1.

Toxin adalah racun yang mengendap dan menumpuk dalam tubuh. Diyakini bahwa sumber segala penyakit adalah dari toxin tersebut, bahkan menurut penelitian : 90 % penyakit berasal dari toxin yang menumpuk dalam usus manusia

Dari mana TOXIN itu ?
 Dari makanan dan minuman sehari-hari yang mengandung bahan-bahan pewangi, pewarna, pengawet, perasa, racun binatang perusak, antibiotik dan pupuk kimia.  Pencemaran udara seperti asap pabrik dan kendaraan bermotor, pemakaian obat serangga, dll.  Konsumsi obat-obatan yang berbahaya dan berlebihan  Ramuan yang berbahaya  Kebiasaan merokok, minuman keras dan minum kopi berlebihan  Kurang memakan sayuran dan buah-buahan  Cara memasak yang kurang benar

Bagaimana TOXIN membahayakan tubuh ?
Kandungan toxin dalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama dapat MEMUSNAHKAN 3 ALAT PEMBERSIHAN TOXIN UTAMA, yaitu :  Sistem penyaringan dan ginjal  Sistem Pencernaan / usus  Sistem endokrin – kelenjar pituitary, kelenjar adrenal dan kelenjar gondok Sistem dalam tubuh manusia biasanya bekerja keras untuk melawan dan membersihkan toxin dalam tubuh. Jika hasilnya tidak sempurna pada sistem penyaringan tersebut, maka akan memperlihatkan beberapa tanda timbulnya penyakit. Sakit adalah kegagalan tubuh manusia menyingkirkan buangan-buangan, lendir/mucus, serta toxin yang menghalangi fungsi-fungsi normal tubuh manusia. Bahan buangan beracun (toxin) bukan saja menghancurkan fungsi-fungsi pencernaan, tetapi juga mengikuti peredaran darah ke berbagai bagian organ tubuh, lalu merusakkan sistem sirkulasi (pembuluh-pembuluh darah), organ-organ penyaring (sistem hati dan ginjal), dan organ-organ pengeluaran/ekskresi (sistem gastrousus). “Kita sakit atau menampakkan tanda-tanda sakit adalah akibat kegagalan tubuh kita dalam mengeluarkan zat-zat racun (toxin) dari dalam tubuh kita!!!”

Apa saja yang dapat ditimbulkan dari penumpukan TOXIN ?
Penyakit kulit termasuk jerawat, alergi dan ashma, bronchitis, batuk dan pilek, penyakit hati, kencing manis, jantung dan tekanan darah (tinggi & rendah), pengerasan saluran darah yang berpengaruh pada tekanan darah, stroke, pembekuan darah, kantung empedu dan batu ginjal, sakit persendian dan tulang linu, tumor dan kanker, demam, perut kembung, kerusakan gigi, sembelit, terlalu gemuk dan kurus.

Bagaimana cara mengeluarkan TOXIN ?

Yaitu dengan PROGRAM DETOXIFIKASI. Aturan DETOX lengkap ala Melilea dapat dilihat pada brosur. Mengapa ada fase PUASA ?  Puasa artinya mengganti makan nasi dan lauk dengan GFO. GFO adalah pengganti makan karena kandungan gizinya sudah sangat lengkap, jadi GFO bukan suplemen. Kebiasaan mengemil diganti dengan makan buah-buahan yang disarankan dan minum susu kedelai Melilea.  Disarankan puasa supaya proses membersihkan tubuh dari toxin dapat berjalan sempurna dan efektif.

Bagaimana keluarnya TOXIN ?
 Dari usus : keluar melalui kotoran, mengambang berwarna kuning keemasan, atau hijau gelap, coklat dan bahkan kehitaman, bisa berbentuk memanjang atau putus-putus.  Dari ginjal : keluar melalui urine, awalnya keruh lama kelamaan bening.  Dari paru-paru : keluar melalui nafas, juga bisa berupa cairan/dahak keluar dari hidung dan mulut.  Dari kulit : keluar melalui pori-pori berupa keringat dan melalui pembuluh darah.  Dari mata : berupa kotoran atau cairan.  Dari hati : keluar melalui proses di dalam tubuh. Pada penyakit tertentu akan disertai keluarnya darah, nanah, cairan dan toxin dari bagian tubuh lainnya. Misalnya :  Kanker otak keluar melalui mulut dan telinga.  Kanker rahim keluar melalui vagina.  Ashma keluar cairan/dahak (bisa berwarna kuning dan kehijauan) dari mulut.

DAMPAK POSITIF DETOXIFIKASI : Badan lebih fit, sehat hingga sembuhnya penyakit.
Yang terjadi adalah :

Jangka pendek : 3 - 6 hari :
 Pembuangan terus menerus, buang air besar terus menerus dan pembuangan atas penyumbatan yang berlebihan pada usus besar.  Rasa perut yang tidak enak dan angin yang berlebihan. Hal tersebut biasa terjadi pada proses penghilangan toxin dari tubuh.  Bila PH tubuh banyak mengandung asam atau bila pernah menderita akibat penyakit yang diidap sebelumnya, maka tubuh akan mengalami sakit dan nyeri.  Kotoran akan terapung dipermukaan air, hal tersebut menunjukkan perbaikan sistem pencernaan dan kondisi tubuh.

Jangka waktu menengah : 6 - 45 hari :
 Kandungan air pada usus besar lebih rendah dan berkurangnya toxin yang terdapat pada kotoran.  Mencegah agar toxin-toxin tidak diserap ke dalam tubuh dan mengurangi beban pada hati.  Toxin-toxin yang terdapat di bagian-bagian tubuh serta saluran darah secara bertahap akan berkurang. Jumlah oksigen akan bertambah dan tubuh akan merasa lebih bertenaga.  Kesehatan akan meningkat dan akan memperlihatkan wajah yang berseri dan bercahaya.

petugas [2] kesehatan.kedelai. yaitu sifat inang. kontak. dan kacang. Sistem hormon akan mengatur sendiri sehingga bila terjadi ketidak-seimbangan hormon akan segera dapat ditemukan.  Meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan yang mampu memberikan kesehatan yang baik. bulu hewan. keadaan tersebut akan membaik dan gejala-gejala akan mereda.  Bila menderita darah tinggi dan penyakit hati atau penyakit-penyakit lain yang menahun/kronis. 2.  Alergen lateks Alergi yang disebabkan oleh karet lateks sering ditemukan pada pekerja industri karet. segar dan bercahaya. tubuh akan membentuk perlawanan sendiri terhadap penyakitpenyakit yang sebelumnya menyerang. Berkulit kemerahan. alergen adalah senyawa yang dapat menginduksi imunoglobulin E (IgE) [1] melalui paparan berupa inhalasi (dihirup). dan kotoran tungau serta kecoa. Respon tubuh terhadap suatu alergen terjadi melalui proses yang kompleks dan dipengaruhi oleh beberapa [1] faktor. [2] sepertispora kapang. susu.  Untuk jangka panjang. dan orang yang menjalani operasi di saat bayi.  Alergen farmasi [2] Contohnya penisilin dan sefalosporin. serbuk sari tumbuhan. [2] .  Alergen bisa serangga Sengatan serangga dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang.  Alergen makanan Beberapa contoh makanan yang biasanya menimbulkan alergi pada anak-anak [2] adalah telur. dan sifat fisik dari alergen. ingesti (proses menelan). Sebagian besar alergen merupakan protein yang dapat merangsang respon imun tubuh melalui reaksi enzimatik atau aktivasi reseptor [2] [2] pada sel epitelium mukosa secara langsung. Jangka waktu panjang : 45 hari dan seterusnya :  Memusnahkan toxin-toxin dalam tubuh. lingkungan. Beberapa contoh antigen spesifik adalah:  Aeroalergen Protein atau glikoprotein yang tersebar di udara dan bersumber dari berbagai macam sumber. perubahan warna kulit (pigmentasi) dan bintik-bintik akan hilang. ataupun injeksi. Menurut ilmu imunologi. gairah hidup dan awet muda. gandum.

termasuk vitamin C dan E sebagai pelindung tubuh. yaitu enzim penanda sebagai indicator adanya inflamasi dalam tubuh. Inflamasi atau peradangan merupakan proses perlindungan sel darah putih bersama senyawa kimia lain dalam melindungi tubuh dari infeksi oleh benda asing. menunjukkan bahwa xanthone dalam kulit manggis memiliki sifat antiinflamasi pada tikus percobaan. serta pembengkakan dan rasa sakit akibat peningkatan konsentrasi aliran darah. Seiring dengan proses tersebut. alergi. Penelitian oleh Universitas Tohoku. India. Ada pula reaksi inflamasi oleh udara yang disebabkan alergi. kemerahan di daerah yang mengalami peradangan. Akibat umum inflamasi adalah radang sendi. misalnya asma. kekakuan. dengan cara memperkuat system kekebalan tubuh. Jepang menunjukkan bahwa gamma-mangostin pada kulit manggis mampu mencegah aktivitas enzim cyclooxygenase(COX). Jenis reaksi inflamasi bermacam-macam. Sendai. diantaranya terjadi peningkatan suhu tubuh. ‘ Antioksidan manggis dapat melindungi kekebalan tubuh. Saat terjadi inflamasi biasanya diikuti dengan peningkatan sel darah putih dengan cepat. seperti bakteri dan virus. serta mempercepat penyembuhan dan pemulihan. dan rasa panas. pembengkakan. Ada inflamasi pada tulang sehingga menimbulkan rasa sakit. inflamasi adalah respons jaringan tubuh terhadap kerusakan. Lebih mudahnya. Xamthone Plus Anti Inflamasi Dan Alergi – Antioksidan Manggis Menyembuhkan Peradangan Sejak berabad-abad yang lalu. manggis telah dimanfaatkan penduduk Asia Tenggara untuk mengobati inflamasi dengan cara diminum seperti teh.4. timbul beberapa gejala. Hasil penelitian di Universitas Madras. Inflamasi ini menyebabkan kesulitan untuk bernapas secara normal. dan sakit kepala. Karena mengandung flavonoid dan flavones yang dapat meningkatkan kemampuan antioksidan lain. . Antioksidan manggis mencegah pembengkakan dan memperbaiki komunikasi antar sel-sel tubuh untuk melawan serangan dan perkembangan bibit penyakit (bakteri atau virus).

Prostaglandin adalah faktor inflamasi arteri di leher dan kepala. Kandungan antiperadangannya dapat mengurangi sisik dan gatal akibat penyakit kulit. Hal ini akan memicu munculnya inflamasi dan gejala alergi. mempunyai aktivitas penghambatan yang kuat terhadap pelepasan histamine dan sintesis prostaglandin E2 sebagai mediator inflamasi. dan sinusitis. Asma tergolong penyakit mematikan akibat kerusakan system pernapasan. Rasa sakit akibat peradangan pada penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan dan jari akibat tekanan yang terus-menerus pada bagian tersebut (biasanya disebabkan terlalu sering memakai keyboard dan mouse computer) dapat berkurang oleh xanthone. Penelitian lain juga membuktikan bahwa alpha-mangostin dapat menghambat pelepasan reseptor pembuat histamine. system kekebalan merasakan alergen sebagai bahan berbahaya meskipun sebenarnya tidak. Salah satu kemampuan xanthone adalah mencegah pelepasan histamine dan sintesis prostaglandin E2. Serotonin merupakan neurotransmitter di otak yang bila jumlahnya kurang dapat memicu terjadinya penyakit Parkinson atau tremor. flu. Penyakit carpal tunnel syndrome juga dapat diringankan oleh antioksidan manggis. Keduanya merupakan senyawa yang dilepaskan saat terjadi alergi. karena memiliki kemampuan melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergi. sakit kepala yang disebabkan oleh pilek. atau migraine yang disebabkan inflamasi arteri di leher dan kepala. xanthone. Saat ada alergen yang menyerang tubuh. Xamthone Plus Anti Inflamasi Dan Alergi – Hambat Reaksi Alergi dengan Xanthone Reaksi alergi merupakan proses inflamasi yang disebabkan gangguan system kekebalan tubuh. Antioksidan manggis dapat menghilangkan penyakit kulit kering bersisik kronis (neurodermatitis). . sedangkan gamma-mangostin dapat menghambat pelepasan reseptor penghambat serotonin. Salah satu keajaiban zat pembunuh bakteri.Penelitian anti inflamasi dari kulit buah manggis dilakukan dengan menggunakan mangostin dari ekstrak etanol 40 persen. Melindungi Tubuh dari Berbagai Penyakit yang Disebabkan oleh Peradangan Xanthone juga mampu meringankan wasir atau sembelit. Buah manggis menjadi obat alternative yang ideal untuk menyembuhkannya. Tubuh bereaksi dengan mengeluarkan histamin untuk melawan bahan tersebut. yang terdapat pada buah manggis adalah mengatasi gangguan pernapasan. Sebagai contoh. karena dapat meredakan sakit dan pembengkakan akibat peradangan. Ekstrak methanol kulit buah manggis mempunyai efek meredam radikal bebas yang kuat.

Sehingga paru-paru menjadi berlubang dan menyebabkan kanker. yaitu initiation phase dan promotion phase. seperti protooncogene atau tumor supressorgene. Karsinogenik adalah sifat mengendap dan merusak terutama pada organ paru-paru karena zat-zat yang terdapat pada rokok. Bahan Kimia Penyakit kanker merupakan penyakit yang misterius karena penyebabnya belum diketahui secara pasti. maka hasil metabolit dari bahan karsinogenik ini akan mengadakan ikatan . Pengobatannya yaitu dengan menghentikan konsumsi nikotin dan menggunakan obat tradisional. pada tahun 1908 penyakit ini mulai dipelajari karena saat itu dilaporkan bahwa angka kejadian kanker sangat tinggi pada pekerja industri kimia. Kemudian. Hal ini dapat dijelaskan apabila bahan yang bersifat karsinogenik masuk ke dalam tubuh. Karsinogen dapat memengaruhi DNA atau suatu protein yang berperan pada pengaturan siklus pembelahan sel. bahan karsinogenik tersebut terlebih dahulu dimetabolisme dalam tubuh. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. [ Karsinogen (carcinogene) adalah bahan yang dapat memicu terjadinya kanker atau keganasan. dan virus. Namun. hasil metabolismenya didetoksifikasi dan berikutnya diekskresi. Zat-zat karsinogen menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh. radiasi.5. tetapi pada saat itu belum diketahui dengan jelas hubungan antara chemical-mutagenesis dan carcinogenesis. Karsinogen kimiawi yang pertama kali diidentifikasi adalah senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik. Dalam perjalanan waktu bare diketahui bahwa bahan kimia dapat memicu terjadinya suatu keganasan karena dapat menimbulkan mutasi pada DNA. Terjadinya penyakit keganasan dikelompokkan menjadi dua fase. dan hal ini mengganggu proses-proses biologis. dan diperkirakan akan mengalami peningkatan yang tajam selaras dengan perkembangan budaya atau perilaku manusia. Pada umumnya karsinogen dapat dibedakan menjadi tiga kelompok. maka di dalam tubuh bahan ini langsung mengalami proses detoksifikasi untuk kemudian diekskresi. Selain itu. Ketiga kelompok ini selalu ada di alam. Apabila proses ini ini tidak dapat dilakukan oleh tubuh. yaitu bahan kimia.

2-Naphtylamine (p-naphthylanzine). Sebagai akibat dari adanya kecacatan DNA. B-Propiolactotte. Kondisi ini dikenal dengan promotion phase. 3. etil metan sulfat (EMS). maka sel tersebut memiliki DNA cacat yang bersifat permanen. Pada dasarnya mayoritas bahan kimia yang bersifat karsinogenik memiliki sifat yang sarna. c. kolkisin. Daftar Pustaka Patobiologi Molekuler Kanker Oleh I Ketut Sudiana MUTAGEN Mutagen adalah bahan-bahan yang dapat menyebabkan mutasi yaitu 1. sinar gamma. b. serta berkembang menjadi malignant (ganas). Polycyclic dan Heterocyclic Aromatic Hydrocarbons: a. dimethylarninoazobenzene. partikel a dna b. benz(a)anthracene. sinar ultraviolet. b. 3. sinar x. Beberapa contoh dari bahan kimia yang kerjanya langsung memicu terjadinya kanker (DirectActing Carcinogenesis) adalah sebagai berikut. Selanjutnya. hydrogen peroksida. kafein. Mutagen fisika Bahan-bahan fisika yang dapat menyebabkan mutasi antara lainsuhu. maka DNA pada sel dart individu yang bersangkutan akan mengalami “Alkylation” di mana terjadi metilasi pada pasangan basa nukleotidanya—yaitu Guanin mengalami metilasi menjadi 06-methyl guanine atau menjadi bulky group addition. sehingga DNA menjadi cacat (defect). yaitu memicu terjadinya suatu mutasi gen. dimethyl sulfate.h)anthracerie. Mutagen biologi . 2. 1. dibenz(a. b. Aromatic Amines: a. neutron dan radiasi kosmis. Bila perbaikan DNA ini tidak berhasil. Apabila proses eksekusi ini tidak mampu dilakukan oleh tubuh. c. c. ethylmethane sulfonate (EMS). Alkylating Agents: a. Kondisi ini dikenal dengan initiation phase.dengan rantai DNA. benzidine. bahan pengawet dan lain-lain. Mutagen kimia Bahan-bahanyang dapat menyebabkan mutasi antara lain formaldehida. sel yang memiliki DNA cacat tersebut akan mengalami proliferasi dan diferensiasi. akridin.Bahan kimia yang bersifat sebagai alkylating agents. sel yang bersangkutan (sel yang memiliki DNA abnormal) tersebut akan dieksekusi atau dimusnahkan. 2. benzo(a)pyrene. tubuh berusaha untuk melakukan perbaikan DNA yang dikenal dengan DNA repair. asam nitrit. etil etan sulfanoat (EES). artinya bila individu terpapar oleh bahan kimia tersebut.

70% * Daya keterserapan 90% * Bersifat antibiotic (racun bakteri) * Bersifat probiotik * Menurunkan system imun * Meningkatkan system imun * Mengobatai gejala / Symptomatic * Holistic / mengobati sumber penyakit * Menimbulkan efek samping * Tidak ada efek samping * Khasiat lebih cepat tetapi destruktif * Khasiat lambat tetapi konstruktif * Kebanyakan mengandung zat haram * Halal karena murni dari tumbuhan 7. “Panduan Pembelajaran Biologi Untuk SMA Dan MA.Sistem Imun menjadi penentu utama sehat atau sakitnya seseorang. pangan fungsional juga . Kekuatan penyembuh tersebut dalam dunia medis modern dikenal dengan Sistem Imun. maka akan tibul suatu penyakit. Herbalogi Herbalogi berasal dari kata „Herba‟ yang berarti tumbuhan dan „logi‟ atau „logos‟ yang berarti ilmu. Konsep Pengobatan Herbal 1.Pendekatan yang dipakai bersifat holistic. 4. Selain itu ada mutagen biologi yang sering menyebabkan yaitu elemn loncat adalah rangkaian nukleotida atau DNA yang dapat berpindah tempat. tanpa tambahan zat kimia sintetis. Selain itu. Sumber : Suwarno. 3.Pusat Perbukuan Depdiknas. emosional.Selain dari faktor eksternal. penyebab penyakit adalah lemahnya system imun. Jika tubuh tidak mampu melakukan penyeimbangan kembali seperti keadaan semula. Berikut adalah table perbedaan antara kedua konsep pengobatan tersebut: Pengobatan Kimia Sintetis Pengobatan Herbal * Berasal dari Barat * Berasal dari Timur * Menggunakan bahan kimia sintetis * Menggunakan bahan alamiah/organik * Daya keterserapan 50% . Dalam dunia pengobatan herbalogi dipahami sebagai sebuah konsep atau metode pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari herba (tanaman obat). Salah satu tujuan dari pengobatan herbal adalah membantu tubuh mengembalikan keharmonisan atau keseimbangan tubuh. bakteri. Sehingga tujuan pengobatan adalah diarahkan untuk “Improve and maintain body immune system against external pathogen and pressure”. tidak berfungsinya satu bagian tubuh menyebabkan ketidakseimbangan dibagian tubuh yang lain.com/exact-sciences/biology/2009670-mutagen/#ixzz1qx1w2wb1 6. dan pathogen (mikro organisme pembawa penyakit).Menggunakan semurni-murninya bahan dari herba sebagai obat. pengobatan herba memahami bahwa dari dalam diri manusia terdapat kekuatan penyembuh yang datang dari faktor Spiritual. Dengan demikian Herbalogi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkait dengan tumbuh-tumbuhan. Herbalogi menaruh perhatian besar terhadap masalah imunity tersebut. Misalnya dalam pengobatan kimia sintetis penyebab penyakit adalah virus. Sumber: http://id. Tubuh manusia dipandang memiliki suatu system harmoni yang selalu seimbang. mental. 2. dan fisikal. Pangan fungsional dimungkinkan memiliki sifat fungsional untuk seluruhpopulasi atau kelompok khusus yang didefinisikan secara jelas sebagai contoh khusus untuk usia tertentu atau untuk [2] golongan yang memiliki sifatgenetik tertentu.Bahan-bahan biologi yang dapat meyebabkan mutasi antara lain virus dan bakteri. Pangan fungsional adalah makanan dan bahan pangan yang dapat memberikan manfaat tambahan [1] di samping fungsi gizi dasar pangan tersebut dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Perbedaan Pengobatan Herbal dengan Pengobatan Kimia Sintetis Konsep Pengobatan Herbal sangat berbeda dengan konsep pengobatan Modern (yang biasanya menggunakan Kimia Sintetis sebagai obat).shvoong. sedangkan dalam pengobatan herbal.

mencakup produkyang dibuat secara khusus untuk meningkatkan [3] penampilan fisik maupunkognitif. Pangan fungsional dapat digolongkan ke dalam pangan yang termasuk pada fungsi [rujukan?] ketiga. 2. Definisi  Pangan fungsional merupakan pangan alami (sebagai contoh. Sejarah . buah-buahan dan sayur-sayuran) atau pangan olahan yang mengandung komponen bioaktif sehingga dapat memberikan dampak [3] positif pada fungsi metabolisme manusia. Fungsi ketiga :secara fisiologis menjadi regulasi bioritme. Fungsi utama : sebagai asupan zat gizi yang sangat esensial untuk keberlangsungan hidup manusia. secara umum dapat dikatakan memiliki tiga sifat penting : 1. minumanpengganti elektrolit. Dalam dokumen konsensus “Scientific Concepts of Functional Foods in Europe” yang dikeluarkan oleh European Commission Concerted Action on Functional Food Science in Europe (FUFOSE) mendefinisikan pangan dapat dikatakan memiliki sifat fungsional jika terbukti dapat memberikan satu atau lebih manfaat terhadap target fungsi tubuh (selain fungsi gizi normalnya) dengan cara yang relevan dapat memperbaiki status kesehatan dan kebugaran serta [2] menurunkan risiko penyakit. Fungsi kedua : sebagai sensori atau pemuasan sensori seperti rasa yang enak. dan pertahanan tubuh. [4] diperkaya. dan tekstur yang baik. atau ditambahkan nilai manfaatnya. serta komponen bioaktif yang dapat memberikan hasil postif pada [4] kesehatan maupun efek fisiologis yang dikehendaki. Contoh dari produk tersebut yaitu minuman olahraga.  [sunting]Tiga sifat penting pangan [4] Pangan. serta makanan dalam bentuk batangan yang ditujukan untuk meningkatkan fungsi fisiologis saat berolahraga. Substansi yang terdapat di dalamnya dapat berupa zat gizi esensial untuk memelihara fungsi normal tubuh dan pertumbuhan. sistem saraf. 3. disuplementasi. sistem imunitas. rasa. Contoh dari pangan fungsional dapat berupa pangan konvensional yang difortifikasi.

Pekerjaan. 2. dan kanker. seperti spesifikasi produk dan ingredien. [sunting]Syarat umum Suatu pangan dapat dikategorikan menjadi pangan fungsional jika memiliki tiga syarat utama yang [7] harus dipenuhi yaitu : 1. Tidak terdapat hal khusus mengenai keamanan pangan (tes toksisitas hewan. diabetes. Jepang sudah memberikan label FOSHU pada 755 produk pangan. atau serbuk) yang mengandung senyawa bioaktif tertentu yang berasal dari bahan alami. Pekerjaan. maka Kementerian PendidikanJepang pada tahun 1984 mencanangkan proyek [4] pengembangan dan penelitian yang memfokuskan pada sifat fungsional pada pangan.[5] Konsep pangan fungsional pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1984 dengan istilah FOSHU yang merupakan singkatan dalam bahasa Inggris Food for Special Dietary Uses yang berarti [4] pangan yang dikhususkan untuk diet tertentu. Menggunakan ingredien pangan yang sesuai (contohnya.hipertensi. farmakologi. osteoporosis. danKesejahteraan di Jepang. tekanan darah. tablet. [sunting]Syarat [4] Mendapatkan Logo FOSHU di Jepang Untuk mendapatkan logo FOSHU. [4] glukosa darah. dan kedokteran. Hal ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya populasi orang tua di Jepang yang berpotensi terhadap peningkatan penyakit kronis seperti [4] penyakit kardiovaskuler. Berlatar belakang hal tersebut. 3. Proyek tersebut merupakan proyek penelitian mengenai pangan fungsional yang pertama kali di dunia dengan melibatkan berbagai peneliti dari latar belakang disiplin ilmu seperti ilmu [4] gizi. pemberitahuan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Merupakan makanan atau minuman (bukan kapsul. serta metode analisis. Jumlah produk pangan yang disetujui untuk mendapatkan klaim dan logo FOSHU oleh Kementerian Kesehatan. Keefektifan pangan tersebut sudah terbukti secara nyata pada tubuh manusia. dan Kesejahteraan di Jepang. pangan yang diproduksi dan beredar di Jepang harus memenuhi [5] syarat sebagai berikut : 1. Terdapat jaminan sesuai dengan spesifikasi produk yang tertulis pada saat dikonsumsi. tidak berlebihan dalam menggunakan garam). psikologi. 5. .Logo resmi FOSHU yang disahkan oleh Kementrian Kesehatan. Klaim kesehatan untuk produk FOSHU di Jepang diklasifikasikan menjadi delapan kelompok yang memberikan efek kesehatan untuk kondisi IG (Indeks Glikemik). lemak netral pada darah. proses.[6] Hingga akhir tahun 2007. absorpsi mineral. Terdapat metode kontrol kualitas. kesehatan gigi. serta kesehatan tulang. 4. serum kolesterol.

enkapsulasi. 4. atau serbuk. Berdasarkan efek fisiologis (imunologi. Pangan tersebut harus dikonsumsi sesuai dengan asupan dan cara yang normal. [sunting]Klasifikasi Penggolongan Pangan Fungsional Pangan fungsional dapat diklasifikasikan dengan menggunakan berbagai prinsip sesuai dengan badan atau aturan yang berlaku di negara yang bersangkutan. 5. aktivitas anti-tumor). probiotik). Berikut merupakan beberapa pengklasifikasian pangan fungsional menurut badan atau aturan yang berlaku di negara yang bersangkutan serta justifikasi ilmiah yang menyertainya. 3. produk sereal. Ingredien pangan yang terdapat didalamnya tidak boleh menurunkan nilai gizi dari pangan tersebut. minuman. Ingredien pangan yang terdapat didalamnya harus terkarakterisasi secara jelas dalam hal sifat fisik dan kimia. Ingredien pangan yang terdapat didalamnya harus berasal dari komponen alami. Memiliki fungsi tertentu setelah dikonsumsi. Pangan tersebut harus dapat meningkatkan fungsi diet dan kesehatan. produk kembang gula. osteoporosis. 9. Berdasarkan sifat organoleptik dan fisikokimia (warna. Kementerian Kesehatan. mengontrol fisik dan mental. Pekerjaan.2. 4. 2. kanker kolon). 5. seperti meningkatkan mekanisme pertahanan biologis. baik secara kuantitatif maupun kualitatif (metode yang digunakan untuk menganalisa dari sifat tersebut harus disertakan dengan jelas) 6. . Berdasarkan Beberapa Prinsip yang Dikemukakan Juvan et al. [sunting]Syarat di Jepang Di Jepang. minyak. serta memperlambat proses penuaan dini. mencegah dan memulihkanpenyakit tertentu. dekstrin yang tercerna. antioksidan. dan lemak). dan Kesejahteraan menyatakan bahwa suatu pangan [8] bisa disebut sebagai pangan fungsional jika memiliki kriteria sebagai berikut : 1. Pangan tersebut tidak boleh dalam bentuk tablet. kelarutan. Pangan dan komponen ingredien yang terkandung di dalamnya harus aman sesuai dengan diet seimbang. ketercernaan. tekstur). kapsul. (2005): === 1. 2. serat pangan. 7. Berdasarkan kategori komponen bioaktif (mineral. [sunting]Klasifikasi [9] Komponen Ingredien Pangan yang Mendapatkan Klaim FOSHU di Jepang[5] Fungsi spesifik terhadap kesehatan Komponen ingredien utama Pangan untuk memodifikasi kondisi saluran Oligosakarida. 6. 8. 3. pembekuan). bifidobakteria. laktosa. Berdasarkan proses produksi yang digunakan (kromatografi. Harus merupakan bahan yang dikonsumsi dari bagian diet sehari-hari. lipid. Nilai positif gizi dan kesehatan harus terbukti kuat dengan hasil penelitian secara empiris. Berdasarkan golongan dari pangan tersebut (produk susu dan turunannya. 3. Anjuran konsumsi dari pangan tersebut harus mendapatkan persetujuan dari ahli gizi dan kesehatan. Berdasarkan penyakit yang akan dihindari atau dicegah (diabetes. bakteri asam laktat.

Pangan yang berhubungan dengan triasilgliserol [sunting]Pangan Asam lemak rantai sedang. dan Denmark. protein kedelai. biji pelapis psillium. erithritol. dsb. Belgia. 11 perusahaan Jepang. frakuto-oligosakarida. Pangan yang berhubungan dengan osteogenesis Isoflavon kedelai. Austria. natrium alginat yang terdegradasi Pangan yang berhubungan dengan level gula darah Dekstrin yang tidak tercerna. dsb. Lebih jauh lagi terdapat sekitar 26 perusahaan Amerika. kasein dodekaneptida. dsb. asam geniposidik. maltitiosa. guar gum. dsb.) Pangan yang berhubungan dengan level kolesterol darah Kitosan. Dalam pengajuan paten . hubungannya dengan kolesterol dan triasilgliserol Pangan yang berhubungan dengan absorpsi mineral Kalsium sitrat malat. dsb. kasein fosfopeptida. Perancis. Italia. peptide sarden. dan 30 perusahaan di luar Uni [11] Eropa yang memasarkan produk pangan fungsionalnya di Uni Eropa. albumin gandum. polyphenol dari jambu dan teh. Pangan yang berhubungan dengan tekanan darah Laktotripeptida. Peraturan tersebut diharapkan dapat memberikan keyakinan dan perlindungan kepada konsumen mengenai kesalahpahaman ataupun klaim yang [10] kurang benar. besi hem. Parlemen dan Dewan Uni Eropa telah mengesahkan peraturan baru untuk bidang [10] klaim gizi dan kesehatan terhadap pangan. selebihnya berkantor pusat [11] di Inggris. dsb. Fungsional di Eropa Sejak tahun 2007. Belanda. protein berbasis susu. terdapat 304 produk pangan dengan 503 komponen ingredien fungsional yang [11] teridentifikasi memiliki sifat fungsional yang beredar di pasar Uni Eropa. dsb. dsb. Pangan yang berhubungan dengan kondisi Natrium alginat yang dapat terdegradasi. Pangan yang berhubungan dengan kesehatan gigi Paratinosa.pencernaan (gastrointestinal) polidekstrol. L-arabiosa. Finlandia. serat saluran pencernaan (gastrointestinal) serta pangan dari dedak biji psyllium. Spanyol. Hingga tahun 2004. Terdapat 168 perusahaan yang setidaknya minimum memproduksi satu jenis produk pangan fungsional di Uni Eropa dengan rincian sekitar setengah dari jumlah tersebut berkantor pusat di Jerman. Selain itu diharapkan dapat menciptakan iklim kompetisi yang sehat serta inovasi [10] yang semakin berkembang antar perusahaan pangan fungsional di Uni Eropa.

3 Produk bakeri 6 1.1 Sereal 13 3. Perusahaan yang mengajukan paling banyak paten (5 buah) dalam kurun waktu 2001 adalah Societé des produits Nestlé s.8 Total keseluruhan 385 100. Jenis ingredien Jumlah produk Persentase Kultur bakteri (terutama probiotik) 173 44. yang merupakan perusahaan berbasis di Swiss yang [11] bukan termasuk anggota negara Uni Eropa.4 Produk kembang gula 12 3. setidaknya terdapat sepuluh perusahaan di Uni Eropa dengan lima belas [11] pengajuan paten.9 . Produk pangan fungsional di pasar Uni Eropa tahun 2004 menurut sektor pangan.1 Lemak dan suplemen lemak 12 3. [11] Sektor pangan Jumlah produk Persentase Produk susu dan turunannya (termasuk yoghurt) 209 54.pangan fungsional.3 Lain-lain 3 0.1 Makanan bayi 9 2.6 Produk pangan jadi 5 1.0 [11] Produk pangan fungsional di pasar Uni Eropa tahun 2004 menurut ingredien pangan.a.3 Minuman 116 30.

Negara Jumlah perusahaan pangan fungsional Jerman 82 Inggris 22.1 Fenol 33 8.8 Terpene 41 10.Sakarida (terutama prebiotik) 78 20.6 Serat 35 9.0 Total keseluruhan 503 130.3 Ekstrak tanaman 53 13.6 Keterangan : Total keseluruhan pangan lebih dari 100 persen. hal ini dikarenakan suatu produk kadang-kadang mengandung dua atau lebih ingredien bioaktif Jumlah perusahaan pangan fungsional serta lokasi kantor pusatnya di Uni Eropa pada tahun [11] 2004.5 .5 Spanyol 20 Belanda 9.8 Lipid 23 6.6 Lain-lain 37 9.6 Peptida 30 7.

Pangan Fungsional (Functional Food) adalah pangan. membantu sistem pernafasan. pangan fungsional adalah pangan yang memberikan manfaat kesehatan di luar zat-zat gizi dasar yang terkandung di dalamnya. Salah satu contoh pangan fungsional yang bisa dikembangkan sebagai produk pangan olahan adalah Produk Olahan Manggis sebagai sirup maupun jus yang bisa dikonsumsi sebagai minuman segar sehari-hari. memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bekatul sebagai hasil samping penggilingan padi diperoleh dari . pada sel otot lunak secara utuh. baik alami maupun olahan. Sedangkan menurutInternational Food Information Council. Selain itu jus buah Manggis juga bisa berfungsi sebagai Supplement untuk diet.Perancis 7 Italia 7 Austria 5 Finlandia 4 Belgia 3 Denmark 3 Lainnya 5 Keterangan : Untuk jumlah perusahaan yang kurang dari tiga maka digolongkan dalam lain-lain. Dari hasil studi farmakologi dan biokimia dapat diketahui bahwa mangostin yang terkandung dalam buah Manggis secara kompetitif menghambat tidak hanya reseptor histamin H. mediator kontraksi otot lunak tetapi juga epiramin yang membangun tempat reseptor H1. Sirup dan jus buah manggis bisa dikategorikan sebagai pangan fungsional karena berdasarkan riset dapat menjaga kesehatan tubuh. Mangostin merupakan tipe baru dari histamin. yang mengandung satu atau lebih senyawa yang memiliki fungsi fisiologis tertentu dan menguntungkan bagi kesehatan berdasarkan kajian ilmiah. selain itu salah satu perusahaan (Unilever) memiliki kantor pusat di Belanda dan Inggris. Bahan Pangan olahan lain yang patut untuk dikembangkan sebagai produk pangan fungsional adalah bekatul. menetralisir radikal bebas.

Metode ini berdasarkan pemanfaatan kadar air bekatul sebagai perantara (heat transfer). unit dapat digabungkan dengan unit penggilingan beras dengan sedikit modifikasi. dan mudah instalasi juga operasinya. Hingga saat ini. chemicals = zat kimia) menjadi topik penelitian penting karena dapat memberikan fungsi-fungsi fisiologis dalam pencegahan penyakit degeneratif. dengan perbandingan (dalam persen) tepung beras : bekatul dari 90:10 sampai dengan 30:70. Penggunaan bekatul secara komersial di luar negeri baru pengekstrakan bekatul untuk minyak goreng. Dari beberapa metode stabilitas yang telah dilakukan. dan sterilisasi. dan lignin) dan niasin pada produk.lapisan luar karyopsis beras. Potensi ini berkorelasi positif dengan padi/beras sebagai . Penggunaan bekatul sebagai makanan terbatas karena sifatnya mudah rusak karena aktivitas hidrolitik dan oksidatif dari enzim lipase yang secara alamiah (endogenous) terdapat pada minyak bekatul atau oleh mikroba. varietas padi. Tokoferol adalah vitamin E yang bersifat antioksidan yang kuat sehingga penting dalam menjaga kesehatan manusia. dan proses penggilingannya (derajat sosoh). kue. pemanfaatannya terbatas sebagai pakan. asam lemak esensial. nilai gizi bekatul sangat baik. vitamin E. pemanfaatannya untuk konsumsi manusia masih terbatas. Dengan demikian. serat pangan. tetap dapat dianggap cara terbaik. Sterol yang terdapat dalam jumlah banyak adalah bsitosterol yang jumlahnya 50 persen dari total sterol. kaya akan vitamin B. Pemanfaatan bekatul yang telah diawetkan sebagai makanan sarapan sereal. Padahal. dan lain-lain. seluruh komponen penyebab kerusakan harus dikeluarkan atau dihambat. dan pada saat bersamaan kandungan komponen berharga (nutritional) harus tetap dijaga. peralatannya relatif kecil. dan asam ferulat. Fraksi tak tersabunkan dari minyak bekatul terdapat sampai 5 persen dari berat minyak. oryzanol. Meskipun bekatul tersedia melimpah di Indonesia. Substitusi ini meningkatkan kandungan serat pangan (hemiselulosa. Senyawa fitokimia pada bekatul (phytos = tanaman. metode dan perlakuan pemanasan dengan tekanan tinggi dan kadar air. Dari uraian di atas terlihat bahwa bekatul padi mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai pangan fungsional. Keuntungan proses ini tidak membutuhkan aliran uap air dari luar. protein. Komposisi fitokimia bekatul sangat bervariasi. dengan kandungan utamanya sterol. bergantung pada faktor agronomis. Kandungan lainnya yang juga memberikan pengaruh kesehatan sangat menguntungkan adalah oryzanol dan asam ferulat (ferulic acid). Untuk pangan. Untuk memperoleh bekatul awet bersifat food grade dengan mutu yang tinggi. Komponen penting lainnya adalah senyawa tokol (tokotrienol dan tokoferol). Substitusi bekatul padi 15 persen pada tepung terigu dilaporkan memberikan hasil yang optimal terhadap penerimaan cookies dan roti manis. bekatul dapat dicampur dengan bahan lain pada pembuatan biskuit. Dua metode yang tergolong proses ini adalah drum berputar dan ekstrusi pindah panas. denaturasi enzim. selulosa.

Cara pemberian obat secara parenteral dapat dilakukan dengan IM. Tetes (drops). puyer. jelly. Bentuk sediaan obatnya adalah salep. namun istilah yang biasa digunakan adalah Inhalasi. Pemberian obat ini pertama-tama sangat bergantung pada sediaan obat. krim. Bentuk Sediaan Obatnya adalah Vial. softgel. kaplet. Istilahnya Per Vaginam. Ada beberapa cara pemberian obat antara lain melalui pemberian obat secara oral. Berikut ini adalah cara pemberian obat dan bentuk sediaan obatnya:        Pemberian obat secara oral /ditelan. namun istilah yang biasa digunakan Rektal. Bentuk Sediaan Obatnya Ovula (padat). namun istilah yang biasa digunakan adalah Sublingual. kapsul. tablet effervescent. bentuk Sediaan obat yang kita kenal antara lain tablet. SC. pemberian obat parenteral dan pemberian obat secara rektal. dan botol Infus. Plester. IV. syrup. Tulle. Pemberian obat secara subligual/ diletakkan dibawah Lidah. Pemberian obat secara rektal /melalui Anus. Istilah yang biasa digunakan adalah Oral. pemberian obat secara sublingual.konsumsi utama masyarakat Indonesia. g Berbagi Informasi tentang tata cara pemberian obat. Tinctur. Intra Tekal. dan kemudian diolah lanjut sebagai pangan fungsional 8. Ampul. biasanya bentuk sediaan obat untuk pemberian sublingual adalah tablet. dsb. Pemberian obat secara parenteral /Suntikan (injeksi) Namun istilah yang paling biasa digunakan adalah Parenteral. tablet. Beberapa bentuk sediaan obat . Pemberian obat secara Inhaler /dihirup. bentuk sediaan obat untuk pemberian oral adalah syrup. bentuk sediaan obatnya Suppositoria (padat) dan Enema (larutan). Pemanfaatan limbah penggilingan padi dapat diolah menjadi bekatul awet. kapsul. Melalui Vagina. ID. Pemberian obat secara topikal/ diberikan Setempat. kaplet. vial. Intra Artikular. Bentuk sediaan obat untuk pemberian inhalasi adalah larutan (metered Dose Inhaler) bubuk. ampul dan masih banyak lagi.

dan kadar minimalnya sering disebut dengan istilah Minimum Effective Concentration (MEC). apakah diberikan 1 kali sehari. Cara Pemberian obat dan bentuk sediaannya sangat erat kaitannya dengan faktor berikut ini:    Sasaran Pengobatan. Sifat zat aktif. Adalah kadar obat yang menimbulkan efek terapi dan tidak menimbulkan efek toksik. Untuk daerah yang sulit dijangkau seperti pengobatan infeksi atau penyakit di anus maka diberikan dengan rektal. infus karena Pasien Gawat darurat membutuhkan obat kerja cepat dan untuk pemberian dengan cara lainnya tentunya pasien akan sulit menelan bila diberikan secara oral. LD50. Selain MEC dan MTC ada juga ED50. MEC adalah kadar minimal obat agar didapat efek terapi. kulit dengan krim atau salep. (untuk lebih jelasnya tentang MEC dan MTC silahkan lihat gambar diatas . 3 kali sehari dan Jumlah obat yang diberikan. Obat baru bekerja dengan baik setelah obat tersebut mencapai kadar tertentu. Piracetam Infus.Obat memang biasanya disediakan dalam bentuk yang bermacam-macam. Kemampuan penderita untuk menerima obat. Misalkan saja pasien Gawat Darurat maka biasanya obat diberikan secara injeksi maka bentuk sediaannya ampul. Piracetam dalam sediaan kapsul dan kaplet. Zat Aktif Obat. mata bentuk drops. jadi Pengertian MTC adalah Kadar Minimal obat yang tidak menimbulkan efek racun/toksik atau dengan kata lain MTC adalah Kadar maksimal obat sehingga obat tetap aman bagi tubuh (tidak bersifat toksik) dan agar memberikan efek pengobatan harus diatas MEC (Minimum Effective Concentration). Oleh karena itu untuk mendapatkan efek pengobatan dan kesembuhan sangat disarankan mengikuti anjuran pemakaian obat yang diberikan oleh dokter dan ikuti petunjuknya. vial. faktor-faktor diatas turut menentukan dosis obat. misal untuk Piracetam ada sediaan Piracetam Injeksi. MEC dan MTC Obat Dosis Obat Dosis obat yang diberikan harus tidak melampaui MTC (Minimum Toxic Concentration) karena bila melebihi batas MTC justru akan bersifat toksik atau racun bagi tubuh. Batas Keamanan Kadar Obat. farmakokinetik dan farmakodinamiknya juga mempengaruhi cara pemberian obat. Kondisi Pasien. waktu paruh obat (t1/2 atau T50). sering disebut dengan istilah kadar terapi.

obat yang berfungsi untuk memusnahkan penyebab penyakit. anti malaria dan lain-lain. Berikut ini adalah tiga jenis terapi obat:   Terapi Kausal. Selanjutnya akan kita bicarakan lebih mendalam tentang farmakodinamik obat. beberapa obat memang dibuat hanya untuk meniadakan atau meringankan gejala suatu penyakit.Reseptor persyaratan untuk obat . Obat (O) + Reseptor (R) --> Kompleks obat reseptor (OR) ---> Efek Efek Terapeutik Tidak semua obat bersifat betul-betul menyembuhkan penyakit. contoh obat jenis ini adalah analgesik. Lebih mudahnya dirumuskan seperti ini. Terapi simptomatis. Reseptor Obat Reseptor adalah makromolekul ((biopolimer)khas atau bagiannya dalam organisme yakni tempat aktif obat terikat.9. Komponen yang paling penting dalam reseptor obat adalah protein. Pada teori reseptor obat sering dikemukakan bahwa efek obat hanya dapat terjadi bila terjadi interaksi molekul obat dengan reseptornya. Meneliti efek utama obat 2. obat inilah yang digunakan untuk menyembuhkan penderita dari penyakit. anti emetik dan sebagainya.j Berikut adalah serba serbi tentang Farmakodinamik. Agonis adalah obat yang memilki baik afinitas dan aktivitas intrinsik. obat ini berguna untuk meringankan gejala dari suatu penyakit. Interaksi Obat . Tujuan mempelajari mekanisme kerja obat adalah: 1. kemampuan obat untuk menimbulkan suatu rangsang dan membentuk kompleks dengan reseptor disebut aktivitas intrinsik. Mengetahui urutan peristiwa serta spektrum efek dan respon yang terjadi Efek obat umumnya timbul karena interaksi obat dengan reseptor pada sel suatu organisme. sehingga perubahan kecil dalam molekul obat dapat menimbulkan perubahan yang besar. struktur kimia suatu obat berhubungan erat dengan affinitasnya terhadap reseptor dan aktivitas intrinsiknya. . Definisi farmakodinamik adalah ilmu yang mempelajari efek biokimiawi dan fisiologi obat serta mekanisme kerjanya. antipiritik. Interaksi obat dengan reseptornya ini mencetuskan perubahan biokimia dan fisiologi yang merupakan respons yang khas untuk obat tersebut. Mengetahui interaksi obat dengan sel 3. contoh obat dengan terapi kausal adalah antibiotik.reseptor adalah pembentukan kompleks obat reseptor. apakah kompleks ini terbentuk dan seberapa besar terbentuknya tergantung pada affinitas obat terhadap reseptor.

misal insulin pada penderita diabetes. hormon estrogen pada pasien hipo fungsi ovarium dan obat-obat hormon lainnya. obat yang digunakan untuk mengantikan zat yang lazim diproduksi oleh tubuh. Terapi subtitusi. .