You are on page 1of 14

Pengarang : Bayu Dwi Saputra Tanggal : 7 April 2009 Version : Tutorial e-mail : bds_programer@ymail.

com Software : Visual Basic 6

MEMPELAJARI SCRIPTING FILE SYSTEM OBJECT (FSO) DALAM 1.5 JAM Visual Basic merupakan sebuah software pemrograman yang benar-benar dashyat bagi kalian yang benar-benar mengerti letak kehebatannya software ini. VB dilengkapi dengan banyak item pendukung seperti Win 32 Api, file-file DLL, Control, Script File System Object (FSO) , dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Script File System Object yang telah disediakan oleh windows yang memungkinkan untuk diakses dan diolah dengan menggunakan VB 6. Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan Script File System Object ini diantaranya mengakses drive, folder, file, dan registry. Jika kita tidak menggunakan FSO proses mengakses drive, folder, file dan registry merupakan hal yang cukup rumit karena membutuhkan banyak metode dan algoritma yang tidak mudah oleh karena itu dengan adanya FSO Proses tersebut menjadi mudah bahkan bisa dikatakan sangat mudah.... Selamat memahami dan mempelajari artikel ini.....

FSO (FILE SYSTEM OBJECT) FSO terdiri dari banyak hierarchy yang setiap bagiannya memiliki properties yang sangat membantu untuk mempermudah pemahaman anda amati gambar dari hierarchy FSO di bawah ini :

Gambar Hierarchy FSO Bagian Drives, Folders, dan Files merupakan suatu kumpulan artinya masih terdiri dari propertiespropertie sedangkan Drive, Folder, dan File adalah object artinya merupakan bagian yang kita akan proses.

Project_bds

1

Metode-metode yang ada pada File System Object Cara mendeklarasikan FSO adalah : Dim FSO As New Scripting.zip". Fungsi : BuildPath Syntax : BuildPath(Path as String. CopyFile Fungsi ini digunakan untuk menggandakan sebuah file yang mana tujuan dari file yang digandakan dapat ditentukan dan proses penentuannya diletakan pada bagian destination dari fungsi CopyFile. Contoh : Private Sub Command1_Click() FSO. vbInformation.FileSystemObject Lalu untuk mengkases propertiesnya kita tinggal menulisakn FSO diikuti tanda (. "D:\Hasil.rar".CopyFile "C:\KIS_UPDT\av-i386&ids-daily.rar yang isinya sama dengan file pada bagian Source dari fungsi ini.exe”. [Overwrite] Bagian Source digunakan untuk memasukan alamat dari file yang akan dikopi. Contoh : Dim strBuf as string strBuf = FSO. Project_bds 2 . vbinformation. Destination. True msgbox “Berhasil”. “Alamat” Ketika penggalan program di atas dijalankan maka akan muncul pesan yang berisikan “ D:\Games\ NFS Most Wanted. Bagian Name digunakan untuk memasukan nama dari file yang akan disatukan dengan bagian Path.) dan pilih property yang diinginkan.exe”) msgbox “Alamat : “ & strBuf.”NFS Most Wanted. Bagian Destination digunakan untuk memasukan alamat yang akan menjadi tujuan peletakan file hasil penggandaan.BuildPath(“D:\Games”. Property FSO Secara Keseluruhan BuildPath Fungsi ini digunakan untuk membuat alamat lengkap dari sebuah file dengan cara menyatukan alamt yang ada pada bagian Path dengan nama file yang ada pada bagian Name dalam fungsi BuildPath. Fungsi : CopyFile Syntax : CopyFile Source.”Hasil” End Sub Hasilnya akan ada file pada drive D dengan nama Hasil. Name as String) As String Bagian Path digunakan untuk memasukan alamat folder dimana terdapat file yang akan dicek alamatnya. Bagian Overwrite diisi dengan True jika proses overwrite akan dijalankan diisi False jika proses overwrite tidak ingin dilakukan.

[Overwrite].CreateFolder (“D:\Test”) MsgBox "Berhasil". Destination. Fungsi : CreateTextFile Syntax : CreateTextFile(FileName. Contoh : Private Sub Command1_Click() FSO. Bagian Overwrite diisi dengan True jika proses overwrite akan dijalankan diisi False jika proses overwrite tidak ingin dilakukan. Contoh : Private Sub Command1_Click() FSO.CopyFolder Fungsi ini digunakan untuk menggandakan sebuah Folder yang mana tujuan dari file yang digandakan dapat ditentukan dan proses penentuannya diletakan pada bagian destination dari fungsi Folder. [Unicode]) As TextStream Bagian FileName digunakan untuk menempatkan alamat dan nama dari file yang ingin kita buat.”Hasil” End Sub Hasilnya akan ada Folder pada drive D dengan nama Hasil yang isinya sama dengan Folder pada bagian Source. Bagian Unicode jika diisi Project_bds 3 .CopyFolder "C:\KIS_UPDT". Bagian Destination digunakan untuk memasukan alamat yang akan menjadi tujuan peletakan Folder hasil penggandaan. Fungsi : CopyFolder Sytax : CopyFolder Source. "Hasil" End Sub Hasilnya adalah akan terbentuk folder dengan nama “Test” pada Drive D computer anda. [Overwrite] Bagian Source digunakan untuk memasukan alamat dari Folder yang akan dikopi. True msgbox “Berhasil”. vbinformation. vbInformation. "D:\Hasil". Fungsi : CreateFolder Syntax : CreateFolder(Path) As Folder Bagian Path digunakan untuk memasukan alamat dari folder baru yang akan dibuat. dengan singkat kata menjadi tempat untuk folder baru tersebut. Bagian Overwrite jika diisi true akan meng-overwrite text lain dengan nama yang sama dengan text yang dibuat hanya pada lokasi dimana file yang baru dibuat ditempatkan. CreateFolder Fungsi ini digunakan untuk membuat sebuah folder dengan cara memasukan alamat pada bagian Path dari fungsi ini. CreateTextFile Fungsi ini digunakan untuk membuat sebuah file text (Text Stream).

txt".DeleteFile "D:\Hapus". [Force] Bagian FileSpace digunakan untuk menempatkan alamat lengkap dari file yang akan dihapus. Fungsi : DeleteFile Syntax : DeleteFile FileSpec. True).txt” yang berisikan kalimat ”Ini Hanya Percobaan”. Fungsi : DriveExists Project_bds 4 . True MsgBox "Berhasil". Bagian Force diset true agar file yang beratribut read-only bisa dihapus. Fungsi : DeleteFolder Syntax : DeleteFolder(FolderSpec.DeleteFile "D:\TEST. True. Bagian Force diset true agar Folder yang berattribut read-only bisa dihapus.Write ("Ini Hanya Percobaan") MsgBox "Berhasil".CreateTextFile(“D:\TEST. Contoh : Private Sub Command1_Click() FSO. vbInformation. DriveExists Fungsi ini berguna untuk melakukan pengecekan Drive pada computer anda jika drive yang dicek ada maka fungsi ini akan mengembalikan nilai true jika tidak ada maka fungsi ini akan mengembalikan nilai false.txt. DeleteFile Bagian ini digunakan untuk menghapus file.true maka akan mengaktifkan Unicode yang ada pada textstream jika diisi false maka Unicode dianggap tidak diaktifkan. "Hasil" End Sub Hasilnya file “D:\TEST. DeleteFolder Fungsi ini digunakan untuk menghapus Folder. "Hasil" End Sub Ketika Button 1 ditekan maka akan terbuat text pada Drive D dengan nama ”TEST. Contoh : Private Sub Command1_Click() FSO. [Force]) Bagian FolderSpace digunakan untuk menempatkan alamat lengkap dari Folder yang akan dihapus. True MsgBox "Berhasil". vbInformation.txt” akan hilang ketika tombol Command 1 ditekan. Contoh : Private Sub Command1_Click() FSO. "Hasil" End Sub Hasilnya Folder “D:\Hapust” akan hilang ketika tombol Command 1 ditekan. vbInformation.

Syntax : DriveExists(DriveName) Bagian DriveName digunakan untuk menginputkan salah satu drive pada computer yang nantinya drive tersebut akan dicek oleh fungsi ini. Contoh : Private Sub Command1_Click() If FSO. vbExclamation. "Tidak ADA" End If End Sub Jika Command 1 ditekan maka akan muncul pesan bahwa “File Ada” jika file ada. "ADA" Else MsgBox "File Tidak ada". jika tidak ada maka akan muncul pesan “Drive Tidak ada”.txt") Then MsgBox "File Ada".FileExists("D:\coba\test. Contoh : Private Sub Command1_Click() If FSO. vbExclamation. vbInformation. Fungsi : FolderExists Syntax : FolderExists(FolderName) Project_bds 5 . FolderExists Fungsi ini berguna untuk melakukan pengecekan Folder pada computer anda jika Folder yang dicek ada maka fungsi ini akan mengembalikan nilai true jika tidak ada maka fungsi ini akan mengembalikan nilai false. Fungsi : FileExists Syntax : FileExists(FileName) Bagian FileName digunakan untuk menginputkan alamat File lengkap pada computer yang nantinya File pada alamat tersebut akan dicek oleh fungsi ini.DriveExists("C:") Then MsgBox " Drive Ada". jika tidak ada maka akan muncul pesan “File Tidak ada”. "ADA" Else MsgBox "Drive Tidak ada". vbInformation. "Tidak ADA" End If End Sub Jika Command 1 ditekan maka akan muncul pesan bahwa “Drive Ada” jika drive ada. FileExists Fungsi ini berguna untuk melakukan pengecekan File pada computer anda jika File yang dicek ada maka fungsi ini akan mengembalikan nilai true jika tidak ada maka fungsi ini akan mengembalikan nilai false.

Contoh : Private Sub Command1_Click() If FSO. vbInformation. GetBaseName Fungsi ini digunakan untuk mengambil nama file absolute dari kesatuan alamat lengkap file yang diinputkan ke bagian FileName. vbInformation. Fungsi : GetBaseName Syntax : GetBaseName(Filename) Bagian FileName digunakan untuk menginputkan alamat lengkap dari file yang nantinya akan diambil nama filenya saja. "Hasil" End Sub Project_bds 6 . "Tidak ADA" End If End Sub Jika Command 1 ditekan maka akan muncul pesan bahwa “Folder Ada” jika folder ada. "Hasil" End Sub Ketika tombol Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisikan alamat “C:\WINDOWS\TASKMAN. Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim nam As String nam = FSO. GetAbsolutePathName Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan nama yang serupa dengan file atau folder yang kita ingin cek dengan nama file atau folder yang dimasukan kebagian path dari fungsi ini.Bagian FolderName digunakan untuk menginputkan alamat folder pada computer yang nantinya Folder pada alamat tersebut akan dicek oleh fungsi ini. "ADA" Else MsgBox "Folder Tidak ada".FileExists("D:\coba") Then MsgBox "Folder Ada".EXE") MsgBox "Berhasil " & nam. vbInformation.GetBaseName("C:\windows\TASKMAN. vbExclamation. jika tidak ada maka akan muncul pesan “File Tidak ada”.EXE” yang merupakan absolut yang sesungguhnya.EXE") MsgBox "Berhasil " & nam.GetAbsolutePathName("C:\windows\taskman. Fungsi : GetAbsolutePathName Syntax : GetAbsolutePathName(Path) Bagian Path digunakan untuk menginputkan alamat dari file atau folder yang kita ingin sesuaikan dengan alamat dari file atau folder yang absolute. Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim nam As String nam = FSO.

GetDrive("C:"). vbInformation.GetDriveName("C:\Windows\system32") MsgBox "Hasil : " & typ. Fungsi : GetDrive Syntax : GetDrive(DriveName) As Drive Bagian DriveName digunakan untuk meng-inputkan salah satu drive pada computer kita yang akan diproses. "Hasil" End If End Sub Ketika button Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisi “Hasil : C: ”. karakter C: merupakan hasil keluaran dari fungsi ini. Kata Odin merupakan nama dari Drive pengarang artikel ini.DriveExists("C:") Then typ = FSO. vbInformation. Project_bds 7 . “TASKMAN” GetDrive Fungsi ini digunakan untuk mengambil salah satu drive yang ada pada computer kita lalu karena keluaran dari fungsi ini adalah sebagai “As Drive” maka kita bisa memproses drive yang kita dapatkan dengan property-property yang ada pada Property Drive di dalam FSO. jika syarat terpenuhi. Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim nam As String If FSO.Ketika tombol Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisikan nama file yang merupakan keluaran dari fungsi ini. jika syarat terpenuhi. GetDriveName Fungsi ini digunakan untuk mengambil abjad Drive dari kesatuan alamat yang diinputkan pada bagian Path dari fungsi drive ini. Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim typ As String If FSO.VolumeName MsgBox "Hasil : " & typ. "Hasil" End If End Sub Ketika button Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisi “Hasil : Odin”.DriveExists("C:") Then typ = FSO. Fungsi : GetDriveName Syntax : GetDriveName(Path) Bagian Path digunakan untuk menginputkan alamat.

GetFile("D:\Games\Monopoly 2006. Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim typ As String If FSO. Fungsi : GetFile Syntax : GetFile(FileName) Bagian FileName berfungsi untuk memasukan alamat lengkap file yang ingin diproses.DriveExists("D:") Then lstAkses = FSO..GetExtensionName Fungsi ini digunakan untuk mengambil extension dari sebuah alamat file lengkap yang diinputkan pada bagian FileName fungsi ini. karakter exe merupakan hasil keluaran dari fungsi ini. "Hasil" End If End Sub Ketika button Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisi “Hasil : exe ”. vbInformation.exe"). GetFileName Fungsi ini digunakan untuk mengambil nama file dengan eksetensinya dari kesatuan alamat yang diinputkan pada bagian Path dari fungsi ini.DriveExists("D:") Then typ = FSO. GetFile Fungsi ini digunakan untuk mengambil salah satu File yang ada pada computer kita lalu karena keluaran dari fungsi ini adalah sebagai “As File” maka kita bisa memproses File yang kita dapatkan dengan property-property yang ada pada Property File di dalam FSO.exe") MsgBox "Hasil : " & typ. jika syarat terpenuhi.DateCreated MsgBox "Hasil : " & lstAkses. "Hasil" End If End Sub Ketika button Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisi “6/1/2009 8:49:06 SORE” yang merupakan waktu dan tanggal pertama kali File ini berada pada computer pengarang artikel ini. Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim lstAkses As String If FSO. jika syarat terpenuhi.GetExtensionName("D:\Games\Monopoly 2006. Fungsi : GetFileName Project_bds 8 . Fungsi : GetExtensionName Syntax : GetExtensionName(FileName) Bagian FileName digunakan untuk meng-inputkan alamat file. vbInformation.

exe” yang merupakan keluaran dari fungsi ini jika syarat terpenuhi. "Hasil" End If End Sub Ketika button Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisi ” Monopoly 2006.DriveExists("D:") Then lstAkses = FSO. Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim lstAkses As String If FSO. GetFolder Bagian ini digunakan untuk mengambil sebuah folder dalama computer anda dan memproses folder yang kita ambil dengan menggunakan property-property folder yang telah tersusun di dalam FSO yang kita gunakan.Size MsgBox "Ukuran Folder Adalah : " & CStr(szFolder / 2 ^ 20) & " Mb". "ADA" Else MsgBox "Folder Tidak ada". Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim szFolder As Long If FSO. initial 1 untuk folder “system32”. Project_bds 9 . vbInformation. Fungsi : GetFolder Synatx : GetFolder(FolderName) As Folder Bagian FolderName digunakan untuk memasukan alamat folder yang nantinya akan kita proses dengan menggunakan property folder. Karena variabel szFolder menerima ukuran dari folder dalam byte maka kita bagi variabel ini dengan (2 ^ 20) agar hasilnya bisa ditampilkan dalam ukuran Mb (Mega Byte) jika syarat terpenuhi. initial 2 untuk folder “My Documents”. "Tidak ADA" End If End Sub Ketika Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisi ”Ukuran Folder Adalah : 4. vbInformation.GetFolder("D:\coba").FolderExists("D:\coba") Then szFolder = FSO. GetSpecialFolder Fungsi ini digunakan untuk mengambil salah satu folder special yang ada dalam windows dengan cara mengisikan initial dari masing-masing folder yang ada dalam Script FSO.Syntax : GetFileName(Path As String) As String Bagian Path digunakan untuk menginputkan alamat. Initial 0 adalah untuk folder “WINDOWS”.exe") MsgBox "Hasil : " & lstAkses. vbExclamation.GetFileName("D:\Games\Monopoly 2006.084079 Mb” yang merupakan ukuran (size) dari ”folder coba”.

Fungsi : GetSpecialFolder Syntax : GetSpecialFolder(SpecialFolder) As Folder Bagian SpecialFolder digunakan untuk menginputkan initial dari masing-masing specila folder.GetSpecialFolder(1). Fungsi : MoveFile Syntax : MoveFile(Source.GetSpecialFolder(1) kita modifikasi menjadi : lstAkses = FSO. "Hasil" End Sub Ketika Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisi “rad36972.DateLastAccessed maka pesan yang timbul adalah waktu kapan folder “system32” terakhir diakses. "Hasil" End If End Sub Ketika Command 1 ditekan maka akan muncul pesan yang berisi “C:\WINDOWS\system32” yang merupakan special folder untuk initial 1.GetSpecialFolder(1) MsgBox "Hasil : " & lstAkses. MoveFile Fungsi ini mempunyai peran seperti fungsi “CUT” pada Microsoft Windows anda. Fungsi : GetTempName Syntax : GetTempName() Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim lstAkses As String lstAkses = FSO.DriveExists("C:") Then lstAkses = FSO. Destination) Project_bds 10 . secara garis besar dia memiliki kesamaan dengan fungsi copy hanya saja file yang diinputkan pada bagian source akan dihapus.Lalu hasilnya bisa diproses dengan menggunakan property-property folder yang sudah terdaftar dalam scripting FSO. GetTempName Fungsi ini tidak memiliki peran yang tidak terlalu penting tetapi memiliki fungsi yang cukup unik yaitu untuk mengetahui nama dari file temporary. Contoh : Private Sub Command1_Click() Dim lstAkses As String If FSO. jika bagian lstAkses = FSO.tmp” yang merupakan file temporary dari komputer saya. vbInformation. vbInformation.GetTempName() MsgBox "Hasil : " & lstAkses.

Fungsi : MoveFolder Syntax : MoveFolder(Source. Contoh : Private Sub Command1_Click() FSO. True msgbox “Berhasil”.Bagian Source digunakan untuk memasukan alamat file yang akan dipindah. vbinformation. Contoh : Private Sub Command1_Click() FSO. ”INI ADALAH AKHIR DARI PENJELASAN PROPERTY FSO SECARA KESELURUHAN” Project_bds 11 . Bagian Destination digunakan untuk memasukan alamat yang menjadi tujuan dari proses pemindahan ini.rar". Destination) Bagian Source digunakan untuk memasukan alamat Folder yang akan dipindah.MoveFile "C:\KIS_UPDT\Daily.rar". True msgbox “Berhasil”. vbinformation. "D:\Hasil\Test.”Hasil” End Sub Ketika button Command 1 ditekan maka akan dilakukan proses pemindahan file yang ada pada bagian source menuju ke bagian destination. "D:\Hasil".”Hasil” End Sub Ketika button Command 1 ditekan maka akan dilakukan proses pemindahan file yang ada pada bagian source menuju ke bagian destination. Bagian Destination digunakan untuk memasukan alamat yang menjadi tujuan dari proses pemindahan ini. MoveFolder Fungsi ini mempunyai peran seperti fungsi “CUT” pada Microsoft Windows anda.MoveFile "C:\KIS_UPDT". secara garis besar dia memiliki kesamaan dengan fungsi copy hanya saja Folder yang diinputkan pada bagian source akan dihapus.

”LEMBAR INI DENGAN SENGAJA DIBIARKAN KOSONG” Project_bds 12 .

. FreeSpace IsReady drive siap. 64-Alias. SerialNumber ShareName untuk network. 10 VolumeName Digunakan untuk mengetahui Nama dari drive kita. Flase jika tidak. DriveLetter DriveType 2-Fixed. 5-RamDisk Digunakan untuk mengetahui type dari drive kita Apakah : NTFS. Digunakan untuk mengecek apakah folder yang menggunakan fungsi ini adalah folder root untuk drive yang menyimpan folder ini. 4-System. 4 5 6 7 8 9 FileSystem FAT. Fungsi lain yang tidak dijelaskan cari sendiri ya. True jika Digunakan untuk mengambil huruf yang ada pada drive aktif anda Digunakan untuk menentukan type drive. 2-Hidden. 8-Volume. 2048-Compressed. Digunakan untuk mengetahi pada drive mana folder atau file berada. Jadi anda perlu mengkonversinya. 3-Remote. 16-Directory. CDFS. DAN FILE TANPA DISERTAKAN CONTOH PROGRAMNYA. Drive Amati Tabel Berikut : TABEL PROPERTY DRIVE PADA FSO No 1 2 3 Fungsi Digunakan AvailableSpace dalam satuan byte.BAGIAN INI AKAN MENJELASKAN PROPERTY FSO YANG ADA PADA DRIVE. biasa digunakan untuk share. TotalSize Untuk mengetahui kapasitas keseluruhan dari hard-disk yang Digunakan untuk mengetahui serial number dari Driver kita Digunakan untuk mengetahui nama dari drive yang digunakan Fungsi ini sama dengan fungsi AvailableSpace Digunakan untuk mengetahui apakah drive sudah siap. Digunakan untuk mengetahui tanggal pembuatan dari folder atau file. 1-ReadOnly. 1-Removable. FOLDER.. Digunakan untuk mengetahui tanggal terakhir kali folder atau file dimodifikasi. Folder n File Amati tabel berikut : TABEL PROPERTY FOLDER PADA FSO No 1 2 3 4 5 Properties Attributes DateCreated DateLastAccessed DateLastModified Drive Keterangan Digunakan untuk mengetahui atau mengatur attribut pada folder n file. untuk Keterangan mengetahui kapasitas yang bebas pada drive kita proses dengan fungsi ini. Digunakan untuk mengetahui tanggal terakhir kali folder atau file diakses.. Digunakan untuk mengetahui nama dari folder n file Untuk mengetahui nama file atau folder dalam MS-DOS format. 0-Normal. 4-CDRom. 13 6 7 8 9 IsRootFolder Name ShortName ShortPath Project_bds . Jika true artinya dia folder root jika flase sebaliknya. 32-Archive. 0-Unknow. Untuk mengetahui alamat file atau folder dalam MS-DOS format.

indowebster. semoga bermanfaat.. Artikel ini dan artikel saya yang terdahulu saya upload di www.10 11 Size Type Digunakan untuk mengetahui ukuran dari file atau folder dengan satuan byte.DriveType Select Case drType Case 0: lstAkses1 = "Unknow" Case 1: lstAkses1 = "Removable" Case 2: lstAkses1 = "Fixed" Case 3: lstAkses1 = "Remote" Case 4: lstAkses1 = "CD-Rom" Case 5: lstAkses1 = "Ram-Disk" Case Else: lstAkses1 = "Error" End Select MsgBox "Hasil : " & lstAkses1. Semoga Artikel ini tidak dikomersialkan atau disalahgunakan untuk kepentingan pribadi dan kelompok.. Sebenarnya masih ada beberapa fungsi dari FSO yang tidak saya jelaskan pada artikel ini dengan tujuan agar anda bisa mencoba dan menemukan penjelasan maksud dari fungsi yang saya tidak jelaskan menurut pengetahuan anda sendiri..GetDrive(“C:”). insya ALLAH jika saya bisa membantu saya akan membalas e-mail anda. Project_bds 14 . Fungsi lain yang tidak dijelaskan cari sendiri ya.. Jadikan artikel ini sebagai media pembelajaran bagi anda.com.FileSystemObject Dim drType As Integer drType = FSO. "Hasil" Jika penggalan program di atas dijalankan maka akan muncul pesan yang berisikan “Hasil : Fixed” yang merupakan type Drive untuk Drive “C:”. vbInformation. Kritik dan Saran Kritik dan saran anda bisa dikirmkan ke e-mail penulis yang ada di bagian atas artikel ini.. Digunakan untuk mengetahui type dari file atau folder. Sedikit contoh penggunaan fungsi FSO ini.. Dim FSO As New Scripting... Selanjutnya coba sendiri ya. Silahkan mencari artikel-artikel saya yang lain. Jika ada kesulitan dalam menerima maksud dari artikel ini tanyakan lewat e-mail. Membutuhkan konfersi (Perubahan) satuan.. Kebahagian bagi saya jika artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.