Nama Kelas NPM

: SOPYANA PANGESTIKA : 1KA34 : 16111868

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Pengertian penderitaan berasal dari kata derita yang menurut sansekerta dhra yang artinya menanggung atau menahan. Penderitaan dapat lahir atau batin, atau lahir batin. Tuhan memberikan kesenangan / kebahagiaan kepada umatnya,tetapi juga memberikan penderitaan / kesedihan yang kadang-kadang bermakna agar manusia sadar untuk tidak memalingkan dirinya.

Siksaan Dapat berupa siksaan jiwa /rokhani. Akibat siksaan yang dialami seseorang timbulah penderitaan.

Di dalam kitab suci di terangkan jenis dan ancaman siksaan yang dialami manusia di akhirat nanti,yaitu siksaan bagi orang musyrik,syirik dengki,memfitnah,mencuri dsb.

Kita pasti akan mampu menghadapi cobaan/penderitaan karena setiap penderitaan yang kita alami atas persetujuan Tuhan.

Antara lain ayat 40 surat Al Ankabut menyatakan: “masing-masing bangsa itu kami siksa dengan ancaman siksaan,karena dosanya. Ada diantaranya kami hujani dengan batu-batu kecil seperti kaum Aad,ada yang di ganyangkan dengan halilintar bergemuruh dahsyat seperti kaum Tsamud,adapula yang kami benamkan ke dalam tanah seperti Qorun,dan adapula yang kami tenggelamkan seperti kaum Nuh.”

Hal itu misalkan dalam surat Al-Insyiqoq ayat 6 “manusia ialah makhluk yang hidupnya penuh perjuangan” Artinya bahwa manusia tidak boleh menyerah.

1

2

Kekalutan mental adalah gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah kurang wajar.

Siksaan yang sifatnya psikis (yang artinya mempengaruhi fisik kita) misalnya ke bimbangan ,kesepian dan ketakutan :

Tahapan-tahapan gangguan kejiwaan adalah : a. Gangguan kejiwaan nampak dalam gejala-gejala kehidupan Si Penderita baik jasmi maupun rohani b. Usaha mempertahankan diri dengan cara negatif c. Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown).

Kebimbangan dialami oleh seorang bila ia pada suatu saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan diambil. Akibat dari kebimbangan seseorangberada dalam keadaan yang tidak menentu,sehingga ia merasa tersiksa dalam hidupnya saat itu.

Kesepian: dialami seseorang yang merasa kesepian walaupun berada di lingkungan ramai. Kesepian tidak di campur adukan dengan keadaan yang dialami oleh biarawan yang ditinggalkannya ditempat sepi.

Proses-proses kekalutan mental yang dialami seseorang mendorongnya ke arah : a. Positif : trauma (luka jiwa), survive dalam hidup Negatif : trauma diperlarutkan atau diperturutkan akhirnya frustasi.

b.

Ketakutan :menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin, bila ketakutan itu menguasai diri maka akan membuat kita menjadi berhalusinasi sendiri. Ketakutan berlebih pula bisa menimbulkan ketakutan tersendiri (phobia).

2 3

Berdasarkan sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut :

Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia :     Perbuatan semena-mena kepada pembantu rumah tangga. Perbuatan buruk orang tua yang menganiaya anak. Perbuatan buruk para pejabat zaman orde lama. Perbuatan buruk manusia terhadap lingkungan : banjir dan tanah longsor, perbuatan lalai : gas beracun.

Penderitaan yang timbul karena penyakit, siksaan/azab Tuhan :   Seorang anak lelaki buta sejak dilahirkan; Nabi Ayub mengalami siksaan Tuhan, tetapi dengan sabar menerima cobaan ini; Tenggelamnya Fir’aun di laut Merah.

4

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful