Kali ini saya mau menjelaskan kepada teman-teman yang ingin mengetahui apa itu vocal dan

bagaimana cara melatih suara yang benar. Semua disini meliput dasar-dasarnya suara serta apa aja yang dinilai dari suara seorang penyanyi. Cerita ini saya kutip dari pelajaran yang pernah saya dapatkan dan juga berdasarkan pendapat dari para musisi yang berpengalaman. Untuk menyajikan suara yang indah dalam bernyanyi, sebelumnya kita harus tahu beberapa tahapan yang harus dilatih, dibina, dan diasah secara teratur serta memerlukan disiplin yang tinggi, yaitu : A. PERNAPASAN B. MEMBENTUK SUARA C. RESONANSI ( Menggemakan suara ) D. VOCAL & KONSONAN E. INTONASI ( Menyanyikan nada dengan tepat ) F. ARTIKULASI ( Pengucapan yang benar & Jelas ) G. FRASERING ( Menyanyikan kalimat dengan utuh ) H. INTERPRETASI & EKSPRESI ( Memahami & Menjiwai nyanyian ) Tahapan yang diatas akan tersaji dalan satu kegiatan yaitu PENAMPILAN atau PEMENTASAN. PERNAPASAN Ini adalah bagian utama dan terpenting dalam sebuah latihan vocal. Kalian tahu kenapa..? Karena nafas adalah penggerak utama dari suara. Kuatnya nafas dapat menimbulkan dan menciptakan getaran sebagai sumber dari pada “ Bunyi “. Dan nafas juga sebagai Vitamin yang paling ampuh untuk menyehatkan suara. Makanya pernafasan harus dilatih dengan baik dan teliti. Dalam bernyanyi, kita mengenal 3 ( tiga ) jenis pernafasan. Masing – masing mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri. 1. Pernafasan Bahu Yaitu pada saat mengambil / menarik nafas, dilakukan dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini tidak begitu baik, karena nafas yang dihasilkan dangkal dan mengakibatkan kalimat jadi terputus-putus. 2. Pernafasan Dada Yaitu dengan membusungkan dada pada saat menarik nafas untuk mengisi paru-paru. Cara seperti ini juga tidak begitu baik, karena jadi terkesan cepat lelah dan akibatnya suara jadi tidak stabil dan terputus-putus. 3. Pernapasan Diafragma Lazim kita sebut dengan pernafasan rongga perut. Yaitu menarik / mengambil nafas untuk mengisi paru-paru dengan mengembangkan rongga perut atau diafragma, serta mengembangkan tulang rusuk. Cara inilah yang terbaik yang dilakukan untuk bernyanyi, karena akan menghasilkan nafas yang panjang, ringan, santai dan produksi suara lebih bermutu. Dengan pernafasan diafargma penyanyi dapat leluasa dalam berekspresi karena tidak ada tekanan dan desakan dalam pernafasan.

Selain itu juga dapat merubah kebiasaan bernafas yang dilakukan dengan mengangkat bahu atau membusungkan dada. sambil meletakkan ujung jempol jari di ujung tulang rusuk terbawah. Ada juga cara buat nguatin otot perut yaitu dengan tertawa terbahak bahak . Ini akan membuat otot-otot perut kamu menjadi semakin kokoh dan kuat. seperti kita nyium aroma yang . kemudian nafas tadi dikeluarkan dalam bentuk senandung vocal “a” atau konsonan “s” ataupun dengan hitungan. Jika telah terasa penuh. Lakukan minimal 20x setiap hari atau setiap ada kesempatan buat latihan. Namun jika pada saat bernyanyi atau ditengah lagu sebaiknya dilakukan dengan singkat atau dengan mendengkus. dan rasakan bahwa jempol kamu tadi terdorong kesebelah luar. Tapi klo latihan ini harus dilakukan dengan sangat hati hati. Yang jelas bukan dengan cara mendorong. Gini aja. keluarkan lagi seperti yang “a” tadi dan lakukan minimal 20x sehari ato tambahan kapan aja kamu punya waktu buat latihan. badan lurus.GIMANA CARNYA MELATIH PERNAFASAN DALAM BERNYANYI? Cape’ neh ngetiknya. Tariklah nafas melalui hidung dengan cara perlahan atau dengan cepat. khususnya melatih “DIAFRAGMA” penyanyi. tapi mengeluarkan nafas sehemat mungkin. sebagai reaksi dari melonggarnya tulang iga. Jika telah terasa penuh. Dengan berdiri santai. Latihan ini bisa membuat otot perut menjadi kokoh serta kita pun jadi santai untuk mengucapkan kalimat. Letakkan beberapabenda seperti buku diatas perut sebagai beban dan tariklah nafasseperti bagian “a” diatas serta rasakan bahwa beban diatas perut terangkat keatas. ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih pernafasan ini. antara lain: a. Dengan posisi tidur terlentang lurus dan kedua tangan diletakkan sejajar dengan tubuh. juga rasakan tulang rusuk ikut mendorongnya.. b. karena nanti bisa dibilang orang gila (hehehe) Pengambilan nafas pada saat memulai lagu atau awal kalimat lagu dapat dilakukan dengan menarik nafas melalui hidung dengan santai. sampai terasa klo perut tergoncang goncang.

Dengan demikian kalimat yang kita ucapkan /nyanyikan kedengaran indah dan bermutu..harum atau aroma makanan ( Hmmm Jadi laper neh. kita hanya mengembangkan pernafasan “alami” yang kita miliki. . akan tetapi jika pernafasan alami “naik turunnya sama” sedangkan penyanyian itu “ menariknafas dengan cepat dan mengeluarkannya dengan sehemat mungkin” karena tujuan utama kita adalah menyelesaikan satu kalimat dalam satu tarikan nafas. ). tidak tersendat-sendat. Pada pernafasan yang demikian.

.ss. ternyata kita lebih banyak ambil napas dengan diafraghma lhoow). dia akan mengambil napas dengan paru2) b. (latihan ini capek banget lho.. bisa dengan saat buang itu dengan cara ber desis. untuk nambah power. a. (putus-putus) jadi kayak mompa isi udara keluar.. bahu jangan sampai terangkat saat ambil napas. kalau terangkat berarti kau bernapas dengan paru2. ketika ambil napas. Jangan tegang. kita harus mengerti apa yang dihindari saat mengambil napas. (contoh.ss.Melatih Pernafasan Diafragma Target dari latihan ini adalah : bagaimana kita melatih diafraghma itu bekerja secara otomatis pada saat kita nyanyi.ss.. ketika kita tidur. harus relaks sekarang kalau sudah bisa mengetahui letak diapraghm dan tau bagaimana sistem napasnya. ketika orang sedang ambil napas mendadak karena kaget. disini akan keliatan bahwa perut (diafraghma kita) bergerak. dan . maka daerah diafraghma itu membesar ke samping dan depan belakang (coba check dengan memegang daerah diafraghma dengan tanganmu dan rasakan gerakannya saat ambil napas) tahap 2: ambil napas pelan2.s.. (btw. ketika diafraghma dah penuh.. buang pelan-pelan. dan cara melatihnya sangat simpel.. kau bisa lakukan ini: tahap 1: coba untuk merelaksasikan seluruh badan dan fokus bernapas dengan diafraghma..

dan saat menghembuskannya kita bener2 keluarin sampe habis. JAga power dan jaga kapasitas volume udara yang ada di diafraghma dengan not2 yang dinyanyikan..kalau serius menghasilkan keringat yang banyak) oia. . Cukup do-re-mi-fa-sol-fa-mi-re-do. coba dengan mengaplikasikan pada lagu pelan (lagu2 madrigal/ renaissance sangat bagusss sekali untuk ini). kita lakukan secara maksimal (sampai diafragma penuh udara. kalau bisa. berapa menit kamu bisa bertahan saat mengembuskan napasmu???? hehehe tahap 3: untuk langsung mempraktekkan cara napas kita dengan aplikasi menyanyi.. latihan seperti ini akan membuat kita secara otomatis mengaktifkan otot2 diafraghma kita saat nyanyi.dan harus setiap hari dilakukan.. catt: pada saat membuang napas (saat menyanyikannya) kita harus bisa memanage dengan baik........ :) . tapi harus tetap konsisten dan konsentrasi dengan diafraghma. (dengan lafal A atau I). Kalau bisa dihitung juga. so kalau mau menyanyi dengan benar harus memulai dengan pernapasan terlebih dahulu.. :) happy practicing. jadi ketika saat membuang napas bisa nyanyikan tangga nada.. dengan begitu nanti kita akan terlatih untuk bisa menyimpan udara yang banyak dan punya napas panjaang saat bernyanyi. habiss. breathing is a basic of singing.) tahap 4: lakukan teknik napas ini berulang kali. tapi suaranya mesti stabil. harus tetap RELAKS. ingat. lanjut lagi.. saat mengambil napas. Pelan-pelan aja.. habiss. itu juga bagus untuk kontrol suara kita dan mengkoordinasikannya dengan power yang kita produksi dari diafraghma.. lalu kuncinya naik setengah... jangan sampai kehabisan napas sebelum notnya selesai.

Kualitas vokal dan kualitas pernafasan dapat dibentuk dengan latihan pernafasan sebagai berikut: 1. dan tidak pecah. dengan jari yang dikembangkan. Hitungan 5 kali. Untuk melemaskan otot-otot wajah. kemudian muka dilebarkan sambil menjulurkan lidah.Latihan Pernafasan: Melatih Suara Diafragma PENYIAR harus mampu mengoptimalkan jenis suaranya sehingga sesuai harapan perencanaan program dan harapan pendengar. Hitungan 10 kali. Penyiar harus memiliki kualitas vokal yang bagus. Selain itu. . Kualitas vokal dapat dibentuk dan ditingkatkan dengan latihan pernafasan atau dikenal juga dengan nama “senam penyiar”. pada saat yang sama rahang bawah digerak-gerakan kesamping. 2. Muka diciutkan bersamaan dengan menguncupkan jari kedua tangan. Untuk melemaskan otot-otot wajah. Ia harus memiliku kualitas vokal atau suara yang baik. ia harus memiliki artikulasi yang jelas pada saat berbicara. dapat memainkan intonasi suara sehingga gaya bicara tidak datar. Muka singa (lion face). bulat. Jari-jari mengurut pipi dari muka kebelakang. Mengurut rahang. dapat mengatur kecepatan bicara. dapat berekspresi melalui suara karena dunia radio banyak bermain lewat ekspresi suara.

biarkan tangan tergantung lemas. Lidah dilipat keatas sampai menyentuh langitlangit mulut. Lidah dilipat kebawah dan ujung lidah menekan barisan gigi bawah. Tarik nafas dalam-dalam. Untuk melenturkan lidah sekaligus melatih pernafasan. Prinsipnya. Gigi dikatupkan dengan kuat. Lidah menyapu bibir. Melipat lidah ke atas. Untuk melenturkan tenggorokan dan pita suara. Hitungan 10 kali. Lidah dijulurkan kemudian diputar menyapu bibir bagian atas dan bawah. buat bibir bergetar sehingga menimbulkan bunyi seperti mesin motorboat. Kemudian lengan disorongkan kedepan bergantian kiri kanan. Memutar bahu. Melipat lidah ke bawah. 5. Hitungan 10 kali. kemudian bungkukan badan sambil mengeluarkan nafas melalui bibir. keluarkan perlahan-lahan sambil mengucapkan bunyi “A”. dan bibir dalam posisi terbuka lebar. Hitungan 5 kali. Pada waktu lengan . Kedua tangan diluruskan kedepan dengan jari-jari terbuka. Untuk melenturkan lidah. Ketika udara keluar melalui bibir. sambil menggoyang telapak tangan. Untuk melenturkan lidah. Untuk memperkuat otot bahu sekaligus melenturkannya agar bisa menimbulkan resonansi di punggung. jangan sampai menekuk. Untuk melemaskan otot-otot rahang. 4. Latihan leher. Dan waktu badan membungkuk. lidah harus menyentuh permukaan bibir. sementara tangan dalam posisi lurus. Mengatupkan gigi. Hitungan 10 kali. 10. Memperkuat otot bahu sehingga dada menjadi bidang sekaligus membuat tahan duduk dalam waktu lama. sementara itu. Hitungan 10 kali. Kaki direntangkan. Hitungan 5 kali. Untuk melenturkan lidah. Menggetarkan bibir (motorboat). 7. Tarik nafas. 9. Sayap malaikat (Angel Wing). 11. Pijat tenggorokan. jari tangan memijit tenggorokan/leher bergerak ke atas dan ke bawah. Putar sendi bahu kebelakang. Hitungan 10 kali. sementara disaat yang sama kedua tangan mengepal dengan kuat. Untuk memperkuat otot-otot leher dan bahu.3. 8. kemudian leher digerakan kekanan-kiri tanpa berhenti ditengah. 6. Perhatikan siku. tangan dipinggang. Hitungan 10 kali.

com). O dengan panjang-panjang. Waktu lengan disorong bergantian. sampai habis nafas. kemudian keluarkan dengan cepat melalui gerakan mengempiskan perut yang digerakan dengan cepat. Jenis suara ini akan lebih bertenaga (powerful). maka kaki kiri menjinjit. terdengar jelas. Untuk memperkuat otot punggung dan pinggang. Untuk melenturkan otot perut sekaligus belajar teknik mencuri nafas. Gerakan sama seperti no. Hitungan 10 kali. bulat. Jaga pinggang dan dada tetap lurus. Gerakan berakhir dengan menarik kedua lengan keatas. Contoh: tarik nafas. Untuk bisa mengeluarkan suara diafragma. Dilanjutkan lagi untuk huruf lainnya. Kemudian gerakan tangan kesamping kiri atau kanan setinggi mungkin seakan-akan hendak meraih bintang. mulut membunyikan kata-kata “ping-pong” bergantian. Ucapkan huruf vocal A.inspirasipakde. 11. Menarik perut (pig –paf). Ping-pong. bungkukan badan dengan cepat untuk mengeluarkan udara yang tersisa. hanya saja posisi tangan dikepalkan seperti orang bertinju. I. U. (Sumber: www. tarik nafas sedalamdalamnya melalui hidung kemudian keluarkan udara dari mulut yang tebukasepelan mungkin tanpa mengeluarkan hembusan angin. 12. Hitungan 10 kali. dan bila tangan kanan meraih bintang. E. Nafas panjang. hingga perut mengembung. Bungkukan badan dengan tangan tergantung. begitu juga sebaliknya. 15. 14. Lengan digerakan menyorong kedepan dan menghentak. 13. Perhatikan. Tarik nafas sedalam-dalamnya. Hitungan 10 kali. Melatih Suara Diafragma Kualitas suara yang diperlukan seorang penyiar adalah “suara perut”. . lalu suarakan AAAAAaaaaaaaaaaaaa… (dengan bulat). terus. suara yang keluar dari rongga badan antara dada dan perut –dikenal dengan sebutan “suara diafragma”. seperti petinju melakukan pukulan jab. jari-jari bergerak seperti dalam tarian kecak. Hitungan 10 kali. pinggang dalam posisi tidak ikut bergerak.disorong kedepan. Apabila udara sudah mulai habis dan daada terasa sesak. Untuk memperkuat sekaligus melatih artikulasi dan anti-popping. Meraih bintang (reaching the stars). Untuk memperkuat pernafasan. Dongakan kepala. dan keras tanpa harus berteriak. kita dapat melakukan latihan ringan sebagai berikut: 1.

orang kaget suka megang dada. Makanya. Contoh: ketika orang sedang ambil napas mendadak karena kaget. buang nafas itu. buang pelan-pelan.romeltea. hela dengan cara berdesis: ss… ss… ss… (putus-putus). Saat mengambil napas. Ketika diafragma dirasa udah penuh. Ambil napas pelan-pelan.2. ia akan mengambil napas dengan paru-paru. Kalau terangkat. berarti Anda bernapas dengan paru-paru. (www. Suarakan AAAAaaaaaaa… dari nada rendah. lalu naik sampai AAAAaaaaaaa… nada tinggi. 4. bahu jangan sampai terangkat. Akan tampak diafragma Anda bergerak.com).* . 3. seperti memompa isi udara keluar. Untuk nambah power.

kelenjar. Bernapas dalam. Anda dapat menyadari manfaat kesehatan alami lambat. -Otak. -Oksigen juga memurnikan aliran darah -Oksigen memberikan kita energi. Dengan demikian. irama dan tingkat nafas tidak hanya mencerminkan salah satu kondisi fisik tetapi juga membantu menciptakan kondisi fisik seseorang. Efisiensi satu bernapas secara langsung mempengaruhi sistem kardiovaskular berapa banyak kerja harus dilakukan. Pernapasan adalah aktivitas kita paling konstan dan diperlukan. Dilatih Harvard MD Dr Andrew Weil mengatakan “Jika saya harus membatasi saran saya pada hidup sehat untuk hanya satu tip.2011 · Posted in Pengobatan Alternatif Kita bernapas setiap saat setiap hari. Bagaimana untuk bernapas – dasar-dasar . Pranayama adalah latihan pernapasan yang digunakan dalam yoga yang mempromosikan pernapasan tepat. paling sering diterjemahkan sebagai “kontrol napas.” Manfaat Pranayama banyak: Rutin pengguna dapat belajar dan manfaat dari seni bernapas dengan benar dan lebih efisien menggunakan diafragma. kita bernapas melalui mulut kita. respirasi adalah salah satu fungsi yang paling penting dari tubuh. namun kita sering tidak berpikir tentang hal itu. latihan Pranayama dapat meningkatkan cara orang merasa. ketika kebanyakan orang bernapas biasanya. mengambil napas dangkal dan menggunakan dada kita daripada kita diafragma. Pernapasan adalah terkendali sukarela dan otonom – berarti bahwa oleh secara sukarela melambat pernapasan kita kita dapat memiliki efek positif pada sistem otonom tubuh – dan meningkatkan semua sistem tubuh lainnya dikontrol oleh sistem otonom. deep bernapas.17. mereka mengambil hanya sekitar 350 ml udara ke dalam paru-paru. Studi menunjukkan bahwa hipertensi penting telah menunjukkan menanggapi positif rejimen harian bernapas dengan diafragma. Banyak dari kita bernapas tidak efisien.Bernapas – sederhana bernapas latihan untuk Anda kesehatan yang lebih baik 07. yang telah ditunjukkan untuk menurunkan stres.” Mengapa dalam bernapas adalah baik untuk kesehatan Anda Latihan pernapasan untuk kesehatan yang lebih baik Rata-rata. Namun. Ketika kita bernapas dalam dengan diafragma kami. lambat penting karena: -Oksigen asupan hasil yang lebih baik oksigen jaringan. dan organ-organ internal kita dapat berfungsi dengan cara yang produktif. meningkatkan sirkulasi dan menguntungkan sistem kardiovaskular Anda. Oksigen memainkan peran penting dalam metabolisme dan tingkat energi kita. Jika Anda melatih diri Anda untuk meningkatkan pernapasan Anda. akan cukup untuk belajar bagaimana untuk bernapas dengan benar. saraf. Kesimpulannya. kami dapat mengambil di 4500 ml untuk 6000 ml udara ke dalam paru-paru.

Duduk di kursi dan mendesah lama lega. itu sering diterjemahkan lebih khusus sebagai “kontrol pernapasan. Hal ini memungkinkan lebih banyak oksigen untuk memasuki aliran darah Anda.Pranayama dan pernapasan Pranayama – bentuk kuno dari pernapasan Pranayama terdiri dari dua kata bahasa Sansekerta: Prana. Mendorong dinding perut Anda keluar membuat ruang untuk hal ini terjadi. “menarik” dinding perut Anda memfasilitasi diafragma naik. karena seperti yang Anda menghirup diafragma Anda kontrak dan mendorong ke dalam perut. dan cocok untuk pemula dan lanjutan praktisi yoga. Selama pengeluaran. kemudian membiarkan udara ke dalam paru-paru Anda alami.” Tujuan dari pranayama adalah untuk melatih orang untuk memperpanjang dan mengatur bernafas mereka dalam cara yang sederhana. Ini dikenal sebagai pernapasan diafragma. Dada dangkal pernapasan memungkinkan sekitar 350 ml udara untuk memasukkan paru-paru. seperti Anda menghirup. Bagaimana melakukan Pranayama – Yoga bernapas Untuk melakukan Pranayama. kemudian memperluas dada Anda dan seperti yang Anda menghembuskan. sehingga menurunkan hambatan untuk mendapatkan Anda mulai pada meningkatkan kesehatan Anda. yang berarti gaya hidup. pertama menarik di perut Anda untuk membantu kosong dasar paru-paru. . Bernapas dan diafragma Dengan pernapasan diafragma jumlah udara yang masuk paru-paru meningkat secara signifikan. atau energi vital (untuk nafas terutama) dan “yama” untuk menangguhkan atau menahan. Melatih diri Anda untuk secara konsisten bernapas dalam saat menggunakan Anda * diafragma akan memastikan bahwa lebih banyak udara masuk paru-paru. Teknik pernapasan lain adalah jenis santai napas. sehingga mendapatkan manfaat fisiologis maupun kejelasan pemikiran. terlebih dahulu mendorong keluar perut Anda. kemudian membiarkan dada runtuh. Ulangi delapan untuk dua belas kali. dibandingkan dengan 4500ml yang dapat memasukkan paru-paru ketika Anda bernapas diaphragmatically. Pranayama latihan dapat mendekati tanpa banyak pelatihan atau usaha. Itu sering diterjemahkan sebagai kontrol gaya hidup. Pranayama dimaksudkan untuk melatih orang dalam metode yang intuitif dirancang. mudah untuk memahami. Ketika digunakan sebagai istilah teknis dalam yoga.