PROPOSAL KEGIATAN USAHA KERIPIK TALAS “CRITA” Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan

Diusulkan oleh :

Galih Wahyu Pradana

D2A008028 / 2008

JURUSAN ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2011

1

Dari sekian banyak jenis umbi-umbian yang paling dikenal adalah talas. Latar Belakang Seiring perkembangan industri kuliner di Indonesia. VISI Menjadi perusahaan penghasil Kripik Talas yang bermutu secara kualitatif dan kuantitatif. MISI · Melakukan klasifikasi dan penyaringan bahan produksi · Mendesain kemasan dan penampilan produk semenarik mungkin · Permodalan usaha secara mandiri · Marketing atau teknik penawaran yang maksimal dengan teknik financial dan marketing revolution yang dibagi menjadi dalam skala kecil dan dalam skala besar · Promosi lewat pembentukan citra terhadap publik. menguasai dan mencapai target pasar. dan brosur tempel. B. Talas (Colocasia esulenta (L) Schoot) atau talas bogor 2 . dan dikenal secara luas oleh masyarakat. tanaman umbi-umbian telah lama digunakan masyarakat kita sebagai makanan selingan atau sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi. keju. Judul Kegiatan Usaha “CRITA” (Criping Talas Aneka Rasa) Profile Company Nama yang digunakan dalam Perusahaan yang akan kami buat ini adalah CRITA “Criping Talas Aneka Rasa”. iklan online internet gratis. Sesuai dengan nama usaha ini. maupun barbeque.A. publisitas merek kemasan. kegiatan usaha bergerak dalam bidang pembuatan cemilan yang terbuat dari bahan dasar talas dengan variasi aneka rasa seperti rasa pedas. mandiri.

Kulit talas berwarna kemerahan. Makanan khas yang dibuat dari daun talas adalah buntil. Umbi dapat diolah menjadi keripik talas yang gurih. Kandungan kimia dalam talas dipengaruhi oleh varietas. talas merupakan makanan pokok di Asia dan Kepulauan Pasifik. kesuburan tanah.7 0 0.7 0.3 28.5 0.8 31 67 0.9 0.06 4 72.4 0. talas digunakan sebagai makanan tambahan atau sayur. Berabad-abad yang lalu. Kandungan gizi talas Kandungan gizi Energi (kal) Protein (g) Lemak (g) Hidrat arang total (g) Serat (g) Abu (g) Kalsium (mg) Fosfor (mg) Besi (mg) Karoten total Vitamin B1 (mg) Vitamin C (mg) Air (g) Bagian yang dimakan (%) Talas mentah 120 1. Di Irian jaya.05 2 69.4 100 Sumber : Slamet D. Sedangkan warna dagingya putih keruh.8 47 67 0. 3 .2 85 Talas rebus 108 1. majalah gizi dan makanan jilid 4. Umbi anak. Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram umbi talas terdapat dalam tabel berikut : Tabel 1.dibudidayakan hampir di seluruh kepulauan nusantara dari tepi pantai sampai ke pegunungan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Depkes RI. dan umur panen.0 0. iklim.7 0 0. baik liar maupun ditanam. Di Indonesia. Bubur akar rimpang talas dipercaya sebagai obat encok dan cairan akar rimpang talas digunakan untuk obat bisul.S dan Ig. Talas merupakan umbi berbentuk silinder atau lonjong sampai agak bulat. Umbi talas segar sebagian besar terdiri dari air dan karbohidrat. hal 26. di atas 1000 meter dari permukaan laut. talas digunakan sebagai makanan pokok. Umbi talas digunakan untuk berbagai macam masakan. bertekstur kasar dan terdapat bekas-bekas pertumbuhan akar.2 0.Tarkotjo (1980).4 25. tangkai dan daunnya digunakan untuk sayur.

Sebagai pembagi pasar karena produk kami memberikan variasi yang berbeda berupa aneka rasa keripik talas. 4. dan Pengikut pasar. 2. Karena mungkin di beberapa daerah sudah terdapat produk yang berupa keripik talas. Di samping dikonsumsi sebagai makanan ringan.Analisis Kompetisi dan Peluang Pasar Produk Dalam dunia usaha. bahkan tanaman ini juga mengandung asam perusi atau asam biru. 3. lemak. pembagi dan pengikut pasar. Daftar Layanan Jasa 1. keju dan barbeque. Pada awal pembentukan usaha ini kami akan menjadi penantang pasar. camilan. kripik talas ini juga mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Keripik Talas Gurih Keripik Talas Pedas Keripik Talas Rasa Keju Keripik Talas Rasa Barbeque Selain itu kunggulan lain dari produk layanan yang kami sajikan adalah harga yang lebih murah dengan kualitas yang mampu menandingi pelayanan yang diberikan oleh pengusaha lain dibidang yang sama. empuk. ada empat tipe pasar yaitu Pemimpin pasar. Penantang pasar. Ini dikarenakan talas yang merupakan cikal bakal kripik Talassa. 4 . maka dalam segmen ini posisi kami adalah sebagai penantang pasar dimana kami akan bersaing di pasaran dengan beberapa varian produk keripik talas. Crita memiliki rasa yang renyah. dan vitamin. Disamping itu crita juga menghadirkan beraneka macam variasi rasa selain gurih ada pedas. Tabel 1. Pembagi pasar.C. Target market yang kita tuju yang paling utama adalah mahasiswa dan pelajar. dan sedap karena dipadu oleh bumbu rempah-rempah tradisional non bahan pengawet dan non bahan kimia lainnya. D. atau makanan tambahan. mengandung karbohidrat tinggi. protein. Deskripsi Produk Produk yang dihasilkan dalam kegiatan usaha kami ini adalah keripik talas dengan nama produk crita.

