Instalasi OS Linux Ubuntu 11.

10
1. Pembuatan Machine Di Virtual Box 1. Langkah pertama yaitu menyalakan komputer, kemudian buka program virtual box. Setelah aplikasi terbuka pilih menu “New”, lalu klik “Next” dan isikan nama misalkan “Angga”

2. Setelah itu akan muncul menu pembuatan machine baru, pilih saja “Next”

3. Sesudah itu ubahlah operating system name menjadi misalnya “Linux U-Buntu”, lalu ubah versionnya/versi menjadi “Ubuntu” karena kita akan menginstall “Linux Ubuntu” dan “Next”

4. Kemudian akan tampil kapasitas memory yang akan kita gunakan, atur oleh sendiri misalnya memory yang digunakan atau yang saya gunakan ini sebesar “1024 MB”, lalu klik “Next”

5. Kemudian setelah itu akan muncul menu “Hard Disk Storage Type” kita pilih “Dynamicaly expanding storage” lalu klik “Next”

6. Sesudah itu akan muncul menu “Virtual Disk Location and Size” disini kita disuruh mencari ISO Linux kita dan disuruh memilih ukuran hardisk yang akan digunakan, misalnya saya menggunakan hardisk sebesar “17.73 GB” dan klik “Next” jika telah selesai dalam proses ini

2. Konfigurasi Persiapan Instalasi Machine di Virtual Box 1. Pertama, kita klik/pilih machine yang telah dibuat lalu pilih “Start” untuk memulai proses instalasi

2. Setelah selesai mengatur OS yang akan kita installkan dan mengatur kapasitas memory yg akan digunakan, langkah selanjutnya akan muncul menu “Welcome to the First Run Wizard”, lalu klik “Next”

3. Kemudian pilih icon yang bergambar open folder untuk mencari ISO Linux yang akan di gunakan lalu browse dimana anda menyimpan ISO tersebut, lalu “Open” dan anda akan masuk ke proses instalasi

3. Instalasi Sistem Operasi

1. Disini kita sudah masuk ke proses instalasi Linux Ubuntu 11.10, tunggu sebentar karena disini sedang membaca program/booting

2. Setelah proses booting selesai, akan muncul menu “Selamat Datang” disini kita diminta untuk memilih bahasa yang akan kita gunakan selama proses instalasi. Misalnya kita pilih saja bahasa kita yaitu “Bahasa Indonesia” dan pilih/klik “Pasang Ubuntu”

3. Kemudian akan muncul menu “Bersiap memasang Ubuntu”, disini kita lewat saja jangan di centang lalu klik “Lanjutkan”

4. Kemudian akan muncul menu berikutnya yaitu “Jenis Instalasi”, disini ada 2 pilihan “Hapus diska dan pasang Ubuntu” dan “Sesuatu yang lain”. Kita pilih saja “Hapus diska dan pasang Ubuntu” karena sebelumnya belum pernah menginstall OS ini dan klik “Lanjutkan”

5. Setelah itu akan tampil peta dimana anda berada, kita tuliskan saja ibu kota Negara kita yaitu Jakarta dan klik “Lanjutkan”

6. Disini kita diminta untuk mengisikan identitas pemakai komputer ini, isikan saja sesuai data anda masing” dan isikan password bila perlu supaya orang lain tidak bisa sembarang menggunakan komputer anda. Setelah selesai mengisi itu lalu kita klik “Continue”

7. Setelah beberapa saat menunggu proses instalasi selesai dan muncul pilihan restart sekarang pilih “Nyalakan Ulang Sekarang” lalu machine akan merestart

8. Proses installasi pun selesai dan masuk ke menu login isi password anda dan akan masuk desktop

Ya jadi cukup sekian tutorial yang dapat saya sampaikan , semoga bermanfaat bray  Mohon maaf apabila ada kesalahan tata letak kata dan bahasa yang saya gunakan 

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful