P. 1
Mindset

Mindset

|Views: 21|Likes:
Published by Pustaka Hanan

More info:

Published by: Pustaka Hanan on Apr 11, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/17/2013

pdf

text

original

MINDSET

Sumber buku : “Mindset” karangan Carol S. Dweck, PhD

Oleh : Saktiyono B. Purwoko, S.Psi

Suatu hari, Anda memasuki kelas yang benar-benar penting. Anda sangat menyukai pelajaran ini. Sang guru mengembalikan nilai ujian kepada para siswa. Anda mendapat nilai 5. Anda sangat kecewa. Sore harinya dalam perjalanan pulang ke rumah, Anda terserempet motor hingga badan lecet-lecet. Lantaran benar-benar frustrasi, Anda menelepon teman terbaik Anda untuk membagi pengalaman ini, tetapi ia menolak.

Apa yang Anda pikirkan? Apa yang Anda rasakan? Apa yang akan Anda lakukan? .

setiap orang membenciku. Aku merasa tidak berguna dan bodoh. Guruku sentimen padaku. Tidak ada hal baik yang pernah terjadi padaku.Reaksi Fixed Mindset         Aku gagal total. Aku seorang idiot dan pecundang. setiap orang lebih baik daripada aku. . Hidupku menyedihkan. Hidup ini tidak adil dan seluruh usahaku sia-sia. Tidak ada yang mencintaiku.

lebih berhati-hati dalam perjalanan dan menelepon temanku untuk mengatakan kepadanya bahwa kemarin itu pikiranku kacau. .Reaksi Growth Mindset   Aku akan mencari kesalahan pada ujianku. atau belajar dengan cara yang berbeda untuk tes berikutnya di kelas. Aku akan mulai berpikir tentang belajar lebih keras. Aku memutuskan untuk melakukan yang lebih baik. aku akan lebih berhati-hati dalam perjalanan. dan aku akan mengerjakan segala hal bersama teman terbaikku saat kami bicara lagi nanti.

.Fixed Mindset vs Growth Mindset   Membuat Anda prihatin dengan bagaimana Anda akan dinilai. Kesuksesan berarti membuktikan bahwa Anda cerdas atau berbakat.   Membuat Anda fokus dengan upaya peningkatan diri. Kesuksesan berarti mengembangkan diri Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Mendapatkan nilai jelek.Fixed Mindset vs Growth Mindset   Kegagalan berarti kemunduran. atau ditolak. kalah dalam pertandingan. Anda belum memenuhi potensi Anda. . Artinya.   Kegagalan berarti belum berkembang. Mendapatkan nilai jelek. kalah dalam pertandingan. Artinya. dipecat. dipecat. Anda tidak cerdas atau berbakat. atau ditolak.

Fixed Mindset vs Growth Mindset   Usaha merupakan hal buruk. Jika Anda memang cerdas dan berbakat. berarti Anda tidak cerdas atau berbakat. . Anda tidak membutuhkan usaha.  Usaha adalah sesuatu yang membuat Anda cerdas atau berbakat.

.

.

metode yang tepat. pelatihan. dan yang terpenting. penilaian kita. .Pendapat Para Ahli Tentang Kecerdasan   Alfred Binet. 1975). kita dapat meningkatkan perhatian kita. “Dengan praktik. memori kita.dan tentu saja menjadi lebih cerdas daripada sebelumnya” (Binet. pencipta tes IQ : Percaya bahwa pendidikan dan latihan dapat menciptakan perubahan-perubahan fundamental dalam inteligensi manusia.

ilmuwan ahli saraf terkemuka : “Sebenarnya gen dan lingkungan tidak sekadar bekerja sama seiring dengan perkembangan kita.Pendapat Para Ahli Tentang Kecerdasan  Gilbert Gottlieb. 1995). . tetapi gen juga membutuhkan masukan dari lingkungan untuk dapat bekerja secara tepat” (Gottlieb.

Pendapat Para Ahli Tentang Kecerdasan  Carol S. 2007). Ada proses memberi dan menerima yang terus berlangsung di antara keduanya” (Dweck.D. gen atau lingkungan. profesor psikologi Stanford University : “Sebagian besar pakar sepakat bahwa kecerdasan bukanlah sifat bawaan (nature) atau hasil binaan (nurture). Dweck. . Ph.

kelompok F dan G. mereka dipuji. Kemudian dibagi dua kelompok.Penelitian pada Remaja Awal    Pertama-tama setiap pelajar diberi sepuluh soal yang cukup sulit berupa tes IQ nonverbal. dan begitu mereka selesai. Hampir semuanya dapat mengerjakan soal-soal ini dengan sangat baik. .

kamu mendapat nilai delapan tepat. kamu mendapat nilai delapan tepat. Itu nilai yang benar-benar bagus.Penelitian pada Remaja Awal   Kelompok F dipuji karena KEMAMPUAN mereka. Di katakan: "Wow.“ Kelompok G dipuji karena USAHA mereka: "Wow." . Itu nilai yang benarbenar bagus. Kamu pasti sudah benar-benar berusaha keras. Kamu pasti cerdas dalam hal ini.

mereka mulai berbeda. setelah mendapat pujian tersebut. Tetapi. kedua kelompok tersebut benar-benar sama. .Penelitian pada Remaja Awal  Pada awalnya.

mereka menolak tugas baru yang menantang. Ketika diberi pilihan tertentu.Penelitian pada Remaja Awal    Pujian terhadap KEMAMPUAN pada kelompok F telah mendorong para pelajar masuk ke Fixed Mindset. di mana sebenarnya mereka bisa mendapatkan pelajaran darinya. Mereka tidak ingin melakukan apa pun yang dapat membeberkan kekurangan-kekurangan mereka serta meragukan bakat mereka. .

Penelitian pada Remaja Awal   Pujian terhadap USAHA pada kelompok G telah mendorong para pelajar masuk ke Growth Mindset . . Ketika para pelajar tersebut dipuji karena USAHA-nya. 90% dari mereka menginginkan tugas baru yang menantang sehingga mereka dapat mengambil pelajaran darinya.

. kelompok F maupun G diberi beberapa soal baru yang sulit. yang tidak dapat mereka kerjakan dengan baik.Penelitian pada Remaja Awal  Kemudian.

bahkan ketika diberi beberapa soal yang lebih mudah. Karena kehilangan kepercayaan pada kemampuan sendiri. mereka bekerja lebih buruk daripada saat mereka mulai. penampilan kelompok F merosot tajam. .Penelitian pada Remaja Awal   Setelah mengalami kesulitan.

. Mereka menggunakan soal-soal yang sulit untuk mengasah keterampilan mereka sedemikian rupa sehingga ketika mereka kembali ke soal-soal yang lebih mudah. mereka sudah selangkah lebih maju. kelompok G yang berusaha keras menunjukkan penampilan yang semakin baik dan semakin baik.Penelitian pada Remaja Awal   Sedangkan.

sama sekali tidak bisa bermain golf ketika masih kanak-kanak. gagal menjalani kursus fotografi pertamanya. pernah dinasihati untuk berhenti karena dianggap tidak berbakat.  Fotografer Cindy Sherman.Fakta  Ben Hogan.  Geraldine Page. salah seorang pemain golf terbesar sepanjang sejarah. yang selama ini dimasukkan dalam daftar seniman terpenting abad kedua puluh. salah seorang aktris terbesar. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->