NAMA NIM

: RATNA HARTATI : 05081006029

TUGAS ALAT DAN MESIN BUDIDAYA PERTANIAN 1. Apa pengertian dari tilt angle dan disk angle? Berapa besar sudut yang dihasilkan dari kedua sudut kerja bajak piring tersebut? Bagaimana pengaruhnya terhadap hasil pengolahan tanah? Jawab: a. Tilt angle adalah sudut pembajakan yang terbentuk antara posisi kemiringan piringan terhadap sumbu vertikal yang dapat diatur besar sudutnya dari 15o sampai 25 o melalui tilt adjustment yang terdapat pada batang pengikat piring.

Tilt angle

Disk angle dapat diperoleh dengan menggeser poros tersebut terhadap arah gerak maju alat dengan besar sudut 35o sampai 55o tetapi pada umumnya sudut yang digunakan antara 40o dan 45o. Disk angle adalah sudut piringan yang terbentuk dari posisi piringan terhadap arah gerak traktor. Disk angle Gambar di atas merupakan pandangan atas bajak piring vertikal dengan disk angle (DA). c. b. Pada hasil pengolahan tanah diharap dapat mengurangi besarnya gaya tarik (draft) dan memiliki kemampuan untuk melakukan penetrasi ke dalam tanah lebih tinggi. .Gambar di atas menunjukan letak tilt adjustment dan letak sudut pada tilt angle. Disk angle Gambar di atas menunjukan letak sudut pada disk angle.

Tipe bedding memiliki deretan penanam yang dekat terhadap bajak sehingga penanaman terjadi disaat yang sama ketika terjadi proses pembajakan. Kecepatan yang tinggi Bagian belakang lebih terangkat dan hasil penetrasi cenderung dangkal . Sebutkan perbedaan yang nyata dari penyiapan penyemaian dari tipe listing dan tipe bedding. Jawab: Tipe listing memenuhi kebutuhan penyemaian di alur sisi yang lebar dan alur terbuka. Diameter pisau yang besar tidak memudahkan penetrasi seperti pisau yang kecil dengan berat per pisau yang sama tetapi hal ini memiliki operasi yang lebih dalam. tipe ini cocok digunakan untuk daerah yang kering karena benih harus dipendam kedalam tanah untuk kebutuhan airnya tercukupi. Berikut sketsanya.2. Tunjukan dengan sketsa dari aksi gaya pada tandem disk harrow mengapa bagian belakang cenderung menghasilkan penetrasi yang dangkal. 3. Jawab: Penetrasi yang dangkal disebabkan oleh kecepatan tarikan yang bertambah dan penetrasi dapat dipengaruhi dari ukuran pisau piringan.

Jawab: Titik centre of pull yang terkait pada traktor dan kerangka bajak dapat menarik disk harrow . Tunjukan dengan sketsa mengapa offset disk harrow bisa ditarik off-centre untuk operasi kesetimbangan.4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful