Alhamdullilah hirobbil alamin,puji syukur kehadirat ALLAH,para sahabat-sahabatku di bulan Ramadhan yang hampir usai

marilah kita tingkatkan ibadah kita kepada ALLAH S.W.T dan hany kepadanya,terkadang dalam melakukan ibadah kita sering mengalami males & kurang greget,kita harus pintar-pintar memotivasi dalam beribadah... Firman Allah dalam surat Al-Bayyinah ayat 5 : ُ َ ‫ﻪﻟ َﻦﻴﺼﻠﺨﻣ َﻪﻠﻟﺍ ﺍﻭﺪﺒﻌﻴﻟ ﻻﺇ ﺍﻭﺮﻣﺃ ﺎﻣﻭ ﺍﻮﺗﺆﻳﻭ َﺓﻮﻠﺼﻟﺍ ﺍﻮﻤﻴﻘ‬ ‫ُ ِ ُﻳﻭ‬ ّ َُ ْ ُ َ َ ُ ِ ُ ِ َِ ْ ُ ُ ّ ُ ِْ ِ َ ‫ ﺀﺎﻔﻨﺣ َﻥﻱﺪﻟﺍ ِﺔﻤﻴﻘﻟﺍ ُﻦﻳﺩ َﻚﻟﺫﻭ َﺓﺎﻛﺰﻟﺍ‬Artinya : Mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah ّ َ َ َِ ِ ْ َ ّ َ ّ َُ َ Allah dengan memurnikan keta`atan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus. Dalam menjalankan ibadah kepada Allah, manusia memiliki beragam motivasi, diantaranya adalah: 1. Seperti sifat pedagang: Yaitu dalam menjalankan ibadah kepada Allah karena ada sesuatu yang diharapkan dari Allah, seperti mengharapkan pahala, syurga dan lainlain. 2. Seperti sifat budak: Dia melaksanakan ibadah hanya karena takut kepada Allah, sama seperti seorang budak yang mengerjakan tugasnya hanya sekedar takut kepada tuannya, bukan karena kesadaran yang timbul dari rasa tanggung jawabnya. Biasanya orang yang seperti ini dalam melaksanakan tugasnya apabila ada tuannya semata, namun apabila tuannya sudah tidak mengawasinya dia selalu berleha-leha dan bermalas-malasan. Begitu juga seseorang dalam menjalankan kewajibannya kepada Allah, apabila dia tidak merasakan bahwa dirinya sedang diawasi oleh Allah maka dia selalu melalaikan ibadahnya. 3. Sifat orang ‘arif : Dia melaksanakan ibadah karena ia sadar betapa banyak nikmat yang telah ia peroleh dari Allah, untuk itu ia lakukan segala sesuatu yang sesuai dengan kehendak Allah, karena ia merasa pantas melakukannya tanpa ada keterpaksaan, dan bukan pula sebagai balas jasa kepada Allah, sebab karunia yang diberikan Allah tidak dapat dibalas dengan sesuatu apapun. Dia merasakan bahwa ibadah yang dilaksanakannya semata-mata sebagai pengabdian seorang hamba kepada Allah dan tidak ada pamrih dibalik ibadah yang dilaksanakannya. Dengan dasar ibadah yang seperti ini biasanya seseorang dalam melaksanakannya tidak ada paksaan dari pihak manapun, karena itu ibadah yang dilaksanakannya tentu akan dirasakan sebagai suatu kenikmatan yang tiada taranya, dan pada akhirnya melalui pelaksanaan ibadah tersebut dia akan mendapat ketenangan batin, bahkan hikmah dari ibadah yang dilaksanakannya akan mampu membentuk kepribadian yang baik sehingga prilakunya dalam kehidupan sehari hari selalu menunjukkan sikap yang baik dan benar.

. Dari uraian di atas coba renungkan dimana posisi ibadah kita selama ini.4...?.apa terhadap pelakunya. dan tetap semangat dalam ibadah.... Semoga ibadah kita semakin baik nilainya di sisi Allah... bagaimana cara nya supaya hati tetap istiqomah. Ibadah yang seperti ini tentu tidak membawa pengaruh apa. sebab ibadah yang dilakukan hanya sebatas rutinitas ritual belaka ( hanya sekedar melaksanakan kewajiban ).. tanpa mengetahui apa tujuan dari perbuatan yang dia laksanakan. Ia melakukan ibadah hanya menurut apa yang diperintahkan.. 08 September 2011 Pertanyaan assalamu\'alaikum. Sifat Robot : Biasanya orang yang seperti ini dalam melakukan ibadah tidak ada motivasi apa-apa.Kamis......... • • Petunjuk Tentang Kami • Hubungi Kami • Tautan Pilihan • Daftar Artikel Menu Utama Beranda Konsultasi Kajian Tazkiyah Kirim Pertanyaan Telusur Canggih Konsultasi Cari charger hati Akhlaq ... syukron (giska laras shinta di depok) ..

karena iman adalah sumber motivasi dan syarat diterimanya amalkita 2. sisa tenaga dsb ) 4. Perbanyak do'a kepada Allah. Banyak belajar. 1. Kuatkan iman. dan jangan pernah beramal dengan sisa-2 yang kita miliki ( sisa waktu.Jawaban Wa'alaikumussalam wrwb. Lakukan semua amal dengan kesungguhan. yang akan bisa memastikan bahwa amal kita benar 3. agar berkenan Allah berkenan membimbing dan menolong kita agar bisa beribadah dengan baik dan istiqomah Wallahu a'lam bishshowab Wassalamu 'alaikum wrwb . karena hanya dengan belajar saja. hiduplah di lingkungan yang baik/bertemanlah dengan orang-orang yang sholih saja dan hindari lingkungan yang buruk dan teman yang buruk 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful