You are on page 1of 16

Identitas Pasien

Nama / kelamin / umur tahun Pekerjaan / pendidikan Alamat

: Andini / perempuan / 4 :: Kuncie

: tidak ada .Latar belakang sosial –ekonomi./ 2 orang : kurang mampu.demografi – lingkungan Status perkawinan Jumlah anak / saudara Status ekonomi keluarga KB : belum menikah : .

Listrik ada. Lantai dari ubin. 2 kamar tidur dan satu kamar mandi. Sumber cahaya cukup. Sumber air dari Sumur. Ventilasi baik. dengan sering disapu dan dipel oleh . WC di dalam rumah. Kondisi lingkungan keluarga : Higiene rumah cukup baik. Sampah diangkat petugas. ukuran 20 x 10 m. dengan terdapatnya jendela di setiap kamar. Dihuni oleh 5 orang pada satu rumah .Kondisi rumah : rumah permanen.

Aspek psikologis : Hubungan pasien dengan keluarganya baik .

perut. sela paha sejak 3 minggu yang lalu .Keluhan utama : bintik-bintik dan keropeng yang terasa gatal Riwayat penyakit sekarang : bintik-bintik merah dan keropeng yang terasa gatal di sela jari tangan dan kaki. bokong.

1 minggu kemudian muncul di bokong.Awalnya bintik-bintik merah muncul di sela jari tangan . perut dan sela paha. Pasien sering manggaruk lesi hingga luka hingga menjadi keropeng dan bernanah sejak 5 hari yang lalu. Riwayat penyakit yang sama dengan anggota keluarga ada . Bintik-bintik terasa gatal terutama dimalam hari. Pasien mandi 2 kali sehari. 3 hari kemudian muncul di sela jari kaki.

Keluhan menular kepada kedua orang tua pasien dan kakak pasien dan tidak berobat . berobat dan sembuh.Riwayat penyakit dahulu / penyakit keluarga : Seorang Kakak pasien menderita keluhan yang sama 3 bulan yang lalu ketika pulang dari pesantren.

8 ° C Mata : konjungtiva tidak anemis Sklera tidak ikterik Leher : tidak ada pembesaran KGB .Pemeriksaan fisik Keadaan umum : baik Kesadaran : CMC Tekanan darah : 110/80 mmHg Nadi : 82x/menit Nafas : 21x/menit Suhu : 36.

sianosis tidak ada . Thorak :   Jantung dan Paru dalam batas normal   Abdomen: tidak ditemukan kelainan Ekstremitas : oedema tidak ada.

selapaha Distribusi : regional Bentuk Batas Ukuran : tidak khas : tidak tegas : miliel-lentikuler Susunan : tidak khas Efloresensi : papul eritem.Status Dermatologikus : Lokasi : Sela jari tangan. perut.erosi. sela jari kaki. krusta kehitaman. bokong. . ekskoriasi. Pus.

Diagnosa kerja Skabies Impetigenisata .

• . Mencuci baju dan alas kasur dengan air hangat. Preventif : • • • • Tidak boleh bertukar pakaian dengan yang lain Menghindari pemakaian handuk bersama Tidak boleh menggaruk lesi menaga kebersihan badan terutama tangan agar infeksi tidak meluas.a.

.b. Promotif : Menerangkan kepada orang tua pasien bahwa penyakit ini merupakan penyakit menular yang menyerang sekelompok orang. Menerangkan kepada orang tua pasien bahwa kelompok/anggota keluarga harus berobat untuk memutus rantai penularan.

CTM 3x1 mg Amoxicilin sirup 3x 125 mg Oxitetrasiklin cream 1% 4xsehari ● ● ● . ulangi pengolesan. ulangi pengolesan salep kembali. dioleskan keseluruh badan kecuali muka selama 3x24 jam. Jika dalam 7 hari keluhan tidak berkurang. Jika berwudlu atau mandi.Kuratif ● Salep 24.

. Rehabilitatif Berobat sampai tuntas dengan pemakaian salep yang benar.d.

5gr ∫ applic loc dol (4x sehari) ____________________________________ Pro : Andini Umur : 4 tahun Alamat : Kuncie No I No I . Ahmadal Mustafa Tanggal : 22 Agustus 2011 R/ Salep 2-4 pot 30gr ∫ue No I ___________________________________ R/ Chlorpeniramine Maleat tab 4 mg No III ∫ 3ddtab1 /4 ____________________________________ R/ Amoxicillin syr Fls 60 ml ∫ 3 dd cth 1 ____________________________________ R/ Ovytetracylin cr 1% tube 3.DINAS KESEHATAN KOTA PADANG PUSKESMAS KURANJI Dokter : Dm.