F. Pada mulanya kami akan menyewa tempat usaha atau rencana yang akan kami lakukan adalah bekertja sama dengan orang yang memiliki usaha di tempat strategis yang terdekat dengan kampus maupun dengan masyarakat sekitar. 2. F. dan produk yang dihasilkan akan dipasarkan dengan cara menitipkan “CRITA” ke took-toko kelontong ataupun rumah makan. pelajar dan masyarakat yang ada disekitar wilayah kampus undip tembalangdan sekitarnya.E. Lingkungan Makro • Demografi Lingkungan demografi yang menjadi sasaran pemasaran produk jasa yang kami sediakan adalah di kawasan Tembalang.2 Future Target Market Seluruh masyarakat Kota Semarang maupun daerah disekitarnya. Lingkungan Mikro • Perusahaaan Usaha ini akan dibuka di lingkungan semarang khususnya di daerah Kampus Undip Tembalang ataupun di sekitarnya. Rumah produksi/tempat memproduksi keripik talas merupakan rumah kontrakan. F.1 Target Audience Mahasiswa. Aspek Mekanisme Produksi Produk 1. Aspek Rencana Pemasaran Produk F. Segmen atau target pasar untuk usaha ini adalah masyarakat disekitar semarang..3 Segmentasi Pasar 5 .

Menengah dan Bawah Pria dan Wanita Semua Umur Tidak Terbatas Tidak Tentu Geografi Jumlah Populasi Kepadatan Psikografi Kelas Sosial Jenis Kelamin Umur Pendapatan Pekerjaan Kesempatan menggunakan jasa Demografi Tidak Tentu Memberikan kemudahan Manfaat dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih Sedang hingga Tinggi Harga yang dapat di jangkau oleh seluruh kalangan masyarakat Behaviorist ic Loyalitas Sensivitas Harga F. dan bukan Hitech.Tabel 2. Strategi pemasaran yang dilakukan: 6 . akan tetapi pokok paling penting dalam bisnis adalah Marketing atau Penawaran.000 jiwa Kota Atas.3 Rencana Pemasaran dan Promosi Pokok yang paling penting dalam bisnis dan dunia usaha bukanlah produk. strategi penawaran adalah hal yang sangat fundamental disini. Oleh karena itu. Segmentasi Pasar Variabel Spesifikasi Wilayah Keterangan Tembalang dan Sekitarnya Tembalang sekitar 20. bukan pula jasa.

Sehingga bisa menjangkau khalayak yang lebih luas dan informasi yang lebih detail pada konsumen. F. Selain melalui indonetwork. daya tarik yang mungkin terhadap mereka. dan sebagainya. promosi lewat dunia maya juga bisa dilakukan dengan menggunakan situs jejaring social facebook maupun twitter. Iklan ini bukan sekedar iklan. kuantitas produk yang tersebar.4 Pengembangan Produk Pengembangan produk yang bisa dilakukan dalam hal ini mungkin adalah dengan membuat variasi rasa keripik talas CRITA. sebuah perusahaan jasa provider account penawaran online.• Untuk skala besar. dilakukan pemasangan iklan secara gratis di internet dengan mendaftarkan perusahaan ‘secara gratis’ pula di indonetwork. Opini publik ini bisa bersifat edukatif. karena dengan demikian berarti perusahaan telah memiliki alamat website sendiri yang bisa dipergunakan untuk Promosi. • Menanamkan opini publik yang positif terhadap CRITA dengan pembuatan beberapa brosur temple yang disebar dibeberapa toko tempat CRITA dijual. • Melakukan monitoring pasar dengan pembuatan target. sehingga konsumen tidak mengalami kejenuhan atau bosan dengan produk CRITA 7 . yaitu pemetaan target penjualan berdasar tingkat kesejahteraan calon konsumen. bahkan personal selling door to door secara maya. publisitas. • Melakukan pendekatan intrapersonal dengan pemilik toko dan agen-agen penjualan. intertainmen dan sebagainya.

00 3. 1500.00 750. yang berarti 50 hingga 75 bungkus per-hari. 1 2 3 4 5 6 Rincian Barang Kompor gas Tabung gas 3 kg Peralatan masak Alat pengemasan Streples Printer Total Jumlah 3 Unit 5 Unit 1 set 1 Unit 5 Unit 1 Unit Harga 750. Aspek Rencana Anggaran dan Keuangan Rencana usaha ini dapat memproduksi keripik talas antara 15 kilogrram per hari. 450. 1. 00 Rp.000 per hari. 00 @ Rp. @ Rp.775. Rp. Rp.000.000.500. 130. perasa pedas.000. Tabel 3.000.350.000. 00 Gas Rp. 675. Rp. @ Rp. 00 6 kg Minyak Goreng.000. 750.000. 300.000. 00 Rp.000.00 500. 1.00 200.000. 7000.260.000. 600. 00 Rp. Sedangkan target pengeluaran biaya produksi perbulan yang dibutuhkan adalah: Pengeluaran (perbulan) Gaji 3 karyawan Insentif Transport 2 sales Insentif barang laku untuk sales @ Rp. keju Rp.705. 450. 00 Rp. 00 Bungkus kover Crita Besar Pengeluaran Rp.000. 00 Bumbu. Rp. 00 dan barbeque serta rempahrempah Jumlah Total Pengeluaran Rp. 00 Rp.G.00 1. Rp.00 Rp. 6. 300.00 8 . Rp.000. Kebutuhan Tetap No.170.00 75.000. Dari kalkulasi kotor (Perhitungan pendapatan yang belum memperhitungkan biaya keluar dengan penjualan produk @4000) maka didapat Rp.000. 00 15 kg Talas.000. 1.

980.500.000.. 1.000.775.020 × 2. Jadwal Kegiatan Tabel 10.557.. 2. Jadwal Kegiatan 9 . 2.harga tersebut kecil karena memang harga kebutuhan kami kecil dan tidak memiliki harga yang mahal atau tinggi.705. Analisi BEP penerimaan BEP Harga (Rp/Item) = TC Y Rp.295.00 Rp.705.6 (bulan) = = Rp. Berdasarkan jumlah barang kebutuhan yang digunakan kami menghitung bahwa harga rata-rata produksi keripik talas yang kami laksanakan adalah sekitar Rp.(Pebulan) Total biaya pengeluaran usaha adalah 3. 2.00 ditambah 6.00 Dalam sebulan. 2.295.480. 10. Dengan memperhatikan harga dasar dengan harga jual tersebut.000.980. 6. kami menargetkan usaha kami akan memproduksi 2. maka asumsi keuntungan rata-rata setiap transaksi adalah Rp.000 × 4.000. 4.000.-.00 2.020. 10.00 ( 1.000 maka pengeluaran 10.00 Rp.Sehingga prediksi laba kotor yang akan kami peroleh dalam satu bulan pertama sekitar Rp.250 bungkus keripik talas.480.250 Sesuai dengan total pengeluaran awal usaha H.250 ) dan dapat diperkirakan usaha kami akan kembali modal dalam jangka waktu kurang dari empat bulan delapan belas hari masa usaha kami berdiri.000. Dengan penjabaran: Laba kotor : Rp. Rata-rata harga jual per item adalah Rp..

Bulan Kedua dan seterusnya Pelaksanaan PENUTUP Selama ini nilai ekonomis talas masih sangat rendah.Mengadakan evaluasi bulanan. Tapi sekarang olahan keripik talas mulai 10 . 4 .Mengadakan perincian keungan bulanan.Penyediaan fasilitas fasilitas pendukung kegiatan usaha 3. Melaksanakan Kegiatan operasional 2. Menyiapkan barang-barang perlengkapan usaha 6. Menyebarkan leaflet dan brosur fakultas-fakultas. 3 .Waktu Kegiatan Penjelasan Kegiatan 1. Pengecekan pembelian barang usaha. 7.Mencari lokasi tempat kegiatan usaha 2.Menyiapkan bahan-bahan penunjang kegiatan Bulan Pertama Persiapan produksi 4. maka hanya sedikit petani yang mau membudidayakannya.Menyeleksi Karyawan yang ahli dan terampil dalam melaksanakan kegiatan usaha 1.

Tentunya bukan hanya keripik talas biasa yang akan ditawarkan di pasar nantinya. Sehingga seiring dengan itu penggiat home industri pembuat keripik talas juga mulai banyak bermunculan. seperti menambahkan varian rasa pedas. keju maupun barbeque yang diharapkan nantinya akan menarik para konsumen untuk mencoba mencicipi produk kami. 11 . . Ada beberapa variasi rasa yang akan kami lakukan terhadap keripik talas yang akan diproduksi. Ini menjadi sebuah peluang bagi dunia usaha. Berkaitan dengan hal tersebut maka saya mempunyai ide untuk membuat wirausaha mandiri dengan bahan dasar talas.banyak digemari.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful