KESENIAN SEBAGAI SALAH SATU UNSUR KEBUDAYAAN

I. PENGERTIAN BUDAYA Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “buddhayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata budhi dan diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia . Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi .Seluruh apa yang dipikir, dirasa, dan direnung amalkan dalam bentuk daya menghasilkan kehidupan .Budaya yang memiliki tujuh unsur di antaranya sistem religi dan upacara agama, sistem dan organisasi masyarakat, sistem pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem mata pencaharian hidup, serta sistem teknologi dan peralatan ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia . II. PENGERTIAN KEBUDAYAAN Kebudayaan sangat erat kaitannya dengan lingkup masyarakat .Menurut Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski yang mereka sebut dengan “Culture-Determinism” bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri . Berdasarkan teori Talcott Parsons, kebudayaan merupakan suatu sistem menyeluruh yang terdiri dari cara-cara dan aspek-aspek pemberian arti pada laku ujaran, laku ritual, dan berbagai jenis laku atau tindakan lain dari sejumlah manusia yang mengadakan tindakan antara yang satu dengan lainnya . Suatu sistem budaya biasanya sangat rumit dan di dalamnya terbagi-bagi dalam empat perangkat simbol yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri bagi manusia yang bersingkatan dalam tindakan antarmereka .Keempat perangkat simbol ini yaitu berupa : 1. Sistem konstitutif, sebagai kepercayaan dan merupakan inti dari agama 2. Simbol kognitif, membentuk ilmu pengetahuan 3. Simbol penilaian moral, membentuk nilai-nilai dan aturan-aturan serta simbol pengungkapan perasaan atau simbol ekspresif 4. Tingkah laku atau tindakan, motivasi dan sikap, serta teknologi Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan, serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan sebagainya, serta segala

Gb. dapat diartikan bahwa kebudayaan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak .Sebagai contoh. . yaitu : 1.Kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide. tidak dapat diraba atau disentuh . Wujud kebudayaan sebagai komplek benda-benda hasil karya manusia . nilai. Afrika . serta dapat diamati dan didokumentasikan . Wujud kebudayaan sebagai komplek gagasan atau ide-ide.Sedangkan perwujudan kebudayaan dibagi menjadi tiga.Sistem sosial ini terdiri dari aktifitasaktifitas manusia yang saling berinteraksi.1 Upacara kedewasaan suku WaYao. serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan tata adat kelakuan . 2.Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat. pikiran manusia untuk memenuhi kebutuhan . Wujud kebudayaan sebagai komplek aktifitas manusia dan kelakuan manusia di dalam masyarakat .Bersifat konkret dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari. perbuatan. upacara kedewasaan dari suku WaYao di Malawi.Sifatnya paling konkret diantara wujud kebudayaan lainnya .Wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktifitas.pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat . peraturan. 1. dilihat. 3. mengadakan kontak. gagasan. sebagai salah satu contohnya yaitu wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan (aktifitas) dan karya (artefak ) manusia . Malawi. dan didokumentasikan . dan sebagainya yang bersifat abstrak. Afrika Dari beberapa definisi mengenai kebudayaan yang telah disebutkan di atas. dan semua karya manusia dalam masyarakat berupa benda-benda yang dapat diraba. norma.Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka dalam bentuk tulisan maka lokasi dari kebudayaan ideal berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut .Wujud kebudayaan ini terletak dalam pemikiran warga masyarakat . antara wujud kebudayaan yang satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan.Wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu dan sering disebut dengan sistem sosial .

Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi. . dan peraturan di mana kompleks aktifitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia . seni menimbulkan kembali perasaan yang pernah dialami . sehingga “artista” dapat disamakan dengan “cilpa” . Koentjaraningrat. Kesenian adalah sesuatu yang mempunyai unsur ide-ide. Alexander Baum Garton.Oleh karena itu. aktifitas. gagasan. seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan . “cilpa” berarti berwarna sehingga “su-cilpa” berarti dilengkapi dengan bentuk-bentuk yang indah atau dihiasi dengan yang indah .J Hogman.Dalam bahasa Latin abad pertengahan. dan artefak . PENGERTIAN SENI DAN KESENIAN Dalam bahasa Sansekerta. Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide. norma. gejolak jiwa yang diwujudkan ataupun di ekspresikan melalui unsur-unsur tertentu yang bersifat indah untuk memenuhi kebutuhan manusia . Kottak. Pengertian seni menurut beberapa ahli : 1. terdapat istilah “Ars” yang berarti teknik atau craftmanship yaitu ketangkasan dan kemahiran dalam mengerjakan sesuatu . 3. seni dapat dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia . perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat merasakan perasaan indah itu seni . suara hati.III. hasil ekspresi. 5.”Artista” adalah anggota yang ada di kelompok tersebut. 4. 2. nilai. seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasakan kebahagiaan . Seni pada mulanya adalah proses dari manusia . seni sebagai kualitas. 6.Seni adalah ide. J. kata seni disebut “cilpa” dan sebagai kata sifat. atau alam keindahan dan segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi obyek-subyek terhadap kriteria estetis .Pada saat ini. seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya . gagasan.”Artes” berarti kelompok orang yang memiliki ketangkasan atau kemahiran . Ki Hajar Dewantara. Leo Tolstoy. manusia menghasilkan berbagai corak kesenian hingga perwujudan kesenian yang kompleks . 8. Kesenian mengacu pada nilai keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga . Arsitoteles. seni adalah bentuk pengungkapan dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam . Emanuel Kant. 7.

bentuk-bentuk kesenian yang tersebar diseluruh tanah air menunjukkan corak-corak dan karakter yang beraneka ragam . Seni pertunjukkan . Variasi terjadi mulai dari struktur rumah apakah tergolong sebagai rumah panggung. dapat melukiskan tentang suatu peristiwa: perang. nyanyian. Meskipun seni performance bisa juga dikatakan termasuk di dalamnya kegiatan-kegiatan seni mainstream seperti teater. dekorasi bangunan tersebut dan bagaimana bangunan tersebut diwarnai. musik dan sirkus.Dalam hal ini. dan arti di dalam kehidupan bermasyarakat . bahan bangunannya. suasana duka. ornamen. Desain bangunan yang bersumber pada inspirasi bangunan rumah tradisional di berbagai tempat di Indonesia menunjukkan diversitas yang sangat tinggi. Seni pertunjukan (performance art) adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Kategori ini diperlukan karena seringkali artefak kebudayaan spesifik yang kita kenal dalam bentuk tarian. cara pandang.IV. bentuk bangunan tersebut. ruang. eksploitasi spasial di sekitar bangunan tersebut. fungsi. diartikan sebagai bentuk kompak artikulasi berkesenian manusia Indonesia yang disajikan dalam format "pementasan". Tarian terkait pula dengan momen. termasuk sejauh mana pengaruh luar memberikan dampak bagi desainnya secara umum. Pohon Filomemetika dapat dibangun berdasarkan data-data tentang perbedaan berbagai fitur-fitur bangunan tradisional di Indonesia .Perkembangan tari di . penghormatan pada raja. Desain arsitektur adalah salah satu produk budaya yang mencerminkan kelas-kelas masyarakat.Di tanah air terdapat beberapa jenis kesenian yang termasuk di dalam unsur kebudayaan. dsb merupakan bagian utuh dari suatu pentas pertunjukan. atau pengejawantahan sebuah norma. 3. KESENIAN SEBAGAI SALAH SATU UNSUR KEBUDAYAAN Kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan yang memiliki wujud. misalnya seperti pengabdian seorang perempuan dalam budaya Jawa . Seni performance adalah istilah yang biasanya mengacu pada seni konseptual atau avant garde yang tumbuh dari seni rupa dan kini mulai beralih ke arah seni kontemporer . Seni performance biasanya melibatkan empat unsur: waktu.Corak atau karakter tersebut muncul karena banyak dipengaruhi oleh sifat atau karakter budaya setempat dari mana masyarakat berasal atau bertempat tinggal . Tarian . tari. Produk arsitektur . Tarian adalah ekspresi jiwa dalam bentuk gerak yang biasanya dipadu dengan alunan musik.Kebutuhan manusia akan tempat tinggal dapat ditentukan oleh faktor lingkungan alamiah dan sosial. yaitu : 1. 2. pola hidup. tapi biasanya kegiatan-kegiatan seni tersebut pada umumnya lebih dikenal dengan istilah 'seni pertunjukan' (performing arts). serta tingkat adaptasi teknologi pemiliknya. tubuh si seniman dan hubungan seniman dengan penonton.

Kata ornamen berasal dari bahasa Latin. dari Sabang hingga Merauke. 4. Brandon (1967) membagi perkembangan pertunjukan di Asia Tenggara dapat dibagi menjadi 4 periode yaitu: o o o o Periode pra-sejarah. burung. Ornamen di sini terdiri atas artefak-artefak budaya yang bertujuan untuk menghias atau mempercantik sebuah objek tertentu. Perhiasan. Secara umum. menghubungkan atau memperkokoh konstruksi. 1750-akhir perang dunia ke-2. dan lain sebagainya. Periode masuknya negara barat. furniture. termaksud seni musik tradisional. 5. memiliki kekayaan ornamen yang sangat tinggi. Misalnya ornamen berbentuk kala.Indonesia berhubungan erat dengan perkembangan masyarakat. misalnya kalung. Indonesia. talang air dan bumbungan atap. gelang. media ekspresi dari masyarakat pendukungnya. menopang. biawak. Secara struktural suatu ornamen adakalanya berfungsi teknis untuk menyangga. Bentuk-bentuk hiasan yang menjadi ornamen tersebut fungsi utamanya adalah untuk memperindah benda produk atau barang yang dihias. tato. Fungsi murni estetis merupakan fungsi ornamen untuk memperindah penampilan bentuk produk yang dihiasi sehingga menjadi sebuah karya seni. sehingga berfungsi secara konstruktif. taplak meja. Misalnya tiang. mengakibatkan lahirnya variasi budaya yang luar bisa. onare yang berarti menghiasi. simbolis dan teknis konstruktif. 100-1000. jati diri. James R. Seni tradisi yang merupakan identitas. hiasan dinding. tas. dan lain sebagainya. sekitar 2500SM-100M. yang cenderung mengurangi interaksi antar daerah tersebut. Ornamen memiliki fungsi sebagai fungsi murni estetis. misalnya ukiran. Ornamen adalah salah satu obyek kultural yang lekat dengan keseharian manusia. anting-anting. Daftar alat musik . Fungsi simbolis pada umumnya dijumpai pada produk-produk benda upacara atau benda-benda pusaka dan bersifat keagamaan atau kepercayaan. objek kultural yang kita masukakan dalam kategori ornament adalah sebagai berikut:   Dekorasi. Wilayah yang sangat luas ditambah adanya faktor laut dan gunung. 1300-1750. Indonesia adalah merupakan sebuah gugus pulau yang terhampar luar. naga. Hampir seluruh wilayah memiliki seni musik tradisional yang khas. Periode masuknya pengaruh Islam. Keunikan tersebut bisa dilihat dari . Ornamen . dengan berbagai suku. Periode masuknya kebudayaan India.

hingga proses akulturasi yang melatar belakanginya. yang memiliki bentuk mirip dengan Rebab. atau alat musik yang teknik permainannya dipetik. Instrumen musik gesek tradisional lainnya misalnya Ohyan dari Bali. Contoh popular instrumen ini seperti Rebab yang berasal dari daerah Jawa Barat. atau alat musik yang teknik permainannya dipukul. Syair dan melodi/irama daru karya musik dapat mengungkap suatu peristiwa. Jakarta (kesenian betawi). jimbe dan lain sebagainya.Merupakan ekspresi perasaan manusia. rebana. talempong. dan lain sebagainya. Sebuah aplikasi filomemetika musik yang disertai preview dari masing-masing lagu dapat diakses di sini. Arumba. dan banyak dijumpai di Bali. dan hubungan temporal nada yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Kalimantan). Ohyan memiliki resonator dari tempurung kelapa. ia dapat dikelompokkan menjadi beberapa kelompok seperti o Instrumen Musik Perkusi.teknik permainannya. Jawa dan Kalimantan Selatan. o Instrumen Musik Gesek. Tarompet. Instrumen musik ini antara lain: Gamelan. Musik merupakan ekspresi jiwa dalam urutan. Sasando. Kendang. Contoh alat musik ini antara lain Suling. Kecapi (dari Jawa Barat). o Instrumen Musik Petik. karakter kolektif dari masyarakat. bedug. tifa. Selompret. (baik menggunakan tangan ataupun stik). . yang dimainkan dengan cara ditiup. Serompet. yang dimainkan dengan menggunakan teknik permainan digesek. kombinasi.Tiap suku dan identitas kolektif dari mereka yang tinggal di kepulauan Indonesia tentu memiliki lagu yang lahir dari interaksi sosial terkait tempat tinggal dan latar belakang suku yang menyertainya. 6. kolintang. penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya. Intrumen ini antara lain Sapek (dari Kapuas Hulu. Untuk lebih mudah mengenalinya. hubungan ini juga dapat dikaji dengan menggunakan konsep Pohon Filomemetika. baik dari sisi pembuat lagu maupun penikmat dari musik tersebut. Jawa Tengah. dan lain sebagainya. Alunan nada seperti apakah yang disukai oleh orang Toraja? Apakah lagu yang menurut orang-orang di Jawa Barat indah dekat dengan lagu-lagu dari Jawa Tengah? Seberapa berbeda lagu Apuse dengan Ati Raja? Sepertihalnya desain arsitektur dan motif. o Instrumen Musik Tiup. Musik dan lagu .

ARTIKEL APRESIASI BUDAYA KESENIAN SEBAGAI SALAH SATU UNSUR KEBUDAYAAN NAMA ANGGOTA KELOMPOK 1. MD CHRYSELIA DWIANTARI (1004205004) (1004205022) (1004205036) JURUSAN ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN AJARAN 2011/2012 . MAYANG KARINDA 3. GIAN LUVMI SUHARTA 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful