Manajemen SDM

Click to edit Master subtitle style

Handout Kuliah Ke-2
Departemen Ilmu Administrasi
4/4/12

Perubahan - Perubahan Lingkungan Yang Menyebabkan Perubahan Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Suatu Organisasi

Globalisasi

Globalisasi adalah kecenderungan perusahaan untuk memperluas penjualan atau manufakturing sebuah perusahaan ke pasar baru di luar negeri, dan untuk bisnis dimana saja.
 Keragaman

Angkatan Kerja

Keragaman (diversitas) angkatan kerja adalah atribut-atribut yang menyebabkan angkatan kerja menjadi berbeda. Keragaman angkatan kerja dapat dilihat dari jenis kelammin, usia, tingkat pendidikan dan jenis pendidikanGlobalisasi adalah kecenderungan perusahaan untuk memperluas 22 Departemen Ilmu Administrasi 4/4/12 penjualan atau manufakturing sebuah perusahaan

Perbedaan Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Paradigma Lama Dan Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Paradigma Baru.
Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Paradigma Lama
1.

Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Paradigma Baru.

2.

3.

4.

5.

6.

 Attraction yang meliputi : indentifikasi 1. edang pada paradigma baru divisi persyaratan pekerjaan, menentukan jumlah sumber daya manusia sudah orang dan kombinasi keterampilan yang memiliki peran strategis, artinya dibutuhkan untuk suatu pekerjaan dan menyediakan kesempatan yang sama bagi divisi sumber daya manusia setiap kandidat terpilih. memiliki kontribusi dalam Selection yang meliputi : memilih orang menentukan masa depan terbaik bagi pekerjaan yang bersangkutan. organisasi, melalui orientasi Retention yang meliputi : memberikan reward bagi orang yang bekerja efektif dan fungsional yang bukan hanya mempertahankan keamanan dan melaksanakan fungsi pengawasan, kenyamanan lingkungan kerja. pengarahan dan pengendalian saja Development yang meliputi : meningkatkan tetapi juga melaksanakan fungsi dan menyiapkan kompetensi karyawan melalui peningkatan knowledge, skill abilities pengembangan, kreativitas, dan pendekatan spesialis fungsi perusahaan. flleksibilitas dan manajemen Assessment yang meliputi: pengamatan dan proaktif (coordination) penilaian perilaku dan sikap yang relevan dengan pekerjaan dan kinerja sumber daya manusia. Adjusment yang meliputi: pemeliharaan pemenuhan kebutuhan yang terkait dengan 33 Departemen Ilmu Administrasi 4/4/12 kebijakan sumber daya manusia perusahaan.

Repositioning Peran Sumber Daya Manusia.
Repositioning menurut Schuller and Jackson (1996) dalam Soetjipto dkk (2002) pada dasarnya merupakan transformasi peran yang menuntut kemampuan, cara kerja, cara berpikir dan peran baru dari sumber daya manusia. Schuller and Jackson (1987) dalam Soetjipto dkk (2002) menjelaskan bahwa untuk mencapai strategi yang kompetitif diperlukan adanya perilaku peran tertentu dengan mengajukan 3 strategi untuk mencapai keunggulan kompetitif :
 Strategi

inovasi digunakan untuk mengembangkan produk atau jasa yang berbeda dari para pesaing. 44 Departemen Ilmu Administrasi 4/4/12

Reposioning Kompetensi Sumber Daya Manusia
Menurut Schuller upaya reposotioning kompetensi sumber daya manusia dilakukan dengan merubah pemahaman organisasi tentang peran sumber daya manusia yang semula people issues menjadi related business issues. People issues : isu bisnis yang hanya dikaitkan dengan orang bisnis saja (business competence is only business people ) artinya : eksekutif bisnis kecuali sumber daya manusia tidak perlu terlalu banyak terlihat dalam perencanaan strategi bisnis yang akan diambil. Sebagai implikasinya kompetensi karyawan atau eksekutif sumber daya manusia cenderung kurang diakui.
55 Departemen Ilmu Administrasi 4/4/12