Detektor

Secara sederhana Instrumen spektrofotometri yang disebut spektrofotometer terdiri dari : sumber cahaya – monokromator – sel sampel – detektor – read out (pembaca).

• Peranan

: memberikan respon terhadap cahaya pada berbagai sehingga dapat mengukur intensitas cahaya diserap oleh molekul

panjang gelombang sampel.
• Fungsi

yang diteruskan setelah sebagian

: mengubah sinyal radiasi yang diterima menjadi sinyal

elektronik yang selanjutnya akan ditampilkan oleh penampil data dalam bentuk jarum penunjuk atau angka digital

Perbandingan sinyal dan noise tinggi 3. Sifat-sifat detektor yang ideal yaitu: 1.2 mmHg. Photo tube (Photo Emissive Cell) Bentuk yang sederhana terdiri dari suatu bola gelas yang hampa udara atau berisi gas mulia pada tekanan rendah. Dikenal 2 macam detektor yaitu detektor foton dan detektor panas. Sinyal listrik yang dihasilkan oleh pengubah harus berbanding lurus dengan energi radiasi elektromagnetik 5. Di dalam bola terdapat katoda yang berbentuk lempeng . termasuk thermocouple dan bolometer. Sinyal elektronik yang diteruskan oleh detektor harus dapat diamplifikasikan oleh penguat (amplifer) ke rekorder (pencatat). Sebagai detektor untuk Spektrofotometer UV . Kepekaan tinggi terhadap radiasi yang diterima 2. misalnya argon pada 0. Punya respon tetap pada daerah panjang gelombang pengamatan 4. • Umumnya dipakai detektor fotolistrik yang mengubah energi sinar menjadi arus listrik. merupakan detektor dengan teknologi modern) Detektor panas biasa dipakai untuk mengukur radiasi infra merah. detektor semi konduktor detektor diode silicon (Photo diode-array.Vis biasanya digunakan : 1.• Prinsip : menyebabkan energi foton sinar yang jatuh. mengenai dan mengubah energi tersebut menjadi besaran yang dapat diukur. Detektor foton termasuk: • • • • • Foto sel (Photovoltaic atau Barrier Layer Cells) Untuk deteksi dan pengukuran radiasi pada daerah tampak Tabung foton hampa (Photo Tube/Photo Emissive Cell) Umum dipakai pada spektrofotometer visible dan ultra violet Tabung penggandaan foton (Photomultiplier Tube) Untuk pengukuran intensitas radiasi rendah.

Elektron akan dilempar keluar dari permukaan katoda bila permukaannya dikenai sinar. Photo Multiplier Tube Suatu photo emissive cell yang lebih peka adalah photo multiplier tube. Begitu seterusnya hingga dinoda ke 9. Setelah elektron itu jatuh pada permukaan dinoda itu. Anoda dan katoda dihubungkan dengan suatu baterai. Elektron-elektron dari dinoda 1 akan dipercepat ke arah dinoda 2. . Bila cahaya jatuh pada katoda maka elektron dibebaskan dan meloncat ke anoda sehingga dalam sirkuit terdapat aliran elektron (timbul arus listrik). tiap elektron akan menyebabkan dikeluarkannya beberapa elektron dari permukaan dinoda 1. Permukaaan katoda detektor jenis ini sama susunannya seperti permukaan photo tube. Setiap elektron yang jatuh pada permukaan dinoda 2 akan menyebabkan dikeluarkannya lagi beberapa elektron dari permukaan dinoda tersebut. misalnya campuran cesium oksida atau kalium oksida dan perak oksida. Anoda yang terbuat dari cincin logam diletakkan sedikit dekat dengan pusat lingkaran. 2.setengah lingkaran dan bagian dalamnya dilapisi zat yang sangat peka terhadap cahaya. Tabung detektor ini mengandung sejumlah elektroda lain yang disebut dinoda (pada gambar berjumlah 9).

Barrier-Layer Cells Suatu Barrier Layer Cells (disebut juga photo voltaic cell) terdiri dari sebuah plat logam yang dilapisi dengan suatu lapisan semikonduktor. . Suatu daerah hypotical barrier rupanya terjadi diantara permukaan semikonduktor yang memudahkan elektron meninggalkan semikonduktor menuju elektron kolektor. Suatu lapisan transparan yang sangat tipis dari perak dilekatkan di atas semikonduktor dan berlaku sebagai elektron kolektor. Energi cahaya yang jatuh di atas permukaan akan sampai ke semikonduktor dan mengeksitasi elektron-elektron pada permukaan perakselen yang akhirnya menuju ke elektron kolektor. 3. Biasanya dipakai logam besi dengan lapisan semikonduktor selen.Maka untuk setiap foton sinar yang jatuh pada katoda pada akhirnya akan dibebaskan 106 – 107 elektron yang terkumpul di anoda.

Arus listrik yang dihasilkan oleh detektor kemudian diperkuat dengan amplifier dan akhirnya diukur oleh indikator biasanya berupa recorder analog atau komputer. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful