RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Mata Pelajaran : Biologi Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 2 Pertemuan : 8 Alokasi Waktu : 15 menit Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati Kompetensi Dasar : 3.4.Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam dunia hewan beserta peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi.

I.

Indikator Membandingkan ciri-ciri umum berbagai filum dalam dunia hewan beserta peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi Tujuan Siswa mampu menyebutkan ciri umum dari berbagai filum dalam dunia hewan dan manfaatnya bagi kelangsungsan hidup dengan benar ( Kognitif ) Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok ( Afektif ) Siswa mampu menyampaikan pendapat dengan baik ( Afektif ) Materi Ajar Ciri umum berbagai filum dari dunia hewan beserta manfaatnya bagi kelangsungan hidup di bumi. Kingdom Animalia terdiri dari kelompok invertebrata dan vertebrata. Pembagian kelompok ini berdasarkan adanya tulang belakang, jenis rongga tubuh, penyokong tubuh, sistem tubuh, otot dan pergerakan, serta penutup tubuh. INVERTEBRATA 1. Porifera Ciri umum hewan multiseluler dengan tubuh berpori. Memiliki manfaat antara lain sebagai spons untuk mandi. 2. Coelenterata Ciri umum hewan metazoa diploblastik, berbentuk polip dengan tentakel berpenyengat. Bermanfaat dalam pembuatan bahan cosmetik serta makanan. 3. Platyhelminthes Ciri umum hewan tripoblastik aselomata dengan tubuh simetri bilateral berbentuk pipih.secara umum filum ini tidak menguntungkan kehidupan manusia bahkan merugikan. 4. Nemathelminthes Hewan tripoblestik pseudoselomata dengan tubuh simetri bilateral berbentuk bulat. Tidak memiliki manfaat karena umumnya hidup sebagai parasit. 5. Annelida Hewan triploblastik selomata dan simetri bilateral bersegmen.bermanfaat sebagai bahan pangan dan pembuatan obat.

II.

  

III.

IV. Bermanfaat sebagai sumber pangan. 7. Sebagai bahan pangan. B. Kegiatan Pendahuluan (5 menit) 1. laba-laba. Echinodermata Hewan triploblasti selomata dengan simetri bilateral dan permukaan tubuh berduri. Selanjutnya siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang beranggotakan @ 2-3 orang dan guru menjelaskan model pembelajaran hari ini yaitu Numbered Head Together (NHT). Arthropoda Hewan triploblastik selomata dengan simetri bilateral.6. Termasuk filum apa hewan ini? b. 8. Guru melanjutkan pertanyaan “menurut kalian adakah perbedaan ciri dari hewan-hewan tersebut ?”. 4. memiliki kaki dan tubuh beruas.  Elaborasi 1. Harapan guru siswa menjawab “ada”. Siswa diberi nomor pada tiap kelompok. siput Termasuk filum apa? 2. 2. tiap kelompok memperoleh satu paket nomor (1 sampai 3) dan tiap anggota kelompok mengambil satu nomor. yaitu: a. Harapan guru siswa menjawab berbagai macam hewan yang mereka pelihara di rumah. 5. Guru menuliskan tujuan pembelajaran hari ini. Siswa akan banyak jawaban dan akan ada jawaban yang salah.diskusi-informatif : Numbered Head Together (NHT) Langkah-Langkah Pembelajaran A. bertubuh lunak. Kegiatan Inti (150 menit)  Eksplorasi 1. Guru memberi apersepsi dengan penjelasan bahwa hewan memiliki ciri yang berbeda. Guru memberikan salam dan mengabsen kehadiran siswa. untuk itu diadakan klasifikasi sesuai cirinya. udang. Guru menunjukkan contoh beberapa hewan. Untuk menjawab pertanyaan ini dan pertanyaan yang lainnya marilah berdiskusi bersama. .bermanfaat sebagai bahan pangan serta membuat ornamen hiasan. yaitu ciri-ciri filum dalam dunia hewan beserta peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi 3. Strategi Pembelajaran Pendekatan pembelajaran Metode pembelajaran Model pembelajaran V. Guru memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan “siapa yang memiliki hewan peliharaan di rumah ?”. 2. Mollusca Hewan triploblastik selomata dengan simetri bilateral. : Pendekatan konstruktivisme dengan berbasis kontekstual (CTL) : Pembelajaran kooperatif dengan pengamatan.

2003. Guru membimbing tiap-tiap kelompok dalam jika mengalami kesulitan dalam diskusi. b. dkk.  Sudjadi. Guru memotifasi dengan bertanya kepada siswa pelajaran berharga yang diperoleh pada hari ini. Diah. . Test tertulis : dilakukan setelah selesai satu KD /Ulangan harian. Istamar. 5. 3.  Siswa diberi tugas mempelajari bab ekosistem. Penialian performance/ unjuk kerja dan penilaian sikap dilakukan selama kegiatan berlangsung dan ketepatan mengumpulkan tugas. bahan. Kegiatan Penutup (20 menit)  Rangkuman 1.  Syamsuri. 2004.3. PENILAIAN a.  Konfirmasi 1. 2). Sumber Belajar :  Aryulina. C. Alat. 2. Biologi I SMA dan MA untuk Kelas X. Siswa dibagikan LKS untuk bahan diskusi. Bentuk penilaian: Test pilihan ganda (PGB) dan Test uraian c. Jakarta : Esis. 2. Anggota kelompok yang lain boleh mengajukan pertanyaan. Instrumen Penilaian : (Terlampir) d. 2007. b. Yudistira: Surabaya. Teknik penilaian : 1). Guru bersama siswa membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan. Biologi SMU Kelas 1 . dkk. 4. apa yang menyenangkan dan hal-hal yang perlu ditingkatkan. Bagod. Jakarta : Erlangga VII. dan Sumber Belajar a. Biologi Sains Dalam Kehidupan kelas 1 SMA semester kedua. Selanjutnya perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi sesuai dengan nomor yang dipegang oleh perwakilan kelompok tersebut. Guru mengklarifikasi hasil diskusi siswa yang kurang tepat. VI. Test lisan : dilakukan setelah selesai satu pertemuan yang berfungsi untuk mengetahui tingkat penguasaan konsep yang baru saja dipelajari. (Instrumen terlampir). Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami. Alat/Bahan : LKS dan carta filum dunia hewan. Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan dan mencari jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakan soal diskusi. Perwakilan kelompok lain dengan nomor yang sama boleh menambahkan atau memberi sanggahan.

Kepala SMAN 76 Jakarta Jakarta. TRI SUHARNO NIP.Pd NIP. 130 792 440 Esa Risa Rouli S.Mengetahui. Drs. H. 9 Maret 2012 Guru Mata Pelajaran. 341 509 2299 .

Guru memberikan evaluasi. 4. 6. 7. Guru dan siswa membuat kesimpilan. 5. 2. .MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) Sintaks langkah-langkah pembelajaran: 1. Guru memberikan LKS pada masing-masing kelompok dan masing-masing kelompok mengerjakannya. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok mengerjakannya atau mengetahui jawabannya. 3. Anggota kelompok yang lain memberi tanggapan kemudian menunjuk nomor yang lain. setiap anggota kelompok mendapatkan nomor yang berbeda. Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil diskusinya. Guru membagi siswa dalam kelompok.

2. Mulai bidang transportasi. manusia telah sangat erat berinteraksi dengan hewan.Sejak dulu kala. militer. Menjelaskan peranan hewan bagi keidupan. apa saja manfaatnya bagi kehidupan DO THE BEST………………!!!!!! . Bahan Diskusi 1... Hewan memiliki berbagai macam ciri yang khas antara satu dan lainnya. hingga memenuhi kebutuhan naluriah yang paling mendasar yaitu makan. Tujuan Pembelajaran Pada akhir kegiatan pembelajaran siswa diharapkan mampu: 1. Dengan mengetahui ciri umumnya kita bisa membedakan organisme satu dengan lainnya. Apa saja ciri umum dari filum . ( sesuai kelompok yang didapat ) 3. hiburan. Menyebutkan ciri dari tiap filum. A... B. Manusia memanfaatkan hewan dalam banyak bidang kehidupan.

tidak lengkap Jawaban salah Skor 9 Conditional 0 6 Conditional 0 4 2 0 19 Nilai = 2. 3. tidak lengkap Jawaban salah Jawaban benar dan lengkap Jawaban benar. skor yang diperoleh x 100 % skor total (27 ) . tidak lengkap Jawaban salah Jawaban benar dan lengkap Jawaban benar. Kriteria Jawaban Jawaban benar dan lengkap Jawaban benar.RUBRIK PENILAIAN JAWABAN LKS No 1.

tidak memiliki pendirian bahwa pendapatnyalah yang paling benar. tidak memiliki pendirian bahwa pendapatnyalah yang paling benar. Berperan serta menyelesaikan seluruh tugas yang terdapat dalam LKS. tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok. 3 2 Kerjasama dalam kelompok 1 0 3 Keaktifan dalam menyelesaikan tugas 2 1 0 Keaktifan dalam menyampaikan pendapat 3 2 1 0 3 2 Menghargai pendapat sesama anggota kelompok 1 0 Nilai = skor yang diperoleh x 100 % skor total . tidak menyalahkan pendapat teman dalam kelompok. menyalahkan pendapat teman dalam kelompok. Kurang dapat bekerjasama dengan baik: sekitar sepertiga dari tugas yang terdapat dalam LKS dikerjakan dalam kelompok dan sisanya dikerjakan di luar kelompok. Dapat bekerjasama dengan baik: sekitar setengah dari tugas yang terdapat dalam LKS dikerjakan dalam kelompok dan sisanya dikerjakan diluar kelompok. memiliki pendirian bahwa pendapatnyalah yang paling benar.RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF (PENYELESAIAN LKS DALAM KELOMPOK) Aspek Skor Kriteria penilaian Dapat bekerjasama dengan sangat baik: seluruh tugas dalam LKS dikerjakan oleh anggota kelompok dalam kelompok. Menghargai pendapat anggota kelompok: tidak mempertimbangkan usulan pendapat yang disampaikan oleh teman dalam kelompok. Kurang menghargai pendapat anggota kelompok: tidak mempertimbangkan usulan pendapat yang disampaikan oleh teman dalam kelompok. Kurang menghargai pendapat anggota kelompok: tidak mempertimbangkan usulan pendapat yang disampaikan oleh teman dalam kelompok. Berperan serta menyelesaikan tugas yang terdapat dalam LKS sekitar setengah bagian dari seluruh tugas yang terdapat dalam LKS Berperan serta menyelesaikan tugas yang terdapat dalam LKS sekitar sepertiga bagian dari seluruh tugas yang terdapat dalam LKS Tidak berperan serta dalam menyelesaikan tugas yang terdapat dalam LKS. menyalahkan pendapat teman dalam kelompok. Tidak dapat bekerjasama dalam kelompok: Pengerjaan seluruh tugas dalam LKS dikerjakan diluar kelompok. tidak memiliki pendirian bahwa pendapatnyalah yang paling benar. Memberikan pendapat pada setiap pertanyaan yang terdapat pada LKS Memberikan pendapat sekitar setengah dari seluruh pertanyaan yang terdapat pada LKS Memberikan pendapat sekitar sepertiga dari seluruh pertanyaan yang terdapat pada LKS Tidak memberikan pendapat pada setiap pertanyaan yang terdapat pada LKS Sangat menghargai pendapat anggota kelompok: mempertimbangkan usulan pendapat yang disampaikan oleh teman dalam kelompok.

LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF (PENYELESAIAN LKS DALAM KELOMPOK) Kerjasama dalam kelompok Aspek Keaktifan dalam Keaktifan dalam menyelesaikan menyampaikan tugas pendapat 3 2 1 0 3 2 1 0 Menghargai pendapat sesama anggota kelompok 3 2 1 0 Pers entase (%) No Ab sen 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Σx T/ TT 3 2 1 0 Ket: T TT : TUNTAS : TIDAK TUNTAS .

RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF (DISKUSI KELOMPOK) Aspek Kerjasama dalam kelompok Keaktifan dalam menyelesaikan tugas Keberanian bertanya dan menjawab Total Sekor Nilai = Skor Kriteria penilaian 3 Dapat bekerjasama dengan baik dengan anggota kelompok 2 Kurang dapat bekerjasama dengan anggota kelompok 1 Tidak dapat bekerjasama dengan anggota kelompok 3 Aktif dalam menyelesaikan tugas dari awal sampai akhir 2 Kurang aktif dalam mengerjakan tugas 1 Tidak aktif menyelesaikan tugas 3 Sering bertanya. menjawab pertanyaan 9 skor yang diperoleh x 100 % skor total . menjawab. menjawab pertanyaan 1 Tidak pernah bertanya. berargumen 2 Pernah bertanya.

LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF (DISKUSI KELOMPOK) Aspek No Absen 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Kerja kelompok 3 2 1 keaktifan 3 2 1 3 keberanian 2 1 Σx Persentase (%) T/TT Keterangan: T : TUNTAS TT : TIDAK TUNTAS .

Kemampuan menghargai pendapat/ pertanyaan/ sanggahan orang lain Skor total Nilai = skor yang diperoleh x 100 % skor total . Menjawab pertanyaan/ sanggahan dengan tepat dan benar 3. 2 Kurang dapat menjawab pertanyaan/ sanggahan dengan tepat dan benar. 2 Kurang dapat menghargai pendapat/ pertanyaan/sanggahan orang lain. 3 Dapat menghargai pendapat/ pertanyaan/sanggahan orang lain. 2 Kurang jelas dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok. 1 Tidak jelas dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Kemampuan dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan jelas Skor Kriteria Penilaian 3 Dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan jelas.RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF (PRESENTASI) Aspek 1. 1 Tidak dapat menghargai pendapat/ pertanyaan/sanggahan orang lain. 3 Dapat menjawab pertanyaan/ sanggahan dengan tepat dan benar. 9 2. 1 Tidak dapat menjawab pertanyaan/ sanggahan dengan tepat dan benar.

Kemampuan menghargai pendapat/ pertanyaan/ sanggahan orang lain 3 2 1 No Absen Σx Persentase (%) T/TT 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Keterangan: T : TUNTAS TT : TIDAK TUNTAS .LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF (PRESENTASI) 1. Kemampuan dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan jelas 3 2 1 Aspek 2. Menjawab pertanyaan/ sanggahan dengan tepat dan benar 3 2 1 3.

relevan dengan pokok pembahasan tetapi tidak jelas 4 : Bertanya/berpendapat.Lampiran: Rubrik Lembar Observasi Keaktifan Siswa LEMBAR OBSERVASI KEAKTIFAN BERTANYA/BERPENDAPAT SISWA No. relevan dengan pokok pembahasan serta jelas . 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Nama Siswa Aspek yang dinilai Aktif bertanya Aktif berpendapat 1 2 3 4 1 2 3 4 Total Skor Ketentuan Skor 1 : Tidak bertanya/berpendapat 2 : Bertanya/berpendapat tapi tidak relevan dengan pokok pembahasan 3 : Bertanya/berpendapat.

Tidak berbicara di luar materi pelajaran 4. Siswa aktif dalam bekerja sama/diskusi di dalam kelompok 3. Siswa saling memberi masukan untuk setiap pertanyaan Nama Siswa Aspek yang Dinilai 2 3 4 Skor Total 1 5 Nilai  Skor yang diperoleh x100 Skor maksimal . 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 Aspek yang dinilai: 1.Lampiran: Rubrik Lembar Obeservasi Keaktivan Siswa LEMBAR OBSERVASI KEAKTIFAN SISWA No. Mengikuti pelajaran dengan semangat dan gembira 2. Siswa menjawab atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru 5.

lampiran: Lembar Penilaian Presentasi LEMBAR PENILAIAN PRESENTASI Aspek yang Dinilai 15 Keefektifan penggunaan waktu Skor Maksimal 25 40 Kelugasan Penguasaan bahasa materi (Kemampuan menjawab pertanyaan) 20 Kesediaan menerima pertanyaan Total Skor 100 No Nama Siswa 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful