PEMETAAN SOSIAL A. POTENSI UMUM Desa Kertajaya terletak di kecamatan Pasawahan, kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Desa Kertajaya memiliki jumlah penduduk sebanyak 4.071 orang yang terdiri dari jumlah laki-laki sebanyak 2.087 orang dan perempuan sebanyak 2.034 orang dengan jumlah 1.276 kepala keluarga. Wilayah Desa Kertajaya dibatasi oleh: Sebelah Utara : Kecamatan Sindangkasih Sebelah Selatan : Desa Sawah Kulon Sebelah Timur : Desa Lebak Anyar Sebelah Barat : Parakan Lima Luas wilayah menurut penggunaan: Pemukiman – 47.507 ha Sawah irigasi teknis – 81.478 ha Tegal ladang – 15.180 ha Tanah bengkok – 2.040 ha Sawah desa – 20.020 ha Lapangan olahraga – 2.020 ha Usaha perikanan – 20.200 ha Dilihat secara umum, topografi desa Kertajaya adalah dataran rendah. Orbitasi : Jarak Desa Kertajaya ke Kecamatan Pasawahan : 1 km Jarak Desa Kertajaya ke Kabupaten Purwakarta : 3 km Jarak Desa Kertajaya ke Propinsi Jawa Barat (Bandung) : 70 km Jarak Desa Kertajaya ke Ibukota Negara (Jakarta) : 120 km Desa Kertajaya terdiri dari 8 RW dan 23 RT yang terbagi atas 4 dusun, yaitu: a. Dusun I : Gang Adung b. Dusun II : Gang Benteng

Karang Taruna. Dusun III : Ciareuteun d. Dalam melayani kebutuhan masyarakat tersebut. B. Selain itu. dan IV. SKTM. Desa Kertajaya terletak dalam 251 m diatas permukaan laut dan mempunyai suhu ratarata sebesar 23 derajat celcius. Bendahara Desa. Kelompok Tani. Sumber Daya Manusia di Kertajaya cukup berpotensi untuk mendukung pelaksanaan program dan kegiatan desa yang membutuhkan partisipasi masyarakat desa . Tata administrasi di Desa Kertajaya sudah tersusun dengan baik yang berlandaskan asas kekeluargaan. dan Pengusaha Besar. dan sebagainya). Kepala Desa juga mempunyai hubungan kerjasama dengan mitra lainnya seperti Lembaga Pemberdayaanan Masyarakat (LPM). kantor balai desa telah dilengkapi oleh fasilitas berupa seperangkat komputer. Polri. TATA PEMERINTAHAN Pemerintahan desa dilaksanakan oleh Kepala Desa (badan eksekutif desa) yang dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh perangkat desa lainnya yang terdiri dari Sekretaris Desa. dan kamera digital. Pelayanan yang diberikan oleh perangkat desa dalam memenuhi kebutuhan masyarakat berupa pengurusan dokumen-dokumen (KTP. pegawai negeri sipil. III. TNI. Kepala Dusun I. Selain itu. di desa ini juga bermata pencaharian sebagai montir.II. Dusun IV : Bongas Di desa Kertajaya ini sebanyak 882 keluarga menjadikan pertanian sebagai mata pencahariannya. yang terdiri dari 806 keluarga yang mempunyai lahan pertanian sendiri dan 76 keluarga yang tidak mempunyai lahan pertanian sendiri. Dosen Swasta.c. Badan Kesejahteraan Masyarakat (BKM). Bidan dan Kader. dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Jenis populasi ternak yang ada di desa ini adalah: Kerbau – 4 orang sebanyak 8 ekor Ayam kampung – 69 orang sebanyak 650 ekor Bebek – 4 orang sebanyak 30 ekor Domba – 14 orang sebanyak 70 ekor Angsa – 2 orang sebanyak 10 ekor Mata pencaharian pokok di desa Kertajaya ini mayoritas berpencaharian sebagai buruh tani. printer. dan karyawan perusahaan swasta. KK.

PEMETAAN SOSIAL DESA KERTAJAYA KECAMATAN PASAWAHAN KABUPATEN PURWAKARTA Disusun Oleh: Muhammad Billal Sabillal 120310080034 Suryaning Bawono 120310090170 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PADJADJARAN 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful