GBPP + SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( S A P

)

JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2009/2010

GBPP & Satuan Acara Perkuliahan MK : Kepemimpinan Pemerintahan
Kode Pelajaran : Pem-203
Disusun Oleh Tanggal Bahan Kuliah Semester Program Studi Fakultas : Drs. Yana Ekana PS, M.Si : 1 September 2009 : 5 (Lima) : Ilmu Pemerintahan : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP)

UNIVERSITAS LAMPUNG @ September 2009

yang membahas konsep dasar kepemimpinan. dinamika organisasi. 3. menjelaskan teori munculnya pemimpin. NO 1 TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS 2 POKOK BAHASAN 3 SUB POKOK BAHASAN 4 EST. B. menjelaskan tugas/fungsi dan peranan pemimpin. gaya kepemimpinan. tipe kepemimpinan. menjelaskan latar belakang sejarah lahirnya pemimpin dan kepemimpinan. F .GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN JUDUL MATA KULIAH NOMOR KODE/SKS DESKRIPSI SINGKAT : KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN : PEM /203 (3-0) : Mata kuliah ini mempelajari mengenai kepemimpinan. mendeskripsikan ciri-ciri pemimpin ideal. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM: Setelah menyelesaikan perkuliahan ini. 6. gaya kepemimpinan. dengan menggunakan berbagai contoh yang berlaku dalam masyarakat. 7. Mata kuliah ini berusaha sejauh mungkin untuk menghubungkan pokok bahasan dengan realitas. 4. teori-teori dalam kepemimpinan. 2. tipe kepemimpinan dan pemimpin. dinamika organisasi. WAKTU 5 DAFTAR KEPUSTAKAAN 6 1 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu : menjelaskan tentang pengertian pemimpin dan kepemimpinan. teori-teori dalam kepemimpinan. mahasiswa diharapkan mengerti mengenai konsep dasar kepemimpinan. dan kepemimpinan pemerintahan di Indonesia. membedakan pemimpin dengan ketua/kepala. dan menjelaskan pentingnya kepemimpinan Konsep dasar kepemimpinan 1. dan kepemimpinan pemerintahan di Indonesia. Pengertian pemimpin dan kepemimpinan Latar belakang sejarah lahirnya pemimpin dan kepemimpinan Perbedaan Pemimpin dengan ketua/kepala Teori munculnya pemimpin Ciri-ciri pemimpin ideal Perilaku/hal-hal yang harus dilakukan pemimpin Pentingnya kepemimpinan 9 x 50 menit Kode A. 5. C.

factor-faktor yang mempengaruhi situasi kepemimpinan. G 6 Kepemimpinan Pemerintahan 1. berikut aplikasi contohnya dalam kehidupan masyarakat Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan kedinamisan organisasi dan mampu melihat peranan pemimpin dalam dinamika organisasi melalui variabel taxonomi organisasi. C. Maksud Teori Kepemimpinan Macam-Macam Teori Kepemimpinan 9 x 50 menit Kode B. F 5 Dinamika Organisasi 1. Taxonomi organisasi Struktur organisasi Proses organisasi Individu-individu dalam organisasi 9 x 50 menit Kode D. 3. dan perbedaan setiap tipe kepemimpinan dengan mengambil contoh kasus yang berlaku dalam masyarakat Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian. C 3 Teori Kepemimpinan 1. 2. F 4 Gaya Kepemimpinan 1. Pengertian Tipe Kepemimpinan Macam-Macam Tipe Kepemimpinan 6 x 50 menit Kode A. 2. metodologi. D . Kepemimpinan Pancasila 6 x 50 menit Kode C. Pengertian gaya kepemimpinan Macam gaya kepemimpinan Faktor-faktor yang mempengaruhi situasi kepemimpinan 9 x 50 menit Kode B. variabel proses organisasi.NO 1 TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS 2 POKOK BAHASAN 3 SUB POKOK BAHASAN 4 EST. 4. ciriciri. B. 2. 3. variabel struktur organisasi. C. interpretasi. dan pelopor dari setiap teori kepemimpinan Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian dan perbedaan dari setiap gaya kepemimpinan. dan variabel individu dalam organisasi Setelah mengikuti kuliah ini Tipe kepemimpinan 1. E. 2. WAKTU 5 DAFTAR KEPUSTAKAAN 6 2 Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian.

. Handayaningrat Soewarno. Jakarta. Prajudi S Atmosudirjo. WAKTU 5 DAFTAR KEPUSTAKAAN 6 mahasiswa diharapkan dapat menganalis kepemimpinan pemerintahan di Indonesia secara umum dan di Lampung khususnya. 1983. Gajah Mada University Press. 1991. Gunung Agung. Jakarta. E. 1983. 1984. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Perilaku Organisasi. Gunung Agung. Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan (Decision Making). Jakarta.. Jakarta. Kepemimpinan dan Perilaku Adimnistrasi. F. Pemimpin dan Kepemimpinan.NO 1 TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS 2 POKOK BAHASAN 3 SUB POKOK BAHASAN 4 EST. C. melalui tinjauan karakteristik kepemimpinan yang ada di Indonesia 2. Rajawali. Jakarta. Hasibuan S. Manajemen Dasar. 3. Malayu. Organisasi. Yogyakarta. B. Ghalia Indonesia. Sutarto. D. 1992. Gunung Agung. Thoha Miftah. Siagian P Sondang. G. 1981. Pengertian dan Masalah. Kartono Kartini. Kepemimpinan pembangunan Karakteristik kepemimpinan Indonesia DAFTAR KEPUSTAKAAN A. PT RajaGrafindo Persada.P. Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. Konsep Dasar dan Aplikasi. 1984. Jakarta.

Perbedaan Pemimpin dengan Ketua/Kepala 4. menjelaskan teori munculnya pemimpin. membedakan pemimpin dengan ketua/kepala. : Konsep Dasar Kepemimpinan B. Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan 2. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 1. Perilaku/hal-hal yang Harus Dilakukan Seorang Pemimpin 7.SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Waktu Pertemuan Pertemuan ke A. Pokok Bahasan C. dan menjelaskan pentingnya kepemimpinan. menjelaskan tugas/fungsi dan peranan pemimpin. Sub Pokok Bahasan: 1. 2. : KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN : PEM 203 : 9 x 50 menit : 1. Ciri-ciri Ideal Seorang Pemimpin 6. 2. TIK: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pengertian pemimpin dan kepemimpinan. Kegiatan Belajar Mengajar TAHAP Pendahuluan KEGIATAN PENGAJAR 1. mendeskripsikan ciri-ciri pemimpin ideal. dan 3 KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN - Memperhatikan . Latar Belakang Sejarah Lahirnya Pemimpin dan Kepemimpinan 3. menjelaskan latar belakang sejarah lahirnya pemimpin dan kepemimpinan. Teori Munculnya Pemimpin 5. Menjelaskan tata tertib dan ketentuan perkuliahan/SAP dan GBPP 2. Pentingnya Kepemimpinan D. dan 3 Tujuan Instruksional 1.

Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa c. menanyakan kepada mahasiswa secara acak. Menuliskan jawaban mahasiswa di papan tulis c. Bertanya kepada mahasiswa tentang deskripsi pemimpin ideal Memperhatikan dan menjawab pertanyaan OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan dan menjawab pertanyaan OHP dan papan tulis . Menjawab pertanyaan mahasiswa 7. 2. Menjelaskan perbedaan pengertian pemimpin dengan ketua/kepala a. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya b. Menjelaskan teori munculnya pemimpin a. Menjelaskan teori munculnya pemimpin secara teoritis b. Menjelaskan ciri-ciri pemimpin ideal a. Menjawab pertanyaan mahasiswa 6. dan 3 KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN - Penyajian 4. Menjelaskan dan menyimpulkan latar belakang sejarah lahirnya pemimpin dan kepemimpinan 5. Menjelaskan kompetensi-kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke 1. latar belakang sejarah lahirnya pemimpin dan kepemimpinan b. Menjelaskan ciri-ciri pemimpin ideal secara teoritis b.TAHAP KEGIATAN PENGAJAR 3. Sebelum menjelaskan. Menjelaskan definisi pemimpin dan kepemimpinan a.

Memberikan contoh-contoh tugas/fungsi pemimpin b. Memberikan tugas review materi kuliah yang diberikan untuk dikumpul dalam pertemuan yang akan datang c. Menjelaskan tentang pentingnya kepemimpinan a. Mengundang komentar/pendapat atau pertanyaan dari mahasiswa b. Memberi contoh peranan-peranan yang harus dilakukan pemimpin b.TAHAP KEGIATAN PENGAJAR 8. Memberi kesempatan mahasiswa untuk bertanya c. Menjawab pertanyaan mahasiswa 10. Menjelaskan peranan pemimpin a. Memberi kesempatan kepada mahasiswa utnuk bertanya c. Menutup Pertemuan a. Mengajak mahasiswa untuk berdiskusi. Memberikan gambaran umum tentang materi perkuliahan yang akan datang Memberikan komentar/pendapat atau pertanyaan Memperhatikan dan mencatat uraian tugas Memperhatikan . Menjelaskan tugas/fungsi pemimpin a. mengapa tugas/fungsi pemimpin berbeda dengan tugas/fungsi bawahan 9. Menjelaskan pentingnya kepemimpinan secara teoritis b. Menjawab pertanyaan dari mahasiswa KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan dan diskusi MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN OHP dan papan tulis Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Penutupan 11.

1981 Hasibuan S.E.P. Yogyakarta. Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. 1984 Kartono Karrtini. Gunung Agung. Gajah Mada University Press. Jakarta. Pengantar Studi ilmu Administrasi dan Manajemen. 1991 . Pemimpin dan Kepemimpinan. 1992 Sutarto. Pengertian dan Masalah. Malayu. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Evaluasi: Instrumen yang digunakan: Check list untuk menilai tugas review yang telah dibuat oleh mahasiswa dari segi kesuaian dengan materi kuliah yang diajarkan dan penelusuran bahan pustaka lainnya yang relevan dengan materi kuliah. F. Manajemen Dasar. Gunung Agung. Jakarta. Daftar Pustaka : Handayaningrat Soewarno.

Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 4 dan 5 2. Pokok Bahasan : Tipe Kepemimpinan C. Macam-Macam Tipe Kepemimpinan D. Pengertian Tipe Kepemimpinan 2. Kegiatan Belajar Mengajar TAHAP Pendahuluan KEGIATAN PENGAJAR 1. Menjelaskan kopmpetensi-kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke 4 dan 5 Penyajian 3. ciri-ciri. Sub Pokok Bahasan: 1. TIK: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian.Tujuan Instruksional 1.SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Waktu Pertemuan Pertemuan ke : KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN : PEM 203 : 6 x 50 menit : 4 dan 5 A. Menjelaskan beberapa tipe kepemimpinan KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN - Memperhatikan - Memperhatikan dan bertanya OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) . Menjelaskan pengertian tipe kepemimpinan a. dan perbedaan setiap tipe kepemimpinan dengan mengambil contoh kasus yang ada di masyarakat B.

Memberikan tugas latihan menentukan Memperhatikan. Menjelaskan beberapa tipe kepemimpinan: a. dan bertanya OHP dan papan tulis OHP dan papan tulis Memberikan komentar/pendapat atau pertanyaan Memperhatikan dan mencatat uraian tugas . Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya c. Menutup Pertemuan: a. Menjawab pertanyaan mahasiswa 4. Menjelaskan tipe kepemimpinan secara teoritis b. Menjawab pertanyaan mahasiswa KEGIATAN MAHASISWA MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis 5. berdiskusi. Mengundang komentar/pendapat atau pertanyaan dari mahasiswa b. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa c. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya c. Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan berbagai tipe kepemimpinan b. Menjawab pertanyaan mahasiswa 6. Mendiskusikan tipe-tipe kepemimpinan dalam aplikasinya di masyarakat b. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa c. berdiskusi. Menjawab pertanyaan mahasiswa Penutupan 7.TAHAP KEGIATAN PENGAJAR b. Mengajak mahasiswa berdiskusi tipe Memperhatikan. Menjelaskan perbandingan tipe-tipe kepemimpinan a. dan bertanya kepemimpinan a.

Evaluasi: Instrumen yang digunakan: Check list untuk menilai tugas review yang telah dibuat oleh mahasiswa dari segi kesuaian dengan materi kuliah yang diajarkan. Memberikan gambaran umum tentang materi perkuliahan yang akan datang KEGIATAN MAHASISWA MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN Memperhatikan E. Pemimpin dan Kepemimpinan.TAHAP KEGIATAN PENGAJAR tipe kepemimpinan dari kasus yang ada di masyarakat. Jakarta. 1981 Hasibuan S. 1984 Kartono Karrtini. Jakarta. Pengertian dan Masalah. Pengantar Studi ilmu Administrasi dan Manajemen. PT Raja Grafindo Persada. Gunung Agung. 1992 . Daftar Pustaka Handayaningrat Soewarno. Malayu. F. Gunung Agung.P. Jakarta. dikumpul pada pertemuan yang akan datang c. Manajemen Dasar.

Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 6.SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Waktu Pertemuan Pertemuan ke : KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN : PEM 203 : 9 x 50 menit : 6. dan interpretasi dari beberapa teori kepemimpinan b. Maksud Teori Kepemimpinan 2. Menjawab pertanyaan mahasiswa 4. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya c. 7. dan 8 3. Menjelaskan kompetensi-kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke 6. Sub Pokok Bahasan: 1. Macam-Macam Teori Kepemimpinan D.Tujuan Instruksional 1. metode. Menjelaskan beberapa teori kepemimpinan a. 7. dan 8 A. TIK: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian. interpretasi. Kegiatan Belajar Mengajar TAHAP Pendahuluan KEGIATAN PENGAJAR 1. 7 dan 8 2. dan pelopor-pelopor dari teori kepemimpinan B. Pokok Bahasan : Teori Kepemimpinan C. Menjelaskan maksud. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN - Memperhatikan Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Penyajian Memperhatikan dan diskusi Papan tulis . metode.

Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa c. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa c. Menjawab pertanyaan mahasiswa 7. Mencari contoh kasus kepemimpinan secara bebas b. Menjawab pertanyaan mahasiswa 6. berdiskusi. dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan. Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan dari teori-teori kepemimpinan b. Mengundang komentar/pendapat atau pertanyaan dari mahasiswa b.TAHAP KEGIATAN PENGAJAR aplikasi beberapa teori kepemimpinan di masyarakat a. Menginterpretasikan kasus dengan mengacu pada teori kepemimpinan 5. berdiskusi. Menutup Pertemuan: a. Menjelaskan beberapa teori kepemimpinan a. Menjelaskan tokoh-tokoh pelopor dari teori kepemimpinan a. Menjelaskan perbandingan teori kepemimpinan a. Menjawab pertanyaan mahasiswa KEGIATAN MAHASISWA MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN Memperhatikan. dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan dan bertanya Papan tulis Penutupan 8. Memberikan tugas review materi kuliah yang sudah diberikan pada pertemuan ini untuk dikumpul dalam pertemuan yang akan datang Memberikan komentar/pendapat atau pertanyaan Memperhatikan dan mencatat uraian tugas . Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa b. Mendiskusikan teori-teori kepemimpinan dalam aplikasinya di masyarakat b.

Yogyakarta. 1992 Sutarto. 1991 . Jakarta.TAHAP KEGIATAN PENGAJAR c. Evaluasi: Instrumen yang digunakan: Check list untuk menilai tugas penentuan tipe kepemimpinan yang telah dibuat oleh mahasiswa dari segi kesuaian dengan materi kuliah yang diajarkan dan penelusuran bahan pustaka lainnya yang relevan dengan materi kuliah. 1984 Kartono Karrtini. Manajemen Dasar. Daftar Pustaka Hasibuan S. Memberikan gambaran umum tentang materi perkuliahan yang akan datang KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN E. Gajah Mada University Press. Pengertian dan Masalah. Dasar Dasar Kepemimpinan Administrasi. Gunung Agung. Malayu.P. Jakarta. F. Pemimpin dan Kepemimpinan. PT Raja Grafindo Persada.

10 dan 11 2. Menjelaskan kompetensi-kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke 9. mampu membedakan gaya-gaya kepemimpinan. B. Menjelaskan mengenai pengertian gaya kepemimpinan a. Memberi kesempatan kepada mahasiswa KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan Memperhatikan MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN - Penyajian Memperhatikan dan bertanya OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) . TIK: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiwa diharapkan dapat menjelaskan pengertian gaya kepemimpinan. Pokok Bahasan : Gaya Kepemimpinan C. 10. Kegiatan Belajar Mengajar TAHAP Pendahuluan KEGIATAN PENGAJAR 1. Menjelaskan pengertian gaya kepemimpinan secara teoritis b. Macam-macam gaya kepemimpinan 3. 10 dan 11 A. Pengertian gaya kepemimpinan 2. Sub Pokok Bahasan: 1. Tujuan Instruksional 1.SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Waktu Pertemuan Pertemuan ke : KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN : PEM 203 : 9 x 50 menit : 9. dan 11 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi situasi kepemimpinan D. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 9. berikut aplikasi contoh dalam kehidupan masyarakat. dan dapat menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi situasi kepemimpinan.

Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa b. Menjelaskan hubungan gaya kepemimpinan dengan situasi kepemimpinan a. KEGIATAN PENGAJAR untuk bertanya Menjawab pertanyaan mahasiswa KEGIATAN MAHASISWA MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN 4. Mengundang komentar/pendapat atau Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan. Menjelaskan gaya kepemimpinan akan menentukan situasi kepemimpinan b. Menjelaskan beberapa gaya kepemimpinan a. Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi situasi kepemimpinan a.TAHAP c. Menjawab pertanyaan mahasiswa 5. Mendiskusikan beberapa macam gaya kepemimpinan a. Menjawab pertanyaan mahasiswa 7. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa c. Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan dari gaya-gaya kepemimpinan b. Menutup Pertemuan: a. dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Memberikan komentar/pendapat atau . berdiskusi. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa c. Menjawab pertanyaan mahasiswa Penutupan 8. Menjawab pertanyaan mahasiswa 6. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya b.

Gajah Mada University Press.TAHAP b. PT Raja Grafindo Persada. dikumpulkan dalam pertemuan yang akan datang Memberikan gambaran umum tentang materi perkuliahan yang akan datang KEGIATAN MAHASISWA pertanyaan Memperhatikan dan mencatat uraian tugas MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN c. Dasar Dasar Kepemimpinan Administrasi. 1992 Sutarto.P. Manajemen Dasar. Pemimpin dan Kepemimpinan. Malayu. Jakarta. 1991 . Evaluasi: Instrumen yang digunakan: Check list untuk menilai tugas latihan yang telah dibuat oleh mahasiswa dari segi kesuaian dengan materi kuliah yang diajarkan. Jakarta. F. 1984 Kartono Karrtini. KEGIATAN PENGAJAR pertanyaan dari mahasiswa Memberikan tugas latihan menentukan gaya kepemimpinan berdasarkan situasi kepemimpinan. Daftar Pustaka Hasibuan S. Memperhatikan E. Pengertian dan Masalah. Yogyakarta. Gunung Agung.

13. 13. dan mampu melihat peranan pemimpin dalam dinamika organisasi melalui variabel taxonomi organisasi. variabel proses-proses dalam organisasi.Tujuan Instruksional 1. Taxonomi organisasi 2. dan 14 2. TIK: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiwa diharapkan dapat menjelaskan kedinamisan organisasi. 13. Sub Pokok Bahasan: 1. Struktur organisasi 3. dan variabel individu dalam organisasi B. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 12. Pokok Bahasan : Dinamika Organisasi C. Menjelaskan kompetensi-kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke 12. dan 14 A.SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Waktu Pertemuan Pertemuan ke : KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN : PEM 203 : 9 x 50 menit : 12. dan 14 KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN - Memperhatikan - . Proses-proses dalam organisasi 4. Individu dalam organisasi D. variabel struktur organisasi. Kegiatan Belajar Mengajar TAHAP Pendahuluan KEGIATAN PENGAJAR 1.

Menjelaskan peranan pemimpin dalam kedinamisan organisasi b. Menjelaskan pengertian dinamika organisasi a. Menjelaskan pengertian taxonomi organisasi a. Meminta mahasiswa untuk memberi contoh 5. Memberi kesempatan bertanya kepada mahasiswa c. Meminta mahasiswa untuk memberi KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan dan bertanya MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) Memperhatikan dan memberi contoh OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) Memperhatikan dan memberi contoh OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) Memperhatikan dan memberi contoh OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) Memperhatikan dan memberi contoh OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) . Meminta mahasiswa untuk memberi contoh 6. Menjelaskan pengertian struktur organisasi a. Menjelaskan variabel-variabel dalam taxonomi organisasi b. Menjelaskan variabel-variabel prosesproses dalam organisasi b. Menjawab pertanyaan mahasiswa 4. Menjelaskan variabel-variabel individu dalam organisasi b. Menjelaskan pengertian proses-proses dalam organisasi a. Menjelaskan variabel-variabel dalam struktur organisasi b. Meminta mahasiswa untuk memberi contoh 7. Menjelaskan pengertian individu dalam organisasi a.TAHAP Penyajian KEGIATAN PENGAJAR 3.

Jakarta. Ghalia Indonesia. Memberikan tugas mereviu materi kuliah yang telah disampaikan untuk dikumpul dalam pertemuan yang akan datang c. Konsep Dasar dan Aplikasi. Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Daftar Pustaka Prajudi Atmosudirjo. Jakarta. Evaluasi: Instrumen yang digunakan: Check list untuk menilai tugas latihan yang telah dibuat oleh mahasiswa dari segi kesuaian dengan materi kuliah yang diajarkan. Organisasi. Perilaku Organisasi. 1984 Siagian P Sondang. Jakarta. Mengundang komentar/pendapat atau pertanyaan dari mahasiswa b. Mendiskusikan aplikasi dinamika organisasi di masyarakat KEGIATAN MAHASISWA MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN Diskusi Penutupan 9. Gunung Agung. Rajawali. Memberikan gambaran umum tentang materi perkuliahan yang akan datang Memberikan komentar/pendapat atau pertanyaan Memperhatikan dan mencatat uraian tugas Memperhatikan E. 1983 Thoha Miftah. 1983 .TAHAP KEGIATAN PENGAJAR contoh 8. Menutup Pertemuan: a. F. Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan.

Sub Pokok Bahasan: 1. Kepemimpinan Pancasila 2. Menjelaskan kompetensi-kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke 15 dan 16 KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan Memperhatikan MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN - . Pokok Bahasan : Kepemimpinan pemerintahan di Indonesia C. TIK: Setelah mengikuti kuliah ini mahasiwa diharapkan dapat menganalisis kepemimpinan pemerintahan di Indonesia secara umum dan di Lampung khususnya. melalui tinjauan karakteristik kepemimpinan yang ada 2. Karakteristik Kepemimpinan Indonesia D.Tujuan Instruksional 1. Kepemimpinan Pembangunan 3. Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke 15 dan 16 2.SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP) Mata Kuliah Kode Mata Kuliah Waktu Pertemuan Pertemuan ke : KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN : PEM 203 : 6 x 50 menit : 15 dan 16 A. Kegiatan Belajar Mengajar TAHAP Pendahuluan KEGIATAN PENGAJAR 1.

Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya b. Memberikan tugas membuat makalah tentang kepemimpinan pemerintahan di Indonesia untuk dikumpul pada saat ujian akhir semester berlangsung c. Menjawab pertanyaan mahasiswa 4. Daftar Pustaka Kartono Karrtini. Ujian Tengah Semester. dan Ujian Akhir Semester dalam bentuk essay dan pengerjaan soal penghitungan pajak serta Check list untuk menilai tugas review dan tugas makalah yang telah dibuat oleh mahasiswa dari segi kesuaian dengan materi kuliah yang diajarkan dan penelusuran bahan pustaka lainnya yang relevan dengan materi kuliah. 1984 . Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya b. Menjawab pertanyaan mahasiswa 5.TAHAP Penyajian KEGIATAN PENGAJAR 3. Menutup pertemuan: a. Jakarta. Pemimpin dan Kepemimpinan. Menjelaskan Pengertian kepemimpinan pemerintahan di Indonesia a. Mengundang komentar/pendapat atau pertanyaan dari mahasiswa b. Ghalia Indonesia. Memberikan gambaran umum tentang materi yang menjadi bahan ujian akhir KEGIATAN MAHASISWA Memperhatikan dan bertanya MEDIA DAN ALAT PENGAJARAN OHP dan Papan Tulis Putih (White Board) Memperhatikan dan bertanya OHP dan papan tulis Memperhatikan Memperhatikan dan diskusi OHP dan papan tulis Penutupan Memberikan komentar/pendapat atau pertanyaan Memperhatikan dan mencatat uraian tugas Memperhatikan E. Menjelaskan karakteristik kepemimpinan di Indonesia secara umum 6. F. Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Menjelaskan pengertian kepemimpinan Pancasila a. Meminta mahasiswa untuk berdiskusi menganalisis mengenai kepemimpinan pemerintahan di Lampung 7. Evaluasi: Instrumen yang digunakan: Pembuatan Tugas Mingguan dan Tugas Akir Kuliah. 1992 Prajudi Atmosudirjo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful