ANALISIS STRATEGI PEMASARAN RESTORAN CANAI MAMAK BANDA ACEH

JURNAL SKRIPSI

Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Memenuhi Syarat-Syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana Ekonomi

Oleh :

MIRNAWATI 0802120405

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH BANDA ACEH 2011

1

ABSTSRAK ANALISIS STRATEGI PEMASARAN RESTORAN CANE MAMAK BANDA ACEH

Penelitian ini dilakukan di Restoran Canai Mamak, yaitu sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam makanan dan minuman, atau dengan sebutan dalam bidang kuliner, Restoran Canai Mamak ini merupakan salah satu sarana guna mendorong perkembangan ekonomi di Nanggroe Aceh Darussallam, khususnya di kota Banda Aceh.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Restoran Canai Mamak.Data yang berhasil dikumpulkan merupakan data yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pihak Pemilik Restoran Canai Mamak dan dokumentasi dengan cara mencatat semua arsip dan catatan penting lainnya yang berhubungan dengan Restoran Canai Mamak.Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT posisi Restoran Canai Mamak ini berada pada zona mendukung strategi pengembangan produk. Sedangkan dengan menggunakan konsep Matrik Ansoff menunjukkan Restoran Canai Mamak berada pada tumbuh selektif. Sedangkan segmentasi Restoran Canai Mamak adalah segmentasi demografis, dengan target pasar adalah pengunjung hampir semua kalangan baik dari remaja sampai ke orang dewasa yang datang ke Canai Mamak Banda Aceh.Dengan kekuatan yang dimiliki diharapkan Usaha Kuliner Canai Mamak dapat memanfaatkan waktu dan mampu menghadapi persaingan dalam dunia Kuliner, sehingga dengan kekuatan ini Restoran Canai Mamak dapat meminimalisasi kelemahan yang ada.

2

perusahaan seharusnya mengetahui apa kebutuhan dan keinginan konsumen. umumnya harapan merupakan perkiraan atau keyakinan pelanggan tentang apa yang akan diterimanya. dimana salah satu informasinya harus menjadi sebagai pendukung proses perencanaan dan pengambilan keputusan. Dalam konteks kepuasan pelanggan. kemudian berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. Seiring dengan berkembangnya dunia usaha yang semakin meningkat maka. Oleh karena itu perusahaan harus professional dalam pengelolaannya. yang diperlukan untuk mengarahkan kegiatan untuk mencapai sasaran pasar. keberhasilan perusahaan terletak pada kualitas rencana pemasaran yang bersifat jangka panjang dan jangka pendek. maka konsumen memiliki pilihan yang semakin banyak. dengan demikian kekuatan tawar-menawar konsumen semakin besar. Strategi pemasaran menjabarkan rencana pemasaran untuk mencapai sasaran perusahaan atau sasaran produk/pasar. Dan semakin banyaknya perusahaan yang menawarkan produk dan jasa. semakin pesat pula kemajuan moderenisasi pada saat ini.1 Latar Belakang Penelitian Konsep (strategi pemasaran) pada umumnya manajer pemasaran harus mendatangkan strategi pemasarannya lebih lanjut dan siap untuk mengubahnya sesuai dengan perubahan zaman. 1 .BAB I PENDAHULUAN 1. Usaha perencanaan pemasaran ini diperlakukan karena. Oleh karena itu. Sehingga membuat semakin berkembangnya suatu bisnis dalam bidang pemasaran.

mempertahankan pelanggan jauh lebih penting daripada mendapatkan konsumen baru. Usaha Restoran Canai Mamak ini sebagai salah satu usaha yang bergerak dibidang makanan. karena biaya yang dikeluarkan dalam mendapatkan konsumen yang baru jauh lebih besar daripada mempertahankan pelanggan yang sudah benar-benar setia terhadap restoran. karena pada akhir-akhir ini semakin banyak saja usaha bisnis makanan yang ada di Banda Aceh pasca gempa dan tsunami. sehingga konsumen merasa puas. Tujuan perusahaan pada umumnya adalah untuk mencapai suatu target pertumbuhan dan perkembangan bagi organisasi begitu juga dengan mempertahankan usaha restoran. wongsolo. Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa betapa pentingnya strategi pemasaran di dalam sebuah perusahaan guna menjamin kelangsungan hidupnya. restoran ini memanfaatkan situasi peluang pasar dengan menawarkan menu makanan terbaru terhadap selera konsumen yang akan ditawarkan. seperti dengan dibukanya usaha rumah Restoran Ayam Lepas. Restoran minang dan masih banyak lagi Restoran lainnya yang ada. Ayam penyet Pak Ulis. Umar No. 15 Setui Banda Aceh.2 Dalam mempertahankan suatu usaha restoran. maka restoran harus dapat memahami keinginan dan kemauan dari konsumen. maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai strategi pemasaran . tentu saja restoran ini harus dihadapkan dengan persaingan terhadap usaha-usaha kuliner lain yang ada di Banda Aceh. Usaha Kuliner Canai Mamak ini adalah salah satu restoran yang ada di Banda Aceh yang beralamatkan di jalan T.

2 Perumusan Masalah Dari latar belakang yang telah dijelaskan dan dipaparkan di atas tadi. b. Bagi penulis untuk melihat kualitas produk yang ditawarkan juga pelayanan restoran yang diberikan kepada konsumen. Sebagai referensi gambaran terhadap strategi pemasaran di Restoran Canai Mamak. maka perumusan masalah penelitian yang terjadi adalah “ Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan di Restoran Canai Mamak Banda Aceh “ . . agar perusahaan tersebut bisa lebih bermanfaat di masa yang akan datang. c. 1. 1.4 Kegunaan Penelitian Adapun kegunaan penelitian yang dilakukan pihak Restoran adalah : a. tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah “ Untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan di Restoran Canai Mamak Banda Aceh “. d. dengan judul skripsi : “ Analisis Strategi Pemasaran Restoran Canai Mamak Banda Aceh “. 1. Sebagai panduan terhadap perusahaan tersebut.3 pada Restoran Canai Mamak. Sebagai sumbangan pemikiran juga memberikan masukan yang bermanfaat untuk penelitian-penelitian yang sama di dimasa yang akan datang.3 Tujuan Penelitian Sesuai dengan dijelaskannya latar belakang masalah dan rumusan masalah di atas maka.

Kesulitan ini terletak pada keberadaan jasa yang tidak dapat dilihat atau disentuh. pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya. Terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah-ubah. disebut perusahaan. Konsep jasa merupakan suatu yang lebih sulit dibandingkan dengan pemasaran produk.1 Pengertian Pemasaran dan Jasa Pelayanan Menurut Kotler (2005 : 10). modal. tetapi hanya dapat dirasakan. Sedangkan bisnis diartikan sebagai seluruh kegiatan yang 4 . 2. dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain. menawarkan.BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN 2.2 Pengertian Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran. 2. bahan baku menjadi suatu barang atau jasa dengan maksud untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan sekaligus memberikan laba. pemasaran adalah proses sosial yang dengan proses satu individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan.3 Perencanaan Strategi Pemasaran  Konsep Bisnis Sebuah organisaai yang memproses sumber daya ekonomi seperti keahlian. kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari waktu ke waktu.

pedagang. 2.4 Mengembangkan Bauran pemasaran Bauran pemasaran adalah Kombinasi dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan oleh manajer untuk menjalankan strategi pemasaran dalam upaya mencapai tujuan perusahaan di dalam pasar sasaran tertentu. dan alokasi pemasaran. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan. price.5 Konsep Strategi Pemasaran Menurut penelitian yang penulis lihat di restoran. maka penulis tertarik mengambil pembahasan tentang konsep strategi ini dengan menggunakan Konsep Strategi Matriks Ansoff. konsumen di dalam suatu industri dimana perusahaan tersebut berada. dan promotion. 2. Bauran pemasaran dapat dikelompokkan menjadi empat variabel yang dikenal “4P” yaitu produk. bauran pemasaran.. unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Alasan menggunakan komsep ini adalah selain mudah dipahami juga mudah untuk mengembangkan dan memilih suatu poin-poin yang telah dijabarkan satu-persatu pada tiap-tiap pembahasannya.5 diorganisasikan oleh mereka yang berkecimpung di dalam perniagaan baik sebagai produsen. place.  Konsep Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah logika pemasaran. . dan berdasarkan itu. dalam rangka untuk memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.

2 Analisis Lingkungan Internal (Analisis Kekuatan/Kelemahan) Analisis SWOT adalah suatu analisis tentang kekuatan kelemahan organisasi atau perusahaan untuk menggapai kesempatan dari ancaman dilingkungannya. Analisis SWOT menyediakan pemahaman realistis tentang hubungan perusahaan dan lingkungannya. Namun bila suatu peluang tidak dapat dimanfaatkan dengan baik maka.1 Konsep Strategi Matrix Ansoff Analisis ansoff adalah sebuah instrument yang membantu para pelaku pemasaran untuk menentukan langkah strategis apa yang akan di implementasikan pada saat pertumbuhan terjadi tidak hanya pada pasar tetapi juga pada pengembangan produknya. dan Threats (ancaman). Opportunities (kesempatan). 2. dan ancaman.6 Analisis SWOT Analisis SWOT adalah suatu analisis situasi evaluasi terhadap yang menguji faktor-faktor eksternal dan kondisi internal suatu organisasi untuk mengidentifikasikan kekuatan.6 2. 2. Analisa juga membantu terciptanya . SWOT adalah singkatan dari Strenghts (kekuatan).5. Weaknes (kelemahan). kelemahan.6. kesempatan.6. ia akan hilang begitu saja dan akan diambil oleh orang lain.1 Analisis Lingkungan Eksternal (Analisis Peluang dan Ancaman) Menurut Kotler (2005 : 114) peluang pemasaran adalah wilayah kebutuhan atau potensi minat membeli dimana minat perusahaan menggarapnya secara menguntungkan. 2.

Perantara pemasaran. Lingkungan pemasaran menawarkan baik kesempatan maupun ancaman. Lingkungan Politik dan Hukum. Targeting. Lingkungan Sosial dan Budaya 2. yaitu Perusahaan.7. dan Masyarakat umum.2 Lingkungan Makro Lingkungan makro perusahaan terdiri dari kekuatan-kekuatan yang lebih besar dari pada lingkungan mikro perusahaan. 2. Pemasok. Pesaing. Lingkungan Alam.1 Lingkungan Mikro Lingkungan mikro terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar. Lingkungan Teknologi.7. Lingkungan Ekonomi. dan Positioning (STP)  Segmentation Segmentasi pasar yaitu mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran tersendiri. Pelanggan.8 Segmenting. 2. diantaranya adalah Lingkungan Demografi. . 2.7 strategi yang dapat memaksimumkan keuntungan dari kekuatan dan kesempatan perusahaan juga meminimumkan kelemahan dan ancaman yang ada.7 Analisis Lingkungan Pemasaran Lingkungan pemasaran suatu perusahaan terdiri dari para pelaku dan kekuatan dari luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan memelihara hubungan yang sukses dengan pelanggan sasarannya.

Sedangkan dengan menggunakan matrik general elektrik berada pada tumbuh selektif segmentasi demografis. Perbedaan Konsep Strategi Matrik General Elektrik (GE) Kesimpulan Analisis SWOT Restoran Imperial Kitchen berada pada zona mendukung starategi diversifikasi. Positioning adalah “ suatu strategi untuk memasuki jendela konsumen”. Targeting adalah “persoalan bagaimana memilih. Fakultas Ekonomi. oleh Fandi Bachtiar (2009). dan menjangkau suatu pasar”. menyeleksi.  Positioning Menurut Kasali (2005 : 49). Persamaan STP. 2. Universitas Syiah Kuala. Marketing Mix. Judul penelitian Strategi Pemasaran Restoran Imperial Kitchen Banda Aceh.8  Targeting Menurut Kasali (2005 : 48).9 Hasil Penelitian Sebelumnya Hasil-hasil penelitian sebelumnya dapat dilihat pada table sebagai berikut : Tabel Hasil Penelitian Sebelumnya No 1. . Analisis SWOT.

