PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA DAN NEGARA Tugas Makalah Kewarganegaraan Tahun Ajaran 2011/1012

Disusun oleh kelompok 2, kelas 1E: Barik Maftuhin Putri Ginanti Raisha Naydila Risa Wahyuni Sakina Fidyastuti NIM. 116045 NIM. 116198 NIM. 116204 NIM. 116218 NIM. 116231

KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Akademi Kimia Analisis Bogor 2012

selaku dosen Kewarganegaraan. Bogor. Kami juga tidak lupa mengucapakan terimakasih kepada Bapak Mulyo dan Bapak Heru Subakri. karena atas bimbingan mereka makalah ini dapat diselesaikan dengan baik. Semoga makalah ini bermanfaat bagi penulis dan pembaca. kajian teori. Maret 2012 Penulis . Oleh karena itu. penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun sehingga dapat dijadikan masukan untuk perbaikan dimasa yang akan datang. karena atas rahmat serta hidayahNya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara”. serta kesimpulan dan saran. Garis besar makalah ini meliputi pendahuluan. penulis ucapkan kehadirat Allah SWT. Adapun isi materi menekankan pada studi kasus yang berkaitan dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara. Jazakumullah khairan katsiran.KATA PENGANTAR Alhamdulillah. Allahummaftahlanaa abwaabal ‘ilmi. Penulis menyadari laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. studi kasus.

Kedua pengertian tersebut sudah selayaknya kita fahami akan hakikatnya.BAB I PENDAHULUAN A. Karena hal yang terpenting adalah perbedaan penyebutan itu tidak mengaburkan hakikat pancasila yang sesungguhnya yaitu sebagai dasar negara. Pancasila sebagai jiwa bangsa. pancasila memiliki beberapa sebutan berbeda. Pancasila merupakan rangkaian kesatuan dan kebulatan yang tidak terpisahkan karena setiap sila dalam pancasila mengandung empat sila lainnya dan kedudukan dari masing-masing sila tersebut tidak dapat ditukar tempatnya atau dipindah-pindahkan. 2. Pancasila sebagai kepribadian bangsa. Hal ini sesuai dengan susunan sila yang bersifat sistematis-hierarkis. Padahal sejarah perumusannya melalui proses yang sangat panjang oleh para pendiri negara ini. seperti yang pernah terjadi di masa lalu. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum dll. Tetapi pengertian pancasila tidak dapat ditafsirkan oleh sembarang orang karena akan dapat mengaturkan maknanya dan pada akhirnya merongrong dasar negara. Bagi bangsa Indonesia hakikat yang sesungguhnya dari pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara. . Latar Belakang Di zaman yang penuh dengan persaingan ini makna Pancasila seolah-olah terlupakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. 3. dimana tiap-tiap sila mempunyai tempatnya sendiri di dalam rangkaian susunan kesatuan itu sehingga tidak dapat dipindahkan. yang berarti bahwa kelima sila pancasila itu menunjukkan suatu rangkaian urutan-urutan yang bertingkat-tingkat. Walaupun begitu. Pengorbanan tersebut akan sia-sia apabila kita tidak menjalankan amanat para pendiri negara yaitu pancasila yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 alenia ke-4. Selain dari pengertian tersebut. seperti : 1. banyaknya sebutan untuk Pancasila bukanlah merupakan suatu kesalahan atau pelanggaran melainkan dapat dijadikan sebagai suatu kekayaan akan makna dari Pancasila bagi bangsa Indonesia.

Mengetahui lebih mendalam tentang penerapan pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara. Untuk melakukan studi kasus akan kasus yang berkenaan dengan pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara. B. 2. Kami mencari kasus pada media elektronik dan data-data pendukung pada media cetak. Tujuan Penulisan Tujuan penulisan makalah ini. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini. C. BAB II TINJAUAN TEORI . sudah merupakan kewajiban bersama untuk senantiasa menjaga kelestarian nilai – nilai pancasila sehingga apa yang pernah terjadi di masa lalu tidak akan teredam di masa yang akan datang. yaitu : 1. yaitu: 1. Studi Pustaka Pada makalah ini kami menggunakan metode studi pustaka untuk mengumpulkan data.Untuk itu kita sebagai generasi penerus.

Dengan demikian ideologi adalah ajaran atau ilmu tentang gagasan dan buah pikiran atau science des ideas. termasuk bidang hukum. ide. BAB III STUDI KASUS .A. pertahanan dan keamanan. diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban. Pengertian ideologi secara umum adalah suatu kumpulan gagasan. pandangan hidup. keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai bidang kehidupan seperti: 1. diamalkan. Pengertian Ideologi Berdasarkan etimologinya. Bidang politik. Bidang sosial 3. Oleh karena itu mewujudkan suatu asas kerohanian. dan buah pikiran dan logia berarti ajaran. b. pedoman hidup. ideologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu idea berarti raut muka. dikembangkan. 2. Mempunyai derajat yang tingggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan. dilestarikan kepada generasi berikutnya. Bidang kebudayaan 4. pandangan dunia. gagasan. pegangan hidup yang dipelihara. Bidang keagamaan Maka ideologi negara dalam arti cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa yang bersangkutan pada hakekatnya merupakan asas kerohanian yang antara lain memiliki ciri-ciri sebagai berikut: a. perawakan.

misalnya membantu orang lain yang kesusahan. Apabila kita telusuri kasus perampokan ini merupakan kasus yang melanggar makna Pancasila sebagai ideologi. Seseorang yang memahami sila pertama ini seharusnya takut kepada Tuhan ketika melakukan perbuatan-perbuatan yang jauh dari norma-norma agama. hal ini dapat mengurangi kriminalitas seperti pencurian atau perampokan pada kasus ini. bahkan memahami ideologi Pancasila. sehingga tidak mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehai-hari. Perampokan ini dapat terjadi karena masing-masing individual yang tidak menerapkan. Berdasarkan sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”.Dalam makalah ini kami mengangkat kasus perampokan mini market di daerah Lampung sebagai kasus yang akan dikaitkan dengan judul makalah ini. Pelanggaran sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa” dapat terlihat dari perilaku perampokan yang berani mengambil secara paksa harta yang bukan menjadi hak mereka. kita sebagai rakyat Indonesia haruslah saling menjalin kerukunan. Dengan merampok atau mencuri kemiskinan moral-lah yang akan bertambah. . bukan mencuri atau merampok. Dengan perhatian dari “si kaya” kepada “si miskin”. bukan dengan mengambil hak orang lain atau cara-cara yang tidak dibenarkan. Sudah sangat jelas bahwa Tuhan mengajarkan manusia untuk berikhtiar mencari harta atau sesuap nasi dengan cara yang halal. menghormati hak-hak dan menjalankan kewajiban yang harus dipenuhi antar sesama manusia. Kemiskinan dapat diatasi dengan berusaha.

Pancasila yang berfungsi sebagai ideologi bangsa dan negara seharusnya menjadi ide. tentunya kriminalitas seperti ini dapat dihindari. gagasan atau keyakinan.Belajar dari kasus ini. Jika kita memiliki satu ide. gagasan atau keyakinan setiap rakyat Indonesia. Oleh karena itu makna Pancasila harus benar-benar dipahami oleh seluruh rakyat Indonesia agar tercipta ketertiban nasional. .

Kesimpulan B.BAB IV PENUTUP A. Saran .

DAFTAR PUSTAKA Fahri.isomwebs. Maret 30. 2011.pdf 2012. Illa. Maret 30. Perampok Mini Market di Lampung Terekan CCTV.com/read/newsvideo/2012/03/23/147703/Perampok-Mini-Marketdi-Lampung-Terekam-CCTV/9 Nishom. http://elearning.metrotvnews. 2012. M. . http://www. Makalah Pancasila sebagai Ideologi Pandangan Hidup Bangsa Indonesia.id/docmodul/pendidikan_pancasila/bab4pancasila_sebagai_ideologi. Maret 30.ac. 2012. 2012.com/2011/makalah-pendidikan-pancasila-pancasilasebagai-ideologi-pandangan-hidup-bangsa-indonesia/ Pancasila Sebagai Ideologi.gunadarma. http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful