You are on page 1of 12

Pencemaran Lingkungan

I. Pencemaran Air

1.1 Pengertian Polusi Air Salah satu dampak negative dari kemjuan ilmu dan teknologi yang tidak digunakan dengan benar adalah terjadinya polusi. Polusi adalah peristiwa masuknya zat, unsure, zat atau komponen lain yang merugikan ke dalam lingkungan akibat aktivitas manusia atau proses alami. Segala sesuatu yang menyebabkan polusi disebut polutan. Suatu benda dapat dikatakan polutan bila kadarnya melebihi batas normal, berada pada tempat dan waktu yang tidak tepat. Polutan dapat berupa suara, panas, radiasi, debu, bahan kimia, zat- zat yang dihasilkan makhluk hidup dan sebagainya. Adanya polutan dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan lingkungan tidak dapat mengadakan pembersihan sendiri ( regenerasi). Oleh karena itu, polusi terhadap lingkungan perlu dideteksi secara dini dan ditangani segera. Polusi air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsure atau komponen lainnya ke dalam air, sehingga kualitas air terganggu yang ditandai dengan perubahan warna, baud an rasa. Beberapa contoh polutan antara lain: Fosfat yang berasal dari penggunaan pupuk buatan dan detergen, Poliklorin Bifenil (PCB) senyawa ini berasal dari pemanfaatan bahan- bahan peluma dan plastic, Minyak dan Hidrokarbon dapat berasal dari kebocoran pada roda dan kapal pengangkut minyak, logam- logam berat berasal dari industri bahan kimia dan bensin, Limbah Pertanian berasal dari kotoran hewana dan tempat penyimpanan makanan ternak, Kotoran Manusia berasal dari saluran pembuangan tinja manusia.(Djambur, 1993)

1

( Salman. misalnya dalam kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan.  Banjir banding terjadi akibat air meluap dari jaur. selain menemari air.jalur aliran (sungai) dengan volume air yang besar  Banjir genangan terjadi tergenangnya air hujan disuatu daerah yang saluran air dan daya seraonya terbatas. limbah pertanian dan limah rumah tangga.bahan yang banyak membutuhakan oksigen untuk penguraiannya.Macam Sumber Polusi Air Sumber polusi air antara lain sampah masyarakat. bahan. bahan. Pembuangan sampah organic maupun anorganik yang dibuang kesungai terusmenerus. Air adalah unsure alam yang penting bagi mahluk hidup dengan sifat mengalir dan meresap. Ada beberapa tipe polutan yang dapat merusak perairan yaitu.bahan yang tidak sediment. 1993 ) 1.2 Macam.bahan yang mengandung bibit penyakit. bahan.bibit penyakit berbagai zat yang bersifat racun dan bahan radioaktif dapat merugikan manusia.bhan kimia organic dari industri atau limbah pupuk pertanian.alirannya tersumbat akan mengakibatkan banjir. Musibah banjir terbagi menjadi dua macam yaitu banjir banding ( besar) dan banjir genangan. Polusi air terjadi karena kurangnya rasa disiplian masyarakat. bahan. Apabila jalur aliran. Pembuangan sampah dapat mengakibatkan kadar O2 terlarut dalam air semakin berkurang karena sebagian besar dipergunakan oleh bakteri pembusuk. limbah industri. terutama di musim hujan akan mengakibatkan banjir. Jika 2 .Pencemaran Lingkungan 1.bahan yang mengandung radioaktif dan panas.3 Dampak dari Pencemaran Air Bibit. bahan. Berbagai polutan memerlukan O2 untuk penguraiannya.

karbon dan lain. pabrik. Merkuri yang dibuang oleh sebuah industri ke teluk minamata terakumulasi di jaringan tubuh ikan dan masyarakat yang mengkonsumsinya menderita cacat dan meninggal. sebagai contoh efek keracunan dapat dilihat di Jepang. Dapat mengakibatkan mutasi sel kanker dan leukemia 3 . penguraiannya tidak sempurna dan menyebabkan air berubah warnanya dan berbau busuk. Laut dapat pula tercemar oleh yang asalnya mungkin dari pemukiman. Polutan ini dapat merusak kehidupan air sekitar muara sungai dan sebagian kecil laut muara. Kematian biota kuno. krom. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen 2. dan menyebabkan perubahan ekologi 5.Pencemaran Lingkungan O2 kurang. diantaranya: 1. Banyak akibat yang ditimbulkan oleh polusi air.lain dapat merusak organ tubuh manusia atau dapatmenyebabkan kanker.zat yang berbahaya untuk dimakan. Bahan atau logam yang berbahaya seperti arsenat. melalui sungai. Banyak jenis kerangkerangan yang mungin mengandung zat. Tersumbatnya penyaring reservoir. Bahan. Akibat penggunaan pestisida yang berlebihan selain membunuh hama dan penyakit.bahan yang berbahaya masuk ke laut atau samudera mempunyai akibat jangka panjang yang belum diketahui. uradium. tetraklorida. Sejumlah besar limbah dari sungai akan masuk ke laut. Minyak dapat mematikan burung dan hewan laut lainnya. Terjadinya ledakan ganggang dan tumbuhan air 3. air raksa. Dalam jangka panjang mengakibatkan kanker dan kelahiran cacat 6. atau dari kapal tanker yang rusak. juga membunuh serangga dan makhluk yang berguna terutama predator 7. Pendangkalan dasar perairan 4. seperti plankton. ikan bahkan burung 8. benzon. timah.

dan H2O yang berbedabeda konsentrasinya di setiap daerah. melainkan sudah tercampur dengan gasgas lain dan partikulat-partikulat yang tidak kita perlukan. maka udara dinyatakan dalam keadaan tercemar. yaitu pencemaran yang mulai menimbulkan kerugian bagi manusia seperti terjadinya iritasi pada indra kita. 4 . yaitu pencemaran yang tidak menimbulkan kerugian bagi manusia. Adanya gas-gas tersebut dan partikulat-partikulat dengan konsentrasi melewati ambang batas. Apabila bahan pencemar tersebut dari hasil pengukuran dengan parameter yang telah ditentukan oleh WHO konsentrasi bahan pencemarnya melewati ambang batas (konsentrasi yang masih bisa diatasi). maka udara di daerah tersebut dinyatakan sudah tercemar. Pencemaran udara terjadi apabila mengandung satu macam atau lebih bahan pencemar diperoleh dari hasil proses kimiawi seperti gas-gas CO.  Pencemaran tingkat kedua. Pencemaran Udara 2. SO2. SO3. gas dengan konsentrasi tinggi atau kondisi fisik seperti suhu yang sangat tinggi bagi ukuran manusia. yaitu pencemaran yang sudah dapat bereaksi pada faal tubuh dan menyebabkan terjadinya penyakit yang kronis. WHO menetapkan empat tingkatan pencemaran sebagai berikut:  Pencemaran tingkat pertama. 1 Terjadinya pencemaran udara Kelembaban udara bergantung pada konsentrasi uap air. hewan dan tumbuh-tumbuhan. CO2. Kondisi udara di dalam atmosfer tidak pernah ditemukan dalam keadaan bersih. Gas-gas dan partikulatpartikulat yang berasal dari aktivitas alam dan juga yang dihasilkan dari aktivitas manusia ini terus-menerus masuk ke dalam udara dan mengotori/mencemari udara di lapisan atmosfer khususnya lapisan troposfer.Pencemaran Lingkungan II.  Pencemaran tingkat ketiga. Dengan menggunakan parameter konsentrasi zat pencemar dan waktu lamanya kontak antara bahan pencemar atau polutan dengan lingkungan (udara).

Oleh sebab itu Indonesia mudah mengalami pencemaran secara alami. Kebakaran menimbulkan asap yang dapat membuat pencemaran udara Pencemaran Udara Yang Terjadi Di Indonesia Indonesia merupakan negara di dunia yang paling banyak memiliki gunung berapi (sekitar 137 buah dan 30% masih dinyatakan aktif). karena asap tebal hasil kebakaran tersebut menyeberang ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. radang tenggorokan. radang paru-paru dan sakit kulit. Pencemaran udara lainnya berasal dari limbah berupa 5 . transportasi (udara. Selain itu adanya kebakaran hutan akibat musim kemarau panjang ataupun pembakaran hutan yang disengaja untuk memenuhi kebutuhan seperti terjadi di Kalimantan dan di Sumatera dalam tahun 1997 dan tahun 1998 menyebabkan terjadinya pencemaran yang cukup menghawatirkan. yaitu pencemaran yang telah menimbulkan sakit akut dan kematian bagi manusia maupun hewan dan tumbuh-tumbuhan. Asap tebal dari hasil kebakaran hutan ini sangat merugikan. Selain itu asap itu merugikan kesehatan yaitu menyebabkan sakit mata. darat dan laut) dan kesehatan. baik dalam segi ekonomi. Akibat asap tebal tersebut menyebabkan terhentinya alatalat transportasi karena dikhawatirkan akan terjadi tabrakan.Pencemaran Lingkungan  Pencemaran tingkat keempat.

Kendaraan bermotor salah satu sumber pencemaran udara 2. melainkan dengan cara mekanik.Pencemaran Lingkungan asap yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar kedaraan bermotor dan limbah asap dari industri. dan tidak melakukan pembakaran hutan secara sembarangan. Kebakaran 6 . 2 Cara penanggulangannya Untuk dapat menanggulangi terjadinya pencemaran udara dapat dilakukan beberapa usaha antara lain: mengganti bahan bakar kendaraan bermotor dengan bahan bakar yang tidak menghasilkan gas karbon monoksida dan diusahakan pula agar pembakaran yang terjadi berlangsung secara sempurna. manusia. hewan dan tumbuh-tumbuhan. 2. penghijauan untuk melangsungkan proses fotosintesis (taman bertindak sebagai paru-paru kota). 3 Dampak negatif dan dampak positif Di atas telah Anda pelajari bahwa pencemaran udara dapat memberikan dampak negatif bagi makhluk hidup. serta melakukan reboisasi/penanaman kembali pohonpohon pengganti yang penting adalah untuk membuka lahan tidak dilakukan pembakaran hutan. selain itu pengolahan/daur ulang atau penyaringan limbah asap industri.

Gas-gas oksida belerang (SO2 dan SO3) bereaksi dengan uap air. patung-patung sehingga mengakibatkan tumbuhan mati atau tidak bisa tumbuh. bila sudah dingin menyebabkan tanah menjadi subur. dan air hujan dapat menyebabkan terjadinya hujan asam yang dapat merusak gedung-gedung. Gas karbon monoksida bila terhisap masuk ke dalam paru-paru bereaksi dengan haemoglobin menyebabkan terjadinya keracunan darah dan masih banyak lagi dampak negatif yang disebabkan oleh pencemaran udara. 7 . Pencemaran udara selain memberikan dampak negatif. Gas karbon monoksida bila bereaksi dengan oksigen di udara menghasilkan gas karbon dioksida bisa dimanfaatkan bagi tumbuh-tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis untuk menghasilkan karbohidrat yang sangat berguna bagi makhluk hidup. juga dapat memberikan dampak positif antara lain. banyak hewan dan tumbuhan mati bahkan punah. pasir dan batuan yang dikeluarkan gunung berapi yang meletus dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. lahar dan partikulat-partikulat yang disemburkan gunung berapi yang meletus. jembatan.Pencemaran Lingkungan hutan dan gunung api yang meletus menyebabkan banyak hewan yang kehilangan tempat berlindung.

Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial. zat kimia. jalur masuk ke dalam tubuh dan kerentananpopulasi yang terkena. Merkuri (air raksa) 8 . karena dapat menyebabkan kerusakan otak. serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. kecelakaan kendaraan pengangkut minyak. maka ia dapat menguap. atau limbah.2 Dampak yang Ditimbulkan Akibat Pencemaran Tanah Berbagai dampak ditimbulkan akibat pencemaran tanah. air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping).Timbal sangat berbahaya pada anak-anak. Pada kesehatan Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan. Kromium. Pencemaran Tanah 3. diantaranya: 1. tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah.Pencemaran Lingkungan III. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya. penggunaan pestisida.1 Gambaran dari Pencemaran Tanah Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan. Paparan kronis (terus-menerus) terhadap benzena pada konsentrasi tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkenaleukemia. Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah. berbagai macam pestisida danherbisida merupakan bahan karsinogenik untuk semua populasi. 3.

Terdapat beberapa macam dampak kesehatan yang tampak seperti sakit kepala. beberapa bahkan tidak dapat diobati. bagian bawahpiramida makanan dapat menelan bahan kimia asing yang lama-kelamaan akan terkonsentrasi pada makhluk-makhluk penghuni piramida atas. Banyak dari efek-efek ini terlihat pada saat ini.PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Bahkan jika efek kimia pada bentuk kehidupan terbawah tersebut rendah. meningkatnya tingkat Kematian anakan dan kemungkinan hilangnya spesies tersebut. pada dosis yang besar. Akibatnya bahkan dapat memusnahkan beberapa spesies primer dari rantai makanan. yang dapat memberi akibat yang besar terhadap predator atau tingkatan lain dari rantai makanan tersebut. 2. Yang jelas. Pada Ekosistem Pencemaran tanah juga dapat memberikan dampak terhadap ekosistem.Pencemaran Lingkungan dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal. pencemaran tanah dapat menyebabkan Kematian. iritasi mata dan ruam kulit untuk paparan bahan kimia yang disebut di atas. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat. Perubahan kimiawi tanah yang radikal dapat timbul dari adanya bahan kimia beracun/berbahaya bahkan pada dosis yang rendah sekalipun. letih. Hal ini dapat 9 . Organofosfat dankarmabat dapat menyebabkan gangguan pada saraf otot. Perubahan ini dapat menyebabkan perubahan metabolisme dari mikroorganisme endemik dan antropoda yang hidup di lingkungan tanah tersebut. Dampak pada pertanian terutama perubahan metabolisme tanaman yang pada akhirnya dapat menyebabkan penurunan hasil pertanian. seperti konsentrasi DDT pada burung menyebabkan rapuhnya cangkang telur. pusing.