BAB III METODE PENELITIAN 3. a. Objek penelitiannya adalah strategi pemasaran yang diterapkan oleh Restoran Canai Mamak Banda Aceh. 3.1 Lokasi dan Objek Penelitian Tempat atau lokasi penelitian ini dilakukan dikota Banda Aceh yang berlokasikan di Jalan Teuku Umar No. yaitu : a. 9 . Library research (Tinjauan Kepustakaan) Penelitian pustaka ini bertujuan untuk mempermudah mempelajari laporan ini dikemudian hari juga sebagai pengingat yang berkaitan dengan strategi pemasaran Restoran Canai Mamak. b. 1. Melalui data primer Yaitu sumber data yang didapat dengan mewawancarai langsung pemilik Restoran Canai Mamak. 15 Setui Banda Aceh.2 Sumber Data Untuk memperoleh sumber-sumber yang akurat penulis memperoleh datanya dengan dua sumber. Melalui data Skunder Yaitu sebagai data pendukung juga sebagai pelengkap dari data primer.3 Tekhnik Pengumpulan Data Untuk memperoleh datanya penulis menggunakan penelitian secara library research (tinjauan pustaka) dan field research (penelitian lapangan).

penelitian menggunakan dua tekhnik data yaitu : a.4 Tekhnik Analisis Data  Data-data yang diperoleh dari mewawancarai perusahaannya dan dianalisa kembali berdasarkan data internal dan eksternal. penulis juga merumuskan masalah. Oleh karena itu.5 Operasional Variabel  Setelah melakukan pembahasan pada latar belakang. penulis tertarik menggunakan konsep Analisis SWOT dan Marketing . Pengamatan (Observasi) Yaitu tekhnik pengumpulan informasi langsung ditempat terjadinya wawancara antara penulis dan pemilik restoran guna membahas bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan di Restoran Canai Mamak. Field research (Penelitian Lapangan) Untuk mengetahui data primer yang diperoleh maka.10 b. 3. b. maka penulis mengambil suatu masalah yang mudah untuk ditinjau. 3. kemudian selanjutnya di bab hasil penelitian penulis menggunakan bantuan Konsep Strategi Matriks Ansoff. Dan untuk memudahkan penulis memahami. Wawancara Yaitu kegiatan tekhnik pengumpulan data dengan cara mengadakan Tanya jawab secara lisan dengan pemilik restoran terkait strategi pemasaran yang dilakukan Restoran Canai Mamak.

Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian. People adalah semua pemain yang berperan dalam bagian penyampaian jasa dan kemudian mempengaruhi persepsi pembeli 7. yaitu : iklan. 3. SWOT yaitu : 1. Proses adalah prosedur yang sebenarnya mekanisme dan aliran dari aktifitas sebagai penyampaian jasa dan system operasional. Physical evidence adalah bukti fisik lingkungan jasa yang didalamnya terdapat penyampaian. Produk 2. Promosi adalah mengarah pada berbagai aktivitas yang dilakukan untuk mengkomunikasikan produknya dan membujuk para pelanggan konsumen sasaran untuk membeli produk tersebut yang terdiri dari bauran promosi. Proses 6. penjualan pribadi. 4. Strength (kekuatan) adalah suatu kemampuan atau kondisi yang dapat di capai perusahaan dengan baik atau 2. Tempat 5. Analisis SWOT . dimana perusahaan dan pelanggan berinteraksi dan banyaknya komunitas yang memfasilitasi kinerja atau mengkomunikasikan jasa tersebut. 5.11 Mix (Bauran pemasaran) yang sudah diterapkan oleh Restoran Canai Mamak. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas produk atau jasa dari jumlah nilai yang ditukarkan konsumen atas manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Tempat adalah kegiatan perusahaan agar produknya terjangkau dan tersedia dipasar sasarannya. Variabel Konsep Marketing Mix yaitu : 1. 2. Phisycal Evidence Definisi Variabel 1. 6. promosi penjualan dan publisitas. digunakan atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan. dibeli. Orang 7. Harga 3. Tabel III-I Operasional Variabel No 1. Promosi 4.

misalnya kelompok usia. 3.12 2. dan lain-lain. Weaknes (kelemahan) adalah suatu kemampuan atau kondisi yang tidak atau kurang dapat dicapai perusahaan dengan baik atau kondisi yang meletakkan perusahaan diposisi yang menguntungkan. 3. 3. Threat (ancaman) adalah kondisi-kondisi yang berbahaya untuk pencapaian sasaran atau tujuan Segmenting adalah suatu tindakan mengelompokkan konsumen kedalam pokok kelompok tertentu. prilaku. 2. Positioning adalah menempatkan produk kedalam benak konsumen. perusahaan memiliki karakteristikkarakteristik tertentu yang dapat meningkatkan daya saingya. Segmenting. Positioning 1. Targeting. . Targeting adalah suatu proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau beberapa segmen pasar untuk dimasuki. Opportunity (peluang) adalah kondisikondisi eksternal yang membantu pencapaian tujuan atau sasaran. 4.

agama kewarganegaraan dan suku.1. 15 Setui Banda Aceh. yang mulai membuka usahanya pada tahun 2005 persisnya setelah bencana tsunami melanda Aceh 2004 silam dan usaha ini pun masih berjalan hingga sekarang. karena didalamnya terdapat variabel-variabel usia.2 Misi Restoran Canai Mamak Banda Aceh Ingin mendukung atau menciptakan suatu kondisi restoran untuk menjadi yang lebih baik terhadap persaingan-persaingan yang ada. pekerjaan.1. 4. 4. Restoran ini berlokasi di Jalan Teuku Umar No.BAB IV HASIL PENELITIAN 4.1 Visi Restoran Canai Mamak Banda Aceh Sebagai langkah menuju kesuksesan Restoran Canai Mamak memiliki visi yaitu : Ingin mengembangkan Restoran ini ke tingkat yang lebih nasional lagi kedepannya. pendapatan. pendidikan.2 Segmentasi Restoran Canai Mamak Banda Aceh Segmentasi pasar dari Restoran Canai Mamak ini adalah menggunakan segmentasi demografis. jenis kelamin. 13 .1 Sejarah Restoran Canai Mamak Banda Aceh Restoran canai mamak ini merupakan suatu pelayanan jasa di bidang kuliner yang menawarkan berbagai macam menu makanan menurut selera dari konsumen. 4.

bersih dan nyaman. .3 Targetting Restoran Canai Mamak Banda Aceh Target pasar dari Restoran Canai Mamak adalah semua pengunjung atau pelanggannya adalah anak muda remaja dan pekerja kantoran mulai dari yang muda sampai yang tua. . 4. . 4. .Memiliki lokasi yang strategis.Didukung oleh desain interior yang menarik.5 Analisis SWOT Restoran Canai Mamak Banda Aceh Dari hasil penelitian pada Restoran Canai Mamak Banda Aceh.Didukung dengan adanya fasilitas Wifi.14 4.Belum terbentuknya suatu laporan keuangan yang begitu baik atau (tidak akurat). .Memiliki ciri khas/cita rasa makanan yang sangat spesifik atau lain daripada yang lain. Kelemahan ( Weakness ) - . berikut ini digambarkan dalam analisis SWOT yang akan dapat menghasilkan empat bentuk kemungkinan alternative pemasaran perusahaan dapat dilihat pada tabel dibawah ini : Tabel IV-I Analisis SWOT Canai Mamak Banda Aceh Kekuatan ( Streng ) .4 Positioning Restoran Canai Mamak Banda Aceh Pada saat ini Restoran Canai Mamak mempunyai positioning yaitu ingin mengedepankan kenyamanan pelanggan dan memberikan pelayanan yang baik secara maksimal terhadap pelanggan/konsumen yang datang.Komunikasi antara pekerja dengan konsumen yang aktif melakukan interaksi/pendekatan terhadap konsumen.

. . Harga (Price) Harga dari produk-produk yang ditawarkan oleh pihak Restoran Canai Mamak adalah bervariasi menurut menu makanan yang ditawarkan seperti berkisar dari harga Rp.. Mietiaw.Memberikan tingkat pelayanan yang baik dan memuaskan terhadap konsumen.Tidak tersedianya para pekerja dengan SDM yang baik. Restoran Cut dek khas Aceh Rayeuk dan Restoran-restoran lainnya.Bertambahnya terus-menerus penduduk setiap harinya membuat peluang semakin bermunculan. Teh tarik. . .. . karena restoran memiliki cita rasa (khusus) dari restoran yang lain.Pekerja dan pelayanannya yang sopan dan ramah. 2. Capuccino. Lemon tea. dan masih banyak lagi lainnya.6 Analisis Marketing Mix Restoran Canai Mamak Banda Aceh 1.Kurangnya areal parkir yang memadai. Produk (Product) Bentuk produk yang ditawarkan oleh Restoran Canai Mamak ini adalah menu makanan seperti Nasi Briyami. 5000. . . Nasi goreng kampong. Milo.Sangat terbuka.Terjadinya persaingan yang serius terhadap restoran-restoran lainnya di Banda Aceh seperti. Sampai dengan Rp 30000. Restoran Ayam Tangkap.15 Peluang ( Opportunity ) - Ancaman ( Threat ) . 4. Nasi mamak special. . .Terjadinya harga kebutuhan pokok yang tidak stabil yang terjadi di Banda Aceh segingga harganya tidak menentu.

16 3. yaitu bagaimana cara bekerja yang baik terhadap sesama pekerja dan juga memberikan paelayanan yang memuaskan. Posisi restoran ini terletak di pusat kota yang ramai dilintasi oleh konsumen sehingga. Proses (Process) Elemen proses di Restoran ini merupakan gabungan semua aktivitas. 2 orang bagian costumer service. Teuku Umar No. bagian kasir. Tempat (Place) Restoran Canai Mamak ini bertempat di Jalan. Bentuk Fisik (Physical evidence) Restoran Canai Mamak ini beralamat di Jalan Teuku umar No. . 7. 4. 6. yaitu bagian koki/dapur 3 orang. 5. bisa memudahkan konsumen untuk mengunjunginya. Promosi (Promotion) Restoran Canai Mamak ini melakukan promosinya hanya dengan menggunakan spanduk-spanduk yang ada di jalan. bagian gudang dan 11 orang pramusaji. Orang (People) Untuk memberikan pelayanan yang baik Restoran Canai Mamak memiliki pekerja sebanyak 18 orang pekerja. Seuti Banda Aceh. 15 Setui Banda Aceh tepatnya di pusat kota yang memang mudah di jangkau oleh konsumen untuk berkunjung.

Strategi Penetrasi Pasar Produk baru 3.7 Konsep Strategi  Konsep Strategi Mstriks Ansoff Tabel IV-II Konsep Strategi Matriks Ansoff Produk yang telah ada 1.17 4.Strategi Diversifikasi pasar Berdasarkan tabel strategi matriks ansoff di atas Restoran Canai Mamak memilih salah satu dari empat bentuk strategi tersebut. . Para manajer perusahaan yang menerapkan strategi ini dapat mengandalkan pengetahuan mereka yang luas tentang target pasarnya. adalah suatu strategi untuk pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk yang telah dimodifikasi atau produk baru kepada segmen pasar saat ini. yaitu yang cocok untuk Restoran Canai Mamak ini adalah strategi pengembangan produk. Dan biasanya mereka memiliki perkiraan yang baik tentang apa yang disuka dan yang tidak disukai konmsumen terhadap produk yang ada dan kebutuhan saat ini mana yang belum terpenuhi.Strategi pengembangan 4.Strategi pengembangan produk Pasar yang telah ada Pasar yang baru 2.

pekerjaan.2. agar dapat memberikan kenyamanan kepada pelanggan dalam mengumjungi restoran ini. Target Pasar Restoran Canai Mamak Target pasar dari Restoran Canai Mamak adalah ingin membuktikan kepada konsumen bagaimana menu-menu makanan di restoran canai mamak ini yang memilki cita rasa yang khas dari restoran lainnya mampu bersaing dengan restoran-restoran lain yang ada di banda aceh sehingga bisa membuat semua pengunjung atau pelanggannya tertarik untuk mencoba menunya dimana target utamanya itu adalah anak muda remaja dan pekerja kantoran mulai dari yang muda sampai yang tua.1. pendapatan.1 Strategi Pemasaran Restoran Canai Mamak Banda Aceh 5. dan agama. jenis kelamin.1. Segmentasi Restoran Canai Mamak Segmentasi pasar yang tepat untuk Restoran Canai Mamak adalah menggunakan segmentasi demografis. Positioning Restoran Canai Mamak Pada saat ini Restoran Canai Mamak mempunyai positioning yaitu ingin menyeimbangkan restorannya dengan restoran lain agar lebih maju dan berkembang lagi dari tahun-tahun sebelumnya dan memiliki tingkat kepuasan konsumen yang sangat banyak dengan mengedepankan kenyamanan pelanggan 18 .1.1. alasannya adalah dimana didalamnya terdapat variabel-variabel usia.BAB V PEMBAHASAN 5. 5. 5.3.

Nasi goreng kampong. restoran canai mamak menu makanan dan minuman yang ditawarkan oleh restoran canai mamak ini bervariasa dan masih dalam keadaan relative murah berkisar dari harga Rp 5000. . Sedangkan dari segi jenis minumannya adalah Teh tarik. konsumen pun mudah mengeluarkan uang untuk mencoba menu khas dari restoran canai mamak ini.. Cappuccino.1.4. Analisis SWOT akan membandingkan antara factor internal kekuatan (streng) dan kelemahan (weakness) dengan factor eksternal perusahaan yaitu peluang (opportunity) dan ancaman (threats). Sampai dengan Rp 30000.1... sehingga. Namun dari segi harga. Analisis SWOT Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dapat ditentukan oleh kombinasi factor-faktor internal dan eksternal perusahaan.19 serta memberikan pelayanan yang baik secara maksimal terhadap pelanggan/konsumen yang datang. Nasi mamak special. Misalnya. canai mamak berbagai macam rasa. Harga (Price) Harga adalah jumlah nilai uang yang dimiliki oleh pelanggan untuk membeli suatu produk yang diinginkan. dan jenis minuman lainnya. Lemon tea. 5. 2. 5. dan lain-lain. Produk (product) Produk-produk yang ditawarkan di canai mamak ini yang memiliki berbagai macam jenis rasa yang berbeda-beda dari segi makanan dan minuman.5 Analisis Bauran pemasaran Canai Mamak 1. dari segi makanan seperti Nasi Briyami.

6. Teuku Umar No. sehingga mudah diumpai oleh konsumen. Memberikan kenyamanan di dalamnya. . 15 Seutui Banda Aceh. 3 orang dibagian koki.Promosi (Promotion) Promosi yang dilakukan oleh restoran ini adalah dengan menggunakan promosi melalui spanduk saja. memberikan peayanan yang memuaskan. dan 1 orang bagian kasir. memiliki jumlah kursi hampir 100 dan meja lebih kurang 50 buah. Tempat atau lokasi dari canai mamak ini adalah di Jalan. 5. Proses (Proces) Elemen proses di restoran ini merupakan gabungan semua aktifitas. Tempat (Palace) Tempat adalah dimana perusahaan menentukan tempat yang mudah dijangkau oleh pelanggan. 4. Teuku Umar No. 7. memberikan pelayanan yang baik. 2 orang di bagian costumer service. Orang-orang yang dimaksud adalah seperti pramusaji yang 11 orang. People (Orang) Orang adalah kualitas dan kuantitas yang terlibat di dalam pembelian jasa. yang memiliki tutur kata yang sopan dalam berbicara denga pelanggan. dan posisi restoran terletak ditengah kota. Physical Evidence (Bentuk Fisik) Restoran canai mamak ini beralamat di Jalan. yaitu bagaimana cara bekerja yang baik terhadap sesame pekerja yang satu dengan yang lainnya. menggunakan pakaian yang sopan.20 3. Tanpa menggunakan jasa lainny. 15 Seutui Banda Aceh tepatnya dipusat kota yang memang mudah di jangkau oleh konsumen untuk berkunjung.

penulis dapat mengambil keputusan yang mewakili seluruh hasil karya ilmiah ini. adapun kesimpulannya adalah anatara lain sebagai berikut : 1.2 Saran-Saran Adapun saran-saran yang ingin dikemukakan oleh penulis kepada Restoran Canai Mamak sebagai berikut : 1. 6. 3. Menurut hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT posisi Restoran Canai Mamak berada pada kuadran dua. Konsep strategi Matrik Ansoff Restoran Canai Mamak ini adalah menggunakan strategi pengembangan produk yaitu suatu energi untuk pertumbuhan perusahaan dengan menawarkan produk yang telah dimodifikasi atau produk baru kepada segmen pasar saat ini. 2.1 Kesimpulan Dari penjelasan yang telah dikemukakan pada Bab sebelumnya maka. dimana walaupun restoran banyak menghadapi berbagai ancaman tetapi restoran masih memiliki kekuatan dari dalam (internal).BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN 6. Promosi yang dilakukan oleh Restoran Canai Mamak ini adalah promosinya dengan menggunakan spanduk-spanduk yang di pajang dijalan. Strategi pengembangan produk yang selama ini digunakan oleh restoran sudah cukup memadai tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal pihak restoran harus lebih berani lagi untuk menciptakan dan 21 .

Kurangnya fasilitas tempat areal parkir yang memadai sehingga saran saya kepada perusahaan adalah untuk mencari tempat usaha di daerah lain yang lebih nyaman dan luas fasilitasnya agar lebih mudah konsumen untuk mengunjungi. pihak restoran membuka satu pintu ruko lagi alasannya adalah. . 4. 3.22 mngembangkan produk baru terhadap restoran agar bisa bertahan untuk kedepannya. 2. Agar lebih maju lagi alangkah baiknya jika. karena dengan dua pintu ruko masih kurang cukup dibandingkan dengan pelanggan yang memang sangat ramai untuk berkunjung apalagi disaat hari weekend konsumen lumayan penuh dan padat. Berdasarkan strategi matriks ansoff yang memiliki empat strategi yang berbeda-beda tujuannya menurut arah yang digunakan. Maka Restoran Canai Mamak memilih dari empat strategi tersebut sesuai dengan kecocokannya yaitu strategi pengembangan produk dimana sebaiknya menambah variasi menu baru agar konsumen tetap setia untuk berlangganan di restoran ini.

Larreche. Raja Grafindo Persada. Membidik Pasar Indonesia. Manajemen Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama. PT. PT. Freddy (2005). Jakarta Boyd. Jilid II. (2000). Terjemahan Drs. Mc Daniel.23 DAFTAR KEPUSTAKAAN Assauri. Segmentasi. Analisis SWOT Tekhnik Membedah Kasus Bisnis. PT. Indeks Kelompok Gramedia. sPemasaran/Marketing. Kasali. Hair (2001). Rhenald. Lamb. Terjemahan Drs. Strategi Pemasaran. Salemba Empat. Gramedia Pustaka Utama. Farida (2009). Manajemen Pemasaran. Benjamin Molan. Jakarta. Analisis Swot Tekhnik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit CV. Fandy. Salemba Empat. Tjiptono. Jakarta. Indeks Kelompok Gramedia. Kotler. Pemasaran Jasa. (2000). Edisi Pertama. . Freddy. Jilid I. Jakarta. Jilid I. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid Satu. Kotler. Yogyakarta. Larreche. Manajemen Pemasaran. Walker. Philip (2005). Jakarta. (2005). Rangkuti. Penerbit Erlangga Jakarta Jasfar. Rangkuti. Manajemen Pemasaran. Jilid I. dan Positioning. Benjamin Bolan. Edisi I. (2009). Andi Offset. Jakarta. Boyd. Jakarta. Sofyan. Jakarta. (2008). Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. Targetting. Philip (2005). PT. Walker. Jilid satu Edisi Kedua.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful