A.

JUDUL KEGIATAN

B. LATAR BELAKANG

Hallyu atau Korean Wave (Gelombang Korea) adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Umumnya Hallyu memicu banyak orang-orang di negara tersebut untuk mempelajari Bahasa Korea dan kebudayaan Korea. Kegemaran akan budaya pop Korea dimulai di Republik Rakyat Cina dan Asia Tenggara mulai akhir 1990-an. Istilah Hanliu ( Bahasa Korea: ,

;Hallyu) diadopsi oleh media Cina setelah album musik pop

Korea, HOT, dirilis di Cina. Serial drama TV Korea mulai diputar di Cina dan menyebar ke negara-negara lain seperti Hongkong, Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina, Jepang, Amerika Serikat, Amerika Latin dan Timur Tengah. Pada saat ini, Hallyu diikuti dengan banyaknya perhatian akan produk Korea Selatan, seperti masakan, barang elektronik, musik dan film. Fenomena ini turut mempromosikan Bahasa Korea dan budaya Korea ke berbagai negara Saat ini, hampir semua orang di Asia telah mengenal istilah yang dinamakan Korean Wave atau juga populer disebut Hallyu Wave. Korean Wave sendiri dapat diartikan sebagai fenomena µDemam Korea¶ di mana sejumlah negara di Asia bahkan di dunia terkena efek menyebarnya budaya pop (pop culture) mengenai Korea Selatan melalui tayangan televisi dan media internet, terutama YouTube. Budaya pop yang tersebar menyentuh aspek fashion, gaya rambut, film, musik dan juga budaya tradisional masyarakat Korea. Fenomena ini kemudian menjadikan Korea sebagai salah satu negara, selain Jepang dan Amerika Serikat, yang budayanya sukses menjangkiti masyarakat luas, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, maka terbesit suatu ide untuk mengembangkan usaha goodies Kpop yang akan menjual merchandise yang berhubungan dengan Korea terutama untuk budaya musik Korea yang saat ini sangat digemari oleh kalangan muda. Goodies Kpop adalah kumpulan barang-barang seperti baju, kaos kaki, gantungan kunci hingga stiker yang nantinya akan memiliki corak gambar atau motif berhubungan dengan budaya pop Korea. Usaha ini telah banyak menjamur di manamana akan tetapi kebanyakan usaha seperti ini lebih banyak memanfaatkan media

Demam Korea yang sedang mewabah di Indonesia saat ini terbukti memiliki dampak positif yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha baru seperti usaha merchandise. PERUMUSAN MASALAH Kegiatan wirausaha ini diarahkan untuk melihat peluang usaha yang didapat dari dampak demam Korea yang sedang mewabah di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. usaha goodies Kpop masih belum ada padahal untuk budaya Kpop telah banyak memiliki penggemar untuk daerah Banjarbaru dan sekitarnya. Memanfaatkan demam Korea tersebut maka usaha yang berhubungan Korea sepertinya akan menguntungkan terutama usaha yang berhubungan dengan barang-barang yang berhubungan dengan budaya Korea. Peluang usaha ini bisa dibilang cukup menjanjikan dikarenakan saat ini demam Korea sedang mewabah di kota-kota Indonesia. Selain itu pula. C. akan tetap digunakan media online seperti jejaring sosial dan blog untuk mempromosikan produk-produk yang akan dijual nantinya. D. Peluang usaha ini akan menguntungkan jika dilihat dari banyaknya masyarakat yang terkena demam Korea terutama pada kalangan remaja. kaos kaki. . film dan terutama musiknya. Untuk di Kota Banjarbaru sendiri. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang menggilai budaya pop Korea seperti drama. gantungan kunci hingga stiker yang memiliki corak gambar atau motif berhubungan dengan budaya pop Korea.online sebagai tempat untuk promosi sekaligus menjual produk-produk mereka. TUJUAN WIRAUSAHA Tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah membuat goodies Kpop yang merupakan kumpulan barang-barang seperti baju. Melihat banyaknya usaha goodies kpop yang hanya memakai media online sebagai tempat untuk menjual produk maka muncul suatu pemikiran untuk membuat suatu usaha yang memiliki tempat usaha tetap dimana calon pembeli dapat melihat langsung produk-produk yang di jual. Dengan melihat hal tersebut sehingga dapat dipastikan adanya usaha ini di Kota Banjarbaru akan mendapat respon positif dari para penggemar budaya Korea.

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA 1. gantungan kunci dan stiker. KEGUNAAN Kegunaan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah : 1. F. Memberikan informasi budaya Korea ke masyarakat luas melalui produk-produk yang dipasarkan. Ide awal usaha Berawal demam Korea yang beberapa tahun terakhir ini terjadi di Indonesia dan dari melihat banyaknya usaha goodies Kpop yang menjamur melalui jejaring sosial dan blog. kami melakukan kerjasama dengan percetakan yang berada di Banjarbaru sebagai penyedia bahan baku dan sebagai tempat proses produksi barang-barang tersebut. 2. G. LUARAN YANG DIHARAPKAN Adanya Kimchilicious sebagai nama dari usaha yang akan kami buat dapat menjadi sarana bagi para penggemar budaya Korea untuk memiliki barangbarang yang berhubungan dengan budaya Korea terutama dalam hal musik pop Korea dan drama Korea yang saat ini sangat digemari. Oleh karena itu maka terbesit ide untuk membuat usaha yang serupa akan tetapi usaha ini tidak hanya melalui media online saja dalam pemasaran produk-produk melainkan juga melalui tempat usaha tetap misalnya toko atau ruko sehingga para calon pembeli dapat melihat dan memilih langsung produk-produk yang dijual. Potensi sumberdaya Bahan baku yang dipergunakan untuk membuat Goodies Kpop sepert baju dan kaus kaki dapat diperoleh dari supplier yang berada di Kota Banjarmasin dan sekitarnya.E. Menjadi peluang usaha baru yang menjanjikan dan menguntungkan. . 2. Sedangkan untuk produk berupa pin. Akan tetapi saat ini penjualan goodies Kpop tidak memiliki tempat usaha yang tetap (toko) sehingga mempersulit pembeli untuk memilih barang-barang yang diinginkannya.

Kelebihan dari goodies bag ini adalah harganya lebih terjangkau jika dibandingkan hanya membeli satu produk. b. Oleh karena alasan itu maka target pemasaran dalam usaha ini mencakup semua kalangan tua dan muda meskipun target pemasaran akan lebih banyak mengarah pada kalangan remaja terutama pada anak sekolah. promosi juga dilakukan mengikuti festivalfestival kebudayaan Korea yang diadakan setiap tahun serta gathering (pertemuan) antar sesama komunitas virtual pecinta Korea di wilayah Banjarbaru dan sekitarnya. Pengembangan Usaha Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar terhadap barang- barang yang kami pasarkan maka kami melakukan pengembangan usaha dengan memproduksi goodies bag. . Pemilihan tempat pada wilayah yang strategis yang merupakan wilayah pertokoan dan jalur aktivitas masyarakat. Goodies bag merupakan tas yang di dalamnya akan berisi berbagai macam barang yang kami produksi dengan corak gambar sesuai dengan komunitas virtual pecinta Korea yang berada di Banjarbaru. Selain hal di atas. Peluang pasar Sebagai usaha yang memanfaatkan fenomena yang sedang booming dalam beberapa tahun terakhir ini maka dapat dipastikan bahwa akan mendapat respon positif dari masyarakat terutama untuk kalangan remaja. Dikarenakan mayoritas kalangan muda yang menyukai budaya Korea ratarata masih berada di bangku sekolah. 4. Hal ini ditambah pula dengan semakin banyaknya penggemar budaya Korea yang saat ini tidak hanya digemari oleh kalangan remaja juga digemari oleh kalangan orang dewasa. Strategi Promosi Mempromosikan melalui internet dan publik umum.3.yaitu melalui jejaring sosial dan blog sedangkan melalui publik umum yaitu melalui selebaran-selebaran pamflet dan mulut-kemulut. Kerberlanjutan dan pengembangan usaha a.

yang merupakan pusatnya toko-toko perbelanjaan.  Survey minat responden terhadap kebudayaan Korea yang paling mereka minati. Tahapan pra pengajuan proposal  Mencari bahan baku produksi baju dan kaus kaki di pasar wilayah Banjarmasin dan sekitarnya yang berkualitas. H. dan sebagainya. Lucky box ini berisi fortune paper yang bertuliskan jenis bonus yang akan didapatkan oleh pembeli. yaitu pada wilayah amaco. Agar dapat menarik minat calon pembeli dan sebagai ciri khas dari tempat usaha .  Mendesain bermacam-macam corak gambar bernuansa budaya Korea sesuai dengan hasil survey kebudayaan Korea yag paling diminati untuk produksi Goodies K-Pop. banner. 2.00 dan kelipatannya. tulisan-tulisan Korea (Hangul). Bonus dapat berupa salah satu produk-produk yang kami produksi kecuali baju. Untuk menunjang pengembangan usaha ini juga dilakukan survey terhadap minat responden tentang kebudayaan Korea yang paling mereka sukai. Tahapan setelah persetujuaan pengajuan proposal  Membeli bahan baku produksi di tempat yang telah di survey sebelumnya untuk memproduksi Goodies K-Pop. Pencarian di lakukan pada wilayah yang strategis di banjarbaru.  Memproduksi produk-produk yang akan dipasarkan melalui rekanan usaha dengan desain yang telah dirancang sebelumnya.  Mendekorasi tempat usaha bertemakan Budaya Korea dengan poster.  Mencari rekanan bisnis yaitu usaha percetakan untuk produksi pin. gantungan kunci dan stiker di wilayah Banjarbaru dan sekitarnya. METODE PELAKSANAAN 1. Dengan adanya survey ini maka diharapkan selera calon pembeli dapat terpenuhi keinginannya.  Mencari tempat Rencana Usaha yang strategis.000.Strategi pengembangan usaha lainnya adalah dengan memberikan bonus berupa lucky box kepada pembeli yang membeli barang di atas Rp 200.

00 WITA hingga 22. Penjualan dimulai pukul 09.  Agar menambah daya tarik. 3. 4.dengan cara membelah biji getah.5 liter air selama s 2 jam.yaitu melalui jejaring sosial Facebook. twitter. Merendam kembali biji getah yang telah dibuang lendirnya selama satu malam dengan garam 1 sendok. Meniriskan biji getah dari air. Mencuci bersih biji getah. 3. dan diberi garam untuk setiap kali penggantian air perendaman. Merebus biji getah dengan 2. Proses Produksi A.  Mempromosikan di internet dan publik umum.  Membuka penjualan pada minggu ke dua.sejumlah 450 biji. di hari pertama usaha kami membagikan sample produk kami berupa pin. Bahan adonan y y 175 gr tepung beras 25 gr tepung terigu. Setiap bulannya. Meniriskan kembali biji getah dari air. 6. Menyiapkan alat dan bahan. 9. B. kami akan mengadakan promosi yang berbeda-beda. Hal ini merupaka strategi untuk menambah daya tarik terhadap pelanggan. 10. dan blog sedangkan melalui publik umum yaitu melalui selebaran-selebaran pamplet dan mulut-kemulut. Merendam biji getah selama 2 hari dengan 4 kali mengganti air rendaman. seperti diskon harga baju pada saat-saat tertentu. 7. Langkah-langkah pengolahan Biji Karet adalah : 1. Membuang lendir yang terdapat pada biji getah. 2. Membuka kulit biji getah dengan cara memukul dengan batu/palu.kami. gantungan kunci dan stiker kepada remaja yang masih duduk di bangku sekolah dan di sekitar kampus.00 WITA. . 8. Memilih dan menghitung biji getah yang bagus. Proses Pengolahan Serabi 1. 5.

diiris tipis 2 sdm gula pasir 1/4 sdt garam 2 lb daun pandan 5. Alat y y y y Ember 3 buah Tungku Sendok Parutan keju . 125 ml santan dari 1/2 butir kelapa. Bahan taburan y y y y y y y y Keju Pisang Coklat Kacang Nangka Nanas Oncom telor 3. 2 sdm gula pasir. untuk santan Encer 2 sdm air suji yang dibuat dari 15 lb daun suji dan 2 lb daun pandan lalu ditumbuk dan diperas dengan 100 ml air.y y y y y 2 sdt garam. Daging buah Biji Karet yang sudah di Blender y 2. (kemudian campur dengan santan encer). 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa. Biang: y y y 25 gr tepung terigu 1/4 sdt soda kue 50 ml air 4. Bahan saus: y y y y y 500 ml santan dari i butir kelapa 175 gr gula merah.

lalu masak sampai matang. y y y I. Jadwal kegiatan No. Rebus bahan saus sampai mendidih sambil diaduk lalu saring. 4.y y y Pisau Kompor Blender 6. Terakhir masukkan santan kental. Pemasaran Minggu 1 2 3 4 5 . lalu masukkan santan encer sambil diuleni selama 30 menit. 3. tambahkan garam. Masukkan biang lalu uleni lagi sambil dikeprok-keprok. Setelah panasnya rata. Tabel 1. tepung kanji. Tuang santan sampai habis. tuang adonan . 1. lalu diamkan 15 menit. gula. Survei tempat usaha Promosi Proses Produksi Goodies K-Pop 5. Sajikan serabi dengan saus. JADWAL KEGIATAN Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 minggu. Panaskan cetakan pofferces/cetakan serabi. Cara membuat: y Aduk bahan biang. dengan pengaturan jadwal dapat dilihat pada Tabel 1. Isi dengan ampas kelapa agar tidak lengket. Sementara itu aduk tepung beras. Kegiatan Survei Bahan Baku & Survei Minat Pasar 2. dan tepung terigu. yaitu dari minggu ke-empat Bulan September 2011 sampai minggu pertama bulan November 2011.

.. dengan rekapitulasi dan rincian dapat dilihat pada Tabel 2... Tabel 2. RANCANGAN BIAYA Dalam penelitian ini dianggarkan dana sejumlah Rp... Komponen Biaya Harga/Unit (Rp) Jumlah Satuan Biaya . (sembilan juta empat ratus delapan puluh delapan ribu enam ratus lima puluh rupiah). Rancangan biaya No......J.

Mulawarman No. jend H. Nama lengkap NIM Fakultas Perguruan Tinggi Alokasi waktu Alamat : : : : : : Adelia Faulina Sari H1E108060 Teknik/Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat 12 jam/minggu b. 07 RT 04/III Kec. Anggota Pelaksana Kegiatan a. c. Kandangan. Nama lengkap NIM Fakultas Perguruan Tinggi Alokasi waktu Alamat : : : : : : Andini Putri Titasari H1E108029 Teknik/Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat 12 jam/minggu Jl. Hasan Basry No. HSS 71213 HP. LAMPIRAN 1. BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK A. Brig. 3 RT 21 Balikpapan HP. Kab. Ketua Pelaksana Kegiatan Nama lengkap NIM Fakultas Perguruan Tinggi Alokasi waktu Alamat : : : : : : Abdul Gani H1E108021 Teknik/Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat 12 jam/minggu Jl. Ayu Azhar Wijhar Utami H1E108027 Teknik/Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat 12 jam/minggu HP.K. Nama lengkap NIM Fakultas Perguruan Tinggi Alokasi waktu Alamat : : : : : : . (0517) 23848/087814587999 B.

2. Master (M.Si) STTL Yogyakarta. 19800707 200801 1 029 .mizwar@gmail.HP. M. Jabatan Keahlian Alokasi Waktu Alamat : Andy Mizwar. 081346264276 E-mail : andy. Sarjana (S. 2010. HP. Andy Mizwar.Si : 19800707 200801 1 029 : Asisten Ahli/ IIIb : Pengajar : Ilmu Lingkungan : 3 jam/minggu : Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat.S) Ilmu Lingkungan UGM Pengalaman Mengajar : S-1 Prodi Teknik Lingkungan FT UNLAM Banjarbaru.com Pendidikan : 2007. ST. BIODATA DOSEN PENDAMPING Nama lengkap NIP Pangkat/Gol. M.Si NIP. 15 September 2011 Pembimbing. ST.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful