Sering pasien bertanya gini : “apakah USG sering2 akan membahayakan janin?

” ku jawab :”iya bisa kanker… (maksudnya kantong kering)”. Ada lagi yang bilang gini :”kata orang usg diawal kehamilan berbahaya”. Aku jawab: “bahaya buat bapak….(karena habis usg pasti langsung keluar himbauan nggak boleh melakukan hubungan seksual diawal kehamilan)”. Ternyata banyak masyarakat ditempatku yang masih belum mengetahui manfaat USG di awal kehamilan. Malah „ilmu‟ yang beredar dan mereka terima masih sangat dangkal. Maklumlah karena masih kota kecamatan kecil, dengan tingkat pendidikan terbanyak SLTA. USG diawal kehamilan seperti pada paruh waktu lain dalam kehamilan tidak berbahaya. Karena USG kan bukan sinar X. Radiasi yang dihasilkan lebih kurang seperti peralatan rumah tangga lainnya seperti TV, komputer dll. USG hanya berupa suara yang ditembakkan ke jaringan lalu pantulannya di tangkap pada layar monitor. Cairan biasanya berwarna hitam dan jaringan padat berwarna putih (USG 2 D). Beberapa parameter USG yang diukur di Trimester I kehamilan adalah GS (kantong kehamilan) biasanya berupa bulatan hitam, CRL (panjang janin), dan BPD (ukuran kepala janin). Manfaatnya yang paling utama adalah memastikan usia kehamilan sesuai dengan haid yang di klaim oleh ibu, hari pertama haid terakhir (HPHT). Karena sering ditemukan dalam praktek sehari2 usia kehamilan tidak sesuai dengan HPHT yang di klaim. Kenapa bisa? Ilustrasinya begini : HPHT 1 Mei 2008, normal 5-7 hari, juni “haid” lagi tgl 5 sedikit2 cuma 2-3 hari. Pasien mengklaim HPHT 5 juni itu, dilakukan USG 1 juli 2008. Hasil: CRL 8 minggu. Pasien bingung….dokter ya nggak lah. Yang terjadi sebetulnya pada bulan juni itu pasien telah hamil 4-5 minggu…perdarahan yang timbul adalah gejala abortus iminens (ancaman keguguran) yang oleh pasien dianggapnya sebagai haid. Manfaat lain USG trimester pertama adalah mendeteksi kelainan kehamilan seperti „missed abortus‟ (=keguguran yang tertahan), Blighted Ovum (kehamilan tanpa janin dll. Apalagi ibu tidak ingat HPHT…..(banyak lho…bahkan pada kehamilan anak I ada yang ingat HPHT…) Sering akau candain gini : ” nggak „terasa‟ ya buk….tahu2 sudah hamil”…. Awal kehamilan anda ditandai berdasarkan menstruasi terakhir anda. Banyak perubahan fisik yang akan anda alami selama trimester pertama (3 bulan pertama kehamilan). Periode ini juga merupakan periode tumbuh kembang yang cepat bagi bayi anda.

Perubahan pertama mulai terlihat pada minggu ke-4 masa kehamilan. Rasa metal dalam mulut merupakan penanda pertama dan satu-satunya perubahan fisik yang ada.

5 cm (1 in). Pada minggu 7. ukuran uterus anda sudah sebesar buah grapefruit (buah sejenis jeruk) . dan area seputar puting susu berubah warna menjadi lebih tua. Mual dan muntah mulai terjadi. Minggu 9. Pada minggu ke-5. gerah.Minggu 6. semua organ bagian dalam sudah ada pada tempatnya dan sendi-sendi utama seperti pundak dan pinggul sudah terlihat dengan jelas. Pada minggu 8. Gusi mulai melunak sehingga memerlukan perawatan lebih. Frekuensi buang air kecil bertambah.Minggu 7. anda akan merasakan gejala menjelang menstruasi seperti kembung. Minggu 5. Benjolan-benjolan kecil mulai muncul di payudara. embrio dapat dilihat dengan mata telanjang. Kelenjar tiroid/ gondok disisi leher bagian depan membesar. Cairan vagina yang bening. Untuk keterangan lebih lanjut. Payudara mulai membesar dan menjadi lebih peka. kepala. rambut anda mulai sulit ditata. dada. jantung berdegup. kulit anda mengalami perubahan. Minggu 8. dan tak berbau mulai merembes keluar. putih. sekalipun anda hanya mengalami menstruasi atau bahkan tidak lagi mengalami menstruasi. vagina dan labia mayor mulai bereaksi terhadap peningkatan aliran darah dengan berubah warna menjadi kebiru-biruan. serta perut mulai terbentuk. lihat Perubahan Fisik Lainnya. Pada minggu 6. sekalipun panjang janin baru sekitar 2. struktur dasar susunan syaraf pusat dalam kandungan mulai terbentuk.Pada minggu ke-2. Minggu 10. terbentuk lekukan-lekukan yang menandai tempat dimana jari tangan dan jari kaki akan tumbuh. kadang-kadang anda merasa pusing dan sesak napas. dan sakit kepala.

Payudara sudah lebih besar dari ukuran bra normal anda.Diakhir minggu 11. bayi mampu mengisap dan menelan. dan anda dapat mengalami mimisan. bentuk jari tangan dan jari kaki sudah kelihatan. Minggu 9. persendian bisa bergerak. janin masih belum mampu hidup di luar rahim. kuku jari tangan dan kaki telah kelihatan. walaupun satu sama lainnya masih tersambung oleh selaput kulit. muntah dan morning sickness mulai hilang. uterus sudah tumbuh lebih tinggi dari tulang panggul dan terasa bila diraba dari luar. atau akhir trimester pertama. Minggu 12. Meskipun dalam 12 minggu janin tumbuh dengan cepat. mulut dan hidung sudah kelihatan. rasa mual. Semua sistem dalam tubuh bayi telah berkembang dengan baik dan banyak organ yang bentuknya hampir sempurna. semua organ bagian dalam sudah berbentuk dan berfungsi.Minggu 10. Minggu 12. akhir dari trimester pertama. Minggu 11.kelopak mata. Volume darah bertambah banyak. kedua lengan pun tumbuh dengan cepat. V .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful