KARAKTERISTIK DAN POTENSI BATUAN MENGANDUNG ZEOLIT OI DAERAH BANTENGWARENG, KECAMATAN GEDANGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Selvi Yumlntf"

Zeolit alam merupakan senyawa alumina silikat terhidrasi yang secara fisik dan kimia mempunyai kemampuan antara lain sebagai bahan penyerap (adsorpsi) dan penukar kation (Suhala dan MuhammadAfirin, 1997). Penelitian-penelitian mengenai zeolit telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Misalnya peneitain mengenai karakteristik dan pemanfaatan zeollt Trembono kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Widiasmora et aI., 1999). Batuzealit yang berselang-seling dengan tufa zeolitik, tufa gelas kristal dan tufa gelasan di daerah Trembono kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan penyusun utama bagian bawah formasi KeboButak (Widiasmoro et al., 1999). Batuzeolit tersebut terutama tersusun oleh mineral dan meniraloid yang tediri dari zeolit (85%), plagioklas (10%), dan gelas volkanik (5%). Dari hasil anallsls kimia unsur utama, difraksi sinar X dan Scanning Electron Microscopy, ternyata mineral zeolit (dalam % berat) terdiri dari mordenit (64%),
*

dan klinoptilolit (23%), plagioklas (8%), dan gelas volkanik muncul sebagai kuarsa (5%). Zeolit di Trembono ini merupakan hasil alterasi gelas volkanik dan plagioklas di dalam tufa gelasan dasitik, yang berlangsung di lingkungan laut dalam (Widiasmoro et aI., 1999). Studi tentang zeolit di daerah Trembono menunjukkan bahwa tipe zeolitnya adalah mordenit dan klinoptilotit yang berjumlah 87% (persentase volume), yang terdapat di dalam batuzeolit. Kapasitas pertukaran kation lolos 100 mesh setelah dipanaskan pada suhu 3000 C selama 2 jam adalah 226,30 Na20j100 gr zeolit (Widiasmora et aI., 1999). Jurusan Teknik Geologi FT UGM bekerjasama dengan Dinas Pertambangan Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan pekerjaan pembuatan profil zeolit di desa Sampang, kecamatan Gedangsari, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Widiasmoro dan Djoko Wintolo, 2000). Zeolit di Sampang dijumpai pada laplsan tufa zeolitik yang merupakan penyusun Formasi Semilir dengan arah penyebaran barat laut - tenggara. Tufa zeolitik tersebut

Mahasiswa Teknik Geologi UGM

40 Jurnal Solntifiko Gadjah Mada, Vol. 2, No.1, Juni 2005

Karakteristik dan Potensi Batuan Mengandung Zeolit 41 di Daerah Bantengwareng.68%) (Widiasmoro dan Djoko Wintolo. dan hematit (5.56%). Satuan perbukitan vulkanis Satuan ini memiliki pelamparan yang luas dan menempati Selatan daerah penitian dengan relief 5°_13° serta beda tinggi !I II II 'j j :i 175 m.. 2000). Geologi daerah Bantengwareng dan sekitamya kecamatan Gedangsari.21%). Penelitian iru bertujuan mengetahui karakteristik dan potensi batuan yang mengandung zeolit ini untuk kemudian dimanfaatkan sesuai spesifikasi. propinsi Derah Istimewa Jagjakarta serta karakteristik. Zeolit yang terdapat di daerah Trembono digunakan sebagai penjernih minyak kelapa sawit dengan kualitas mencapai tingkat kejernihan yang setara dengan minyak Bimoli biasa (Widiasmoro et aI.. Sedangkan zeolit di daerah Sampang dapat digunakan untuk pupuk kandang dan tepung tufa zeolitik (Widiasmoro dan Djoko Wintolo. plagioklas (23. klorit (24.. Sistematika Penelitian Tahapan Penelitain Pengumpulan dan analisa data . sekunder Tahap integrasi hasil analisa data primer dan sekunder .terutama tersusun oleh mineral zeolit (klinoptilotit: 22. kabupaten Gunungkidul.11%).. patensi dan genesa batuan yang mengandung zeolit Pengumpulan dan ana lisa data primer • Pemetaan geolagi (skala 1:2500) • Pemetaan tapografi dan geolagi (skala 1:500) • Pembuatan pen ampang stratigrafi (skala 1:100) • Pengukuran kekerasan (skala Mah's) • Berat jenis dan serapan air • luas pennukaan spesifik • Petrograft • KPK • KPK • SEM • XRD 1 t1 I) • Kimia Unsur _- :I 'I II Hasil dan Pembahasan Geomorfologi Suatu geomorfologi daerah penelitain didasarkan pada kenampakan bentang alam di lapangan.96%). . kuarsa (20. sehingga dapat dikelompokkan menjadi 2 satuan geomorfologi. yaitu: 1. 2000). Kabupaten Gonunqkidul . 1999). Kecamatan Gedangsari.

Bda tinggi satuan ini sekitar 25 m. Kenampakan lapangan satuan ini berupa perselang-selingan antara batupasir volkanik dan batunalau denqan kemiringan perlapisan relatif ke tenggara. Stratigrafi 1. berupa lempung dengan sedikit kandungan lempung dan lempung hitam. 2. sebagian kalau diusap seperti berlemak. No. menyerap air. Dari sifat megaskopis tersebut. Dari data regional Bayat diketahui bahwa Formasi KeboButak kaya akan lapisan-Iapisan tufa gelasan berwarna hijau.4°. sebagian kalau diusap seperti berlemak.2. 42 Jurnal Saintifika Godjah Modo. Kenampakan megaskopis lempung pasiran di lapangan berupa lempung yang berwarna krem dan bersifat pasiran. Sedangkan batunalau tufan berwarna abu-abu krem sampai putih keabuan. Satuan batupasir volkanik-batulanau Satuan ini menempati bagian selatan sampai tengah daerah penelitian. dan di daerah penelitian satuan ini didominasi oleh pengselangselingan antara batupasir volkanik dan batulanau tufan yang mempunyai ciri warna abu-abukrem kehijauan maka datuan ini dimasukkan debagai penyusun Formasi Kebo Butak (Widiasmoro dan Djoko Wintolo. Satuan ini diendapkan tidak selaras di atas satuan batupasir volkanik . Secara stratigrafi batuan yang mengandung zeolit di daerah Bantengwareng berumur lebih tua dari batuzeolit daerah Termbono. Juni 2005 .batulanau dan merupakan satuan yang temuda di daerah penelitian. diduga bahwa batupasir volkanik maupun batulanau mengandung zeolit. Peta geologi skala 1: 25000 Secara stratigrafi daerah penelitian dibagi atas dua satuan. pecahan konkoidal. Satuan dataran aluvial Satuan ini menempati bagian utara daerah penelitian yang memiliki relief sangat rendah atau hampir datar. yaitu batupasir volkanik-batulanau dan satuan lempung pasiran-Iempung hitam. Secara megaskopis batupasir volkanik berwarna abu-abu jika segar dan krem kehijauan jika sudah terubah. 2. Satuan lernpunq paslran-lernpung hitam Satuan ini tersebar pada bagian Selatan daerah penelitian. Satuan ini berupa dataran dengan relief 0° .pasir halus.1. Vol. berukuran butir lanau. 1. 2000). Satuan ini menempati satuan bentang alam dataran aluvial. berukuran butir pasir kasar . sengakan lempung hitam berwarna hitam dan banyak dijumpai pada areal persawahan. me- nyerap air.

2. kuarsa. berukuran butir pasir sedang lempung. dengan tekstur klastik. 43 Karakteristik dan Potensi Batuan Mengandung Zeolit di Daerah Bantengwareng. Kecamatan Gedangsari. Peta geologi skala 1 :500 Secara stratigrafi daerah pemetaan geologi detil dibagi atas dua satuan. Misalnya pada contoh batuan (DT-BWBYT0402Ta) memperlihatkan batuan tersusun oleh mineral terdiri dari zeolit (40. Perbandingan pengamatan megaskopis dan hasil uji kekerasan dapat dllihat pada TabeI3. Satuantufa kasar-halus zeolitik Stru ktu r geolog i Struktur geologi yang dijumpai di daerah penelitian berupa sayap lipatan yang ditunjukkan oleh arah jurus dan kemiringan batuan ke arah tenggara. Tabel 1. Satuan tufa halus zeolitik Kenampakan lapangan satuan ini berupa tufa kasar zeolitik. Kabupaten Gunungkidul . Kenampakan lapangan datuan ini berupa perselang-selingan antara tufa kasar zeolitik (berukuran pasir) yang berselingan dengan tufa halus zeolitik (berukuran lempung-Ianau) dan dengan kemiringan perlapisan relatif ke tetangga. kuarsa (1.5 3 2. Batuan yang mengandung zeolit DT-BWBYT-0402Ta (tufa halus zeolitik) DT-BWBYT-0401Atb (tufa halus-kasar zeolitik) DT-BWBYT-0401Aa (tufa halus zeolitik) Warna Putih krem Putih kehijauan Putih Krem Ukuran butir Lanau-Iempung Pasir sedang-Ianau Lanau-Iempung Kekerasan (Skala Mohs) 2. dan kalau diusap seperti berlemak.2%). Kecamatan Gedangsari. Secara umum batuan yang mengandung zeolit di daerah Bantengwareng.S HasH pengamatan petrografi memperlihatkan umumnya batuan yang mengandung zeolit mempunyai komposisi seperti zeolit.1. mineral lempung.9%). kabupaten Gunungkidul berwarna putih krem sampai krem kehijauan. yaitu satuan tufa kasar-haluszeolitik dan satuan tufa kasar zeolitik. Pengamatan megaskopis dan uji kekerasan pada contoh batuan yang megandung zeolit asal Daerah Bantengwareng. pecahan konkoidal subkonkoidal. kecamatan Gedangsari. feldspar dan gelas volkanik. 2. Kabupaten Gunungkidul. Karakteristik dung zeolit batuan mengan. 1.

Tabel 2 Hasil anal isis kimia unsur utama batuan yang mengandung Bantengwareng. dengan tambahan mineral lain berupa feldspar dan kuarsa.1.2%). mineral lempung (13. dan (DTBWBYT-0401Aa)dapat dilihat pada Tabel2. dan gelas volkanik (48. mineral opak (3. Pada cotoh batuan (DTBWBYT-0401Atb) memperlihatkan batuan tersusun oleh mineral terdiri dari zeolit (30. mineral lempung (25.5%).5%). Sedangkan dari sayatan petografi pada contoh batuan (DT-8WBYT-0401Aa)memperlihatkan batuan tersusun oleh mineral terdiri dari zeolit (20. dan gelas volkanik (43.9%). Juni 2005 . mineral lempung (10.9%).2%).8%).6%).6%). (DTBW8YT-0401Atb). kuarsa (3. 2. mineral opak (0. Hasll analisis SEM pada conto baguan dengan kode DT-BWBYT0402Ta dengan perbesaran 500X memperlihatkan morfologi yang mencirikan kehadiran gelas volkanik yang sebagian teralterasi menjadi mineral zeolit dan pada perbesaran 1500X memperlihatkan morfologi yang· mengindikasikan kehadiran mioneral modernit yang 44 Jurnal Sointifiko Gadjah Modo.7%). Unsur uta rna Batuan yang mengandung zeolit DT-8WBYT-0402Ta (% DT-BWBYT-0401Atb (% zeolit asal Daerah DT-BWBYf-0401Aa Keterangan : Fe203 rnerupakan Fe total Hasll analisis X-Ray Diffraction pada conto batuan dengan kode DT-BWBYT-0402Ta DTBWBYT-0401ATb dan DT-BWBYT0402Aa menunjukkan hadirnya minerai zeolit berupa modemit dan klinopolit.8%).3%). Kecarnatan Gedangdari.2%). No.mineral opak (0. Kabupaten Gunungkidul. Vol. Hasil analisis kimia unsur utama (dalam % berat) pada conth batuan (DT-BWBy}-0402Ta). kuarsa (0. dan gelas volkanik (52. serta mineral lempung berupa momtmorilonit.

terlihat berbentuk tingkat dan klinopolit yang berbentuk tabular. Tabel 3. dan pada perbesaran 8000X memperlihatkan morfologi yang mengindikasikan kehadiran mineral berupa modernit yang terlihat berbentuk tong kat atau jarum dan mineral lempung berupa montmorilonit yang terlihat berstruktur seperti sarang lebah (Iampiran). Kecamatan Gedangsari. Karakteristik dan Potensi Batuan Mengandung Zeolit dl Daerah Bantengwareng.Na20/100gr sampel) pada ukuran butir -325 mesh 139. Kecamatan Gedangsari. Sedangkan hasil analiis SEM pada conto batuan dengan kode DT-BWSYT0401Aa dengan perbesaran 500X memperlihatkan morfologi yang mencirikan kehadiran gelas volkanik yang teralterasi menjadi mineral zeolit dan mineral lernpung. Dari hasil pengukuran KPK (Kapasitas Pertukaran Kation) pada butiran berukuran 100 mesh dalam keadaan normal dan conto batuan mendapat aktifasi termal sebesar 300 °C selama 2 jam seperti dapat dilihat pada Tabel 3. dan pada perbesaran lOOOXmemperlihatkan morfologi yang terlihat berbentuk tong kat dan mineral lempung berupa montmorilonit yang terlihat berstruktur seperti sarang Iebah (Iampiran). Kabupaten Gunungkidul 45 . Keca matan Gedangsari.88 84.86 78. Kabupaten Gunung Kidul.27 DT-BWBYT-0402Ta DT·BWBYT -0401Atb DT-BWBYT-0401Atb Hasil pengukuran serapan air dan Serat Jenis (BJ) pada conto batuan yang menqanduoq zeolit asal Daerah Santengwareng. Hasil analisis SEM pada conto batuan dengan kode DT-BWBYT0401Atb dengan perbesaran 500X memperlihatkan morfologi yang mencirikan kehadiran gelas volkanik yang teralterasi menjadi mineral zaolit dan mineral lempung. Kabupaten Gunung Kidul menunjukkan nilai BJ berkisar? dan sifat serapan air berkisar % (Tabel 5). Batuan yang mengandung zeolit (kode conto batuan) Nilai KPK (Kapasitas Pertukaran Kation) (mgr.eq. Hasil pengukuran KPK(Kapasitas Pertukaran Kation) pada ukuran butir 325 mesh pada canto batuan yang mengandung zeolit asal Daerah Bantengwareng.

682 m3 + 9530.Volume total sumber daya = 14460.682 m x 2.1.74 1.066 m3 x = 25541. Volume sumber daya alam dalam rrr': .057 ton.54 Potensi dan Batuan Mengandung Zeolit Setelah melihat hasil analisisanalisis yang dilakukan.53 (mgr.NazO/100gr) dan kandungan zeolit sebesar 26/83% dan kelas III yaitu perlapisan Aa yang mempunyai nilai KPK sebesar 76.75 (mgr. maka pada daerah penelitian dibagi kelas batuan yang mengandung zeolit berdasarkan nilai kapasitas pertukaran kation yang dipunyainya dan kandungan zeolitnya (% berat). No.066 rrr' atau sama dengan 64296. Hasil pengukuran Berat Jenis (BJ) dan serapan air pada conto batuan yang mengandung zeolit asal Daerah Bantengwareng. Kecamatan Gedangsari.92%. 46 Jurnal Scintifiko Godjoh Mado.682 m3 . 2. Juni 2005 . Kelas I yaitu pelapisan Ta yang mempunyai nilai KPK ·sebesar 136.63 ton. lumlah cadangan terukur Untuk menghitung cadangan terukur.eq.48%.68 tonI m3 = 3874. .384 m3 atau = 9380.68 ton/ m3 64296.384 m3 23991. .68 = ton.NazO/100gr) dan kandungan zeolit sebesar 34.62 1.80 (mgr. Kabupaten Gunung Kidul.057 ton. bantuan program Surfer Versi 7 kemudian digunakan untuk menghitung sumberdaya batuan yang mengandung zeolit. kelas II yaitu perlapisan Atb yang mempunyai nilai KPK sebesar 85.61 Serapan Air 17.eq. dibuat peta topografi skala 1:500 dnegan metode kompas dan langkah. Vol.27 12.384 m3 x 2.Tabel 4.Volume satuan tufa kasar zeolitik 9530.NazO/100gr) dan kandungan zeolit sebesar 19.92 17.066 m3 atau 23991.4294 tonI m3 = = = 2.eq.Volume satuan tufa kasar-halus zeolitik = 14460. Peta topografi ini dengan Dengan demikian jumlah sumberya batuan yang mengandung zeolit pada satuan tufa haluskasar zeolitik dan satuan tufa halus zeolitik adalah 23991. yang akan menghasilkan polygon tertutup dengan beberapa titik ikat. 3 atau = 14460. Batuan yang mengandung zeolit (kode conto batuan) DT-SWBYT -0402Ta DT-SWBYT -0401Atb DT-BWBYT-0401Atb Berat Jenis 1.

Uraian Jenis zeollt Ukuran butir Pengaktifan Kekerasan 5pesifikasi modern it (50-55% dalam zeolit) -3 +B Mesh Pemanasan pada suhu 500-600 °C Tlncal Tabel 7.Pemanfaatan Penggunaan zealit paa umumnya didasarkan pada sifatsifat kimia dan fisika zealit. seperti penjerap. Spesifikasi zeolit sebagai bahan pemurni oksigen (5uhala dan Muhammad Arifin. Analisis Kimia 5i02 Ti02 Ab01 Fe)Ol M~O Spesifikasi cao Na20 6450 0.13 1. penukar katton dan katalis (Suhala dan Muhammad Arifinm 1997). 5pesifikasi zeolit sebagai bahan pemurni oksigen (Suhala dan rwluhammad Arifin.21 4. Berikut ini spesifikasi zealit di berbagai bidang: Tabel 5. 1997).22 Tabel 6. Kecamoton Gedcnqsori.32 1195 045 0. Kobupaten Gunungkidul 47 . 1997). 5pesifikasi zeolit sebagai imbuh makanan ternak (Suhala dan Muhammad Arifin. Jenis Limbah Limbah radioaktif Jenis radioaktif Bahan yang diserap Ukuran butir Spesifikasi Klinoptiolit Cesium dan strontium 20-50 mesh Klinoptiolit NH4 (ammonium) 20-50 mesh Klinoptiolit NH4(ammonium) 100 mesh Limbah Rumah Tangga Jenis zeolit Bahan yang diserap Ukuran butir dan logam berat Limbah Peternakan Jenis zeolit Bahan yang diserap Ukuran butir Korakteristik don Potensi Batuan Mengandung Zeolit di Daeroh Bontengworeng. 1997).

680-700 h.17. Agus H. Introduction to X-Ray Diffraction Diffractomery.50 .W. sedangkan yang sudah diaktifasi termal sebesar 143.. Soejono. R. dan Chinner G.27 (meqj100g).. bahan pemurnian oksigen dan bahan pengontrol polusi. Karangsambung Areas in Central Java: A Comparative Review. dan gelas volkanik. Juni 2005 .. Kecamatan Gedangsari. Kabupaten Gunung Kidul mengambil kesimpulan sebagai bahan berikut: . dan berat jenis sebesar 1. Petrology For students. makalah disampaikan pada Seminar dan Pembentukan III Cabang Yogyakarta dan Sekitarnya di Yogyakarta. 1999.78.1. Vol.61 . kuarsa. Proceeding: The 31st Annual Convention of Indonesian Association of Geoloqlsts. Cambrige University Press. London.Makalah lkatan Ahli Geologi Indonesia.Dari karakteristik batuan yang mengandung zeolit di daerah Bantengwareng ini kemudian dibandingkan dengan spesifikasi pemanfaatan. Hidartan dan Handayana. 1994. M. Pemetaan Geomorfolagi Sistimatis Untuk Studi Geologl .066 m3 atau sarna dengan 64296/057 ton dan statusnya sebagai sumberdaya mineral terukur.5-3 (skala Mohs). Volume II.74% grjcmJ• Kapasitas Pertukaran Kation dari batuan yang mengandung zeolit dalam keadaan normal sebesar 139.Batuan yang mengandung zeolit ini termasuk . Pertemuan I1miah Tahunan ke 23 Yogyakarta. Kesimpulan Penelitian mengenai karakteristik dan potensi batuan yang mengandung zeolit di Daerah Bantengwareng. Japan. Aplikasi Zeolit di Bidang Pertanian dan Peternakan.A..R. Shimadzu Corporation.sebagai litologi penyusun Formasi Kebo-Butak.92 . 1 l 48 Jurnal Sointifiko Gadjah Modo. Prasetvadl.06 (Meqj100g). Mineral lain yang terkandung berupa feldspar. Harsolumakso. Kyoto. 20 h.O'B.. No. Nocklods. 435 h. 2002. 1978. serapan air 12..1. Mineral zeolit yang dikandungnya berupa modernit dan klinopolit serta mineral lempung berupa montmorilonit yang keduanya merupakan hasil alterasi dari gelas volkanik. Konox.82. Scientific Instrument Plant. 2. 8enyamin Sapiie.Total jumlah sumberdaya batuan yang mengandung zeolit adalah 23991.54%. dan Jatmika Setiawan.88 . .S. A. maka batuan yang mengandung zeolit ini dapat dimanfaatkan sebagai imbuh makanan ternak. Referensi C. Sedangkan karakteristik fisik yang lin dari batuan tersebut berupa kekerasan berkisar 2. Tectonic Significance of PreTertiary of Jiwo Hilt 8ayat dan Luk Ulo.

Bayat Area (Klaten . Pambudi... Soeroso Notohadlprawlro" Bayak Klaten. S. 1999. Pekerjaan Pembuatan Profil Zeolit di Desa Sampang. Tekn%gi Beton. Peringatan 10 Tahun Kampus Lapangan Geologi "Prof. Bandung. H. R. 21 h. FT. dan D. dan M. Departemen Pertambangan dan Energi. Martinus Nijhoff. Proceeding Geologi dan Geoteknik P. Skala 1:100. 1949. Sutikno Bronto.000. Jawa.. W Rahardjo. 131 hal. Widiasmoro dan Djoko Wintolo. Proceeding: 2000. B. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral. Yogyakarta.C. Gendut Hartono. Volume II. 2002. R. dan Arifin M. Van Bemrnelen. Geo- /ogi Daerah Pegunungan selatan: Suatu Kontribus~ dalam Sriyono. 5. R. (penyunting). Toha.ketaosten Gunungkidul. K. Daerah /stimewa Yogyakarta Sebagai Bahan Baku Penjernih Minyak Kelapa Sawit. 1996. Sumardi. Geo- 1991.9S-12l. Sejak Akhir Mesozoik Hingga Kuarter. diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Geologi. dan Priadi B. Toha. UGM/ Yogyakata.. Surono.. Pusat Pengembangan Geologi. Kabupaten Gunungkidul 49 . Heru Hendrayana. Makalah Untuk Seminar Zeolit di Yogyakarta. dan Suhadijono. The Genesis atan Zeo/it Trembono Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul. Maury.. Pemanfa- logi Lembar Surakarta-Giritomo. 19n.. 59 h. YogyakartaGeologi Ff Karakteristik dan Potensi Batuan Mengandung Zeal it di Daerah Bantengwareng. The 31st Annual Convention of Indonesian Association of Geologists. H. 17 h. research and development Center For Geotechnology LIPI Yogyakarta. Bahan Galian 1ndustri. dan Staff Jurusan Teknik Geologi Ff UGM. Penerbit Nafiri. The Proceeding of the Solver Jubillee Symposium On the Dynamic of Subduction and Its Products. Dinas Pertambangan Daerah Istimewa Jurusan Teknik UGM. Bellon. Suhala.. dalam Suhala. dan Wiryosujono.. 1994.Central Java). Kecamatan Gedangsari. Sudarno. B. 1992. 5. 1997. 732 h. Netherlands. dan Sugehg Wiyono (editor).W.Soeria-Atmadha. Widiasmoro. Jawa. The Geology of Indonesia.. R.. Volcanic Sandstone Associated with Basaltic Pillow Lavas : A Case Study at the Jiwo Hills. 16 Oktober 1999. h. The Tertiary Magmatic Belts in Java. Arifin. Vol lA. Daerah Istimewa Yogyakarta Sebagai Bahan Penjernih Minyak Ke/apa Sawit. The Haque. Tjokrodimuljo. M. 788805 h. . Direktorat Jendral Geologi dan Sumberdaya Mineral. Zeolit.. Pringgopawiro. P.. Purwanto. Polve. Bandung 366 h. .

/ 1982.H. Turner/ F. I. Batuseolit dan Tufa Zeolitik Merupakan Tipe Bahan Galian Industri Masa Depan. Juni 2005 . No. Williams.Widiasmoro/ 2000. Vol.. Freeman dan Company. New York. dan Geilbert. H. disampaikan dalam pidato pengukuhan pada jabatan Lektor Kepala Madya dalam Ilmu Petrologi di FakultasTeknik UGM. 5_0 Jurnol Scintlfikc Gadjah Moda. 626 hal. C. Petrography An Introduction to The Study of Rocks in Thin sectioas. 11 h. W.J.M. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful