PERKEMBANGAN INDUSTRI DI INDONESIA

Posted by cs0506 ⋅ November 27, 2010 ⋅ Leave a Comment Filed Under IPS I. PENDAHULUAN Jika kita mau melihat sejarah perekonomian Indonesia, kita harus melihat seperti apa dan bagaimana ekonomi Indonesia pada masa lampau. Industri belum menjadi sesuatu yang penting, karena berbagai keterbatasan dan kekurangan. Perekonomian hanya terfokus pada pertanian, baru sejak pemerintah Orde Baru bergulir, industri mulai digolongkan menski mendatangkan tenaga ahli dari luar. Kota-kota di Indonesia waktu itu mulai berkembang dang kegiatan-kegiatan perdagangan mulai pesat. Ketika permintaan bahan-bahan pokok di psaran melonjak pada dekade 70-an, mau tidak mau hal itu mendorong bangsa Indonesia untuk terjun dalam bidang industri. Pemerintah merasa dengan perindustrian, distribusi barang semakin cepat. Selain itu, produksi barang meningkat. Berbeda dengan industrialisasi di Eropa, mereka tidak maju dan berkembang jauh lebih lama dari kita. Sejak revolusi industri di Inggris, mereka berkembang pesat. Banyak perubahan di Eropa, baik dari segi politik, ekonomi, sosial dan budaya. Ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami banyak kemajuan. Bahkan negara-negara di Eropa pun telah mengembangkan industri, dengan kata lain jangkauan mereka lebih luas. Untuk saat ini, pengembangan industri di Indonesia cukup baik. Telah ada kerja sama yang terorganisir dengan baik dengan pihak luar. Mereka (pihak asing) banyak menanamkan modalnya di Indonesia. Investasi asing itu membantu kelanjutan ekonomi dan perdagangan serta industrinya. Baik indutri di bidang manufaktur ataupun industri-industri lain, seperti industri pariwisata, industri pertambangan/penggalian, dan lain-lain. Dalam pemahaman disini, akan kita bahas bagaimana dan seperti apa industri di Indonesia. Karena, setiap negara berbeda-beda dalam menangani industri dalam perekonomiannya. Dengan demikian, nantinya kita akan mengetahui perkembangan industri dalam negeri. II. PEMBAHASAN Setelah Indonesia merdeka, beberapa usaha dilakukan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Beberapa pusat penelitian yang telah adapun, sejak pemerintahan kolonial masih ada dan terus dikembangkan, antara lain : Sekolah Tinggi Teknik (THS) di Bandung, Sekolah pertanian (LHS) di Bogor, Sekolah Tinggi Hukum (RHS) di Jakarta, dan lain-lain.

industri merupakan bagian dari proses produksi. Dengan demikian. namun maufakturinglah yang diunggulkan. kalaupun beberapa penduduk menggunakan industri kerajinan sebagai salah satu mata pencaharian. tingkat produksi dan jenis kegiatannya. Hal itu guna menunjang industri di Indonesia. kebutuhan akan bahan pangan terus meningkat. Di zaman dahulu. kemudian diolah. mengarahkan. Perindustrian memungkinkan perekonomian kita berkembang pesat dan semakin baik. Jadi. Pertanian justru tidak mendapat respek yang mendalam. termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.Sekolah-sekolah tersebut dibentuk guna tujuan merumuskan. Pengertian Industri di Indonesia Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah. sehingga membawa perubahan dalam struktur perekonomian nasional. Bahan-bahan industri diambil secara langsung maupun tidak langsung. peranan industri dalam perekonomian Indonesia dengan sejarah perkembangannya tidaklah begitu amat berarti. dan mengendalikan kegiatan riset dan pengembangan IPTEK di Indonesia. bahan baku. barang setengah jadi atau barang jadi menjadi barang yang bermutu tinggi dalam penggunaannya. sehingga menghasilkan barang yang bernilai lebih bagi masyarakat. Biasanya malah lebih berupa kerajinan yang bertendensi artistik daripada kewiraswastaan. misalnya industri rumah tangga. (b) Industri menengah . Kegiatan proses produksi dalam industri itu disebut dengan perindustrian. atau lebih berupa aspek kerja budaya daripada komersial. Maka seharusnyalah kita tidak mengesampingkan peran pertanian di Indonesia. Pembagian Industri di Indonesia Industri (perindustrian) di Indonesia merupakan salah satu komponen perekonomian yang penting. Sebagai negara agraris. Penggolongan industri menurut jumlah tenaga kerja (a) Industri kecil Yaitu industri yang menggunakan tenaga kerja kurang dari 10 orang. mengganti. hal itu sangat berbeda dari saat ini atau masa sekarang. Peranannya hanya sekedar untuk tambahan penghasilan atau pekerjaan sambilan. Perindustrian dapat dibagi menurut jumlah tenaga kerja. Padahal. Apalagi lahan di Indonesiapun terpampang luas di seluruh Nusantara.

(c) Industri besar Yaitu industri yang menggunakan lebih dari 50 orang. (c) Industri kimia dasar Mengolah bahan mentah menjadi bahan baku. Modal usahanya sudah besar. (d) Industri kecil Industri dengan jumlah tenaga kerja dan modal sedikit dengan teknologi sederhana. misalnya dalam bentuk CV dan PT. (b) Industri logam dasar Mengolah logam dan produksi dasar. Modal usaha jauh lebih besar dan penjualan hasil produksinyapun lebih luas. dan antara pemimpin perusahaan dan karyawannya tidak saling mengenal. (d) Industri rumah tangga Industri yang menghasilkan kerajinan tangan. Penggolongan industri menurut jenis kegiatannya. (b) Industri ringan Penggunaan mesin untuk memproduksi barang jadi.Yaitu industri yang menggunakan tenaga kerja antara 10 – 50 orang. Penggolongan industri menurut tingkat produksi (a) Industri berat Yaitu penggunaan mesin untuk produksi alat-alat berat. . (c) Industri dasar Industri yang menggunakan mesin-mesin untuk memproduksi bahan baku atau bahan pendukung bagi indutri lainnya. (a) Aneka industri Industri yang menghasilkan macam-macam barang keperluan masyarakat.

baja. berarti industri-industri seperti itu juga akan mampu memberikan kontribusi bagi devisa negara. . banyak negara juga tidak memiliki potensi ini. Dalam hal ini. Oleh karenanya. pemintalan. Karena hasilnya pun dapat dijadikan sebagai komoditi ekspor. banyak negara-negara di dunia terus berupaya untuk menumbuhkan ekonominya. Itulah yang menyebabkan industri di Indonesia semakin beragam. industri pertambangan dan penggalian. Industri hulu adalah industri yang memproduksi bahan baku dan bahan penolong untuk keperluan industri lainnya.Perkembangan dan Penerapan Industri di Indonesia Perkembangan industri melibatkan berbagai penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di Indonesia. Industri Logam Dasar Perkembangan industri ini berkembang pesat. Mereka saling bersaing untuk mendapatkan tempat di pasar global. kehutanan. Kenyataan ini menyebabkan industri dasar mempunyai peran yang cukup besar dalam proses industrialisasi. bahkan memiliki peranan yang sangat berarti bagi perekonomian negara. pembangunan Indonesia dapat maju bahkan berghasil memproduksi barang ekspor. Di Indonesia. Langkah yang diambil yaitu dalam masalah industri. yakni dapat menjadi penghubung antara industri hulu dan industri hilir. Jadi. sehingga disini dapat menyerap tenaga kerja. kegiatan pembangunan ditunjang oleh tumbuhnya berbagai jenis industri dengan berbagai jenis kegiatan Aneka Industri Bidang ini mempunyai peranan yang cukup besar dalam pembangunan industri secara keseluruhan. Contohnya : industri besi. Industrialisasi dan Perekonomian di Indonesia Sekarang ini. aneka industri memanfaatkan teknologi yang lebih sederhana dan memperluas kesempatan kerja. dan lain-lain. Namun. serta pertanian. Industri Non Manufakturing Industri-industri yang bergerak di bidang ini ialah industri pariwisata. dan lain-lain. industri ini menjadi sangat penting. Sedangkan industri hilir adalah industri yang memakai bahan dasar dari hasil industri hulu untuk memproduksi baran yang siap dipakai konsumen. Industri memang menjadi faktor fenomenal untuk menunjang perdagangan. Karena di dalam pasar global itu sendiri terjadi perdagangan bebas dari dan tentang suatu negara. Di Indonesia pertambangan dan pertanian menjadi sub terpenting mengingat mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani (negara agraris). dengan aneka industri. Salah satu hal yang mendukung ialah sektor industrialisasi.

industri otomotif sepertai Astra. sehingga bila bangsa kita tidak tanggap dan merespon positif. Lalu bagaimana bangsa kita dalam merespon hal tersebut. Berarti hal itu dapat dikatakan bukan hasil karya anak negeri. bahkan ada juga perusahaan dan industri yang secara mutlak berdiri dan beroperasi di Indonesia. Mungkin dari segi kualitas dan kuantitas hasil produksinya saja jauh lebih baik dari negara maju. disini dijelaskan bahwa yang menjalankan dan pengelolaan industri itu ditangani pihak pribumi. Namun. Sejauh ini pengembangan sektor industri makin marak. produksi otomotif dan elektroniknya mampu menembus pasaran dunia. Dalam perkembangan selanjutnya. Menurut Robert Hutton. Saat ini adalah masa-masa sulit bagi bangsa kita untuk melepaskan dari keterpurukan ekonomi. maka justru akan memperparah situasi ekonomi dan industri dalam negeri. begitu juga Korea dan Cina. Dengan demikian dapat disimpulkan ilmu pengetahuan dan teknologi ialah . tapi mereka telah jauh melangkah mengupayakan terciptanya industri yang fleksibel. Namun. Sehingga negara berkembang pun tidak dengan mudah mengikuti arus global saja.Globalisasi dirasa lebih menguntungkan negara-negara maju. Mereka (investor). berbeda dengan di negara berkembang. Di Indonesia. Jepang misalnya. Sebagai contoh saja. Sehingga. Untuk itulah. kota-kota industri mulai berkembang dan menghasilkan barangbarang produksi yang bermutu. Indomobil. New Armada. Sehingga krisis ini mampu menjadikan ekonomi bangsa tidak stabil. yaitu dalam arti kekurangan biaya pengembangan untuk industri (defisit). seharusnya bangsa ini lebih dalam untuk meningkatkan sumber daya manusianya. Karena di negara-negara majulah berbaai bidang termasuk industri mengalami kemajuan. Mereka berkembang menjadi negara industri. Dalam arti mampu meningkatkan daya saing di pasaran. melainkan modal asing yang ada di Indonesia. Apakah bangsa Indonesia juga telah mempersiapkan dengan matang segala sesuatu yang berkenaan dengan perekonomian bangsa? Bila kita melihat di masa Orde Baru terjadi krisis ekonomi berkepanjangan. ada banyak industri pula di Indonesia yang sebagian sahamnya adalah ahasil investasi asing. Sebenarnya itu adalah masalah yang perlu dibahas dan dicari solusinya. bahkan rentetannya sampai pada krisis multidimesional. itu sebenarnya tuntutan globalisasi itu sendiri. Globalisasi semakin membuka kebebasan negara asing dalam memperluas jangkauan ekonominya di Indonesia. Pada dasarnya perusahaan-perusahaan itu hanya merakit dan kemudian menjualnya ke masyarakat. mengapa bisa demikian? Karena bila melihat dari sudut pandang terhadap keuangan negara atau swasta dalam negeri lemah. ia mengatakan industri adalah bagian terpenting bagi perekonomian di Eropa. mereka mampu berkompetisi dengan baik. Tidak hanya ekonomi yang dibangun dari sektor non industri. hanya akan menuai keuntungan dari modal yang ditanamkan. negara-negara berkembang mulai mengikutsertakan diri dalam aspek tersebut.

1976. Jakarta. Yogyakarta. BPK Gunung Mulia. Industrialisasi dan Perekonomian Indonesia. Soedjono Prawiro. Penerbit CV. Gramedia. Yogyakarta. . Penerbit PT. Yasaguna. Pengembangan Industri di Indonesia. Jakarta. Penerbit Yayasan Kanisius. 1985. Pengertian Industri. DAFTAR PUSTAKA Hendro Pupito.sarana dalam mengembangkan SDM termasuk menumbuhkembangkan industrialisasi dan menjalankan perekonomian bangsa dengan baik. Industri di Indonesia dalam Dinamika Ekonomi 1971 – 1980. Penerbit Dua Dimensi. 1984. DC. Suhendra HS. Soekandar Triatmadja. 1987.

Merujuk kepada definisi kedua.wikipedia. yang menyebabkan berakhirnya era merkantilisme danfeodalisme melalui penerapan teknologi yang tepat guna dalam proses produksi. Sebagai contoh yaitu “industri musik”. sebagai contoh pengguna mesin uap. Akibatnya pengertian industri kemudian bergeser dari pengertian secara umum menjadi pengertian secara khusus. industri (besar) adalah kunci utama produksi di Eropa dan Amerika Utara pada periode Revolusi Industri. “industri mobil”. dan pengembangan produksi skala besar bahan baku baja dan batu bara. Jalur kereta api dan kapal-kapal uap kemudian berkembang untuk mempermudah transportasi barang-barang yang sudah menjadi berlimpah. atau mungkin juga “industri ternak”. Negara-negara industri biasanya mengembangkan ekonomi kapitalisme. Sebagai contohnya adalah industri secara mekanisme kerja pengertiannya berarti mekanikamekanika yang etrjadi pada suatu mesin misalkan mesin bubut atau mesin las. seperti “Apa yang dimaksud dengan msin?” maka jawabannya juga meliputi pengertian industri.org/wiki/Industri . Sumber : http://id. mesin tenun. Industri berkembang pesat seiring dengan perubahan teknologi mesin modern. Kemudian adapun di Indonesia pengertian industri bisa lebih luas lagi jika disangkut pautkan dengan fabrikasi industri diperusahaan.Sejarah Industri Industri secara umum dapat dikatakan sebagai kelompok bisnis tertentu yang memiliki teknik dan metode yang sama dalam menghasilkan laba.

ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi. cari Ekonomi Ekonomi menurut kawasan [tampilkan] Kategori umum Ekonomi mikro · Ekonomi makro Sejarah pemikiran ekonomi Metodologi · Pendekatan heterodoks Bidang dan subbidang Behavioral · Budaya · Evolusi Pertumbuhan · Pengembangan · Sejarah Internasional · Sistem ekonomi Keuangan dan Ekonomi keuangan Masyarakat dan Ekonomi kesejahteraan Kesehatan · Buruh · Manajerial Bisnis Informasi · Informasi · Game theory Organisasi Industri · Hukum Pertanian · Sumber daya alam Lingkungan · Ekologis Kota · Pedesaan · Kawasan Peta ekonomi Teknik Matematika · Ekonometrika Eksperimental · Neraca nasional Daftar Jurnal · Publikasi Kategori · Topik · Ekonom Ideologi ekonomi [tampilkan] Perekonomian: Konsep dan Sejarah Portal Bisnis dan ekonomi Kotak ini: .Industri Dari Wikipedia bahasa Indonesia.

manusia tinggal menetap. Sesudah matapencaharian hidup berpindah-pindah sebagai pemetik hasil bumi. minyak bumi dan gas maju pesat pula. Selanjutnya pertambangan bahan bakar seperti batubara. alat menangkap ikan. yang merupakan basis ekonomi. dimulai dengan penemuan mesin uap yang selanjutnya membuka jalan pada pembuatan dan perdagangan barang secara besar-besaran dan massal pada akhir abad 18 dan awal abad 19. alat bertani. Mulanya timbul pabrik-pabrik tekstil (Lille dan Manchester) dan kereta api. Kedudukan industri semakin jauh dari tanah. Daftar isi [sembunyikan] • • • • • 1 Sejarah 2 Cabang-cabang industri 3 Klasifikasi 4 Referensi 5 Lihat pula [sunting] Sejarah Industri berawal dari pekerjaan tukang atau juru. Kedua hal itu memacu kemajuan teknologi permesinan. pemburu dan nelayan di zaman purba. Maka industri umumnya dikenal sebagai mata rantai selanjutnya dari usaha-usaha mencukupi kebutuhan (ekonomi) yang berhubungan dengan bumi. dan untuk menjaga mutu hasil kerajinan dan pertukangan di Eropa dibentuk berbagai gilda (perhimpunan tukang dan juru sebagai cikal bakal berbagai asosiasi sekarang). alat untuk menambang sesuatu. lalu industri baja (Essen) dan . Dari situ mulailah berkembang kerajinan dan pertukangan yang menghasilkan barang-barang kebutuhan. Pertambangan besi dan baja mengalami kemajuan pesat pada abad pertengahan. yaitu sesudah pertanian. perkebunan dan pertambangan yang berhubungan erat dengan tanah. bahkan alat untuk berperang serta alat-alat rumah tangga. alat berburu. Kebutuhan mereka berkembang misalnya untuk mendapatkan alat pemetik hasil bumi. Para tukang dan juru timbul sebagai sumber alat-alat dan barang-barang yang diperlukan itu.• lihat • bicara • sunting Industri adalah bidang matapencaharian yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja (bahasa Inggris: industrious) dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasilhasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya. berkebun. budaya. Untuk menjadi pengrajin dan tukang yang baik diadakan pola pendidikan magang. membangun rumah dan mengolah tanah dengan bertani dan berkebun serta beternak. dan politik.

optik. pabrik alumunium. Industri kimia dasar: misalnya industri semen. dsb 2. dll 3. minyak dan gas bumi. pabrik mobil (Detroit). Sejak itu gelombang industrialisasi berupa pendirian pabrik-pabrik produksi barang secara massal. kertas. Dari kebutuhan akan pewarnaan dalam pabrik-pabrik tekstil berkembang industri kimia dan farmasi. dll . obat-obatan. Industri kecil: industri roti. dan anyaman Kertas dan barang dari kertas Penerbitan. alat ukur. dan jam Kendaraan bermotor Alat angkutan lainnya Furniture dan industri pengolahan lainnya [sunting] Klasifikasi Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Indonesia No. pemanfaatan tenaga buruh. Terjadilah Revolusi Industri. Industri mesin dan logam dasar: misalnya industri pesawat terbang. pupuk. makanan ringan. industri dibedakan menjadi: 1. dan pengolahan data Mesin listrik lainnya dan perlengkapannya Radio. dan reproduksi Batu bara. Sejak itu timbul berbagai penggolongan ragam industri. [sunting] Cabang-cabang industri Berikut adalah berbagai industri yang ada di Indonesia: • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • Makanan dan minuman Tembakau Tekstil Pakaian jadi Kulit dan barang dari kulit Kayu. akuntansi. dan bahan bakar dari nuklir Kimia dan barang-barang dari bahan kimia Karet dan barang-barang dari plastik Barang galian bukan logam Logam dasar Barang-barang dari logam dan peralatannya Mesin dan perlengkapannya Peralatan kantor. kendaraan bermotor.19/M/I/1986. dan peralatan komunikasi Peralatan kedokteran. tekstil. percetakan. berbenturan dengan upaya tradisional di bidang pertanian (agrikultur). navigasi. es. kompor minyak. televisi. barang dari kayu. minyak goreng curah.galangan kapal. dengan cepat melanda seluruh dunia.

dan lain-lain .4. Aneka industri: industri pakaian. industri makanan dan minuman.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.