SEBUAH POTENSI YANG DIMILIKI LIMBAH BAB I PENDAHULUAN A.

Latar belakang Pada zaman sekarang ini,kebanyakan peternak di Indonesia sering melihat kotoran hewan khususnya kotoran sapi hanya sebagai limbah ternak, dan di biarkan begitu saja hingga kembali menjadi tanah.Bagi orang orang yang tidak berpikir betapa bernilainya kotoran sapi tersebut,mereka hanya membuangnya begitu saja tanpa memperhatikan dampak dan keuntungan dari kotoran sapi tersebut. Di era globalisasi ini juga,seperti yang kita ketauhi bahwa peristiwa global warming sedang dialami oleh seluruh Negara di dunia,termasuk di Indonesia .Faktor yang menyebabkan global warming,diantaranya yaitu pembuangan kotoran,bangkai hewan, dan pembuangan sampah sembarangan yang menghasilkan karbondioksida ( yang dapat pula merusak lapisan ozon bumi) dan juga bau yang tidak sedap dan sudah pasti dari peristiwa tersebut dapat mengkibatkan terjadinya pencemaran lingkungan. Salah satu siasat untuk memperkecil dampak global warming yaitu dengan mengurangin pembuangan kotoran hewan maupun sampah (limbah) yang sembaranga.Dan alangkah lebih baiknya jika kita mengolahnya menjadi bahan atau paroduk yang dapat di manfaatkan.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas,muncul permasalahan sebagai berikut. 1. Bagaimana cara memproses kompos dan sampah organik ? 2. Apa keuntungan dari memproses kompos dan sampah organik?

1

penelitian ini bisa di jadikan sebagai pelajaran dan bisa di manfaatkan sebaik mungkin. Bagi para pengrajin. Tujuan Sesuai dengan permasalahan diatas. 3. 2 .pendaur ulangan barang bekas ini sangat berguna. Mengetahui manfaat dari memproses kompos dan sampah organik D.C. Bagi peneliti.pendaur ulangan ini bisa di manfaatkan sebagai peluang usaha. Bagi para ibu rumah tangga.tujuan yang dapat kita capai dalam penelitian ini adalah : 1. 2. Bagi lingkungan. Manfaat Penilitian 1.pendaur ulangan ini bisa mengurangi penumpukkan sampah di TPS yang bisa mengurangi dampak global warming.yaitu supaya tidak menumpuk barang bekas yang tidak bermanfaat. Mengetahui cara memproses kompos dan sampah organik 2.

Pengecekan suhu harus di lakukan secara rutin selama pengomposan.BAB II LANDASAN TEORI A. suhu dan kelembapan harus di perhatikan. dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse. 3 .Pengomposan adalah salah satu strategi pengelolaan sampah organik yang terdiri atas kegiatan pemilahan. dan prosesnya diantaranya sebagai berikut: 1.Beberapa saat kemudian mengangkatnya kembali. Apabila tongkat kayu terasa lembab dan hangat berarti pengomposan berjalan dengan baik. andRecycle).Namun apabila sebaliknya maka harus di tambahkan air. Siapkan bak penampungang denga ukuran 1x1 m atau dapat juga menggunakan drum 2. Proses pengomposan kotoran ternak dan sampah organic dapat menghemat 95% energi dan mengurangi polusi udarasebanyak 95% jika dibandingkan dengan membeli pupuk yang mengguanakan bahan kimia dan juga tidak ekonomis. Sampah organic di potong kecil-kecil. Pengomposan adalah sesuatu yang luar biasa yang bisa didapatkan dari sampah. Caranya dengan menusuk tongkat kayu ke dalam tumpukan sampah tadi. pemrosesan. pengumpulan. bekas. 4. 3. Selama pengomposan. Reduce. Penghematan yang cukup besar pada energi juga didapat dengan pengomposan kotoran hewan ternak dan sampah organik. Pembuatan Kompos (Pengomposan) Pembuatan Kompos adalah proses untuk menjadikan suatu bahan atau sampah organik yang sudah mengalami pembusukan oleh bakteri-bakteri pembusuk. pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai. 5. Buat tumpukan sampah organik yang sudah di potong-potong dan kotoran hewan ternak yang sudah diencerkan dengan airdalam posisi berselang-seling (sampah organik-kotoran ternak-sampah organik dan seterusnya) Buat tumpukan sampah organik dan kotoran ternak sampai ketinggian kurang lebih 1 meter(2/3 drum) Setelah itu dapat juga ditambahkan pengaktif kedalam tumpukan sampah tadi untuk mempercepat pengomposan.

2. 5. D. 7. 3. Membuat catatan sebagai hasil penelitian 4 . C. Mengumpulkan kotoran hewan ternak Mengumpulkan sampah organik Menyediakan peralatan yang di perlukan untuk memudahkan proses pengomposan. 4. 6. B. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian di laksanakan di Lamlagang tanggal 25 Nov-10 Des 2011.BAB III METODE PENELITIAN A. Instrumen Peneletian Instrument penelitiannya yaitu memproses pengomposan. 1. Mencampur sampah dengan kotoran ternak secara berselingan. Prosedur Penelitian Prosedur penelitian menggunakan langkah-langkah sebagai berikut. Subjek Penelitian Subjek penelitian adalah kotoran ternak (Sapi) dan sampah organik. Melakukan pengecekan suhu dankelembapan secara rutin. Memperhatikan tempat penyimpanan kompos tersebut.

membuat kompos yang sangat di butuhkan petani. Intinya bisa mempunyai nilai tambah bila diolah dengan benar dan bernilai ekonomi tinggi dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan dengan pemanfaatan limbah organik dan kotoran hewan.Karena dari proses saja kita dapat melihat kealamiannya. B. Sampah organik maupun kotoran hewan bisa jadi sumber penghasilan jika kita jeli melihatnya.BAB IV HASIL PENELITIAN A. 2.proses pengomposan ini bisa menjadi pekerjaan anda yang dapat menghasilkan uang pula. Cara memproses sampah organik dan kotoran ternak Langkah awal mengolah sampah organik dan kotoran ternak adalah sebagai berikut : 1. Saat ini kompos yang diproses sendiri lebih bagus kualitasnya dari pada kompos yang di jual di ri pada harus membeli kompos di pasaran. Buat tumpukan sampah organik yang sudah di potong-potong dan kotoran hewan ternak yang sudah diencerkan dengan airdalam posisi berselang-seling (sampah organik-kotoran ternak-sampah organik dan seterusnya) 4. Disamping tidak ekonomis juga tidak alami. Selain itu. Tahukah anda dari Sampah organik dan kotoran hewan tersebut ternyata menyimpan potensi peluang usaha. 3. ibu rumah tangga atau masyrakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Dengan membuat produk dari pengomkompos sehingga dapat mengurangi sampah yang dibuang ke lingkungan. Siapkan bak penampungang denga ukuran 1x1 m atau dapat juga menggunakan drum bekas. Manfaat membuat kompos bagi masyarakat Manfaat dri pembuatan kompos . salah satunya adalah sebagai peluang usaha. Setelah itu dapat juga ditambahkan pengaktif kedalam tumpukan sampah tadi untuk mempercepat pengomposan. Sampah organic di potong kecil-kecil. kita secara tidak langsung turut mendukung program kampanye “GO GREEN” yang saat ini sedang gencar digalakkan oleh berbagai kalangan. Buat tumpukan sampah organik dan kotoran ternak sampai ketinggian kurang lebih 1 meter(2/3 drum) 5.para peternak. 5 . Selama ini limbah tersebut kita anggap benda-benda yang tidak bernilai biasa kita buang begitu aja atau kita biarkan begitu saja hingga terurai sendiri.

2. Saran Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 6 . B. Sampah organik dan kotoran ternak ternyata banyak manfaatnya. Peneliti dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai kajian awal untuk melakukan penelitian lebih lanjut dan lebih baik.seperti mengurangi dampak dari global warming.dapat di simpulkan sebagai berikut.melatih kekreatifitasan seseorang. dedaunan yang gugur. Kesimpulan Berdasarkan permasalahan dan hasil penelitian di atas. 1. 3. 2. Kotoran hewan ternak yang bau ternyata memiliki nilai jual juka kita mau mengolahnya. Para peternak yang kotoran hewan ternaknya di biarkan begitu saja.menjadi peluang usaha. 1.BAB V PENUTUP A. ternyata dapat kita manfaatkan dam pembuatan kompos dari pada terbuang begitu saja. Sampah organik serperti bekas bungkus nasi. 3. Para ibu rumah tangga dapat memanfaatkan penelitian ini untuk mengolah sampah rumah tanggnya berserakan di sekitar rumah.

wikipedia.info-airin.web. 7 .html http://onlinebuku.com/2009/01/20/pengolahan-limbah-plastik-dengan-metode-daur-ulangrecycle/ http://justitia.Tedy Setyadi Permana GRAFINDO MEDIA PRATAMA.com/2008/02/15/cara-mudah-daur-ulang-kertas-bekas/ http://galeriukm.id/unit-usaha/handicraft/kerajinan-sampah-plastik Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI .wordpress.com/berita/tangerang-selatan/520-hj-airin-daur-ulang-sampah-bermanfaatsecara-ekonomi-dan-ekologi-sekaligus.DAFTAR PUSTAKA http://en.org/wiki/Special:Search?search=daur+ulang&sourceid=Mozilla-search http://www.

LAMPIRAN 8 .

9 .

10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful