Hasil Pencangkokan Nilai Keterangan Mengetahui Kepala SMPN 2 Mejayan Mejayan.Menyediakan alat dan bahan . ……………….Buku cara memupuk.Batang yang memiliki ranting bawah Cara kerja .Setelah disambung kerudungi dengan plastic an disiram setiap hari c..Masukkan potongan tunas ranting ke dalam potongan ranting pokok secara tepat kemudian balut dan ikatlah erat dengan tali raffia .Pd NIP. 130 527 627 SULASMINI. Sumber . mencangkok dan mengenten F. kantong plastic ½ Kg.Memberikan tugas untuk pertemuan yang akan datang E. 510 166 727 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN . Penilaian Tugas kelompok Rubrik Penilaian No 1 2 3 Faktor yang dinilai Ketrampilan menempel. raffia.5 cm . S.Menyediakan tanaman produktif yang bisa dilakukan untuk mengenten .Mencari tanaman mangga atau tanaman lain yang batangnya berdiameter ± 2.Pd NIP.Tanaman mangga .Memberikan penghargaan pada kelompok yang aktif .

3 Melakukan budiaya tanaman produktif dengan menerapkan berbagai ragam cara reprodksi vegetatif INDIKATOR Memahami cara melakukan budidaya tanaman produktif secara generatif A. Kegiatan inti Guru membimbing siswa untuk melakukan pembibitan biji tanaman mangga. estetis dan ekonomis KOMPENTENSI DASAR 8. Tujuan Pembelajaran Siswa Dapat .Sekolah Mapel Kelas/Semester Alokasi Waktu Standar Kompetensi : SMPN 2 Mejayan : Pendidikan Lingkungan Hidup : IX / genap : 8 Jam pelajaran (4 x pertemuan) 8. Kegiatan pembelajaran a.Melakukan cara pembibitan biji mangga B. secara berkelompok c. Metode Pembelajaran . Motivasi Bagaimana cara perkembangbiakan tanaman mangga secara generatif b.Diskusi .Melakukan budidaya tanaman dengan menggunakan biji mangga . Mengimplementasikan upaya pelesatrianhidup di sekolah dengan berbagai budidaya tanaman yang mempunyai nilai artistic.Tugas Praktek D. Penutup Guru memberi informasi cara pembibitan biji tanaman mangga C. Sumber .

510 166 727 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN . ……………….Biji tanaman .. Penilaian Tugas kelompok Rubrik penilaian No 1 2 3 4 Faktor yang dinilai Biji Media tanaman Cara pembibitan Hasil Mejayan. S..Buku tentang ……….Pd NIP. Guru Bidang Studi PLH Nilai Keterangan Mengetahui Kepala SMPN 2 Mejayan M. S.Pd NIP. E. 130 527 627 SULASMINI. SAKIRUN.

Mengimplementasikan upaya pelesatrianhidup di sekolah dengan berbagai budidaya tanaman yang mempunyai nilai artistic.Sekolah : SMPN 2 Mejayan Mapel : Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas/Semester : IX / genap Alokasi Waktu : 4 x 40 menit Standar Kompetensi 8.Menyebutkan macam-macam perkembangbiakan secara vegetatif.Memahami cara melakukan budidaya tanaman obat secara generatif. A. . . . kunyit putih. C.Melakukan praktek penanaman tanaman obat (mahoni.Menyebutkan macam-macam contoh perkembangbiakan secara generatif pada tanaman obat. Metode pembelajaran : Model: .Memahami cara melakukan budidaya tanaman obat secara vegetatif. . mengkudu) B.Melakukan praktek penanaman tanaman obat (jahe.Menjelaskan pengertian perkembangbiakan secara generatif pada tanaman obat. Materi Pcmbelajaran : Cara perkembangbiakan vegetatif dan generatif pada tanaman obat. estetis dan ekonomis KOMPENTENSI DASAR 8. kencur) .3 Melakukan budiaya tanaman produktif dengan menerapkan berbagai ragam cara reprodksi vegetatif Indlikator : . .Diskusi .Direct Instruction (DI) . . Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu : .Cooperative Learning Metode .Menjelaskan pengertian perkembangbiakan secara vegetatif pada tanaman obat.Ceramah . .

2.Dari kegiatan tersebut guru membimbing untuk membuat kesimpulan dan melengkapi materi yang belum diungkap siswa. .Pengetahuan : perkembangbiakan secara vegetatif pada tanaman obat. .Guru menuliskan dipapan tulis tentang kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran yang akandicapai.Observasi D. Kegiatan pendahuluan (10 Menit) .Memberikan tugas pada siswa untuk pertemuan yang akan datang membawa contoh tanaman obat dengan perkembang biakan vegetatif.Motivasi: sejauh mana kalian mengenal perkembangbiakan vegetatif dan generatif. b. .Motivasi: tahukah kalian mengenai tanaman biji yang bisa dimanfaatkan sebagai obat? .Prasarat: tanaman obat.Prasarat: tanaman obat. Kegiatan pendahuluan (10 Menit) .Guru menyampaikan materi secara ringkas mengenai perkembangbiakan secara vegetatif . Pertemuan ke dua a. .Siswa dibimbing untuk membentuk kelompok dan mengamati tanaman obat yang berkembang biak secara vegetatif. Kegiatan penutup ..Pengetahuan : perkembangbiakan secara generatif pada tanaman obat.Memberi penghargaan pada seluruh kelompok atas kerjasama pada kegiatan pembelajaran. b. Langkah . . Kegiatan inti (60 Menit) .Salah satu kelompok mempresentasikan hasil pengamatan tanaman obat yang berkembang biak secara vegetatif. c.Langkah Kegiatan : 1. . . Pertemuan pertama a. .Guru menuliskan dipapan tulis tentang kompetensi dasar atau tujuan pembelajaran yang akandicapai. Kegiatan inti (60 Menit) .

.Guru menyampaikan maleri secara ringkas mengenai perkembangbiakan secara generatif. cetok.Isilah pot dengan campuran tanah .Berbagai tanaman obat yang perkembangbiakannya secara vegetatof ( jahe.Menyediakan alat dan bahan .Jagalah tanah tetap basah dengan menyiramnya setiap hari 8.kecur.Cara kerja .Menyediakan tanaman-tanaman TOGA . Kegiatan penutup . kunyit dll) .Pot bunga.Memberi penghargaan pada seluruh siswa dan kerjasama pada kegiatan pembelajaran .Salah satu kelompok mempresentasikan hasil pengamatan tanaman obat yang berkembang biak dengan generatif . cangkul. kencur.Pengetahuan : Mengenal berbagai macam jenis TOGA Kegiatan Inti (± 60 menit) .Siswa dihimbing keluar kelas sesuai dengan kelompoknya mengamati tanaman obat yang berkembangbiak dengan generatif. Pertemuan ke 3 Kegiatan pendahuluan (± 10 menit) .Memberikan tugas ke siswa untuk pertemuan yang akan datang membawa contoh biji dari tanaman obat 3. gembor .Memberikan penghargaan pada kelompok yang aktif . tanah gembur..Dari kegiatan tersebut guru membimbing untuk membuat kesimpulan dan melengkapi materu yang belum ditangkap siswa 7. Kegiatan Penutup . . kunyit.Evaluasi terhadap cara kerja yang sudah dilaksanakan .Motivasi : Perlukah tanaman obat dibudidayakan di sekolah .Tanamlah rimpang jahe.Siramlah sampai basah . kunci dan temuireng (peranak satu jenis) .Salah satu kelompok mempresetasikan hasil pengamatan tanaman obat yang berkembang biak dengan generatif .

510 166 727 .Siramlah sampai basah .Pot bunga/ polybag. S.Isilah pot dengan campuran tanah . ……………….4.Pd NIP. Wijaya Kusuma dll) Cara Kerja .Tanamlah biji toga perkantung satu biji .Memberikan penghargaan pada kelompok yang aktif .Letakkan pada tempat yang teduh .Menyediakan Tanamam TOGA . tanah gembur. Pertemuan ke 4 Kegiatan pendahuluan (± 10 menit) Motivasi : Sebutkan lima jenis tanaman obat di daerahmu yang dapat dibudidayakan secara generatif) Pengetahuan : Mengenal macam-macam TOGA yang perkembangbiakannya secara generatif Kegiatan Inti .Pemberian tugas untuk pertemuan yang akan datang Mengetahui Kepala SMPN 2 Mejayan Mejayan. cetok. berbagai biji-bijian tanaman TOGA (Mahkota Desa. mengkudu. gembor. SAKIRUN.Pd NIP. Guru Bidang Studi PLH M. S.Jagalah tanah tetap basah dengan menyiramnya setiap hari Kegiatan Penutup .Evaluasi terhadap cara kerja siswa . 130 527 627 SULASMINI.Menyediakan alat dan bahan .