BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Sistem informasi bagi suatu perusahaan adalah hal yang sangat penting, karena dengan menggunakan sistem informasi secara tepat pada perusahaan, maka suatu perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, menghilangkan kegiatan yang tidak memiliki manfaat (nilai tambah), meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan, mengkoordinasikan setiap bagian dalam perusahaan, serta meningkatkan kualitas kebijakan manajemen. Sistem informasi semakin membuka peluang bagi perusahaan untuk mengembangkan dan memperluas jaringan bisnisnya. Bagi perusahaan yang ingin bersaing dan maju, Sistem informasi yang memiliki tingkat respon tinggi serta fokus kepada para penggunanya dari segala aspek merupakan sebuah aset perusahaan bisnis modern yang sangat berharga. Pemilihan sistem informasi harus dibangun sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan perusahaan. Benink Studio merupakan perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa studio foto. Pada setiap tahunnya Benink Studio memiliki perkembangan yang cukup significant. Dalam melakukan setiap transaksi penjualan Benink Studio masih menggunakan sistem yang belum sempurna sehingga belum dapat dilakukan dengan tepat. Hal ini dapat menghambat kinerja dan dapat menyebabkan terjadinya

1

1. seperti surat perintah kerja (SPK). Dengan sistem manual seperti ini. Paket custom) Penerimaan Down Payment (Cash. sering menyebabkan terjadinya human error. pembayaran masih menggunakan cara manual dan terdapat beberapa hal yang belum ada. pemesanan. sehingga dibutuhkan sistem yang terkomputerisasi untuk lebih mengoptimalkan sistem yang ada ataupun yang tidak ada.2 Ruang Lingkup Sistem Penjualan Jasa pada Benink Studio: - Pendaftaran Pelanggan Penerimaan Pemesanan (Paket. Dan untuk transaksi lain.2 kesalahan selama bisnis berjalan. seperti melakukan pendaftaran. Transfer) Pembuatan Surat Perintah Kerja (SPK) Pembuatan Surat Penyelesaian Kerja Lapangan (SPKL) Pembuatan Catatan Hasil Edit (CHE) Pembuatan Catatan Hasil Akhir (CHA) Penerimaan Pembayaran (Cash. Transfer) Pembuatan Laporan Keuangan - Sistem Inventori pada Benink Studio: .

yakni: • Menganalisis sistem penjualan. inventori. mempercepat dan meminimalkan kesalahan dalam proses penjualan. serta pembelian yang sedang berjalan. serta ketersediaan perlengkapan pada Benink Studio. .3 - Pengecekan Perlengkapan Permbuatan Surat Permintaan Perlengkapan (SPP) Sistem Pembelian Perlengkapan pada Benink Studio: Pembuatan Catatan Pembelian Perlengkapan (CPP) 1. Selain Analisis dan Perancangan sistem penjualan memiliki tujuan. • Merancang suatu sistem yang terkomputerisasi untuk mempermudah. inventori. Adapun manfaat-manfaat yang dapat diperoleh. pemesanan. yaitu sebagai berikut: • Benink Studio dapat menjalankan proses transaksi penjualan dengan benar dan tepat waktu serta sesuai target yang telah ditentukan oleh Benink Studio.3 Tujuan dan Manfaat Tujuan dari analisis dan perancangan sistem penjualan. serta pembelian peralengkapan dalam Benink Studio untuk menemukan kelemahan-kelemahan dalam sistem penjualan.

. melakukan survei untuk mencari data-data dan mengamati proses bisnis yang terjadi didalam Benink Studio.4 • Benink Studio dapat merespon dan melayani permintaan atau pemesanan dari pelanggan dengan cepat dan tepat. Survei. 1. Pengumpulan Data a.4 Metodologi Metode yang digunakan dalam penulisan IS Minor Project ini adalah Unified Process berbasiskan Object-Oriented dengan mengacu referensi Satzinger. Analisis sistem dilakukan melalui tahap-tahap berikut ini: 1.

Perancangan Satzinger membagi tahapan desain menjadi beberapa aktivitas yaitu : . Activity Diagram. Analisis Satzinger membagi tahapan analisis menjadi beberapa aktivitas. Wawancara. melakukan wawancara terhadap orang yang bersangkutan untuk mengetahui secara detail proses bisnis yang terjadi. dan SSD Requirement 3.5 b. yaitu : Menentukan business model perusahaan Mengumpulkan semua requirement user Membuat model dari requirement user yang telah diidentifikasi dalam bentuk : Rich Picture. Use Case Diagram. Event Table. 2. Domain Model Class Diagram.

LANDASAN TEORI Bab ini menjelaskan mengenai hal-hal yang dapat dan menjadi landasan teori yang berkaitan dengan penulisan minor ini. Design Use Case Realization (First Cut SSD. BAB 3. Dalam bab ini terdapat garis-garis besar penulisan minor ini. Design Support Service Architecture and Deployment Environment b. ruang lingkup. Data Access Layer). Package Diagram. Update Design Class Diagram) d. tujuan dan manfaat. PENDAHULUAN Dalam bab ini dijelaskan secara singkat mengenai latar belakang.6 a. BAB 2. Design System Security and Control 1.5 Sistematika Penulisan Sistematika bagian bab-bab yang terdapat dalam penulisan IS Minor Project ini adalah sebagai berikut: BAB 1. baik itu teori umum atau dasar maupun teori yang menjurus atau khusus. metodologi dan sistematika penulisan IS Minor Project. Multiayer SSD (View Layer. Design Database e. Design System Interface and User Interface f. ANALISIS SISTEM BERJALAN . Design Software Architecture c.

analisis permasalahan yang sedang dihadapi dan kelemahan-kelemahan sistem yang sedang berjalan. perancangan sistem keamanan aplikasi. Bab ini berisi kesimpulan yang dihasilkan dari perancangan dan pemrograman sistem informasi untuk foto studio. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI Bab ini berisi analisis sistem yang akan dikembangkan. analisis pemecahan masalah.7 Bab ini berisi analisis sistem yang sedang berjalan. SIMPULAN DAN SARAN Bab simpulan dan saran adalah bab terakhir yang ada dalam penulisan minor ini. perancangan layar atau sistem antar muka pemakai. BAB 5. Dan beberapa saran yang sekiranya dapat meningkatkan manfaat sistem aplikasi tersebut bagi pemakai. BAB 4. . perancangan bentuk dasar dan fitur.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful