PSIKOLOGI MILITER

1. Pengertian

Psikologi militer penelitian, desain psikologis dan mengantisipasi atau penduduk data eksperimen baik

dan

aplikasi

dari teori

teori dan

menuju dalam

pemahaman,

memprediksi

perilaku, sipil yang

pasukan bersahabat diinginkan,

atau musuh

mungkin tidak

mengancam atau

berpotensi berbahaya untuk pelaksanaan operasimiliter. Psikologi militer diterapkan terhadap konseling dan pengobatan stres dan kelelahanpersonel militer atau keluarga militer serta pengobatan trauma kejiwaan yang diderita sebagai akibat dari operasi militer. Lain penggunaan psikologi militer dalam interogasi tahanan yang dapat memberikan informasi yang akan meningkatkan hasil dari operasi militer ramah atau mengurangikorban ramah.

2. Bidang Studi

Tujuan dan misi dari psikolog militer saat ini telah dipertahankan selama bertahun tahun, bervariasi dengan fokus dan kekuatan intensitas penelitian yang diajukan ke masing-masing sektor. Kebutuhan untuk yang perawatan kesehatan

mental sekarang

merupakan bagian

diharapkan tinggi stres lingkungan

militer. Pentingnyadan keparahan dari gangguan stres pasca trauma (PTSD) akhirnya mendapatkankredibilitas yang lebih dibanding mereka yang

menderita itu diterima di masa lalu, dan yang disorot dalam program pengobatan.

untuk memasukkan kesehatan mental operasi dan klinik keluarga konseling. Psikolog militer lainnya bekerja dengan besar program kebijakan sosial dalam militer yang dirancang untuk meningkatkan keragaman dan kesempatan yang sama.  Kesehatan psikologi. Program yang lebih modern menggunakan keterampilan dan pengetahuan psikolog militer untuk mengatasi masalah – masalah seperti mengintegrasikan . yang menentukan calon akan paling cocok untuk berbagai spesialisasi pekerjaan militer. Untuk meningkatkan keputusan koman dan militer membuatnya seperti berkaitan dengan memerangi melakukan dan / atau operasi terkait. Ini adalah kategorisasi vak yang relative baru yang telah digunakan terutama oleh psikolog dan ilmuwan perilaku di militer. dan arena penegakan hukum. Contoh aplikasi tersebut mencakup pengembanganstrategi kontra melalui profil manusia. melakukan penelitian untuk membantu merekrut pilih untuk angkatan bersenjata. Beberapa psikolog militer juga bekerja untuk memperbaiki kehidupan ersonil pelayanan dan keluarga mereka. dan analisis melakukan pada kemanusiaan dan misi penjaga perdamaian untuk menentukan prosedur yang dapat menyelamatkan nyawa militer dan sipil. dan pemilihan personil untuk unit misi khusus. organisasi. Sementara psikologi telah dimanfaatkan dalam bidang bidang nonkesehatan terkait untuk beberapa dekade. intelijen. interogasi dan penahanan dukungan. dan kerja Militer psikolog melakukan pekerjaan di berbagai bidang. beberapa tahun terakhir telah melihat peningkatan fokus pada aplikasi keamanan nasionalnya. informasi-psikologis operasi.Lebih luas pasca-penyebaran pemutaran berlangsung sekarang untuk rumah di atas pemulihan bermasalah yang digunakan untuk menjadi berlalu tanpa diketahui dan tidak diobati  Operasional Psikologi Operasional psikologi adalah penggunaan prinsip-prinsip psikologis dan keterampilan.

Di zaman modern. telah terjadi penurunan yang cukup besardalam penelitian psikologis dan dukungan dalam angkatan bersenjata. Karena perampingan militer pada 1990-an. Sekarang banyak psikolog lebih dipekerjakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dibandingkan dengan organisasi lain di dunia. Test fisik bermanfaat guna mendapatkan calon-calon polisi yang memiliki jasmani yang baik contohnya tinggi atau berat badan ideal atau gigi yang baik. minat serta kepribadian secara menyeluruh. seperti alkohol dan penyalahgunaan zat. Manfaat Psikologi Dalam Militer Melalui materi diatas didapatkan beberapa manfaat psikologi bagi militer yaitu pada pengadaan test fisik / bakat dan minat serta kepribadian. Lainnya membantu dalam pekerjaan perempuan dalam posisi tempur dan posisi lain secara tradisional dipegang oleh laki-laki. misalnya test bakat. Sedangkan test bakat dan minat digunakan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan para calon polisi tersebut. Beberapa psikolog militer membantu untuk memanfaatkan kemampuan yang rendah dalam merekrut dan merehabilitasi anggota layanan kecanduan narkoba dan terluka. Manfaat psikologi pada saat test seleksi adalah penggunaan test psikologi.kelompok etnis dan ras yang beragam ke dalam militer dan mengurangi kekerasan seksual dan diskriminasi. Mereka bertanggung jawab atas pengujian obat dan perawatan psikologis untuk masalah gaya hidup. Jadi test psikologi sangat bermanfaat untuk mendapatkan polisi yang berkepribadian baik. nasihat psikolog militer didengar dan dibawa lebih serius dalam pertimbangan untuk kebijakan nasional daripada sebelumnya. Test kepribadian digunakan untuk mendapatkan orang-orang militer yang memiliki kepribadian yang kuat menghadapi tekanan-tekanan dari luar sehingga tidak mengalami . berdisiplin tinggi sehingga dapat melayani dan mengayomi masyarakat. bagaimanapun. 3.

Dinas Psikologi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Dinas Psikologi di lingkungan TNI AD merupakan kelanjutan dari Leger Psychologiesche Dienst (LPD. Tidak hanya tes kepribadian da ntes bakat minat saja tapi masih banyak tes lagi yang harus dilakukan antara lain tes fisik. Jadi karena kita simpulkan bahwa tes psikologi sangat bermanfaat untuk mendapatkan seorang polisi yang mempunyai kepribadian baik. Seperti yang dialami oleh para tentara Amerika yang mengalami gangguan pasca perang selain itu psikologi bermanfaat sebagai pengontrol keadaan psikis para tentara. diantaranya terlibat dalam seleksi calon anggota. bertugas untuk melakukan kegiatan psikologis dilingkungan TNI AD. Manfaat psikologi yang kedua adalah untuk pemberian terapi psikis bagi para tentara yang mengalami gangguan psikis akibat beban tekanan kerja. TPS kesehatan. Dinas Psikologi Tentara KNIL -red). tes akademik. Tes kepribadian bermanfaat untuk mendapatkan calon polisi yang mempunyai kepribadian yang baik (tegas dan disiplin). Ada pula manfaat dari tes tersebut (test psikologi) meliputi tes kepribadian dan tes bakat minat.gangguan-gangguan mental seperti yang dialami oleh tentara-tentara Amerika Serikat. Biasa disebut dengan Dispsiad. psikolog sangat dibutuhkan sebagai konsultan para tentara psikolog bisa memberikan saran atau advis bagi para tentara untuk membantu memecahkan masalah-masalah Tes psikologi itu sangat diperlukan untuk seleksi alih golongan dari tamtama ke bintang maupun seleksi perizinan calon polisi baru. 4. Kemudian tes bakat minat juga mempunyai manfaat yaitu bisa mengetahui seberapa besar kemampuan calon polisi tersebut. mempunyai rasa disiplin yang tinggi sehingga dapat melayani dan mengayomi masyarakat semua. . Sehingga masyarakat dapat percaya dengan kinerja kepolisian dan masyarakat tidak perlu mau lagi dengan kinerja kepolisian.

perencanaan. strategi perang.pengembangan karier dan kepribadian personel anggota. mengembangkan penelitian yang berkaitan antara psikologi dan ketentaraan baik di bidang social kemasyarakatan. . evaluasi kelayakan anggota secara psikologis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful