PEMANFAATAN AIR SEBAGAI BAHAN BAKAR

Oleh : Sritoko

AIR digunakan untuk bahan bakar
Air memiliki sifat cair, terasa sejuk dingin & tidak dapat terbakar Lalu bagaimana air dapat digunakan untuk bahan bakar ?? Rumus kimia Air adalah H2O yaitu bahwa air terdiri atas : - HIDROGEN & - OKSIGEN Hirogen sangat mudah terbakar & oksigen diperlukan dalam proses pembakaran. unsur dasar air inilah yang nantinya dijadikan campuran bahan bakar bensin/solar, untuk menggerakkan motor/mesin, sehingga pemakaian BBM menjadi lebih hemat. Permasalahan timbul. Bagaimana mengambil Hidrogen & oksigen dari dalam air ??

Pembentukan hidrogen & oksigen yang berasal dari air diperlukan proses elektolisis air, yang dapat dilakukan dengan cara sederhana sbb :

Dibutuhkan 2 lempengan logam yang dicelupkan ke dalam air murni. Logam pertama dialiri listrik + (Positif) & logam kedua dialiri listrik - (Negatif) Untuk mempercepat proses ditambahkan SODA API ( KOH / Kalium Hydoksida) ke dalam air. Air akan berbuih, sebagai tanda proses penguraian tengah berlangsung. Lempeng logam positif menghasilkan gas Oksigen & lempeng logam negatif menghasilkan gas Hidrogen. Gas Hidrogen & oksigen inilah yang digunakan sebagai campuran bensin/solar untuk bahan bakar, sehingga pemakaian BBM menjadi hemat. Pada saat ini telah di uji coba kan pada sepeda motor & mobil. Caranya cukup sederhana : 1. Membuat tabung hidrogen, yaitu tabung yang memiliki 2 keping logam didalam nya, kemudian tabung diisi air murni & sedikit soda api. 2. Logam dialiri listrik yang dapat diambilkan dari spool sepeda moto/ mobil 3. Proses penguraian air menjadi hidrogen & oksigen pun terjadi dalam tabung ini 4. Oksigen & hidrogen dialirkan ke karburator & bercampur dengan bensin/solar, selanjutnya bersama sama dengan bensin / solar menjadi bahan bakar motor/mobil. Dengan demikian akan membersihkan kerak pada mesin, menghemat BBM & menurunkan polusi udara.

Membuat tabung HIDROGEN
Pembuatan tabung hidrogen perlu disiapkan bahan-bahannya antara lain : 1. Pipa stainless stell diameter 5/8 inch Pipa stainless steel ini dapat dibeli di toko bahan bangunan Ukurannya 5/8 inch, pihak toko bangunan akan tahu hal itu, tetapi harus beli 1 batang (4 meter). Padahal yang dibutuhkan pipa stainless steel itu cukup 5 cm saja. Buat 2 sebagai elemen positif dan negatif.

2. Mor, Baut & Ring diameter 13 mm Baut tersebut gunanya untuk disambungkan dengan pipa stainless stell, tidak perlu dilas, cukup diketok dengan palu.

3. Tabung/botol plastik yang tahan panas Pipa dg baut di pasang pada bagian bawah tabung plastik, yang terlebih dahulu telah dilubangi. Selanjutnya dipasang ring & mor. Agar air tidak bocor, perlu dipasang karet & di lem. Jarak pipa sekitar 2 cm, jangan terlalu dekat & jangan terlalu jauh.

4. Diode 25 Amper beserta kabel

Untuk sepeda motor cewe cukup memakai diode 25 Ampere, sedangkan untuk sepeda motor cowo, gunakan diode 35 Ampere.
Diode memiliki 4 kaki, 1 kaki bertanda + (Positif) dan 1 kaki bertanda - (Negatif) sedangkan 2 kaki lainnya tidak ada tanda. Maka kaki sebelah KIRI di samungkan ke badan motor sebagai GROUND & kaki sebelah KANAN di sambung kan ke sumber listrik sepeda motor yiaitu di SPOOL Kabel tidak perlu di solder, cukup dijepitkan pada diode & diberikan jepitan kabel agar tampak rapi. Juga dipasang selang polos untuk menutup jepitan kabel.

5. Selang L dan selang POLOS Selang polos selain untuk membungkus jepitan kabel, juga di gunakan untuk: - Selang pernafasan/peng-udara-an untuk membuang tekanan balik - Mengalirkan gas hidrogen & oksigen ke sepeda motor yg terlebih dahulu disambung dengan selang tahan panas. - Selang L dipasang pada tutup tabung plastik/tabung hidrogen & pada filter atau karburator atauselang vacum pada sepeda motor. Selang L dapat dibeli di penjual ikan hias & Aquarium krn merupakan accessories dari aquarium.

6. Air murni Selanjutnya tabung plastik diisi dengan air murni (Kandungan mineralnya 0%) salah satunya adl air kemasan merk Cleo, bukan Aqua, krn Aqua mengandung banyak mineral, yang mengakibatkan air cepat menjadi keruh.

7. Soda api (KOH) Untuk membantu elektrolisis air, maka perlu ditambahkan soda api (KOH / Kalsium Hidroksida) buka kalsium bikarbonat. Bisa pula digunakan soda kue, tetapi penggunaan soda kue, mengakibatkan air juga menjadi cepat keruh. Takaran : 1/2 liter air murni ditambah 1 sendok teh soda api. Bila proses elektolisis air tidak mengeluarkan BUIH, maka soda api dapat di tambah.

CARA KERJA
Sepeda motor distater, maka akan keluar sedikit air dari selang pernafasan karena ada tekanan dari mesin motor saat distater. Listrik + (Positif) pada pipa stainless stell, menguraikan air menghasilkan Oksigen. Listrik - (Negatif) pada pipa stainless stell, menguraikan air menghasilkan Hidrogen. Oksigen & Hidrogen terhisap & masuk ke karburator bercampur dengan bensin, bersama sama menjadi bahan bakar pada piston & menggerakkan motor. Kondisi motor dengan menggunakan bensin sekitar 1:30 dengan menggunakan tabung hidrogen menjadi sekitar 1:40 Untuk perjalanan pendek tidak terasa perbedaannya, tetapi sangat cocok untuk perjalanan jauh,karena dapat menghemat pemakaian bensin. Jarak sekitar 122 km menghabiskan bensin 3 liter.

CATATAN
Jangan mengambil listrik + (Positif) dari AKI Karena tabung hidrogen memerlukan 5 Ampere, sedangkan AKI hanya memiliki 10 Ampere sehingga jadi cepat soak. Selang pernafasan / peng-udara-an jangan kemasukan ASAP karena asap tsb akan mengganggu proses pembakaran yang akan berakibat BOROS bensin. Dengan bercampurnya bensin dengan Hidrogen & oksigen, maka akan meningkatkan pembakaran, sehingga mesin bekerja lebih keras. Perilaku mesin menjadi sedikit berubah (Timbul getaran) yang lebih keras dibanding kondisi tanpa menggunakan hidrogen. Takaran KOH untuk setengah liter air cukup sesendok makan saja, kalo diproses elektrolisis belum keluar buih .......ya tambah lagi soda apinya.

Ringkasan pemasangan tabung hidrogen pada SEPEDA MOTOR
Cara pemasangan tabung hidrogen pada sepeda motor : 1. Melubangi karet vacum atau filter motor Untuk motor Suzuki dilubangi pada filter nya Untuk motor honda lebih baik dilubangi pada karet vacum nya,

Tampak dalam foto, filter dilubangi & dipasang selang L. Selang L dapat pula dipasang pada karet vacum, karet vacum letaknya berada di sebelah filter dg bentuk melengkung (di pojok kanan bawah dalam foto disamping ini)

Catatan : Untuk motor 2 tak pembakarannnya menggunakan oli samping, bila hidrogen dimasukkan lewat filter/manipol akan berakibat mesin mogok, sementara ini pemakaian hidrogen cocok untuk motor 4 tak & mobil.

2. mengambil listrik dari spool Dibutuhkan diode 25 ampere untuk motor cewe Dibutuhkan diode 35 ampere untuk motor cowo Diode dapat dibeli di toko elektronika & untuk mobil tidak menggunakan diode, tetapi diganti dengan Relay yang dapat dibeli di toko variasi mobil

3. Memasang grounding Ground atau elemen negatif bisa ke body motor, sedang elemen positif ngambil dari spool lampu. Kedua kabel tersebut di sambung kan dengan tabung hidrogen

4. Mengisi air air murni atau pure water air kandungan mineralnya 0 % (Cleo) Air mineral (Aqua) mengandung banyak mineral seperti Magnesium, Kalium, Natrium, dan lain lain yang mengakibatkan air dalam tabung cepat kotor 5.Masukkan soda api (KOH) proses elektrolisis air, dibutuhkan katalisator yaitu soda api, atau istilah kimia Kalium Hidroksida, bukan Kalium Bikarbonat, bisa juga pake soda kue tetapi mengakibatkan air akan cepat keruh & air harus diganti.

Takaran KOH untuk setengah liter air cukup sesendok makan saja, bila proses elektrolisis belum keluar buih, maka tambah lagi soda apinya. tahap awal biasanya gas hidrogen akan membersihkan mesin dari kerakkerak pembakaran terdahulu, juga untuk menenangkan mesin agar tidak berisik, juga membersihkan busi, gas emisi buang nantinya juga akan kecil. SELAMAT MENCOBA

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful