P. 1
The Garden City

The Garden City

|Views: 51|Likes:
Published by tendi_thole03

More info:

Published by: tendi_thole03 on Mar 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/31/2013

pdf

text

original

THE GARDEN CITY THEORY

EBENEZER HOWARD (1898)

Starting Point Kota Kebun atau Garden City adalah salah satu konsep yang digunakan untuk mengurangi dan menyelesaikan permasalahan sosial selama periode Industrialisasi. Kondisi kehidupan mereka memburuk diakibatkan banyak pemukiman yang berdekatan dengan daerah industri atau didalam kota Konsep Kota Kebun pertama kali dikemukakan oleh Ebenezer Howard dalam bukunya “ Tomorrow: A Peaceful Path to Real Reform” pada tahun 1898 yang kemudian direvisi pada tahun 1902 dalam buku yang berjudul “Garden Cities of Tomorrow” . Permasalahan muncul ketika makin banyak petani yang menjadi pekerja pabrik.

Howard menganalisis alasan penduduk pindah ke kota atau pinggiran kota Howard membuat ilustrasi pernyataannya dengan diagram tiga magnet. sedangkan magnet ketiga berfungsi sebagai komunitas baru yang memiliki standar lebih baik . Magnet pertama adalah kota dan yang kedua adalah desa.Isi Teori Dalam bukunya.

.

Struktur Ruang Pemukiman Tujuan utama dari konsep Garden City adalah untuk menemukan “kota baru”. Hal ini perlu dilakukan karena strategi yang biasanya dilakukan dalam mengatasi ekspansi terhadap kota tidak berjalan dengan semestinya karena seringkali kita harus menggunakan pola yang lama. Didalam konsep Garden City. dan biasanya wilayah pinggiran kota (suburban) terlalu dekat dengan Kota Induk. daerah pinggiran digunakan untuk pertanian dan rekreasi .

.

City Structure Struktur Kota Kebun terdiri dari empat zona yang berbeda. Pada saat akhir pekan inti kota akan digunakan sebagai pusat kebudayaan dan rekreasi • Enam jalan menghubungkan pusat dengan sekelilingnya. budaya. dikelilingi oleh zona administrasi. dan komersial. tipe-tipe jalan. membagi kota menjadi enam bagian . Disinilah ide tentang pusat perbelanjaan muncul dalam bentuk “Crystal Palace” dimana barang-barang yang dibuat oleh penduduk dapat terlindungi dari pengaruh cuaca. dan jalur hijau • Inti kota yang berada di tengah memiliki luas 4 km persegi dan berisikan “central park”.

.• Jalan utama dan beberapa jalan kecil lainnya diatur melingkari pusat. Sebut “ward-living”. Setiap keluarga memiliki rumah dengan luas minimum 6m x 30m dengan kebun. Fasilitas sosial seperti sekolah berada di sepanjang jalan utama • Dibagian luar lingkaran ditempatkan industri dengan skala kecil sehingga penduduk terhindar dari polusi. dan bersama-sama dengan jalan arteri membentuk area yang dise. Jalur hijau dan jalan kereta melingkar membatasi daerah pinggiran .

.

Oleh karena itu “kota baru” perlu ditemukan/dibuat pada jarak sekitar 7 km antar satu dengan yang lainnya untuk melindungi daerah pinggiran. • Kota-kota dihubungkan dengan jalur sistem kereta api untuk perpindahan barang/penduduk .Pertumbuhan Kota • Untuk mencegah terjadinya permasalahan pada saat kota semakin berkembang.000 jiwa • Di Kota Kebun pertumbuhan/perkembangan kota lebih jauh tidak dimungkinkan lagi. jumlah penduduk Kota Kebun hanya dibatasi sampai 32.

.

.

Lechworth Garden City. England .

TERIMA KASIH……… Sumber: http://www.fh-koeln.htm .tt.de/semesterprojects_extern/reg_plan/garden.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->