IKLAN

Iklan itu berarti pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media (Kasali.1995:9). Iklan merupakan sarana komunikasi terhadap produk yang disampaikan melalui berbagai media dengan biaya pemrakarsa agar masyarakat tertarik untuk menyetujui dan mengikuti (Pujiyanto.2001:3-4). Iklan merupakan media informasi yang dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat khalayak, orisinal, serta memiliki karakteristik tertentu dan persuasif sehingga para konsumen atau khalayak secara suka rela terdorong untuk melakukan sesuatu tindakan sesuai dengan yang diinginkan pengiklan (Jefkins, 1997:18). Ralph S. Alexander dalam Jefkins (1997:110) merumuskan dengan Association Marketing Association (AMA), bahwa iklan menegaskan empat pokok batasan, yaitu : 1. penyajian gagasan terhadap barang, yaitu suatu bentuk iklan yang ditampilkan berdasarkan konsep produknya. 2. Iklan ditujukan kepada kalayak, yaitu iklan dapat menjangkau masyarakat kelompok besar yang dipersempit menjadi kelompok pasar. 3. Iklan mempunyai sponsor yang jelas, yaitu terciptanya iklan atas pemrakarsa perusahaan yang membiayainya. 4. Iklan dikenai biaya penyajian, yaitu dalam penyebaran, penerbitan dan penayangan atas biaya perusahaan.

Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu : Attention Interest Desire Conviction Decision Action : mengandung daya tarik : mengandung perhatian dan minat : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki : menimbulkan keyakinan terhadap produk : menghasilkan kepuasan terhadap produk : mengarah tindakan untuk membeli

yaitu : 1. 2. Cak Nun berpendapat ” iklan adalah anak jadah kebudayaan”. Segala daya upaya iklan dengan gaya bahasa persuasinya berusaha membuat konsumen untuk mengkonsumsi. gaya komunikasi. yang tidak memperdulikan status sosialnya. Konsep tersebut diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian berkesinambungan. kebutuhan. Proses iklan : Penyampaian informasi produk yang diprakarsai produsen untuk disampaikan melalui iklan ditujukan kepada konsumen sebagai penerima pesan. 2. yaitu bagaimana cara mengolah kelemahan produk menjadi kelebihan itulah fungsinya sebagai ujung tombak pemasaran ( BlankMagazine. 3. Aspek perilaku. Positioning. dan SEGMEN PASAR. dapat disimpulkan bahwa pengertian periklanan dapat ditinjau dari media.Berdasarkan konsep AIDCDA. Iklan merupakan media komunikasi persuasif yang dirancang sesuai dengan karakter media. Beberapa pendapat tersebut di atas. . promosi periklanan harus diperlukan pengetahuan yang cukup tentang pola perilaku. segmen pasar. dan reaksi konsumen. 3. Kesadaran. proses. dalam mengembangkan produk-produk baru di pasaran merebut calon pembeli. merupakan tindakan-tindakan yang diharapkan pada calon pembeli. 2002: 20 ). Media informasi : Iklan merupakan suatu media informasi produk yang disampaikan kepada konsumen. yang menyangkut sikap atau keistimewaan produk. dan kebutuhan masyarakat untuk mendapat tanggapan positif mengkonsumsi produk untuk membantu tercapainya tujuan pemrakarsa. 4. 4. Sikap yang diharapkan. Reaksi Konsumen : Informasi yang jelas melalui iklan akan membuahkan reaksi atau tindakan hingga kesadaran untuk mengkonsumsi produk yang diinformasikan. yaitu keuntungan. Komunikasi persuasive : Gaya bujuk rayunya (persuasi) yang diterapkan pada iklan mengakibatkan konsumen terbius masuk lingkaran konotasi positif terhadap produk yang diinformasikan. yaitu: 1. Tujuan iklan menurut Rhenald Kasali (1995:159) biasanya dibangun atas empat komponen. sasaran konsumen.

antara lain: Memperkenalkan identitas produk yang diinformasikan dan menjelaskan perbedaan produk dengan yang lain. atau nilai pasar sasaran. Meningkatkan penjualan yang berarti pula produk meningkat. Membangun citra produk dan menjaga kemampuan posisi produk dalam pandangan pasar sasaran Menghadapi dan mengatasi masalah saingan antar produk OPINI SINGKAT : Iklan adalah sarana untuk tujuan komersil. . Memberitahukan tempat penjualan atau pembelian untuk merangsang ditribusi yang lebih luas.Produsen sebagai pemrakarsa mewujudkan iklan untuk mengkomunikasikan produknya merupakan salah satu bentuk dalam strategi pemasaran. Mengkomunikasikan konsep produk. psikologis. juga mempunyai kesan permainan durasi sebagai cara mempengaruhi keunikan iklan tersebut. layanan dan penyuluhan maupun informasi produk melalui visualitas menarik. Mengarahkan pemakaian produk baik yang lama atau yang baru kepada pasar sasaran. Maksud produsen terhadap tampilan produk yang dipublikasikan melalui periklanan. yaitu manfaat dan kelebihannya dari segi fungsional. maupun berbentuk tulisan yang dikemas sangat menarik agar iklan tersebut dapat berjalan sesuai fungsi yaitu menarik pelanggan sebanyakbanyaknya.

Contoh Iklan AXE adalah satu dari sekian gelintir brand yang sangat konsisten dalam mengusung message yang ingin disampaikannya. Sejak munculnya brand AXE. Dikarenakan efek wangi AXE yang begitu tajam sehingga tanpa diminta pun para cewek langsung memberikan nomor handphonenya. Tiba-tiba terbesit di benak mereka bahwa cowok-cowok di Indonesia akan merasa sangat bangga jika mereka berhasil mendapatkan nomor telepon seorang gadis. . dan berangkat dari sinilah maka versi original iklan AXE dari Indonesia muncul. maka asumsi itu salah besar. Para Brander Image yang diketuai oleh Chris Oey berpikir keras agar bisa menghasilkan sebuah iklan kreatif yang berangkat dari sebuah fenomena yang asli dari Indonesia. yaitu visualisasi betapa dahsyatnya efek AXE buat siapa saja yang mencium aroma wanginya. efek AXE memang luar biasa. Mungkin yang terbesit di pikiran bahwa ini pasti hasil jiplakan dari iklan di luar negeri. selalu terdapat benang merah yang sama. Pernah lihat iklan AXE versi cewek yang tiba-tiba langsung kasih nomor handphonenya ke seorang cowok. Ini merupakan terobosan perusahaan AXE Indonesia untuk membuat iklan sendiri tanpa harus mengikuti iklan dari luar negeri. Tagline AXE Effect benar-benar dieksekusi dengan beragam komunikasi pemasaran dengan sangat elegan dan atraktif. Kita mengenal AXE dengan munculnya beberapa versi iklan yang message-nya selalu sama.

Jepang. hasil dari pemikiran Ibu Sinta dan team nya yang di tantang oleh Axe untuk membuat iklan yang sesuai di Indonesia. Tentunya tidak dapat disangka kalau ide kreatif iklan ini bisa buzz. Nomer handphone di iklan AXE Diberitahu tahu fakta bahwa. Mereka hanya mengubah pada nomor handphone nya saja. Tapi mereka yang telah dikerjai tidak merasa menyesal karena setelah tim AXE mengadakan even khusus bagi mereka dan menyediakan doorprize berupa mp4. tentunya tidak cocok diterapkan di Indonesia. Selain memasang iklan di televisi dan space-space iklan di jalan tol. iklan ini menjadi sebuah gebrakan bagi perusahaan AXE untuk membentuk strategi pemasaran selanjutnya. jangankan menjurus gitu. Cerita Ibu Sinta. seperti kita tahu biasanya iklan Axe di luar negeri menjurus jorok dan ada yang sampai dilarang penayangan nya. tim branding memasang baliho-baliho. t-shirt. iklan telah diadopsi oleh beberapa negara asia lain seperti Singapura. pria Indonesia aja susah kenalan . Pelajaran yang harus ditarik adalah sangat banyak hal-hal menarik yang ada di sekitar kita yang jika itu dikemas dalam ide kreatif kita akan menjadi suatu apresiasi yang sangat berharga. menggambar gravity di dinding jalanan. permasalahan di Indonesia sendiri. dll.Positifnya. Indonesia Jepang Kabarnya lagi. bahkan bagi masyarakat luas. Malaysia. Setelah para cowok yang menjadi korban betul-betul menghubungi nomor yang telah diberikan maka akan terdengar suara centil dari seorang cewek dari seberang telepon. bahkan sampai di luar negeri. juga menanamkan trust kepada konsumen terhadap produk AXE. dll. iklan TV Axe yang ada asmirandah-nya itu. membawa spanduk di mobil yang mengkampanyekan nomor telepon seorang cewek bagi para cowok yang pake AXE. Poin tambahan lainnya adalah dengan even seperti ini akan semakin menambah kedekatan perusahaan dan konsumen.

Kenapa Call Me temanya? Masih ingat pada iklan Axe Effect? Para wanita kan pada ninggalin nomer hape. intinya iklan lagi. axe new variant Tidak hanya iklan televisi bersambung ke handphone. apa yang terjadi kalau ditelpon. kemudian . Luar biasa kreatif. sesuai suara artis di iklan yang ada nomer yang ditelpon itu. apalagi yang namanya minta nomor hape. server yang menangani telpon dan sms ke nomer iklan Asmirandah tersebut sempat jebol. berangkat dari kenyataan di lapangan yang seperti itu maka Ibu Sinta dan teamnya merancang iklan-iklan Axe Effect dengan tema “Call Me”. bahwa iklan Ace Effect Asmirandah. ada juga trik marketing Axe Effect yang lewat Internet melalui situs yang didahului dengan fake sites tentang blog. nomor handphone yang ditinggalkan wanita di iklan itu ternyata bisa dihubungi dan disms. nanti ada suara yang mengangkat. Kedigitalan iklan ini teryata tidak berhenti di iklan televise saja.com untuk iklan Axe ini.sama wanita. ini benar-benar di luar perkiraan dari Ibu Sinta dan team nya. Total ada 17 ato 18 nomer yang di release oleh bubu. yang kemudian di hari launching Axe Effect kemudian blognya jadi rusak karena ceritanya para wanita yang ngurus blog itu pada nyerah sama Axe Effect. Salah satu fakta yang lucu diungkap oleh Ibu Sinta (ide si pembuat iklan tersebut). yang ujung-ujungnya iklan Axe Effect lagi. jika di sms nanti akan dijawab otomatis agar si pengirim sms itu berusaha lebih lanjut hingga menelepon nomer tersebut. axe dark temptation. Ini adalah salah satu bagian usaha marketing yang bernama “Get Consumer Lead”. yang menolak efek Axe Effect rilis di sini. karena sampe skitar 2 juta orang yang mengakses setiap hari. Tags : axe pulse.

Cara yang dilakukan oleh produk Unilever ini benar-benar berbeda. Fragrance AXE Dark Temptation yang khas mengandung unsur coklat. icon Pulse dan tampilan representasi lampu klub yang berpendar berwarna hijau layaknya warna jeruk limau.” Belum hilang dibenak konsumen mengenai kedua iklan tersebut. cuma kalo dikait-kaitkan dengan kemampuan Axe bisa digunakan untuk memecahkan persoalan para pria Indonesia yang susah kenalan sama wanita. karena anak muda memiliki life syle yang mengarah kesana. “Music dan dance” menjadi tema komunikasi AXE Pulse. Sepertinya. AXE meluncurkan kampanye terbarunya dengan tema “AXE Call Me 0855 88 9000”. pria harus memiliki karakter dan sifat seperti yang diharapkan oleh wanita sekaligus memiliki fragrance yang menggoda seperti halnya coklat. Tidak berhenti disitu saja pada April 2009. AXE . serta peach sorbet yang memberikan kesan fragrance yang lembut dan sensual. Tren musik dan dansa menjadi celah strategi komunikasi untuk mendekati sasaran pasarnya. Kehadiran AXE Dark Temptation diharapkan akan dapat melengkapi karakter positif pria melalui fragrance yang menggoda dan disukai oleh kaum wanita. Komunikasi pemasaran yang terintegrasi dapat dilihat pula pada kemasan Axe Pulse yang memiliki warna dasar hitam. “AXE mengerti bahwa untuk menjadi sosok yang tidak dapat ditolak kaum wanita. sage. Bukankah pesan imej “anak muda”. langkah iklan pertama ini ditawarkan AXE sebagai suatu tren gaya hidup anak muda terbaru yang ingin ditularkan. AXE menampilkan New Variant yaitu AXE Dark Temptation. macho dan aroma segarnya dapat terwakilkan melalui ilustrasi dari kemasan tersebut. Ada-ada saja cara AXE dalam menarik konsumennya. Menurut Risyantie Wulansari. Maka anda pasti mengetahui iklan AXE Pulse yang booming dan seakan mengajak berbagai usia terpanggil mengikuti gerakan dansa yang ditampilkan dalam iklannya ini. ( Iklan Axe Chocolate inilah yang saya pribadi sangat menyukainya. dan memakai produk nya sampai sekarang ) Untuk itu AXE meluncurkan varian selanjutnya AXE Dark Temptation. yang artinya sebenarnya ini program tidak berguna. di situs Axe itu disediakan juga yang namanya Axe Witty Widget. Jika sebelumnya brand fragrance khusus pria ini menampilkan AXE Pulse yaitu Seorang pria berpenampilan pas-pasan meluncur di tengah musik bar dan dengan percaya diri melakukan gerakan dance yang menarik perhatian dua wanita cantik di bar itu. Dalam kampanye ini. musk. Assistant Brand Manager AXE menjelaskan.situs itu redirect ke situs Axe Effect.

seperti dibacakan puisi. AXE sebagai brand yang ahli di mating game bersama Axe Research Lab membuat sebuah riset mengenai apa saja yang disukai para wanita di ajang PDKT. bahkan saya pribadi memakainya. morning wake-up call. Dan Nomor 0855 88 9000 ini bukan nomor sembarangan. Selain itu para pria akan mendapatkan berbagai kejutan. demikian ungkap Risyantie Wulansari. AXE mengajak untuk mengenal sosok lebih jauh tentang kaum wanita. serta yang paling penting trik-trik terjitu untuk melancarkan aksi PDKT. . Dengan menggunakan nomor tersebut. khususnya melalui HP. yang hanya karena parfum maka dapat menarik dan mendapatkan pasangan impian anda? Tapi nyatanya hal-hal demikianlah yang membuat penjualan produk Axe menjadi laris manis di kalangan anak muda. “AXE Call Me 0855 88 9000” terinspirasi dari dinamika permainan PDKT menggunakan HP di kalangan “anak muda”.memanfaatkan HP sebagai sebuah alat ampuh bagi para pria untuk melakukan pendekatan demi mendapatkan sang pujaan hati. Apakah anda percaya hal-hal tersebut diatas.