Musnad Muwatha’ Imam Malik

Biografi Nama : Abdurrahman bin Abdulloh bin Muhammad Al-Ghafiqi Al-Jauhari Gelar : Abu Qasim Lahir pada tahun 320 H, ada juga yang berpendapat pada tahun 339 H, dan beliau wafat pada tahun 385 H, ada juga yang berpendapat pada tahun 381 H. Gurunya ada dari 30 kalangan ahli ilmu,diantaranya dari para hafidz, ahli hadits, ahli fiqih, ahli Qiro’at dan ahli tafsir, dan lain-lain. Guru-gurunya diantaranya ialah : Ibnu abdi mathar Al-madini Bakar bin ‘ala As-samarkindi Ibnu Jirab Ibnu juhbad As-syukri Al-quzwaini Al-maki Ibnu Jami’ Ibnu ward Ibnu haddad Ibnu sya’ban Ibnu Hayuwaih

baik dan merupakan ahli fiqih . ibnu ad-dzahabi.Al-kinani As-syuyuthi Ibnu mufassir Ad-duhli Abdu shomad bin muhammad Ibnu rasyiq Ibnu muhandis Muhammad bin sulaiman al-faqih Ibrahim bin muhammad bin ibrahim an-nasa’i Ahmad bin salamah bin ad-dhohak Ahmad bin muhammad al-imam Ahmad bin muhammad al-bazzaz Ahmad bin muhammad bin hafidz al-utsmani Sedangkan Murid-muridnya ialah : Ibnu al-hadza’i Al-khaulani Al-ajdabi Ibnu Al-ja’fari At-thalamnaki Pendapa Para ‘Ulama tentang Abu Qasim Menurut ibnu al-haddza. imam as-syuyuthi. dll berpendapat bahwa imam jauhari adalah orang yang faqih.

ia memulai juz kedua dari huruf alif sampai huruf shad dan pada juz tiga memulai dengan huruf ‘ain sampai mim dan memulai juz empatnya dengan huruf nun dan mengakhirinya dengan hadits2 tentang karakter para sahabat serta ketsiqotan gurunya... Adapun objek kajian kitabnya seperti yang disebutkan imam malik. menyempurnakan dan memberi faidah. yaitu memulainya dengan nama muhammad baru kamudian berurutan sesuai huruf pada mu’jam. amal dan menyampaikannya. objek kajian kitab dan kemudian penutup. Metode penerjemahan Penerjemahan yang digunakan sangat tertib serta mempunyai maksud dan prinsip tersendiri. Contoh pada bab tsa apa yang diriwayatkan imam malik tentang yang namanya tsauri . serta sebagian pendapat mereka mengenai keutamaan ilmu. Kemudian tentang keutamaan2 kota madinah. baru kemudian penutup. Adapun dalam penutupan disebutkan beberapa hadits yang diriwayatkan dari imam malik.. Bahwa kitabnya jauhari sangat tertib dengan jelas.Metode penulisan kitab Tertib penulisan. Al-Jauhari telah membagi kitabnya ke dalam 4 juz. dengan cara menjelaskan. dan beberapa keutamaan malik bin anas serta pendapatnya tentang hadits dan sunnah dan disebutkan juga wafat dan nasabnya. ia memulainya dengan biografinya. Diantaranya : Penerjemahan Imam malik serta menyebutkan keutamaan seseorang jika ia masyhur Menyebutkan para sahabat yang meriwayatkan hadits dari Imam malik serta . juz pertama sempurna terdapat muqaddimah dan beberapa hadits tentang nama muhammad. Jauhari telah menjelaskan dalam muqaddimahnya dengan menyebutkan hadits2 keutamaan ilmu dan sebagian atsar ulama salaf tentang hal tersebut. beberapa sahabat dan tabi’in serta guru imam malik serta pertentangan dan kesepakatan riwayat hadits.

mentsiqotkan serta mengangkat makna yang musykil (yang sulit di fahami). dan tidak pernah bertemu dengan Rasululloh Menjelaskan sejarah dan biografi imam malik Metode kritik hadits Pengarang menjelaskan kritik hadits terhadap hadits2 dho’if dan hadits yang terdapat ‘illat sedangkan beliau tidak menemukan perkataan yang menshahihkannya atau menghasankannya. . Sumber hadits Jauhari menyebutkan dalam penutupannya bahwa sumber yang ia dapat dari musnad imam malik lil imam nasa’i.menyebutkan gelar. bahwa pengarang tidak sedikit menjelaskan tentang persoalan jarh wa ta’dil dan kebanyakan dengan cara menjelaskan. Dan tidak diragukan lagi sejak dulu kitab muwatha’ memang merupakan salah satu kitab muslim paling agung penjelasan dan ringkasannya. tarikh ibnu mu’ayyan bi riwayat ad-dauri. tarikh kabir lil imam bukhari. fadhail malik. dll. Beliau juga banyak mengumpulkan pendapat para ‘Ulama jarh wa ta’dil seperti ibnu mu’ayyan. gharibul hadits. biografi dan wafatnya Menyebutkan beberapa pendapat tentang biografi dan wafatnya Imam malik serta membenarkan salah satunya Menjelaskan bahwasanya Imam malik adalah seorang tabi’in. annasa’i dan ibnu madini Menurutnya bahwa kitab muwatha’ sama halnya dengan kitab yang lainnya yang memiliki pertentangan dalam sanad dan matan. Metode Jarh wa ta’dil Dari kebanyakan periwayatan Imam malik yang tsiqot.

. Kitab ini bukan merupakan kitab jami’ karena pembahasannya tidak mencakup semua aspek agama. meskipun diawali dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam malik dari periwayat yang bernama Muhammad.Karakteristik Kitabnya Kitab hadits ini tertib berdasarkan urutan mu’jam. Ini merupakan kitab musnad Imam malik yang dikarang oleh Abu Qasim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful