You are on page 1of 6

Selasa, Januari 06, 2009

Modifikasi Huruf Dengan Photoshop
Salam, Dalam tutorial photoshop kali ini aku akan memberikan panduan untuk memodifikasi huruf yang kita tulis melalui photoshop. Mungkin kamu bosan melihat jenis font di komputermu yang itu-itu saja. Nah, dengan panduan ini kamu bisa mengkreasikan huruf sesuai kemauanmu. Dasarnya, kita akan memodifikasi work path(kerangka) yang sebelumnya dihasilkan melalui huruf yang kita tulis, kemudian setelah itu work path yang telah dibentuk ulang kita ubah menjadi vector mask(gambar). Misalkan kamu ingin membuat sebuah poster, kamu bisa menerapkan tutorial ini. Berikut panduan / tutorial modifikasi huruf dengan photoshop:

Menyiapkan Work Path
1. Tulislah kata yang ingin kamu modifikasi menggunakan Horizontal Type Tool. Kalau aku menuliskan kata "indonesia" sebagai contoh.

2. Setelah ditulis, klik kanan teks dengan Horizontal Type Tool hingga muncul popup menu dan pilih Create Work Path.

1

dan work path-mu siap dimodifikasi.3. Modifikasi Work Path 1. Untuk memodifikasi work path gunakan Convert Point Tool. Kemudian akan muncul work path dipinggir tiap huruf. pilih Convert Point Tool. Pilih layer baru yang kamu buat. 4. Lalu buat layer baru dan hilangkan simbol mata pada layer teks yang kamu buat. 2 .

dengan ulangi langkah 3. Bayangkan bentuk yang kamu inginkan dan kemudian mulailah membentuk dengan memilih poin (ditandai dengan berubah menjadi kotak hitam) dan menggesernya. Kumulai dengan huruf pertama yaitu "i". kotak kecil itu adalah poin yang membentuk work path. 4.2. 3. Tips: Tahan tombol Shift untuk memilih poin lebih dari satu. Teruskan ke huruf selanjutnya. pilih huruf "i" maka akan muncul kotak-kotak kecil pada tiap sudut. Untuk menghapus poin. gunakan tombol Delete. Mulai modifikasi. 3 . Kali ini aku akan mengubah bentuk huruf "o" dengan memilih beberapa poin sekaligus pada huruf "o" dan menghapusnya. 5.

Masih menggunakan Pen Tool.6. Dengan cara memilih Pen Tool. Setelah semua workpath(kerangka) setiap huruf diubah kini saatnya mengubahnya menjadi vector mask(gambar). 7. Menjadikan Work Path Sebagai Gambar 1. Dan aku akan menambahkan workpath baru pada bagian yang telah kuhapus sebelumnya. Kemudian memilih ujung workpath yang kuhapus lalu meng-klik ujung satunya lagi dengan begitu akan tercipta work path baru. 4 . klik kanan work path hingga muncul popup menu dan klik Create Vector Mask.

Setelah diubah menjadi gambar vektor. 2. kita harus memberi warna. Memberikan Warna Pada Gambar Vektor 1. 5 . Karena vector mask seperti artinya hanyalah jiplakan dari workpath. Gunakan Paint Bucket Tool untuk memberi warna.2. 3. Bila workpath sudah berubah menjadi gambar vektor maka layer akan berubah menjadi sesuai di ilustrasi dibawah ini. Pilih warna yang kamu mau. Maka gambar telah selesai dibuat dan siap dipakai untuk keperluan apa saja. dan klik gambar dengan Paint Bucket Tool.

Contoh lainnya: 6 .Setelah semua tahapan selesai dilaksanakan. berikan efek pada gambar yang telah dibuat agar lebih menarik. Dan berikut adalah gambar perbandingan huruf sebelum dan sesudah dimodifikasi.