KALKULUS DIFERENSIAL

Oleh : Iwit Prihatin, M.Pd

SILABUS
Bab I : Sistem Bilangan Real dan Ketaksamaan Bab II : Fungsi dan Limit Bab III : Turunan Bab IV : Aplikasi Turunan

Jakarta: Erlangga. Dale Varberg and Steven E. 2003.BUKU ACUAN Edwin J. Purcell. Kalkulus. Rigdon. JIlid 1 Edisi VIII. .

1 Sistem Bilangan Real Beberapa himpunan bilangan adalah sbb 1. Himpunan bilangan bulat ( Contoh : ) . Himpunan bilangan asli ( ) Contoh : 2.BAB I Sistem Bilangan Real dan Ketaksamaan 1.

maka bilangan rasional itu adalah bilangan bulat.3. Himpunan bilangan rasional ( ) adalah suatu himpunan bilangan yang anggota-anggotanya dapat ditulis sebagai dengan m dan n adalah bilangan bulat dan n≠0. Contohnya:  Jika m habis dibagi n. Contohnya: .

Himpunan bilangan irrasional (I) adalah suatu himpunan bilangan yang anggota-anggotanya tidak dapat ditulis sebagai dengan m dan n adalah bilangan bulat dan n≠0. Contohnya: 4. maka bilangan rasional itu adalah bilangan pecahan. Contohnya: . Jika m tidak habis dibagi n.

artinya di dalam bentuk decimal tersebut ada beberapa angka yang berulang secara teratur. . misalnya:  Bilangan Rasional Ternyata bilangan rasional merupakan bilangan decimal berulang.Cara mudah untuk membedakan bilangan rasional dengan bilangan irasional adalah dengan menggunakan kalkulator.

Jadi. Bilangan Irasional Ternyata bilangan irrasional merupakan bilangan decimal yang tidak berulang. jelas . Gabungan dari himpunan bilangan Rasional dan himpunan bilangan Irasional disebut himpunan bilangan Real ( ).

x + y = y + x dan xy = yx 2.Jika diberikan dua bilangan real x dan y. Hukum komutatif. kita dapat menambahkan atau mengalikan keduanya untuk memperoleh dua bilangan real baru x+y dan xy. Hukum asosiatif. x + (y + z) = (x + y) + z dan x(yz)=(xy)z . Penambahan dan perkalian mempunyai sifat-sifat yang telah dikenal dengan sifat-sifat medan yaitu : 1.

. Elemen-elemen identitas. x(y + z) = xy + xz 4. 1 = x untuk setiap bilangan real x. Terdapat dua bilangan real yang berlainan 0 dan 1 yang memenuhi x + 0 = x dan x .3. 5. Setiap bilangan x mempunyai balikan penambahan yaitu –x yang memenuhi x+(-x)=0.x-1=1. Juga. Balikan (invers). setiap bilangan x kecuali 0 mempunyai balikan perkalian yaitu x-1 yang memenuhi x. Hukum distribusi.

Bilangan-bilangan real tak nol dipisahkan menjadi dua himpunan terpisah yaitu bilangan-bilangan real positif dan bilanganbilangan real negatif. Sehingga perlu diketahui sifat-sifat urutan: 1. Trikotomi. Jika x dan y adalah bilangan-bilangan. maka pasti salah satu di antara yang berikut ini berlaku: x < y atau x = y atau x > y .

x < y dan y < z x<z 3. x<y x+z<y+z 4.2. Penambahan. x < y xz < yz xz > yz . Bilamana z positif. Perkalian. x < y Bilamana z negatif. Ketransitifan.

a<b dan c<d → a+c<b+d.c <b. 3.c . 4.2 Ketaksamaan Simbol > dan < dinamakan simbol ketaksamaan yang memiliki sifat-sifat: 1.1. a<b dan c>0 → a. a≠b → berlaku salah satu hubungan a<b atau a>b. a<b dan b<c → a<c. 5. 2. a<b dan c adalah bilangan real maka a+c<b+c.

a>0. a<b dan a. a<0. b<0 → a<b ↔ .c>b.6. b>0 → a<b ↔ 9.c 7. b bertanda sama → 8. a<b dan c<0 → a.

1. Beberapa pengertian tentang interval yaitu sbb: a.b) adalah himpunan bilangan real x yang memenuhi a<x<b x a b .3 Interval Interval adalah himpunan semua bilangan real diantara dua bilangan real tertentu. Interval Terbuka (a.

Interval Setengah Terbuka x a b .b. Interval Tertutup adalah himpunan bilangan real x yang memenuhi a≤x≤b x a b c.

d. Interval Tak Hingga Tertutup Sebelah x a . Interval Tak Hingga Terbuka Sebelah x a e.

jika x ≥ 0 |x| = -x .1 Nilai Mutlak Nilai mutlak suatu bilangan real x yang ditulis sebagai |x| didefinisikan : |x| = x .4 Nilai Mutlak.4.1. Akar Kuadrat dan Kuadrat 1. jika x < 0 Contoh:  |4| = 4  |-7| = -(-7) =7 .

Untuk setiap x .Sifat-sifat nilai mutlak yaitu: 1.