PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER

Dari keterangan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa data tersebut merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih mempunyai arti. kondisi.. Data yang diolah di sini bisa berupa dokumen. Setelah dilakukan pengolahan. bagan. Kegiatan catat mencatat inilah yang sekarang disebut orang dengan istilah DATA PROCESSING. Pada saat ini kegiatan Data Processing ini sudah makin luas.. situasi. Jadi data tersebut bisa berupa kartu pegawai. ide. surat. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau hasil proses dari Data tersebut.2. tergabung dan disusun sesuai dengan kebutuhan dari pemakai data. daftar persediaan barang. PENGERTIAN DATA DAN INFORMASI Kegiatan pengolahan data sudah dimulai sejak dahulu sejalan dengan perkembangan sistem catat mencatat. perusahaan atau pemerintahan. [ INFORMASI ) 14 . sehingga data yang diolahpun akan bermacam-macam jenisnya sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut. masalah waktu. maka sifat data akan berubah sehingga bertambah kegunaannya yang dapat dipakai untuk suatu tujuan tertentu atau untuk analisis dan pengambilan keputusan. Hal ini terjawab oleh kemajuan teknologi manusia dengan diciptakannya KOMPUTER sebagai alat pengganti tersebut. objek dll yang bisa kita tata. DA_T_A_~)I---__ ... grafik. temp at dan fungsinya.1. absensi murid dan lain sebagainya. Kegiatan catat mencatat ini dilakukan diberbagai bidang pekerjaan baik oleh perorangan. Dengan semakin bertambahnya jumlah dan arti Data bagi manusia maka mereka berusaha untuk membuat alat yang dapat menggantikan manusia dalam hal catat mencatat atau administrasi ini. daftar mahasiswa.. Biasanya inforrnasi terdiri dari "Selected Data" yaitu data yang terpilih. [. yaitu disaat kegiatan manusia sudah semakin banyak sehingga sukar bagi manusia untuk mengingatnya. baik dalam kegiatan yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan. catatan pemakai listrik. daftar penjualan barang.[PENGOLAHAN ) -_. kata.. komersillbisnis maupun kegiatan pemerintahan.

3.Proses perubahan dari data menjadi infonnasi merupakan fungsi utama dari pengolahan data. b. rnisalnya secara Manual dengan menggunakan alat hitung sempoa. Produktivitas dapat ditingkatkan dalam pengertian : a. Jika ditinjau dari segi Fungsionil. 2. secara elektris dengan menggunakan mesin hitung listrik atau dengan cara electronis dengan menggunakan komputer. Dengan mempergunakan komputer kesanggupan mengolah data atau memecahkan masalah akan lebih besar dengan mutu yang lebih baik. Hasil atau OUTPUT yang diinginkan dan akan dipergunakan untuk melakukan tindakan-tindakan selanjutnya. agar pekerjaan bisa diselesaikan secara baik dan effisien.2. Dengan mempergunakan Komputer. Dengan mempergunakan Komputer sebagai Pengolah Data atau pemecahan suatu masalah dapat lebih cepat terselesaikan.ic__ 1 PROCESS 1------( OUTPUT!I 15 . Komputer itu bisa kita anggap sebagai pelaksana tugas.. Prosedur Pengolahan atau Prosessing yang telah direncanakan. c. pengolahan data atau pemecahan masalah dapat dilaksanakan lebih teliti dan lebih efektif. PENGOLAHAN DATA DENGAN KOMPUTER Komputer adalah mesin pengolah data yang diciptakan manusia dengan tujuan memberikan jalan untuk mempertinggi produktivitas. Kumpulan data atau INPUT yang akan diolah. / DATA . Cara pengolahan data menjadi infonnasi terse but bisa bermacammacam. maka pengolah data hams ada paling sedikit 3 (tiga) persyaratan yaitu : I. 2. secara mekanis dengan menggunakan Register.

haruslah disampaikan kepada pelaksana tugas melalui alat perantara (media). Untuk pemecahan masalah tersebut harnslah tersedia datanya. 1. 2. Komputer sebagai pelaksana tugas dapat menerima instruksi dengan bahasa yang dapat dimengerti olehnya. ALAT PERANTARAATAU INPUT MEDIA Instruksi yang sudah dinyatakan dalam bahasa tersebut di atas. instruksi tersebut bisa kita sampaikan dengan lisan atau dengan suatu tulisan yang bisa dimengerti oleh pelaksana tugas tersebut. INSTRUKSI TAU PROGRAM A Bagaimana pemecahan persoalan. 3. PROBLEMA DAN DATA Proses pelaksanaan tugas baru timbul. PL-l. COBOL. 4.Mesin komputer sebagai Pelaksana tugas tidak jauh berbeda dengan manusia yang juga sebagai pelaksana tugas. dan bagaimana pelaksanaan tugas pemecahan problemanya supaya diperoleh hasil yang diinginkan. Alat perantara 16 . Jika si pelaksana tugas tersebut adalah Komputer. ALCCL. BASIC. hendak diapakan Data terse but harus dijelaskan pada pelaksanaan tugas. PASCAL dll. BAHASA PEMROGRAMAN (PROGRAMMING LANGUAGE) Dalam memberikan instruksi ini harnslah disampaikan dalam suatu bahasa. bisa berupa : FORTRAN. Dengan perkataan lain harns ada instruksi yang menegaskan tentang hendak diapakan Data tersebut. Bahasa-bahasa yang bisa dimengerti oleh Komputer. maka instruksi tersebut harns kita susun menjadi suatu PROGRAM yang disebut dalam suatu bahasa yang dapat diterjemahkan oleh Kompilator ke dalam bahasa mesin sehingga Komputer dapat mengerti. SNOBOL. jika ada tugas atau ada persoalan yang dikerjakan atau dipecahkan. Marilah kita tinjau pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh manusia dan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh Komputer. RPC. Untuk manusia sebagai pelaksana tugas.

Media input yang dikenal oleh komputer bisa berupa Punch-Card. Pengalaman yang banyak sangat berguna dalam penyelesaian tugastugas tersebut. 5. Dengan adanya Kompilator inilah komputer bisa mengerti akan instruksi yang kita berikan padanya. maka perlu dicarikan cara dan bagaimana jalan yang terbaik agar masalah tersebut bisa terselesaikan. Magnetic-Tape. Dalam bahasa komputer pentetjemah ini disebut Kompilator. Dalam komputer. LOGIKA & ARITMATIKA Dalam memecahkan suatu problema atau masalah. PENTERJEMAHATAU KOMPILATOR (COMPILER) Instruksi yang telah dinyatakan dalam bahasa dan disampaikan melalui media input tersebut harnslah dimengerti oleh pelaksana tugas. Dalam bahasa komputer daya ingat ini kita sebut MEMORI dari komputer tersebut. 6. Drum dll. 17 . Jika instruksi tersebut tidak dimengerti oleh pelaksana tugas. Jika instruksi kita tuliskan pada kertas. PENGALAMAN/LIBRARY Berhasil atau tidaknya pelaksanaan tugas biasanya tergantung dari pengalaman yang dimiliki. tetapi manusia dapat memanfaatkan buku-buku yang berisikan teori yang berguna dan bermanfaat. Begitu juga dengan komputer Library program yang besar. maka kertas tersebut kita sebut sebagai media input. Disk. kesanggupan otak ini sangat terbatas. 7. Bagi manusia sebagai pelaksana tugas. pengalaman tersebut dinamakan LIBRARY PROGRAM. sangat membantu kesanggupannya dalam memecahkan masalah. DAYA INGAT (MEMORy) Logika dan perhitungan aritmatika tersebut barn dapat dimanfaatkan dalam pemecahan masalah jika disertai dengan INGATAN yang kuat. Dalam pemecahan masalah ini biasanya diperlukan suatu Logika (logic) dan suatu perhitungan-perhitungan (arithmatic) yang diperlukan. 8. Cara berfikir yang logis dan daya ingat yang kuat sangat membantu dan mempermudah dalam penyelesaian suatu tugas. harnslah dicarikan pentetjemahnya.untuk: menyampaikan instruksi tersebut kepada pelaksana tugas inilah yang dimaksud dengan MEDIA.

Tanda bunyi dan lain-lain. maka hasil yang diperoleh juga tidak akan baik. Jika kita tidak bisa mengkoordinasikan seluruh unit ini dengan baik. KEMAMPUAN MENGKOORDINASI DAN SISTEM OPERASI Seperti kita ketahui bahwa kita sebagai unit pelaksana tugas. Biasanya pekerjaan tugas tersebut terbagi-bagi dengan unit lain yang berhubungan satu dengan lainnya. yaitu jika data yang diolah tidak sempurna atau salah. 2. lD. Supaya instruksi tersebut menjadi suatu program yang bisa dimengerti oleh komputer. maka instruksi tersebut hams dituliskan dalam bahasa program yang dapat diterjemahkan oleh kompilator. disebut PROGRAM. INSTRUKSI SERTA PROGRAM Instruksi adalah perintah kepada pelaksana tugas tentang apa-apa yang hams dikerjakan dan bagaimana pelaksanaan dari tugas yang diberikan. Untuk penyampaian hasil ini kepada si pemakai maka diperlukan suatu alat perantara yaitu OUTPUT MEDIA. 18 . Deretan instruksi untuk pelaksanaan tugas ini dalam istilah komputer.9. Output media dalam komputer bisa berupa : Kertas Printer. Operating system inilah yang akan mengkoordinasikan seluruh peralatan atau device yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari suatu sistem komputer. Tape VDU (Video Display Unit). peralatan serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan tersebut. Prinsip "GARBAGE IN GARBAGE OUT' berlaku. Jenis dan bentuk dari hasil ini tergantung dari keinginan si pemakai (user). tidaklah bisa mengerjakan seluruh tugas tersebut dengan sendiri-sendiri.3. Jadi dalam pelaksanaan tugas tersebut atau tidaknya kita dalam pemecahan suatu masalah adalah tergantung dari kemampuan kita dalam mengkoordinasikan baik petugas pelaksana. Pada komputer kemampuan untuk mengkoordinasikan ini kita sebut dengan OPERATING SYSTEM. maka kita tidak bisa mengharapkan suatu hasil yang baik pula. MEDIA OUTPUT SERrA HASIL PEMROSESAN Hasil yang diperoleh tergantung dari data yang tersedia untuk diolah.

PASCAL. Bahasa BASIC merupakan bahasa pemrograman. Basic ini dibuat pertama kali oleh Universitas Darthmouth. SNOBOL. dsb. komputer disebut Bahasa Ada 2 jenis Bahasa pemrograman terdiri dari bahasa tingkat tinggi & bahasa tingkat rendah.4. yang dipakai oleh hampir semua Mikro komputer dan Personal Komputer. Bahasa tersebut dituliskan dalam bentuk kode HEXA yang sulit bagi sebahagian orang untuk mengertinya. COBOL. tanpa harus mempergunakan penterjemah atau Kompilator. sebagai bahasa utama. Kita kenal diantaranya : BASIC. Bahasa yang dimengerti oleh mesin komputer adalah instruksi dalarn bahasa mesin (Machine Language) yang merupakan bahasa tingkat rendah. Instruksi-instruksi yang dibuat dalam Bahasa Pemrograman disebut Program Sumber ('SOURCE PROGRAM') sedangkan program yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Ciri dari bahasa tingkat rendah adalah bahwa cara penulisan instruksinya sangat mendekati bentuk instruksi-instruksi dalam bahasa mesin. di bawah bimbingan John Kemeny dan Thomas Kurtz. APL. DEAL. BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa yang dipakai untuk menginstruksikan pemrograman. kita sebut Program Objek ('OBJECT PROGRAM'). Jadi bahasa tingkat tinggi yang kita sebutkan di atas agar dapat dimengerti oleh komputer harnslah diterjemahkan lebih dahulu oleh Kompilator. ALGOL. Bahasa ini termasuk dalam Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi. Dibuat dengan tujuan agar para pemakai langsung (interactive users) dapat mengetahui respon dari apa yang telah diketik ke dalam terminal yang dihubungkan 19 . PL-l. LISP. di pertengahan tahun enam puluhan. GPSS.2. Berikut ini sedikit ulasan dan informasi yang perlu Anda ketahui mengenai bahasa pemrograman tsb. yang nerupakan bahasa tingkat tinggi. RPG. atau kalau diterjemahkan menjadi Kode Instruksi simbolis untuk bermacam maksud. BASIC Basic merupakan singkatan dari Beginner's All-Purpose Symbolic Instruction Code. ADA. Salah satu jenis bahasa komputer yang termasuk dalam LOW LEVEL LANGUAGE ini adalah bahasa ASEMBLER.

dalam bukunya Encyclopedia of Computer Science and Engineering terbitan Van Norstrand Reinhold Co. sehingga menjadi sangat populer. khususnya pemerintah Amerika Serikat. Backus pegawai IBM. Tujuan pokok dari Cobol pada awal pembuatannya adalah mempermudah pembacaan program komputer. dengan kode-kode yang sarna persis. Basic dan beberapa bahasa tingkat tinggi ini dikategorikan sebagai bahasa yang di orientasikan kepada pemakaian prosedur. Di mana-mana timbul 'anak dan cucu' dari bahasa Basic ini. Juga ada Zbasic. Menurut Anthony Ralston dan Edwin D. Cobol ini. Antara lain bisa disebutkan di sini Microsoft Basic. Cobol ini termasuk bahasa yang di orientasikan kepada penggunaan Prosedur.. sebagaimana juga Fortran. dalam hal ini ANSI (American National Standard Institute). Tapi ini semua masih harus dibuktikan lebih seksama. yang menurut pembuatnya merupakan bahasa yang bisa dipakai di semua mikro komputer. Inc. Jadi walaupun Basic ini kemampuannya terbatas. dimaksudkan untuk penggunaan yang berorientasi kepada dunia usahalbisnis. yang merupakan singkatan dari Formula Translation.dengan komputer. Jr. Cobol dikembangkan pada akhir tahun limapuluhan oleh sekelompok pembuat dan pemakai komputer. Apalagi dengan perkembangannya sekarang ini. 20 . tapi kemudian diartikan bahwa program Cobol hanya dapat dipakai apabila tersedia sebuah Kompilator yang bisa menterjemahkannya ke bahasa mesin. COBOL Cobol. Pengembangannya dimulai pada tahun 1950-an oleh sebuah komite yang tercliri dari orang-orang IBM dan beberapa pelanggannya. telah mendapat standarisasi dari pemerintah Amerika Serikat. tapi di dalam scope yang terbatas terse but terdapat kemampuan yang sudah mencukupi untuk membuat sebuah program aplikasi sederhana sampai ke yang relatif kompleks. yang juga mengembangkan berbagai bahasa lain yang lahir lebih dahulu. (Procedure Oriented Language). FORTRAN POL (Procedure Oriented Language) yang pertama kali digunakan secara luas adalah Fortran. dan sedapat mungkin tidak tergantung pada sesuatu. secara langsung. dan dibuat sesederhana dan semudah mungkin. MBASIC. ReIly. Tapi yang punya andiI besar dalam pembentukan bahasa ini bisa disebutkan antara lain John W. merupakan singkatan dari Common Bussiness Oriented Language. yang punya dua versi IBM dan Apple.

Variabel global dikenal oleh semua bagian pada sebuah program. Beberapa ciri yang menonjol dari Algol ini antara lain adalah kemampuannya melaksanakan operasi proses informasi yang umum secara lebih mudah. Di lain pihak. Peralatan untuk melaksanakan kontrol loop. sedangkan variabellokal hanya dikenal oleh program-blok. Di dalam Algol. Suatu ciri penting yang perlu diingat pada semua Procedure Oriented Language adalah kemampuan penulisan subroutine. Tujuannya untuk merancang fungsi aIgoritma baik menggunakan komputer maupun tanpa komputer. Algol memperkenalkan beberapa konsep penting. Perekayasaan dan ilmu pasti kemudian menjadi disiplin ilmu yang menggunakan jasa Fortran dalam pembuatan sistem komputerisasi mereka. sedangkan Basic merupakan pilihan yang umum untuk aplikasi komputer mikro dan untuk beberapa aspek penggunaan komputer di bidang pendidikan. Fortran mendapatkan standarisasi dalam ANSI (American National Standard Institute) pada tahun 1966. untuk aplikasi yang lebih mengarah ke dunia usaha. 21 . Ada satu fasilitas di dalam Algol yang mampu mengelompokkan satu himpunan statement menjadi satu.Fortran dibuat pada awalnya untuk memecahkan persoalan-persoalan mathematika. Dikembangkan oleh sebuah komite international pada akhir tahun limapuluhan. Meskipun tidak ada satu bagian pun yang memaksa Fortran menjadi bahasa 'spesialis' bidang-bidang tersebut. Cobol menjadi pilihan utama. yang canggih dan sangat presisi. dan kemudian dikombinasikan dengan suatu program utama dan dijalankan. Dalam Fortran 'subroutine' ini bisa dikompilasi secara terpisah. salah satunya adalah rinciannya dalam menangani operasi-operasi input dan output. variabel global dibedakan dari variabel lokal. Fortran menjadi bahasa yang paling banyak digunakan. Jika dibandingkan belakangan. namun Fortran telah menjadi semacam 'Kendaraan' bagi pengajaran aplikasi Komputer dan pemrograman (termasuk mereka yang tidak mempelajari matematika secara ektensif). bahkan sampai sekarang. Statement majemuk ini bisa diperlakukan sebagai keseluruhan statement oleh eJemen program yang lain. Untuk bidang-bidang tehnik. yang disebut statement majemuk. jika dikehendaki. ALGOL Algol singkatan dari Algoritmic Language. Semen tara Pascal digunakan sebagai standar pada saat pertama kali seseorang belajar ilmu komputer. di sini variabel lokal itu didefinisikan. Adalagi beberapa kelebihan Fortran. pada Algol ini lebih luwes dan luas daripada Fortran.

Keturunan Algol yang paling dekat adalah Pascal yang telah mendapatkan popularitas. menyediakan suatu alokasi tempat yang dinamis. Bidang yang perlu diperhatikan secara khusus adalah (1) tidak terdapatnya operasi eksponensial. PUI. Pascal mempunyai fasilitas yang disebut 'pointer data type' yang memperbolehkan definisi dan manipulasi dari list yang terikat. Jadi Pascal tidak mernasukkan salah satu ciri Algol. Di lain pihak. Algol lebih banyak dipakai di Eropa daripada di Amerika Serikat. katakanlah. termasuk ke dalam Keluarga Besar Algol. (2) ketidakmampuannya untuk menggunakan ukuran langkah iterasi selain daripada ± 1 pada kontrol iterasi. 22 . Pascal. dan ini haruslah dibuat dengan teliti. dengan cepat telah menjadi bahasa yang terpilih untuk pengajaran di bidang komputer di beberapa universitas di AS. PASCAL Pascal dirancang oleh Niklaus Wirth pada tahun 1968.Bahasa Algol yang disebut sebagai salah satu bahasa yang diorientasikan kepada penggunaan prosedur. Dalam arti jumlah bentuk kalimat yang diijinkan sangat terbatas. sampai pada tingkat tertentu. juga pengaturan. yaitu alokasi storage yang dinamis. pengarsipan dan pencatatan struktur data. dan tetap memegang teguh kelebihan Algol sambil terus menambah kemampuannya. sehingga programmer perlu membuat program eksponensial dengan fungsi ligaritma dan fungsi eksponensial. menulis program yang menuruti prinsip-prinsip pemrograman terstruktur. Suatu aspek penting dari philosofi rancangan Pascal adalah bahwa Pascal ini termasuk bahasa yang 'kecil'. dan karenanya sintaks utamanya menyerupai sintaks pada Algol. Motivasi di belakang rancangan Pascal ini adalah membuat suatu bahasa yang mendorong seseorang programmer. serta jumlah fungsi yang sudah dibuat (built in) sangat terbatas. termasuk dalam kategori Procedure Oriented Language. Kedua sifat di atas menjadikannya bahasa yang mempunyai pengaruh yang kuat pada program-program yang dibuat oleh para programmer lulusan pertengahan tujuh-puluhan. jika dibandingkan dengan. Tujuannya adalah agar para programmer dapat dengan mudah mernpelajari dan mengingatnya. Pascal juga telah menjadi bahasa yang dipakai secara luas oleh komputer mikro. Pascal mengandung suatu philosofi dan beberapa ciri menonjol yang tidak terdapat pada Algol. atau yang dilatih pada dasa warsa terse but.

Iverson. Termasuk dalam kategori POL.-- PL/l PLit merupakan singkatan. PLit dalam marjinal yang luas adalah Procedure Oriented Language (POL = Bahasa yang diorientasikan pada prosedur) yang paling banyak dipakai. Cobol dan Algol. Karena itu bahasa ini mempunyai karakteristik yang sangat menarik. Salah satu ciri menonjol tersebut adalah kemampuannya menangani aplikasi sains dan bisnis (sepanjang keduanya dibedakan secara jelas) yang sangan menguntungkan terutama dalam pemeliharaan kompilator yang banyak jumlahnya. dalam sebuah buku karangan Kenneth E. Harapan ini tidak terkabul. dan mampu melaksanakan instruksi yang dalam beberapa bahasa lain menggunakan banyak statement. dengan tingkat keluwesan yang tinggi. APL lebih banyak dipakai untuk pernrograman langsung (interaktit). 1972. Kekuatan APL dibangun di atas penggunaan barisanlderetan angka atau huruf sebagai elemen data dan satu himpunan fungsi yang dapat mernanipulir data dalam ruang lingkup yang luas dengan kemampuan yang dapat diandalkan. Mungkin tadinya diharapkan agar PLit dapat menggantikan Cobol dan Fortran sekaligus. Komite ini bekerja dengan mengambil karakteristik-karateristik yang ada pada para pendahulunya yaitu Fortran. Dikembangkan untuk IBM sistem 360. yaitu bahwa para pemula dapat mulai melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang berarti. pada sepuluh tahun sesudahnya. yang banyak sekali menggunakan prosedur dalam memecahkan persoalan-persoalan. dia menjelaskan bahasa yang dikembangkannya selama mengajar di Universitas Harvard tersebut. Dia menyediakan banyak ciri menonjol untuk menangani bermacam-macam aplikasi dengan bermacam cara. sebagaimana bahasa lainnya. belum lagi lamanya waktu training yang diperlukan untuk menjadi ahli bahasa PUt ini. tetapi hal ini berakibat perubahan besarnya kompilator yang harus dipasang pada satu instalasi komputer. dengan hanya satu statement. yang berarti mengurangi biaya pemakaian Kompilator. GUIDE dan SHARE. Sebenarnya PLit menawarkan banyak keuntungan yang menonjol. Satu ciri APL 23 . tapi PUt telah menjadi bahasa terbesar ke tiga yang dipakai oleh komputer IBM besar (mainframe). sehingga PLit mempunyai karakteristik mereka masing-masing. hanya dalam beberapa menit. APL sangat kuat. karyawan IBM.---~-~. dari Programming Language One. APL = A PROGRAMMING LANGUAGE APL didefinisikan pada tahun 1962. oleh suatu komite yang terdiri dari wakil-wakil IBM dan dua organisasi pemakai komputer besar ini.

serta memiliki kekayaan operator dan tipe data. Struktur program C adalah satu himpunan deklarasi dari fungsi dan variabel dalam satu file atau lebih yang mungkin saja dikompilasi secara terpisah. dan merupakan penerus dari bahasa yang mirip BCPL ini. kali dan bagi diperlakukan sarna. atau jika dibandingkan dengan bahasa yang lain adalah tidak adanya hirarki yang mengatur fungsi operator (dalam hal ini tanda plus.yang tidak biasa pada POL. APL digunakan sebagai bahasa interaktif. dikatakan sebagai blok terstruktur. penulisan +/A merupakan jumlah dari semua elemen vektor A. dan urutannya adalah 4 ditarnbah 3 (= 7). C ini. yang dituliskan dengan 'I' (slash). pemrosesan teks dan data base. dengan hanya menggunakan beberapa kata tapi cukup jelas. apabiJa deklarasi fungsinya tidak cocok. Bahasa C tidak termasuk dalam kategori Procedure Oriented Language. Unix ini adalah merk dagang operasi dari Bell Laboratories. adalah bahasa yang disebut bahasa C. Dan C ini lebih sukses daripada B. yang tidak terdapat bentuk-bentuk laporan atau tulisan yang dikompilasi dalarn suatu obyek. Ada juga operator yang disebut 'reduction'. merupakan penjabaran dari fungsi yang disebutkan sebelumnya yang berupa vektor. dengan ciri khas ekspesi ekonomi. (general purpose). C dirancang oleh Dennis Ritchie tahun 1972-1973. yang dinamakan 'B'. C tidak 24 . Ia terkenal sebagai induk dari Operating Sistem 'Unix'. untuk membuat proses informal yang kompleks. APL telah dipakai sebagai notasi yang menyenangkan. hasilnya 14. Sebagai contoh. aliran kontrol dan struktur data yang modem. BAHASA -c: Selain yang sudah disebutkan di atas. C dipakai juga oleh banyak macam program lain. minus. C sudah dipakai dan dianggap berhasil dalam program-program numerik. Dalam arti statement tersebut diperlakukan sebagaimana tertulis. Sebagai tambahan. dan bukannya 2 dikalikan 3 (= 6) ditarnbah 4 jadi sarna dengan to. C tidak hanya dipakai oleh lingkungan tersebut saja. Bahasa C ini merupakan bahasa dengan banyak tujuan. (DEC : Digital Equipment Corporation) termasuk kategori Bahasa Tingkat Tinggi. C adalah keturunan dari BCPL (Basic Combined Programming Language). bam dikalikan 2. Semula dimaksudkan untuk DEC PDP-II. yang hanya dapat bertahan hidup dalam waktu singkat. tanpa menyertakan komputer pun bisa termasuk kategori POL. dan dilaksanakan dari kanan ke kiri) jadi jika kita tulis 2 X 3 + 4 hasilnya adalah 14 dan bukannya 10.

Johnson. Kemudahan lain dari C ini antara lain ketidak terikatannya pada sesuatu perangkat keras atau pun juga perangkat lunak (sistem operasi).menyediakan statement Input dan Output di dalamnya. tidak ada pernrograman majemuk. sinkronisasi. mungkin dua atau tiga tabun lagi akan merupakan bahasa yang relatif kuno. mulai dari komputer mikro sampai ke mainframe. Data yang telah berada dalam storage akan oleh suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central Processing Unit). Masih banyak lagi bahasa pernrograman komputer. Oleh karena itu sebagian besar program bahasa C dapat dipindahkan tanpa diubah ke setiap sistem yang menopangnya. perangkat lunak Unix. Demikian seterusnya. hingga apa yang sekarang kita katakan sebagai bahasa yang modem. dia hanya menyediakan suatu konstruksi kontrol aliran tunggal.C. yang dernikian cepat berkembang. Banyak kompilator bahasa ini yang berdasarkan kompilasi bahasa C rancangan S. sehingga hanya terdapat sedikit persediaan di antara bermacam mesin yang ada. Juga tidak memasok manajemen penghimpunan atau manipulasi string. Jadi meskipun C dirancang untuk aplikasi pernrograman sistem. karena ditemukan bahasa bam yang lebih canggih lagi. Bahasa C ini dan kelengkapan pustakanya. operasi parallel. untuk banyak program-program C. Segenap fasilitas yang lebih tinggi ini ahrus disediakan dengan fungsifungsi terpisah. Suatu standar pustaka I/O menyediakan suatu lingkungan waktukerja yang seragam. CPU ini terdiri dari Control unit dan Arithmatic Logical Unit. 2. CARA KERJA DARI SUATU SISTEM KOMPUTER Suatu sistem komputer adalah merupakan gabungan dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan oleh suatu sistem operasi. Dalam pada itu. atau 'coroutine'. yang kebanyakan ditulis dalam bahasa C dapat pula diarahkan ke bermacam komputer yang relatif sepadan. Dalam suatu sistem komputer terdapat bagianlperalatan untuk menerima dan memasukkan data dan instruksi. seperti contohnya Card-reader. Alat ini kita sebut INPUT DEVICE.5. Proses data serta 25 . kompilatomya mau bekerja pada sejurnlah mesin yang berbeda-beda. telah dikontrol dengan cermat pengembangannya. Sistem Komputer bekerja sesuai dengan instruksi-instruksinya yang diberikan padanya melalui Bahasa Pernrograman yang dikenalnya. Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu peralatan komputer yang disebut memory atau storage.

W. Output device ini bisa berupa PRINTER. Setelah proses dan perhitungan dilakukan. DISK. and Engineering. Reilly.V. Elson. 26 . & Sterling. M.A. TAPE dan sebagainya. S.the Programming Language.perhitungan-perhitungan dilakukan oleh arithrnatic logical unit sesuai dengan instruksi yang kita berikan dalam bahasa pemrograman. Sumber: Anthony Ralstron & . T. . Jr.D.Encyclopedia of Computer Science Edwin D. B.Programming Techniques Pollack. & Ritchie . Guide to PUl Kernighan. maka lanjutnya akan dikeluarkan melalui OU1PUT DEVICE. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful