Buku Ajar Teknik Transpot Sampah

1

5
PEMINDAHAN SAMPAH

Tempat Pemindahan Sampah umum dikenal sebagai Tempat Pembuangan Semenstara [TPS] atau Depo sampah.

Tempat Pemindahan sampah adalah tempat berlangsungnya kegiatan :   pembongkaran sampah dari gerobak sampah sebagai peralatan pengumpul sampah tempat pengisian peralatan pengangkut sampah yang volume lebih besar.

LATAR BELAKANG PEMINDAH SAMPAH Lokasi pemindahan sampah diperlukan dengan beberapa latar belakang diantaranya :

Mencegah pembuangan ilegal. Pembuangan sampah ilegal atau pada lahan terbuka terjadi karena jarak yang jauh, antara area/daerah timbulan sampah dengan Tempat Pembuangan Akhir. Dengan TPA yang jauh dan pelayanan pengumpulan yang kurang memadai, masyarakat penghasil sampah cenderung membuang sampah di lahan terbuka. Hal ini sangat dihindarkan, karena pembungan sampah pada lahan terbuka akan dapat mencemari lingkungan sekitar dan mengganggu kesehatan lingkungan.

Taty Alfiah - SemiQUE IV Teknik Lingkungan ITATS 2003

Buku Ajar Teknik Transpot Sampah Keterbatasan Peralatan Transport

2

Keterbatasan peralatan pengumpul dan kendaraan pengangkut sering menjadi kendala tercapainya sasaran transport sampah. Volume atau kapasitas peralatan pengumpul yang relatif lebih kecil dan jumlah terbatas, sedangkan daerah pelayanan cukup luas. Sehingga lebih efisien bila sampah yang dikumpulkan dibongkar pada suatu tempat dan kendaraan pengangkut menjemput sampat ditempat tersebut.

Jumlah kendaraan pengangkut yang terbatas juga manjadi kendala. Lebih efisien kendaraan pengumpul sampah menjemput sampah di suatu temapat, bila dibandingkan dengan kendaraan penganggkut sampah mendatangi satu per satu bangunan pengahsil sampah. Hal ini juga berkaitan dengan biaya yang dihabiskan untuk pengangkutan sampah. Semakin tinggi frekuensi kegiatan pengangkutan sampah, semakin besar biaya dan waktu yang dihabiskan.

Volume Sampah Kecil. Dalam suatu daerah pelayanan pengumpulan sampah, kadang-kadang terdapat wilayah dengan kepadatan yang rendah. Dengan kepadatan rendah dan kuantitas sampah yang kecil, tentunya tidak efisien bila harus dilayani setiap hari. Oleh karena itu sampah yang telah dikumpulkan perlu “dikumpulkan” di suatu tempat. Setelah kuntitasnya cukup, kendaraan pengangkut menjemput sampah tersebut. Sehingga efektifitas dapat dicapai.

PERTIMBANGAN TEMPAT PEMINDAHAN SAMPAH

Lokasi Lokasi Pemindah sebaiknya sedekat mungkin dengan daerah timbulan sampah. Lokasi Pemindah sampah lebih baik berada ditengah dari daerah yang dilayani. Sehingga dapat dicapai dalam jarak yang sama dari sekitarnya oleh peralatan pengumpul sampah atau gerobak sampah.

Taty Alfiah - SemiQUE IV Teknik Lingkungan ITATS 2003

Buku Ajar Teknik Transpot Sampah Kapasitas Pemindah Sampah

3

Kapasitas lokasi pemindah disesuaikan dengan luas lahan tersedia, dengan mempertimbangkan banyaknya sampah yang ditampung. Kapasitas lokasi pemindah perlu memperhatikan pula banyaknya gerobak dan truk yang masuk. Sebaiknya dihindarkan terjadinya antrian kendaraan pengangkut atau truk untuk memasuki TPS dalam rangka mengambil sampah yang telah terkumpul di TPS. . Akan lebih baik lagi bila diatur suatu jadwal, kapan gerobak sampah menyetor sampah ke TPS dan kapan truk pengakut sampah datang mengambil sampah. Gerobak sampah seharusnya datang terlebih dahulu, sehingga truk pengangkut sampah tidak perlu membuang waktu menunggu gerobak sampah. Perlu pula dihindarkan gerobak sampah membongkar sampah di TPS setelah jadwal kedatangan truk sampah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya tumpukan sampah di TPS dan membuat TPS tidak higienis

Konstruksi Pemindah Sampah

Konstruksi bangunan pemindah sampah diupayakan seekonomis mungkin. Lokasi pemindah dapat berupa lahan terbuka, lahan dilengkapi dinding pembatas, bak sampah besar dari pasangan bata, ataupun berupa kontainer. Lokasi pemindah sampah perlu dilengkapi pelindung/pagar untuk mencegah kertas/plastik yang terbang saat angin bertiup.

Pencatatan

Sebaiknya pada lokasi pemindah terdapat kantor untuk kegiatan pencatatan volume sampah beserta alat angkut yang masuk lokasi pemindah. Data ini dapat digunakan untuk memprediksi volume timbulan sampah dari area pelayanan, sehingga dapat digunakan dasar dalam perencanaan pengelolaan sampah. Misalnya memprediksi penambahan kebutuhan gerobak sampah di masa mendatang.

Taty Alfiah - SemiQUE IV Teknik Lingkungan ITATS 2003

Buku Ajar Teknik Transpot Sampah Akses

4

Lokasi pemindah sampah sebaiknya terhubung dengan jalan utama, sehingga dapat dengan mudah dicapai oleh truk pengangkut sampah.

Ruang kosong Ruang kosong ini diperlukan untuk manuver truk sampah agar memudahkan pengisian sampah ke dalam truk sampah.

Tanggapan Masyarakat Penempatan pemindah sampah sebaiknya pada lokasi yang kurang atau tidak mendapat keberatan, penolakan, protes dari masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Fasilitas Penunjang Pada lokasi pemindah sampah perlu juga disediakan sarana untuk tempat berlangsungnya kegiatan daur ulang sampah yang masih bisa dimanfaatkan maupun pengomposan sampah. Dengan demikian akan mereduksi kuantitas sampah yang harus diangkut truk pengangkut sampah ke TPA.

Taty Alfiah - SemiQUE IV Teknik Lingkungan ITATS 2003