RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Program Semester

: : : :

SMP NEGERI... Matematika VII Gasal

Standar Kompetensi

: 1.

Memahami bentuk aljabar, persamaan, dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Kompetensi Dasar

: 1.1. Menyelesaikan persamaan linear satu variabel

Indikator

: 1.1.2. Menentukan kalimat yang merupakan kalimat benar dan kalimat salah 1.1.3. Menentukan pengertian variabel pada kalimat terbuka 1.1.4. Menentukan penyelesaian kalimat terbuka sehingga menjadi kalimat yang benar 1.1.5. Menyebutkan pengertian persamaan linear satu variabel, akar atau penyelesaian, kesamaan, dan persamaan ekivalen 1.1.6. Menyelesaikan persamaan linear satu variabel dengan cara substitusi 1.1.7. Menuliskan penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan mencari persamaan yang ekivalen menggunakan metode menambah, mengurang, mengali, atau membagi kedua ruas persamaan dengan bilangan yang sama untuk mencari penyelesaian persamaan linear satu variabel 1.1.8. Menentukan penyelesaian bentuk pecahan

Metode Pembelajaran dan Model Pembelajaran Metode Pembelajaran : Metode pembelajaran peer teaching method (mengajar sesama teman) disertai diskusi. Menentukan penyelesaian dengan mencari persamaan yang ekivalen menggunakan metode menambah. Pengertian persamaan linear satu variabel. Materi Ajar 1. kemudian presentasi. 9. kesamaan.11. mengurang. akar atau penyelesaian. Menggambar grafik penyelesaian persamaan dengan satu variabel ntukan Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (1 pertemuan) A. Grafik penyelesaian persamaan linear satu variabel C. mengali. Menentukan penyelesaian persamaan yang memuat pecahan 1. Menentukan penyelesaian persamaan bentuk pecahan 8. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel menggunakan berbagai cara dengan menggunakan metode pembelajaran peer teching dan model pembelajaran grup investigation. dan persamaan 5. Menentukan penyelesaian persamaan yang memuat perkalian dua suku. .1. Metode substitusi untuk mencari penyelesaian persamaan linear satu variabel 6. Pengertian variabel pada kalimat terbuka 3.9. B.1. Konsep kalimat benar dan kalimat salah 2. atau membagi kedua ruas persamaan dengan bilangan yang sama untuk mencari penyelesaian persamaan linear satu variabel 7.1. Menentukan penyelesaian kalimat terbuka sehingga menjadi kalimat yang benar 4.

Dimulai pembagian kelompok yang heterogen. diakhiri dengan kesimpulan dan evaluasi. presentasi.Model Pembelajaran : Model pembelajaran grup investigation yaitu model pembelajaran kooperatif menekankan pada partisipasi dan aktivitas siswa untuk mencari sendiri informasi melalui bahan ajar yang tersedia dalam rangka menyelesaikan masalah yang diberikan. D. dilanjutkan diskusi. Langkah Kegiatan Kegiatan Kegiatan yang dilakukan :  Guru memasuki ruang kelas tepat waktu secara disiplin  Mengawali dan do’a  Menyampaikan tujuan pembelajaran  Religius 3’  Disiplin Alokasi Waktu Penidikan Karakter Bangsa (PKB) Langkah Pendahuluan  Orientasi dengan mengucapkan salam pembelajaran yaitu peserta didik dapat menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel menggunakan dengan metode berbagai menggunakan cara pembelajaran peer teching dan model pembelajaran grup  Rasa ingin tahu investigation  Motivasi  Memotivasi peserta didik dengan memberikan contoh aplikasi mempelajari dan manfaat persamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari yaitu dapat digunakan untuk .

 Guru cakupan menyampaikan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.  Guru menyampaikan materi  Apersepsi prasyarat yaitu pengertian kalimat benar dan kalimat salah. menentukan pengertian variabel pada kalimat terbuka sehingga benar.menentukan berapa banyak air yang harus ditambahkan ke 1 liter larutan asam 30% agar larutan asam tersebut menjadi larutan asam 20%. Kegiatan Inti Kegiatan yang dilakukan :  Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok yang heterogen beranggotakan 3-4 orang  Guru memilih salah satu peserta kelompok ketua  Guru berbeda kelompok. memberikan kepada tugas tiap didik untuk di tiap 5’  Tanggung jawab menjadi . menjadi serta kalimat menentukan dari kalimat penyelesaian terbuka.

kemudian ditanggapi oleh anggota kelompok lain. demokratis mengajarkan kepada teman satu kelompoknya. demokratis. dan tanggung jawab pemahaman sehingga akan timbul metode belajar dengan saling sesama teaching) menyelesaikan permasalahan kooperatif yang mengajar teman kepada (peer untuk beberapa secara diberikan 30’  Komunikatif. jujur.  Konfirmasi  Guru memimpin jalannya .  Setiap perwakilan kelompok memempresentasikan hasil  Toleran. disiplin. anggota berdiskusi mengajar diharapkan kelompok dengan sesama setiap dapat saling tanggung jawab. kerja keras. Eksplorasi  Tiap kelompok mencari 20’  Senang membaca informasi yang luas tentang topik/tema berhubungan permasalahan materi yang dengan yang diberikan guru dari aneka sumber dan bahan ajar  Elaborasi  Tiap peserta didik melakukan diskusi bertukar dengan pendapat saling dan  Toleran. dengan cara penemuan  Guru membantu pelaksanaan metode peer teaching yaitu metode teman. prestasi menghargai diskusi.

Mandiri  Religius refleksi pembelajaran  Guru memberikan evaluasi dengan megadakan kuis  Salam  Guru mengucapkan salam untuk memumbuhkan sifat religius pada peserta didik . toleransi dan demokratis  Jujur.presentasi memberikan dengan konfirmasi jawaban yang benar. dan guru membimbing peserta didik tepuk kelompok untuk memberikan kepada telah hasil sebagai tangan yang mempresentasikan diskusi mereka bentuk penghargaan terhadap penyelesaian permasalahan yang telah ditemukan Penutup  Membuat simpulan dan rangkuman Kegiatan yang dilakukan :  Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat  Komunikatif. toleransi dan demokratis 12’ simpulan pembelajaran dan membimbing peserta didik membuat rangkuman tentang persamaan variabel linear satu  Membuat refleksi  Evaluasi  Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat  Komunikatif.

A. merupakan bilangan kuadrat merupakan bilangan prima kurang dari 4 Tentukan penyelesaian persamaan berikut ini dengan cara substitusi dengan mengambil variabel pada himpunan bilangan asli. 1 2. c. d. Jakarta: Pusat Perbukuan. – – – . a. 4. F. 2. Penilaian 1) Kriteria penilaian Nilai akhir untuk materi pokok tersebut di atas ditentukan dengan kriteria sebagai berikut. c. Alat dan Sumber Belajar Sumber : Wugoyo.E. Komponen penilaian Tanggung jawab dalam tim Peran serta dalam tim Hasil diskusi Kuis Jumlah Bobot (%) 20 20 20 40 100 2) Contoh soal Setiap kelompok diberi satu soal untuk diselesaikan dalam diskusi dengan metode penyelesaian soal berbeda tiap kelompok. b. Alat : White Board LCD Proyektor Laptop F. 2008. Departemen Pendidikan Nasional. Pegangan belajar matematika 1 untuk SMP/MTs kelas VII. b. a. Jika adalah anggota himpunan { } maka tentukan himpunan penyelesaian kalimat terbuka di bawah ini. Soal yang diberikan sebagai berikut : 1. 3. Surati dan Irene Supradiarini. No.

– 4. Tentukan penyelesaian dari setiap persamaan berikut dengan cara mengali atau membagi kedua ruas persamaan dengan bilangan yang sama! a. 3. b. 3. a. Gambar grafik himpunan penyelesaian persamaan linear satu variabel berikut. Teknik penskoran soal kelompok No Soal 1 2. – 5. 3. b. b. Bobot Jawaban Benar(%) 20 20 20 20 . d. d. c.d. c. Soal kuis yang diujikan adalah sebagai berikut : 1. – – – – Di akhir pembelajaran. 4. guru memberikan kuis yang dilakukan secara individu. d. 2. – Tentukan penyelesaian dari persamaan-persamaan berikut dengan cara mencari persamaan yang ekivalen! a. 3) Teknik penskoran a. c.

Teknik penskoran soal kuis No Soal 1 2. Guru Mata Pelajaran.. . Jumlah Bobot Jawaban Benar (%) 30 35 35 100 Semarang. Jumlah 20 100 b. Kepala Sekolah Anisa Farah Diba NIM 4101409122 . 3.5. 12 Maret 2012 Mengetahui.………….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful