Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti, absobsi

, transportasi, penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal dari organorgan, serta menghasilkan energi

dan konsumsi terhadap barang dan jasa. .Ekonomi adalah merupakan salah satu ilmu social yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi. distribusi.

.Kemiskinan memiliki hubungan yang timbal balik dengan gizi ini menyatakan bahwa. kemiskinan merupakan penyebab pokok atau akar masalah gizi kurang. sementara itu kurang gizi pada anak akan berlanjut hingga dewasa akan berpotensi sebagai penyebab kemiskinan melalui rendahnya prestasi pendidikan pada sekolah dan rendahnya produktivitas pada sat mereka bekerja. Kemiskinan juga menjadi penyebab bagi keluarga dalam memperoleh akses terhadap pelayanan kesehatan . Proporsi anak gizi kurang berbanding terbalik dengan pendapatan. Makin kecil pendapatan penduduk. Makin tinggi pendapatan makin kecil prosentase anak yang kurang gizi. makin tinggi prosentase anak yang kekurangan gizi.

Keberhasilan pembangunan sangat ditentukan oleh ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu SDM yang memiliki fisik yang tangguh. . mental yang kuat. kesehatan yang prima serta cerdas dan bukti empiris menunjukkan bahwa hal tersebut sangat ditentukan oleh status gizi yang baik.

Secara nasional.•Produk pangan merupakan industry massal Sector pangan merupakan sumber kehidupan dan penghidupan yang merupakan industry massal yang melibatkan banyak orang. baik di bidang produksi. . pertanian tanaman pangan menyumbang sekitar 19% dari pendapatan domestic bruto (sumbangan terbesar diantara 16 jenis lapangan industri). pengolahan dan distribusi.

02% dimana 27.Pangan dikonsumsi oleh semua golongan/lapisan masyarakat Indonesia. .32% dari total pengeluaran adalah untuk bahan pangan pokok: padi-padian dan hasilnya. Pangan merupakan bagian yang cukup besar dari penegeluaran rumah tangga miskin di Indonesia. Pengeluaran tersebut mencapai rata-rata 72.

Kelompok masyarakat yang tergolong beruntung .Kelompok masyarakat yang kehidupannya sulit.

Dalam pengolahannya harus selektif agar tidak kehilangan sebagian zat gizi terutama vitamin. .Kandungan Gizi. Penanganan pangan yang masih belum mencapai taraf yang diinginkan karena banyaknya bahan makanan hasil panen yang telah rusak saat penyimpanan ataupun pengangkutan. kandungan gizi setiap produk pangan berbeda-beda. Penyimpanan bahan makanan harus memenuhi syaratsyarat tertentu terutama bahan yang mudah rusak. Pengawetan pangan yang bertujuan agar bahan makanan dapat tahan lebih lama. Pengolahan Pangan.