You are on page 1of 2

3.

b) Topografi Innervasi Ekstermitas

Pengertian Saraf Saraf hidupnya selalu dengan listrik. Sistem saraf merupakan alat komunikasi dan jejaring koordinasi utama tubuh. Sistem ini sangat rumit, sehingga bisla diperkirakan jika seluruh sel saraf dalam tubuh disambungkan ujung-ujungnya dapat melingkari dua setengah kali bumi. Dan pusat saraf dalam tubuh kita yaitu Otak.

Saraf yang bekerja sesuai scenario.

Mengetik Carpal Tunnel Syndrome (CTS) yaitu gerakan pergelangan atau jari tangan yang berulang, kontraksi yang kuat pada tendon, gerakan pergelangan tangan yang menekuk ke bawah (fleksi) atau menekuk ke atas (extensi) yang ekstrem, gerakan tangan saat bekerja (gerakan menjepit), tekanan mekanik pada saraf medianus, getaran dan sarung tangan yang tidak sesuai.

Saat melakukan gerakan dorsi fleksi wrist otot-otot yang bekerja antara lain : m. Extensor carpi radialis longus, m. Extensor carpi radialis brevis, m. Extensor digitorum communis, m. Digiti minimi, m. Extensor pollicis longus dan m. Extensor indicis. Gerakan ini terjadi pada bidang sagital dengan jarak sendi normalnaya 0-90˚. Saat gerakan palmar fleksi wrist otot yang bekerja adalah m. fexor carpi radialis, m. carpi ulnaris dan dibantu oleh m. palmaris longus, m. flexor pollicis longus dan m. f;exor digitorum profundus. Dimana gerak ini berada pada bidang sagital dengan jarak sendi normalnya 0-90˚. Lingkup gerak sendi wrist bidang sagital 90˚-0-90˚. Pada saat gerakan radio-ulnar deviasi posisi awal 0˚ bila lengan bawah dan jari telunjuk dalam garis lurus radial deviasi (abduksi telapak tangan menghadap ke depan pada posisi anatomis) dan ulnar deviasi (adduksi) 30˚ maka di tulis 20˚-0-30˚.

Nervus medianus terbentuk oleh fasikulus lateralis asal radiks C5, C6, C7 dan fasiculus medialis C8 dan T1. Saraf medianus di atas siku tidak mempunyai cabang artikuler menuju sendi siku, cabang musculer mensyarafi pollicis longus, pronator quadratus. Setelah memberi cabang pada otot-otot lengan bawah untuk berbagai gerakan lengan dan jari-jari tangan di bawah ligamentum carpi tranversal saraf medianus bercabang dua, yang lateral (motorik) mensarafi otot abduktor pollicis brevis, flexor pollicis brevis, oponen pollicis dan otot lumbricslles ke satu dan ke dua sedangkan cabang medial (sensorik) mensarafi

3 dan ½ jari ke 4 (sisi lateral) serta bagian tengah sampai sisi radial juga di sarafi oleh n. Persarafan sensorik tangan terutama 3/5 bagian tengah dilakukan oleh serabut-serabut yang berasal dari gabungan fasikulus lateralis dan medialis (nervus medianus). Setiap perbuatan yang mempersempit terowongan ini akan menyebabkan tekanan pada struktur yang paling rentan di dalamnya yaitu nervus medianus.bagian volar jari-jari 1. Tulangtulang carpalia membentuk dasar dan sisi-sisi terowongan yang keras dan kaku sedangkan atapnya di bentuk oleh fleksor retinakulum (transfers carpal ligament dan palmar carpal ligament) yang kuat dan melengkung di atas tulang-tulang carpalia tersebut. Terowongan sempit yang dilalui oleh beberapa tendon dan n. . hipostesia dan parestesia yang juga merupakan gejala Carpal Tunnel Syndrome. 2. Adanya gangguan pada saraf tersebut menimbulkan gejala-gejala somestesia. Medianus. Medianus.