1

METODOLOGI Metode yang digunakan adalah metode waterFall yaitu suatu proses metode perancangan sistem informasi yang memudahkan untuk tahapan perancangan sistem seperti yang di bawah: Program yang digunakan untuk merancang sistem informasi adalah MS OFFICE ACCESS 2007 untuk aplikasi pembelian dan penjualan. 2 .A.

3. uang muka     Master persediaan barang Table referansi Untilities Login user 2.B. DFD (data flow diagram) dan ERD (entity relationship diagram ).Proses Kebutuhan pada proses yang akan dirancang meliputi proses pesanan . pembelian . jenis bahan . QTY. persediaan dan produksi. nama pesanan .Input Adanya kebutuhan input yang diusulkan adalah sebagai berikut:  Master transaksi Data ini digunakan untuk mengisi data referansi dari transaksi-transaksi Yang bekaitan dengan penjualan. serta laporan-laporan yang akan dihasilkan .yang akan dijelaskan pada rancangan sistem yang akan dikembangkan di flowchart. IDENTIFIKASI Berdasarkan latar belakang penelitian . pesanan . diagram konteks. dan persediaan a. Transaksi pemesanan : (*kode pesanan . agar perancangan yang akan dikembangkan menjadi lebih terarah maka ditentukan identifikasi kebutuhan sebagai berikut: 1. Output Output yang dihasilkan antara lain :      Laporan penjualan Laporan penerimaan kas Laporan pengeluaran kas Laporan pembelian bahan Faktur penjualan 3 .

Keamanan data dapat di atasi. dikarenakan ada kata kunci yang harus dimasukkan untuk dapat mengakses data. Penjualan sembako Pelanggan datang ke bagian penjualan dan memilih sembako yang di inginkan lalu setelah itu pelanggan ke kasir lalu membayar uang ke kasir setelah itu bagian kasir menginput ke program penjualan setelah itu print faktur yang di serahkan kepada pelanggan lalu secara otomatis program tersebut membuat laporan penjulan sembako selama satu bulan. Proses penagihan customer dan proses pembayaran supplier dapat terkontrol dengan adanya laporan hutang dan laporan piutang.diagram aliran data (data flow diagram)dan entity relationship diagram(ERD). Hasil dari pembuatan program ini adalah dapat mengetahui hasil pembelian. b. I. 4 . Untuk pengembangan usahanya. Perancangan dan pembuatan sistem penjualan dan pembelian yang baru dengan membuat suatu program aplikasi menggunakan Microsoft Microsoft Access 2007 untuk databasenya. Mengotomatisasi penghitungan dalam proses penjualan dan pembelian. yaitu penjualan barang sembako.makka digunakan alat bantu untuk memodelkan aliran data dan informasi tersebut. Selama ini sistem pembelian dan penjualan perusahaan masih menggunakan cara manual. Pembelian sembako Setiap kali melakukan pembelian dilakukan pencatan datanya di input melalui komputer. dimana dalam menjalankan usahanya perusahaan ini melakukan banyak transaksi penjualan. PERANCANGAN SISTEM Agar dapat dan lebih memahami aliran dan proses data yang terjadi dalam sistem yang dikembangkan. sembako yang akan dibeli.Alat bantu yang digunakan diagram konteks(context diagram). maka dibutuhkan suatu sistem baru untuk dapat memperbaiki sistem yang dipakai saat ini. a.C. harga pembelian. Rasional jual beli sembako di PT SEMBAKO INDONESIA PT SEMBAKO INDONESIA adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan. seperti nama supplier.yaitu data-data informasi yang diperlukan . Relationship Diagram. penjualan dan stok barang.

dan tanggal pembelian lalu di input kedalam file persediaan. (1999 : 716) Dari beberapa definisi diagram konteks yang dikemukakan di atas penulis menyimpulkan bahwa diagram konteks merupakan suatu pemodelan yang mengandung satu proses di mana proses ini mewakili proses dari seluruh sistem. Proses ini mewakili proses dari seluruh sistem”. (1999 : 339) Sedangkan pengertian diagram konteks menurut Jogiyanto Hartono adalah sebagai berikut : “Suatu konteks diagram selalu mengandung satu dan hanya satu proses saja (seringkali diberi nomor proses 0). ANALISIS PERANCANGAN SISTEM 1. Diagram konteks Diagram konteks berfungsi untuk menggambarkan hubungan sistem dengan lingkungan luar sihingga akan diketahui tentang entitas yang terlibat berserta aliran data yang masuk ke sistem Menurut Yourdon pengertian diagram konteks adalah sebagai berikut : “Diagram konteks berfungsi untuk menggambarkan hubungan sistem dengan lingkungan luar sehingga akan diketahui tentang entitas yang terlibat beserta aliran data yang masuk dan keluar sistem”.jumlah barang yang di beli. Berikut ini merupakan gambar diagram konteks: 5 . D. dan berfungsi untuk menggambarkan hubungan sistem dengan lingkungan luar sehingga akan diketahui tentang entitas yang terlibat beserta aliran data yang masuk dan keluar sistem.

2. Berikut ini merupakan diagram aliran data(DFD) level 0(overview) dari aplikasi keuangan sebagai berikut: 6 . DFD LEVEL 0 Diagram aliran data atau data flow diagram berfungsi untuk menggambarkan suatu sistem sebagai suatu jaringan dari suatu proses-proses yang terjadi dengan disertai data yang mengalir ke setiap proses yang dilakukan.

Berikut ini gambar diagram aliran data aplikasi level 1 proses 3.0 adalah sebagai berikut: 7 .

yang merupakan kunci utama dari masing-masing data” (1999 : 477) Sedangkan menurut Al Bahra Bin Ladjamudin pengertian Entity Relationship Diagram adalah sebagai berikut: “Entity Relationship Diagram adalah notasi grafik dari sebuah model data atau sebuah model jaringan yang menjelaskan tentang data yang tersimpan (storage data) dalam sistem secara abstrak”.Berikut ini DFD logis: 3. Entity Relationship Diagran (ERD) Entity Relationship Diagram (ERD) Menurut Yourdon pengertian dari Entity Relationship Diagram adalah sebagai berikut : “Entity Relationship Diagram adalah diagram yang menggambarkan hubungan antara data yang direlasikan dengan kunci relasi. 8 .

(2006 : 190) Oleh karena itu jelaslah bahwa ERD berbeda dengan DFD yang merupakan suatu model jaringan fungsi yang akan dilaksanakan oleh sistem. karena DFD hanya memusatkan perhatian pada fungsi-fungsi sistem bukan pada data yang dibutuhkan. Berikut ini ERD yang dibutuhkan aplikasi sistem informasi gudang: 9 . sedangkan ERD merupakan model jaringan data yang menekankan pada struktur-struktur dan relationship data. ERD memperlihatkan hubungan antar data store pada DFD. hubungan ini tidak terlihat pada DFD.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful