P. 1
7408040720_m

7408040720_m

|Views: 32|Likes:
Published by Cris Tanto Ariey

More info:

Published by: Cris Tanto Ariey on Apr 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2012

pdf

text

original

Makalah Proyek Akhir

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DI SMKN 2 SURABAYA BERBASIS JSP

NAILIL MUNA

NRP.7408040720

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER 2010

kenakalan siswa. dan pelanggaran yang dilakukan siswa. Pada Tugas Akhir ini dibuat Aplikasi yang membuat Aplikasi Sistem Informasi Manajemen BK(Bimbingan Konseling) di SMKN 2 Surabaya. Penyebarannyapun juga sangat cepat secara global dan tanpa adanya batasan waktu. untuk mendapatkan data yang digunakan bapak ibu guru dalam menentukan kenaikan kelas. Pada saat ini perkembangan teknologi informasi sangat cepat. Dengan mengetahui absensi siswa dapat dikorelasikan dengan keterlambatan. dan history pelanggaran siswa yang dikorelasikan dengan prestasi siswa. Penyebarannyapun juga sangat cepat secara global dan tanpa adanya batasan waktu. Dengan mengetahui absensi siswa keterlambatan. dan history pelanggaran siswa yang dapat digunakan oleh bapak ibu guru dalam menentukan kenaikan kelas. dan pembinaan terhadap peserta didik. dan juga orangtua dapat mengontrol kedisiplinan anaknya. Dalam hal ini yang dikelola adalah data absensi siwa. Hasil dari Proyek Akhir ini adalah mengetahui rekapitulasi absensi siswa. Tampilan untuk sistem ini dibuat menggunakan JSP(Java Server Page) dan menggunakan database MySQL. Tujuan dibangun sistem ini untuk mempermudah guru dalam mengontrol tingkat kedisiplinan siswa yang dikorelasikan dengan kenakalan siswa dan prestasi siswa. Tampilan untuk sistem ini dibuat menggunakan JSP(Java Server Page) dan menggunakan database MySQL sebagai pengolah data dan tempat penyimpanan data. dan pembinaan terhadap peserta didik. Dalam hal ini yang dikelola adalah data absensi siwa. serta prestasi siswa. Pada Tugas Akhir ini dibuat Aplikasi yang membuat Aplikasi Sistem Informasi Manajemen BK(Bimbingan Konseling) di SMKN 2 Surabaya. . Pekerjaan manusia banyak dibantu oleh teknologi komputer. Pekerjaan manusia banyak dibantu oleh teknologi komputer. kenakalan siswa dapat dikorelasikan dengan prestasi siswa.SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DI SMKN 2 SURABAYA BERBASIS JSP ABSTRAK BAB I PENDAHULUAN Pada saat ini perkembangan teknologi informasi sangat cepat. Tujuan dibangun sistem ini untuk mempermudah guru dalam mengontrol tingkat kedisiplinan siswa dengan mencatat absensi siswa. Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah mengetahui rekapitulasi absensi siswa.

WWW adalah jaringan dengan bribi-ribu komputer yang dikategorikan menjadi dua yaitu Client dan Server dengan menggunakan software khusus membentuk suatu jaringan yang disebut jaringan Client-Server. yaitu yang FreeSoftware dan Shareware. JSP sendiri lebih menitikberatkan pada aspek presentasi ketimbang aspek aplikasi. Bagaimana mengetahui data praktek industri siswa dan nilai dari hasil praktek industri sehingga sekolah tetap bisa memantau siswa meski tidak mengikuti pembelajaran di sekolah. akan dikompilasi terlebih dahulu menjadi servlet. MySQL yang kita pakai adalah yang FreeSoftware yang berada dibawah Lisensi GNU/GPL (General Public Licencse). MySQL memiliki dua model lisensi. yaitu software database yang berbentuk database relasional atau dalam bahasa basis data biasa disebut dengan Relation Database Manajement System (RDMS). multi user serta menggunakan perintah standar SQL. Untuk JSP. artinya MySQL merupakan sebuah database server yang free. jsp. konseling. meskipun proses ini tidak terlihat oleh kita. web server. Penjelasan berikit tentang www. Tujuan dari JSP adalah untuk lebih menyederhanakan penulisan servlet. dan melihat BAB II KAJIAN TEORI Bab ini akan menjelaskan teori-teori yang mendukung desain dan implementasi pada tugas akhir. Misalnya JSTL . menginterpretasikan informasi web. JSP merupakan perluasan dari teknologi servlet. Dalam JSP. yaitu file dengan ekstensi *. Dalam cara kerja dari WWW ada satu hal yang terpenting yaitu software web server dan software web browser. My Sql. Bekerja dengan Web mencakup bekerja dengan software Web Browser dan Software Web Browser. kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli lisensinya. Bagaimana menentukan tindak lanjut dari kasus yang dialamai siswa dengan menganalisa penyebab permasalahan siswa. Bahkan dalam perkembangannya sekarang JSP dapat saja tidak mengandung kode Java sama sekali. Bagaimana mengetahui tingkat kenakalan siswa dari data absensi siswa dan pelanggaran siswa guna sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas dari siswa tersebut. JSP sebelum dijalankan oleh server. 3. 2. yang mampu menerima dan mengirimkan datanya dengan sangat cepat. Keduanya bekerja seperti system client server dengan tugas sebagai berikut : Web browser sebagai client untuk MySQL adalah sebuah program database server.jsp.Permasalahan pada tugas akhir ini adalah: 1. layer presentasi boleh dikatakan terpisah dari logika aplikasi atau logika bisnis. Beberapa logika pemrograman Java dapat digantikan oleh tag library. kode Java dan HTML digabungkan dalam satu file.

bakat. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik. kelompok atau klasikal. sesuai dengan kebutuhan. kelompok atau klasikal sesuai dengan kebutuhan. Konseling merupakan layanan untuk peserta didik. BAB III PERANCANGAN SISTEM Pada bab ini akan dijelaskan tentang perancangan dan pembuatan dan implementasi dari sistem online pendaftaran tugas akhir dan penjadwalan sidang tugas akhir. Pelayanan konseling di SMK merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kreatifitas dan pengembangan karir. minat. Data Flow Diagram adalah sebuah rancangan aliran data yang terjadi pada proses-proses yang dirancang pada suatu sistem informasi. serta peluang-peluang yang dimiliki. serta peluang-peluang yang dimiliki. kehidupan sosial. Pada Sistem Manajemen Bimbingan Konseling ini data flow diagramnya sebagai berikut: Absen Siswa 1 Sistem Informasi Manajemen Bimbingan Konseling Nilai Prakerin Rekapitulasi Absensi History Pelanggaran Guru BK Tempat Prakerin Siswa Nilai Prakerin + Info Data Siswa Mengolah Data Admin Gambar DFD Level 0 . potensi. Sistem Informasi Manajemen BK(Bimbingan Konseling) di SMKN 2 Surabaya dimulai dengan perancangan sistem sampai dengan implementasinya yang menggunakan JSP My SQL.(Java Server Page Standar Tag Libray) dapat mengenali beberapa logika pemrograman seperti loop dan kondisional. perkembangan. dan perancangan karir. bakat minat. melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung bedasarkan norma-norma yang berlaku.pelayanan konseling menfasilitasi pengembangan karir peserta didik secara individual. Pelayanan konseling di SMK merupakan usaha membantu peserta didik dalam pengembangan kreatifitas dan pengembangan karir. secara individual. perkembangan. Pelayanan ini juga membantu mengatasi kelemahan dan hambatan serta masalah yang dihadapi peserta didik. baik secara perorangan maupun kelompok agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal. dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi. kondisi. potensi. Pelayanan konseling memfasilitasi pengembangan peserta didik. Desain proses merupakan tahap perancangan proses yang akan dilakukan oleh sistem sehingga mendapatkan informasi yang merupakan input ke sistem maupun output dari sistem dalam bentuk informasi. kondisi. kemampuan belajar.

Relasinya dapat dilihat dari Physical Design di bawah ini. guru dan jurusan. Adapun langkah-langkah desain database sebagai berikut: Relation_132 NIP Nama Alamat Jenis_Kelamin Bidang Study Gambar Conceptual Data Model ER Diagram Physical Design Physical design merupakan tahap akhir dari pembuatan Database Sistem Informasi Manajemen BK(Bimbingan Konseling) di SMKN 2 Surabaya dimana ini merupakan gambaran nyata dari database yang akan dibuat. Dimana terbentuk tabel pelanggaran. Berikut merupakan physical design dari Sistem Informasi Manajemen BK(Bimbingan Konseling) di SMKN 2 Surabaya. jenis penilaian. prakerin. .Ambil Data Siswa Simpan Data Siswa Siswa Simpan Data Kelas Kelas 4 Guru History Pelanggaran BK Manajemen Bimbingan Ambil Data Pelanggaran Konseling Pelanggaran Siswa Rekapitulasi Absen Relation_138 Relation_77 Admin Sisw a NIS Nama Alamat Jenis_Kelamin Relation_79 Tanggal_lahir Orangtua id_Orangtua Nama Alamat Status tinggal No tlp hubungan_orangtua Jurusan Nilai Prakerin Ambil Data Nilai 1 Simpan Data Nilai Prakerin Nilai Prakerin Simpan Data Jurusan Simpan Data Pelanggaran Proses Olah Nilai Prakerin Data engolah Data Ambil Data Prakerin Ambil Data Siswa Admin Guru BK Prakerin Id_prakerin Nama_industri Alamat_Industri Tgl_mulai Tgl_selesai Relation_81 Relation_80 Info Data Siswa Siswa 2 Absen Siswa Simpan Data Siswa Absen Siswa Input Absen Absensi Id_Absensi tgl keterangan jumlah Thn_Ajaran Semester History Pelanggaran Id_history Tgl_pelanggaran penanganan kesanggupan Penyebab_masalah Pencegahan_masalah keterangan Th_Ajaran Semester Jenis_Penilaian Id_Penilaian Jenis Relation_137 Pelanggaran id_pelanggaran Nama_pelanggaran Sanksi Relation_82 3 Tempat Prakerin Input Prakerin Siswa Data Prakerin Guru BK Nilai Prakerin id_nilai nilai Simpan Data Prakerin Jurusan id_jurusan nama_jurusan Guru Gambar DFD Level 1 Relation_83 Kelas id_kelas Nama_Kelas menempati Desain Database Dalam membuat aplikasi database diawali dengan perancangan konseptual design dengan ER Diagram kemudian dilanjutkan dengan mapping ke skema relasi dan kemudian desain fisik database dari sistem yang dibuat. nilai prakerin. sesuai dengan kebutuhan. kelas. absensi dan pelanggaran siswa. Dimana terbentuk tabel siswa yang direlasikan dengan tabel orangtua. Dimana ditunjukkan dalam bentuk entitas-entitas yang dihungkan berdasarkan relasinya.

nilai prakerin. Analisa Sistem Pada sub bab ini akan dibahas mengenai analisa sistem setelah sebelumnya dilakukan pengujian atas sistem yang sudah dibuat: 1. Ini adalah halaman admin setelah login: Prakerin Id_prakerin Nama_industri Alamat_Industri Tgl_mulai Tgl_selesai Relation_81 Relation_80 History Pelanggaran Id_history Tgl_pelanggaran penanganan kesanggupan Penyebab_masalah Pencegahan_masalah keterangan Th_Ajaran Semester Pelanggaran id_pelanggaran Nama_pelanggaran Sanksi Absensi Id_Absensi tgl keterangan jumlah Thn_Ajaran Semester Relation_82 Nilai Prakerin id_nilai nilai Relation_137 Jenis _Penilaian Id_Penilaian Jenis Jurusan id_jurusan nama_jurusan Guru NIP Nama Alamat Jenis _Kelamin Bidang Study Kelas Relation_83 id_kelas Nama_Kelas menempati Relation_132 Gambar 5. pelanggaran. Dari segi pengembangan Setiap aplikasi tentunya tidak hanya sebatas yang ada. Walau bagi kami hasilnya belum 100% seperti yang kami harapkan 2. Hasil dari pengujian adalah sebagai berikut: halaman admin akan menampilkan tampilan dimana di dalamnya dikelola data master dan data siswa. kelas. Pengujian Sistem Setelah melakukan perancangan sistem maka dilakukan implementasi sistem dan dilanjutkan dengan pengujian sistem yang dilakukan untuk mengetahui jalannya aplikasi.Relation_77 Relation_138 Sisw a NIS Nama Alamat Jenis _Kelamin Relation_79Tanggal_lahir Orangtua id_Orangtua Nama Alamat Status tinggal No tlp hubungan_orangtua data siswa antara lain absensi. jenis penilaian. Physical Data Model ER Diagram B.tempat prakerin. Dimana data master adalah data yang lebih statis tidak berubahubah seperti contohnya jurusan. Sedangkan siswa yang berhubungan dengan . melainkan bisa dikembangkan lebih powerfull untuk memenuhi BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA A. kami berusaha membuat sebagus mungkin seperti yang terlihat dari hasil capture pada masing-masing menu yang ada di sistem. Dari segi desain user interface Untuk desain tampilan sistem yang telah dibuat.

Implementasi Sistem Informasi Manajemen BK(Bimbingan Konseling) di SMKN 2 Surabaya pada bab sebelumnya maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. mengetahui absensi atau tingkat kehadiran siswa. Dari sistem informasi bimbingan konseling di SMKN 2 Surabaya masih dapat dikembangkan batasan-batasan masalah siswa selain dengan Management Akademik. yang mana dengan banyaknya siswa yang harus ditangani dengan terbatasnya guru BK maka akan sangat membantu untuk memberikan informasi tentang data siswa. Dari segi manfaat Dari segi manfaat bagi guru khususnya guru BK sangat membantu dalam memanagement siswa. Dimana seorang guru akan menangani beberapa kelas dengan sejumlah siswa. yang berhubungan dengan nilai siswa. 2. absensi.32. mata pelajaran. 2006. Akademik. Edi Winarko. Sistem ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru terutama di bagian Kesiswaan untuk DAFTAR PUSTAKA 1. Perancangan Database dengan Power Design 6. Dengan menggunakan metode yang tepat diharapkan akan mendapatkan hasil yang baik. BAB V PENUTUP KESIMPULAN Berdasarkan hasil dan analisa yang dilakukan terhadap Perancangan. adapun saran yang diberikan adalah sebagai berikut: 1. 4. maupun pelanggaran siswa. khususnya yang berhubungan dengan absensi. Siswa dapat mengetahui absensi masing-masing beserta pelanggaran-pelanggaran siswa tersebut SARAN Dengan melihat hasil dari kesimpulan diatas. pelangaran siswa. 2. Dari segi keakuratan data Data yang dimasukkan untuk diolah dalam sistem informasi bimbingan konseling di SMKN 2 Surabaya. 4. Sistem ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru untuk mengetahui absensi dan pelanggaran siswa guna sebagai salah satu pertimbangan untuk kenaikan kelas dan kelulusan siswa. Sistem informasi Bimbingan Konseling ini bisa dikembangkan lagi dengan nilai siswa.kebutuhan user dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Sistem ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru terutama di bagian Kesiswaan untuk mengetahui pelanggaran siswa dan tindak lanjut dari pelanggaran tersebut. 3. 3. Preatasi Pustaka Publisher. .

Pemrograman Database Java dengan JDBC.andipublisher.com 5. 3. 2004. Indrajini. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Skom. Wijono. www. Belajar Sendiri Administrasi Database Server MySQL. Andi offset. Jakarta:Penerbit PT Elex Media Komputindo. HM. Ramakrishnan.”database Management System”. 2009. 2002. Elex Media Komputindo. Pemrograman Java dan JSP dengan NetBeans Informasi. 2006. 7. . Jogiyanto. Budi Sutedjo Dharma Oetomo. Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Bunafit Nugroho. 10. 2000. Isak Rickyanto. 6. Sri Hartati. Database Relasional dengan MySQL. Didik Dwi Prasetyo. Yogyakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.2000 9.2. Sistem Basis Data dalam Paket Five in One. Yogyakarta. Andi Yogyakarta. Andi Yogyakarta. 8.McGrow Hill. Andi Yogyakarta. 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->