Setelah itu di daerah aman. Bioremediasi bertujuan untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau tidak beracun (karbon dioksida dan air). Selanjutnya zat pencemar dipompakan keluar dari bak yang kemudian diolah dengan instalasi pengolah air limbah. bakteri). Pembersihan on-site adalah pembersihan di lokasi. tanah tersebut disimpan di bak/tanki yang kedap. Caranya yaitu. yaitu in-situ (atauon-site) dan ex-situ (atau offsite). terdiri dari pembersihan. 3. Remidiasi Remediasi adalah kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar.3 Penanganan yang Harus Dilakukan Ada beberapa langkah penangan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah. Pembersihan ini lebih murah dan lebih mudah. Beberapa bahan pencemar ini memilikiwaktu paruh yang panjang dan pada kasus lain bahan-bahan kimia derivatif akan terbentuk dari bahan pencemar tanah utama.Pencemaran Lingkungan menyebabkan dampak lanjutan pada konservasi tanaman di mana tanaman tidak mampu menahan lapisan tanah dari erosi. tanah tersebut dibersihkan dari zat pencemar. venting (injeksi). 10 . Ada dua jenis remediasi tanah. Pembersihan off-site ini jauh lebih mahal dan rumit. dan bioremediasi. 2. Pembersihan off-site meliputi penggalian tanah yang tercemar dan kemudian dibawa ke daerah yang aman. kemudian zat pembersih dipompakan ke bak/tangki tersebut. Diantaranya: 1. Bioremediasi Bioremediasi adalah proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme (jamur.

Panas terik belakangan menjadi salah satu persoalan yang dihadapi warga di seluruh kota di Tanah air. Sisa pembakaran di sector industry seperti pabrik juga memiliki andil dalam terjadinya emisi karbon.Pencemaran Lingkungan IV. Tidak tanggung-tanggung dua sector ini menyumbang 70 % terjadinya emisi karbon dioksida (CO2 ). Berkurangnya lahan hijau dan masih maraknya pembakaran hutan menjadi penyebab utama Zambrud khatulistiwa kian hari kian memanas. Suhu di Indonesia Sekarang suhu udara di Indonesia naik 0. Semakin siang sinar matahari semakin terik. Suhu normal Indonesia di siang hari berkisar 30-37 derajat Celsius.6-3 derajat Celsius. Akibat semakin menebalnya emisi karbon. Sisa pembakaran kendaraan meyumbang besar terjadinya emisi karbon. Sejak sang fajar menampakan diri. Semakin teriknya panas matahari adalah salah satu tanda dari pemanasan global. Hasil penelitian para ahli menyatakan pemanasan global adalah dampak dari meningkatnya emisi karbon yang menyebabkan bumi terselimuti asap. alih fungsi lahan gambut 18 %. Saat ini suhu bumi sudah meningkat 0. Kebakaran hutan dan alih fungsi lahan menjadi penyebab terbesar emisi karbon di Tanah air. hasil pembakaran kendaraan bermotor dan sector industry bukan penyebab terbesar terjadinya emisi karbon. Ini menjadi masalah bagi seluruh manusia di permukaan bumi.5 Giga ± 821. Total emisi karbon dioksida di Indonesia sekitar 1. pembakaran lahan gambut 14 %. kegiatan penebangan kayu 9%. Penyebabnya adalah penurunan kualitas dan jumlah hutan 50% lebih. Kebakaran hutan hebat yang melanda Indonesia pada tahun 1998 telah menghilangkan 5 juta hektar hutan dan menjadikan Indonesia sebagai Negara 11 . sinarnya seakan menyebarkan panas yang terasa perih ketika terkena kulit. membuat banyak warga berusaha melindungi diri dari sinar yang dulunya dikenal dengan sumber vitamin D.6-3 derajat Celsius.173 Giga diantaranya berasal dari sector kehutanan dan lahan gambut. Namun di Indonesia. Naik 3 derajat jika dibandingkan dengan suhu normal.

Indonesia juga kekurangan lahan hijau yang berfungsi sebagai penyerap karbon. 12 .Pencemaran Lingkungan penghasil emisi karbon yang terbesar ketiga di dunia. Sadar semakin hari hutan di Indonesia semakin kritis sudah seharusnya plihak terkait memberikan perhatian khusus pada keberadaan hutan di Indonesia.