15

BAB III KERANGKA KONSEPTUAL

III.1 Kerangka Konsep Penelitian Kerangka konsep dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

Skema 3.1 Kerangka Konsep

Variabel Independen

Variabel Dependen

MADU PENYEMBUHAN LUKA
EKSTRAK GETAH BATANG PISANG AMBON

III.2 Variabel Penelitian Dalam penelitian ini terdapat dua jenis variabel, yaitu: III.2.1 Variabel Bebas (Independen) Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemberian ekstrak getah batang pisang ambon dan madu secara topikal. III.2.2 Variabel Terikat (Dependen) Variabel terikat dalam penelitian ini adalah penyembuhan luka.

15 14

paradisiaca Efektif jika luka dapat sembuh Eksperimen antara 5-10 Ordinal hari. Hari.3 Definisi Operasional Tabel 3. tidak Skala jika luka dapat sembuh > 10 hari. dihasilkan oleh Efektif jika lebah madu (Apis luka dapat mallifers) dan berasal sembuh < 10 dari sari bunga atau Madu berasal dari cairan yang Ordinal berasal dari bagian tanaman-tanaman hidup Tidak efektif yang dikumpulkan. dan diikat dengan senyawasenyawa tertentu oleh lebah kemudian disimpan dalam sarangnya.2 Defenisi Operasional NO 1 Variabel Defisini Operasional Madu adalah bahan alami yang manis rasanya. getah yang keluar dari batang M. Eksperimen Skala Hasil Ukur Alat Ukur Skala Ukur .16 III. diubah. 2 Ekstrak Getah batang pisang Getah Batang Pisang ambon adalah getah batang pisang yang diambil.

17 Linn. efektif jika luka dapat sembuh > 10 hari. Luka Skala Ordinal penyembuhan sembuh luka pada tikus. 3 Penyembuhan Luka Lama waktu yang dibutuhkan untuk Luka sembuh tanpa scar. dengan scar .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful