MAKALAH keNWan

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah SWT yang maha kuasa, yang telah menciptakan hamba-hambanya dengan segala kelebihan dan kesempurnaan yang dimilki dan telah menurunkan syari’at islam sebagai tuntunan bagi hambaNya agar dapat hidup dalam norma yang diridhoi. Shalawat serta salam semoga tetap senantiasa dilimpahkan kepada nabi besar Muhammd SAW beserta keluarga, sahabat, dan seluruh umat yang beriman dan bertaqwa Menjadi seorang yang hidup dan tinggal dalam wilayah yang kental dengan suatu oganisasi yaitu Nahdlatul Wathan, saya mencoba menyusun makalah ini untuk mendeskirpsikan dan menjelaskan bagaimana sejarah bedirinya atau bagaimana latar belakang NW masuk dalam desa yang saya tempati, serta bagaimana perkembangannya dalam bidang pendidikan, sosial, dan dakwah. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita, agar kita lebih memahami dan menghargai peanan-peranan NW sebagai salah satu organisasi yang berjasa dalam memajukan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Dan jika ada kesalahan atau kekeliruan dari makalah ini, semua itu semata-mata keterbatasan dan kekurangan dari penulis. Wassalam.. Pancor, 07 Oktober 2010

1

yaitu Haji Muhammad Zaenuddin Abdul Majid Nahdlatul Wathan Diniyyah Islamiyah Selain beliau sebagai pendiri. dalam perjalanan keliling itu beliau juga mengajak masayarakat setempat untuk mendirikan panti asuhan atau asuhan keluarga.1 Latar Belakang Pendiri pondok pesantren darunnahdlatain Nahdlatul Wathan pancor adlah Almagfurullhu Al-a’limul’allamah wal’arifubillahi ta’ala Abul barakats wannafahats Tuan Guru Kyai Haji Zaenuddin Abdul Majid yang lebih memasyarakat dengan sebutan “Bapak Maulanassyaikh”. dikarenakan oleh aktifitasnya keluar mempelopori pendirian madrasah dan masjid. beliau dikenal dengan sebutan “Syaikh Zainuddin Ai-Fansyuri”. disebutkan juga empat tokoh pendiri lainnya. 3 . dari masjid yang satu kemasjid yang lain. Sedangkan diluar pulau lombok. yang merupakan singkatan dari nama beliau dan nama madrasah yang didirikan. yaitu tempat memelihara dan mendidik anak yatimdan anak fakir miskin. mengajar dan berdakwah keliling dari madrasah yang satu kemadrasah yang lain. Mengingat keberadaan beliau sebagai pendiri NWDI. Maka Almagfurullahu disebutjuga sebagai “Abul Yatama Wal Masakin” (Bapak daripada anak-anak yatim dan Bapak daripada anak-anaknya oarang miskin). dalam perkembangan berikutnya yang populer dimasayarakat umum adalah Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zaenuddin Abdul Madjid. sehingga untuk selengkapnya adalah : 1) TGH Abdul Madjid (ayah beliau) 2) TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 3) TGH Ahmad Rifa’i Abdul Madjid (saudara seayah) 4) TGH Muhammad Faisal Abdul Madjid (saudara seayah) Dengan tidak mengelak darikenyataan seajarah.oleh karena itulah beliau diberi gelar oleh masyarakat sebagai “Abul Madaris Wal Masajid” (Bapak daripada Madrasah dan Bapak daripada Masjid).BAB I PENDAHULUAN 1. Tidak hanya itu. dari satu desa kedesa yang lain se-Pulau Lombok. maka dikalanngan masyarakat Lombok beliau dikenal dengan sebutan Bapak HAMZANWADI.

serta membebaskan masyarakat dari buta hurup. Adapun dalam makalah ini. dan dakwah. 1.2 Tujuan  Mengetahui sejarah berdirinya Nahdlatul Wathan dan pendirinya serta orang-orang yang berperan didalamnya.saya akan menguraikan lagi secara khusus bagaimana sejarah atau proses ketika NW berdiri atau mulai masuk dalam desa yang kini saya tempati yaitu Desa Muhajirin beserta bagaimana perkembangannya dalam bidang pendidikan. Muhammad Zaenuddin adalah seorang ulama yang mempunyai pengaruh yang sangat besar di Lombok ini dan hampir semua asyarakat Lombok menjadi pengikut ajarannya. Itulah secara singkat dan secara umum uraian mengenai kiprah atau peranperan yang telah dilakukan oleh TGKH Muhammad Zaenuddin Abdul Majidsebagai pendiri NW.TGH. 4 BAB II . Beliau banyak melakukan pembaharuan diberbagai bidang kehidupan masyarakat Lombok menjadi orang-orang islam yang taat menjalankan perintah Allah dan membebaskan masyarakat dari praktek-praktek nenek moyang. sosial.  Memahami dan menghargai Nahdlatul Wathan sebagai suatu organisasi yang sangat berperan dalam memajukan kehidupan masyarakat.

Kata Syaqqaf diindonesiakan menjadi Syaggaf sdangkan dalam dialek sasak menjadi Segaf. Muhammad Faisal Abdul Madjid yang lahir dari ibu yang bernama Inaq Rahli dari Kelayu Lombok Timur.TEORI 2.1 Biografi Pendiri NW Pondok Pesantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor didirikan oleh Almagfurullahu Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zaenuddin Abdul Madjid. Sedangkan dua orang saudara beliau yang turut membidani kelahiran madrasah NWDI adalah H. yaitu Syaikh Zaenuddin Serawak.Siti Sarbini 2. istri-istrinya bernama Ummy Jauhariyah. bernama Haji Abdul Madjid atau disebut juga dengan Guru Mu’minah. Nama tersebut dipilih (untuk mengambil barakah) dari nama seorang ulama besar kota Makkah (asal melayu) yang saat itu mengajar di Masjidil Haram. Ahmad Rifa’I Abdul Madjid dan H.Siti Cilah 3. Selama hayatnya. mereka menyarankan kepada TGH Abdul Madjid.Muhammad Syaggaf. Ummy Rahmatullah. Ketika wali itu berpamitan. dan Ummy Hajjah Adniyah. jika anaknya lahir sebaiknya diberi nama Syaqqaf yang artinya “tukang memperbaiki atap”.Siti Msyithah. Kedua wali itu memiliki nama yang sama yaitu Syaqqaf. Beliau dilahirkan di Desa Pancor pada tanggal 17 Rabiul Awwal 1324 H (tahun 1904 M). Pada waktu itu ayahnya TGH Abdul Madjid didatangi oleh dua orang wali dari Hadramaut dan Magribi. Pemberian nama Muhammad Syaggaf ini dilatar belakani oleh pristiwa yang terjadi tiga hari sebelum beliau dilahirkan.Hajjah Saudah 4. TGH Zaenuddin menikah 3 kali. Pada masa kecilnya beliau bernama Muhammad Syaggaf.Haji Muhammad Shabur 5. Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zaenuddin Abdul Madjid merupakan anak bungsu dari enam bersaudara (seayah-seibu) yaitu 1. dari seorang ibu yang sangat sholehah dikampungnya bernama Hajjah Halimatussya’diyah dan bapaknya adalah seorang pemuka atau tokoh masyarakat yang sangat disegani pada masa itu karena ketegasannya. dan 6. Beliau dikaruniai dua orang putri masing-masing Hj Siti Rauhun yang lahir dari Ummy 5 . Setelah menunaikan ibadah haji nama beliau diganti oleh ayahandanya sendiri dengan nama Haji Muhammad Zaenuddin.

Selain karena kurangnya jumlah sekolah. Kedua.2 Pendidikan dan Prestasinya Dimasa kecil Muhammad Syaggaf. sharf. sekolah itu lebih diprioritaskan bagi anak-anak bangsawan atau priayi. Adapun ilmu agama yang beliau pelajari dari para ulama tesebut adalah nahwu. 2. Oleh karena itu Maulanassyaikh disebut dengan nama “Abu Rauhun wa Raehanun”. antara lain adalah TGH Syarifuddin pancor. yaitu didalam komplek Pondok Pesantren Darunnahdlatain NW Pancor. disekolah inilah beliau belajar ilmu-ilmu umum. ayahnya bercita-cita membawanya ke Makkah untuk meneruskan pendidikannya. adalah sistem pendidikan barat yang diperkenalakan oleh pemerintah Belanda dengan tujuan menyiapkan para siswa untuk menempati posisi-posisi administrasi pemerintah. Sedangkan ilmu-ilmu agama beliau pelajari dari ulamaulama yang terkenal pada masanya. Karena kerajinan dan kecerdasannya beliau dapat menamatkan pendidikan dasarnya dengan baik. Beliau pertama kali membaca al-qur’an pada ayahnya karna rumahnya adalah tempat masyarakat belajar al-qur’an. Pada umur 5 tahun Muhammad Syaggaf mulai mengenal pendidikan. Melihat keberhasilan dan ketekunannya dalam belajar. dan TGH Muhammad Said. Almagfurullahu wafat pada tanggal 20 jumadil akhir 1418 H (tahun 1997 M) pada usia ke-94 dan dimakamkan ditempat yang beliau tentukan sendiri sejak masih hayat. maka masyarakat lebih memilih sistem pesantren sebagai tempat yang tepat bagi anak-anak mereka. Pada tahun 1919 M beliau masuk di SR (Sekolah Rakyat). pertama sistem pesantren. dan al-qur’an. masayarakat mengenal dua sistem pendidikan yaitu. misalnya pelajaran matematika. karena sedikitnya jumlah sekolah yang didirikan Belanda untuk masyarakatpribumi. 6 . fiqih. TGH Abdullah kelayu.Hj Jauhariyah dan Hj Siti Raehanun yang lahir dari Ummy Hj Rahmatulah. yang disediakan untuk para santri untuk menuntut ilmu agama yang dikelola oleh pemuka agama. Sekolah Belanda untuk pribumi disebut “Holland Indische Scholen” yang mulai didirikan pada tahun 1911 M. baik tingkat rendah maupun tingkat menengah.

Penghargaan atas prestasi yang sangat memuaskan itu. dan Syaikh Salim Rahmatullah (pendiri Madrasah As-Shaulatiyah). beliau diberikan tanda bintangkarna kejeniusannya. Kebanggaan para guru dan teman-teman sekelasnya kepada beliau juga dituangkan dalam bentuk syair-syair dan do’a berbahasa arab. karena nilai yang diperoleh lebih tinggidari standar penilaian. mula-mula beliau belajar di Masjidil Haram pada ulama-ulama terkenal yang dipilihkan oleh orang tuanya. Pada tahun 1928 beliau belajar di Madrasah As-Shaulatiyah Makkah dibawah pimpinan Maulanassyaikh Hasan Muhammad Al-Massyath. Selain teman-teman sekelasnya. 2. Prestasi beliau sangat memuaskan dengan nilai SEPULUH plus bintang untuk semua mata pelajaran yang ditempuh. selama 5 tahun. Setibanya dikota Makkah. Oleh karena Syahadah Madrasah AsShaulatiyah yang beliau miliki tertulis tangan dengan banyak macam Khot. Lokasi pondok psantren dengan luas areal tanah sekitar 15 hektar berada sekitar 1 kilo meter dari Ibu Kota Kabupaten Lombok Timur (selong) dan berada sekitar 50 kilo dari Ibu Kota Propinsi Nusa Tenggara Barat (Mataram).Dalam usia yang ke-17 tahun. 7 . semua gurupun mengagumi dan membanggakan kejeniusannya. dibawah bimbingan ulama terkemuka kota Makkah. Di Masjidil Haram beliau belajar sangat tekun pada ulama-ulama terkenal masa itu.3 Letak Geografis Pondok Psantren Pondok Psantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan (PPDNW) terletak didesa Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur Propinsi Nusa Tenggara Barat. Selama di Makkah beliau juga memperdalam ilmuilmu hikmah (ilmu bathin) dari Al-‘allamah Al-‘adib As-Syaikh Assayyid Amin Al-Kutbi. yaitu pada tahun 1923 M beliau berangkat ketnah suci Makkah untuk mendalami berbagai macam ilmu agama islam. Disana beliau menekuni berbagai disiplin ilmu agama. Sehingga Almagfurullahu bukan saja ‘Almozzowahir melainkan juga ‘Alim Rabbani. Beliau belajar di tanah suci Mkkah selama lebih 12 tahun dan lulus engan predikat Mumtaz (Summa Cumlaude). sehingga semua gurunya ingin sekali untuk menuliskan Syahadah (ijazah) kepadanya.

pengarang takepan yang sangat terkenal hingga saat ini. yakni sejak sebelum pemerintahan Bali sampai sesudah masuknya pemerintahan Hindia Belandatahun 1912. yaitu JERO MIHRAM yang memerintah sampai akhir hayatnya. berbatasan dengan : Sebelah utara : Desa Sukamulia Kecamatan Sukamulia Sebelah selatan : Desa Songak dan Desa Denggen Sebelah timur : Kelurahan Selong Sebelah barat : Desa Dasan Lekong Kecamatan Sukamulia. sampai melahirkan keturunan . JERO MIHRAM dikenal sebagai pujangga.Luas wilayah Desa Pancor 818. dan malapetaka tidak pernah ada.4 Desa Pancor dan Sejarahnya Menurut penuturan sejarah. Sebelum menetap ditempat ini. Mereka bisa hidup lebih lama karena ditempat ini banyak ditemukan mata air dan pancuran (Sasak air terjun dari mata air yang tempatnya lebih tinggi) yang menjanjikan harapan besar bagi kelangsungan hidup mereka. Dengan banyaknya pancuran ditempat ini merupakan alasan bagi AMANG DEMUNG bersama anak buahnya untuk menyepakati nama tempat tinggal mereka dengan nama “Pancor”. Asal mulanya merupakan hutan belantara yang dihuni pertama kali oleh seorang bernama AMANG DEMUNG bersama hulu balangnya ( dari Kerajaan Selaparang) mereka hidup dari hasil tanah pertanian yang mereka bentuk sedikit demi sedikit dengan membabat hutan. Kepala Desa Pancor pertama diangkat dari keturunan AMANG DEMUNG. 2. Dengan pertimbangan tersebut maka ditetapkanlah tempat ini sebagai tempat pemukiman tetap. dengan ketinggian rata-rata 130 meter dari permukaan laut. mereka merasakan bahwa ternyata di tempat itu mereka bisa tinggal dengan nyaman.082 Ha. Setelah tinggal beberapa lama. Pancor didiami mulai sejak tahun 1744 M. Percekcokan antar warga tidak pernah terjadi. 8 . Hasil tanah pertanian berhasil dengan baik. Sejak dibentuknya tahun 1744. mereka telah hidup berpindah-pindah dari wilayah hutan yang satu kewilayah hutan yang lainnya sampai menemukan tempat yang nyaman bagi mereka.

Rakam. NAJAMUDDIN yang memerintah dari tahun 1938 sampai akhir hayatnyatahun 1952. SINAREFUDIN. kemudian pada tahun 1997. Pancor dipimpin oleh Kepala Desa ketiga yakni saudara kandung dari H. 9 . Dari anak kandungnya sendiri yaitu H. MOH. Desa Pancor dipimpin oleh Kepala Desa yang kedua. sepeninggala kepala desa kedua. dan Sekarteja. Kelurahan Pancor dimekarkan menjadi 4 kelurahan yaitu Kelurahan Pancor. Majidi. SALEH YAHYA dan dari tahun 1979 sampai dengan tahun 1983 Kepala Desa /Kelurahan Pancor dipimpin oleh M. MUH. kepalaDesa keempat yaitu H.yakni Takepan Monyeh. ditulis dalam bahasa Kawi diatas daun lontar yang isinya benafaskan islam. berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 146/1702/PUOD Tanggal 24 juni 1997. Sepeninggal beliau. Sejak tahun1973 sampai dengan tahun1979 jabatan Kepala Desa Pancor dipegang oleh H. sekaligus sebagai lurah pertama. SIROJUDDIN yaitu H. Desa Pancor berubah menjadi Kelurahan secara resmi pada tanggal 1 januari 1981. JAUHARI yang juga keturunan (cucu) dari JERO MIHRAM yang memerintah sejak tahun 1952 sampai dengan tahun 1973. SIROJUDDIN memerintah sejak tahun 1938.

disamping mendirikan madrasah. dengan akta nomor: 244 tanggal 27 september 1982. Psantern Al-Mujahidin yang bertempat di kampung Bermi Pancor tetap aktif. maka untuk memudahkan pengelolaanya. perpustakaan “Birrulwalidain”. taman bacaan “Raudhatul Ma’rif”. yang kemudian dikembangkan menjadi Madrasah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) pada tanggal 15 jumadil akhir 1356 H (22 agustus 1937M). SH. dan lembaga Bi’sah NWDI.1 Sejarah Singkat Kelahiran NW Pondok Psantren Darunnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor (PPDNW Pancor) didirikan pada tahun 1353 H (1934 M) dengan nama Psantren AlMujahidin dalam bentuk pengajian kitab dengan sistem halaqah. pada tahun 1965 dan seterusnya. toko buku “Kita”. walaupun madrasah NWDI sudah berdiri. kemudian akta tersebut dirubah lagi pada notaris yang sama dengan akta nomor: 33 tanggal 15 februari 1987. Kian hari jumlah santripun kian meningkat. dengan nama Yayasan Pendidikan HAMZANWADI (Pondok Psantern Nahdlatul Wathan) Pancor. hingga sekitar tahun 1957 tempat pengajian dipindah ketempat yang lebih luas dalam kampung yang sama. Madrasah NWDI khusus membuka pendidikan/ pengajaran agama islam bagi kaum laki-laki. Almagfullahu mendirikan lembaga-lembaga penunjangnya seperti Yayasan Wakaf “Al-Majidiyah”. dibuatkan badan hukum dengan nama Yayasan HAMZANWADI (Pusat Studi Islam dan Pembangunan) pada wakil notaris sementara di Mataram H.BAB III SEJARAH KELAHIRAN NW DAN PERKEMBANGANNYA 3. 10 . dan pada tahun 1966 dipindah lagi kemusolla ”Al-Abror” sampai sekarang. percetakan “Nahdlatain”.Abdurrahim. Dengan banyaknya lembaga tersebut. Kemudian pada tanggal 15 rabiul akhir 1362 H (21 april 1943 M) dibuka Madrasah Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah (NBDI) yang khusus mendidik/mengajar kaum wanita.

Tidak lama berselang tahun 1946 tentara NICA datang di Lombok yang rata-rata perlakuan mereka terhadap bangsa Indonesia tidak jauh berbeda dengan Jepang. Maka tentara Pascis Jepang yang ada di Lombok perlu mrnunggu putusan pimpinan yang berkedudukan di Singaraja (Bali).2 Kiprah NW Dalam Politik Awal politiknya dimulai tahun 1942/1943 dengan menggalang kekuatan untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi akibat perang dunia II. Pada bulan nopember 1943 Jepang datang di Indonesia termasuk kedaerah Lombok. Tak lama setelah itu. Soekarno dan Drs. Oleh karena itu penjajah Jepang berkali-kali memerintah Almagfurullahu untuk menutup madarasahnya.3. pada tanggal 14 agustus 1945 Jepang menyerah kepada Sekutu.15 Waktu Indonesia Barat hari jumat tanggal17 agustus 1945. TGH Ahmad Rifai (saudara Maulanassyaikh yang juga pendiri madrasah NWDI) dan beberapa pejuang lainnya ditangkap dan dipenjarakan. sejak itu pula madrasah NWDI dan NBDI berfungsi sebagai asas pergerakan rakyat. maka Ir. dan murid madarasah NWDI dan para pengikut setianya untuk bersiap-siap melawan penjajah merebut kemerdekaan dengan membentuk Gerakan Al-Mujahidin. Mohammad Hattaatas nama sseluruh bangsa Indonesiamenyatakan merdeka pada pukul 09. Sekutu belum masuk dan Indonesia belum merdeka. Strategi yang digunakan Jepang untuk meraih dukungan rakyat dengan mengadakan pendekatan kepaada Alim ulama/Tokoh masyarakat. terjadi Facum of Power. Akhirnya Almagfurillahu mengajak saudara-saudaranya. Almagfurullahu kembali mengaktifkan Gerakan Al-Mujahidin kemudian 11 . para guru. Melihat gelagat Jepang seperti itu Almagfurullahu menilai bahwa Pemerintah Penjajah tidak mendukung keberadaan madrasah yang telah beliau rintis sejak lama. Akhirnya pemerintah yang mengizinkan beroperasinya NWDI/NBDI dengan catatan namanya diganti sebagai *Sekolah Penghulu dan Imam*. namun ditolak oleh para pendiri madarasah dengan berbagai alasan masuk akal. Beliau sangat dikhawatirkan oleh kolonial Jepang karena beliau mempunyai banyak pengikut yang cukup banyak tersebar diseluruh Pulau Lombok ssehingga NWDI dan NBDI dipandang cukup berpotensi untuk menggalang strategi perlawanan. Jepang kalah. tak terkecuali kepada TGKH Muhammad Zaenuddin Abdul Madjid.

12 . Pada saat itu salah seorang saudaranya juga berstatus sebagai guru madrasah NWDI (TGH Muhammad Faisal Abdul Madjid) gugur sebagai kusuma bangsa. Maka berdirilah partai-partai politik di Jakarta dan membuka cabang-cabangnya didaerah setanah air. Puncaknya berakhir pada perlawanan hari jumat tanggal 7 juni 1946 dengan mengadakan serangan terhadap markas Sekutu (gabungan) di Selong. M. Pada perkembangan selannjutnya pemerintah RI mengajukan kepada bangsa Indonesia untuk membentuk Partai Politik sebagai alat demokrasi sesrta memudahkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam mengidi kemedekaan. Maka beliau mengajak para pengikutnya untuk berjuang melalui Partai Politik Islam MASYUMI. Maka pada tahun 1947/1948 beliau mendapat kepercayaan sebagai Amirull Hajke Tanah Suci Makkah. Kalimantan dan. TGKH. Sumatera. Sulawesi bahkan oleh para sepuh terutama Kyai-Kyai NU. Pada saat itu. sehingga dalam PEMILU I tahun 1955 di Lombok MASYUMI meraih suara yang gemilang dan beliau terpilih sebagai Anggota Konstituante sampai tahun 1959. Partai pertama yang datang di Lombok adalah Partai Islam *MASYUMI* lalu disusul Partai Nasional *PNI*. dan diyakini pula bahwa partai politik akan membawa kita kepaa jangkauan berfikir yang lebih jauuh dan luas. Pada perkembangan berikutnya. tak terkecuali di Lombok. disusul tahun 1948/1949 mendapat kepercayaan mewakili NIT (Negara Indonesia Timur) sebagai anggota delegai RI menghadap ke Raja Arab Saudi untuk mempermaklumkan bahwa Kemerdekaan Indonesia bukanlah dari Kolonial Belanda ataupun Jepang melainkan murni hasil pengorbanan para Shuhada Kusuma Bangsa. tahun 1952 dalam kepengurusan MASYUMI didaerah Lombok beliau berkedudukan sebagai Ketua Umum Majelis Syuro. Zaenuddin Abdul Madjid sudah dikenal oleh para Kyai di Jawa. Bapak Maulnassyaikh memiliki keyakinan bahwa kedudukan dalam partai politik sangat strategis (penting dan menentukan) bagi kemajuan pendidikan islam tanah air.bergabung bersama gerakan perlawanan rajyat yang lain untuk mengadakan perlawanan guna mempertahankan kemerdekaan.

Sebab *ban* Banteng (PDI). bantuanbantuuan sulit diberikan. Almagfurullahu merenungkan nasib madrasahnya. *bin* artinya Bintang (PPP) dan *bin* artinya Bunut (bahas sasak-Beringin yang berarti GOLKAR). Bahakan pada saat itu beliau langsung terjun sebagai JURKAM. terjadi intimidasi dan penangkapan terhadap orangorang dekat Almagfurullahu (tokoh-tokoh ormas Nahdlatul Wathan). Oleh karena itu jasa itu perlu diberikan ucapan terima kasih melalui penyalliran aspirasi politik. Maulanassyaikh justru lebih giat lagi dalam kegiatan 13 .bun) yang diartikan oleh jamaah Nahdlatul Wathan sebagai suatu isyarat bahwa kita bebas memlilih partai yang kita inginkan tanpa ada komando dari pimpinan organisasi.Kemudian pada PEMILU II dan III (1971 dan 1977) Almagfurullahu bersama seluruh pengikutnya menyalurkan aspirasi Partai Pollitik melalui Golongan Karya dengan pertimbangan bahwa piimpinan (Ketua Umum Dewan Pembinanya) adalah Presiden Soeharto (yang berdasarkan sejarah janur kuning) adalah orang yang berjasadalam menumpas Partai Komunis Indonesia (PKI) sedangkan PKI adalah muusuh islam. Dan ternyata sikap diam yang ditunjukkan itu tidak menguntungkan bagi perjuangan pendidikan islam. Disamping perjuangan politik merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta terjundalam partai politik. Para pengikut beliau cukup mafhm dengan kaidah yang dicetuskan Almagfurullahupada saat itu (ban. Maka pada PEMILU berkutnya. Melihat kondisi seperti itu. Maka hasil PEMILU II dan III kemenangan mutlak ditangan Golkar dan Maulanassyaikh terpilih sebagai Anggota MPR RI untuk dua periode (1971-1977) dan (1977-1982). dan 1997 NW kembali bersama GOLKAR. guru-guru negeri yang diperbantukan pada madrasah NW banyak yang ditarik. orang-orang NW yang berstatus pegawai negeri dipindahtugaskan ketempat-tempat yang kurang mengenakkan. madrasahmadrasah Nahdlatul Wathan dianaktirikan oleh pemerintah (GOLKAR).bin. Pada PEMILU IV (1982) Almagfurullahu *daim* tidak mengajak dan tidak pula melarang massanya untuk memilih salah satu partai politik. tahun 1987. 1992. Pada saat itu orang-orang GOLKAR menilai negatif karena menilai tidak mendpat dukungan dari NW. dan berbagai pengalaman pahit lainnya banyak mendera Nahdlatul Wathan.

Selain itu dalam perjalanan keliling berdakwah. pelopor Program Keluarga Berencana Nasional dan sejumlah kepeloporan lainnya. beliau diberi gelar oleh masyarakat sabagai “Abul Madaris Wal Masjid”. aktifitas beliau dalam perkembangan organisasi NW dilakukan dengan keluar mempelopori pendirian madrasah dan masjid. Oleh karena itu semua.politik kemasyarakatan. Sehingga. Beliau mengatakan bahwa penyebaran NW dulu dilakukan dengan mengadakan pengajian-pengajian kitab atau baisa disebut dengan sistem halaqah. Menurut narasumber yang ada di Muhajirin bernama Ustadz Nayum. mengajar dan berdakwah berkeliling dari satu madrasah kemadrasah lainnya. proses masuknya NW di Muhajirin sangat mudah. Oleh karena itu. Sebagaimana yang kita ketahui dalam biografi singkatnya. dan dari desa kedesa lainnya. 3. yakni sebagai pelopor imunisasi bagi BALITA. Tidaklah berlebihan apabila Bapak Presiden RI menganugerahkan Bintang Maha Putra Utama kepada Almagfurullahu TGKH Muhammad Zaenuddin Abdul Madjid. beliau juga mengajak masyarakat setempat untuk mendirikan panti asuhan sebagai tempat mendidik dan mengayomi anak yatim dan fakir miskin. Jadi. dari masjid satu kemasjid lainnya. Bahkan Haryono Suryono (Kepala BKKBN) dalam sambutannya ketika silaturrahmi di Pancor mengatakan NW singkatan dari Nomor Wahid. Disamping memang penyebaran NW tersebut dilakukan langsung oleh pendirinya. Dan sampai saat ini diMuhajirin telah berdiri sebuah Yayasan Pendidikan yang khusus megajarkan pendidikan agama islam sekaligus begitu juga merupakan asuhan keluarga yang bernama “Nurul Muhajirin”. 14 . pelopor WAJAR 9 tahun. yaitu TGKH Muhammad Zaenuddin Abdul Madjid.3 Sejarah Masuknya NW di Muhajirin Muhajirin merupakan wilayah bagian dari desa Pancor yaitu pusat lokasi pendirian Pondok Psantren Darunnahdlatain. tidak terkecuali di Muhajirin yang memang terletak tidak jauh dari pusat berdirinya NW. pelopor pemberantasan Buta Huruf dan Buta Agama. beliau juga digelari dengan “Abul Yatama Wal Masakin”.

perkembangan dalam bidang pendidikan mengalami kemajuan. kegiatannya berupa menyumbangkan beras oleh masingmasing kepala keluarga yang dlakukan setiap satu bulan sekali yaitu setiap tanggal 20.5 Perkembangannya Dalam Bidang Sosial dan Dakwah Disamping perkembangan dalam bidang pendidikan. 3.3.4 Perkembangannya Dalam Bidang Pendidikan Sejak masuknya NW di Muhajirin. baik dalam bentuk sembako dan uang. nanti akan dikelola oleh pengurus dari asuhan keluarga Nurul Muhajrin yang akan dberikan kepada orang-orang yang berhak pada saat penyantunan. Selanjutnya. Sedangkan kegiatan dakwah dilakukan dengan mengadakan pengajianpengajian pada siang hari dan malam hari di TPQ-TPQ dan di Musolla-musolla. Kegiatan lainnya yang mendukung kelancaran dari penyantunan tersebut adalah dibuatnya suatu kegiatan oleh pengelola-pengelola asuhan keluarga Nurul Muhajirin yaitu dinamakan dengan ‘’Beras Jimpitan’’. Hal ini karena TGKH Muhammad Zaenuddin Abdul Madjid ketika berdakwah dengan cara berkeliling juga menyeru kepada masyarakat setempat untuk membuat atau mendirikan lembaga pendidikan sehingga berdirilah Yayasan Pendidikan Nurul Muhajirin seperti yang tersebut tadi. diMuhajirin juga mengalami perkembangan dalam bidang sosial dan dakwah. Kegiatan sosial berupa penyantunan anak yatim dan fakir miskin serta terlantar mulai dilakukan secara melembaga (terogranisir). Kegiatan ini melibatkan seluruh warga yang ada di Muhajirin. Hal ini dilakukan rutin setiap tahunnya pada saat hari-hari besar islam. Dan terdapat juga tempat-tempat pendidikan lainnya seperti di Mushollamosholla yang berperan ganda sebagai Taman Pendidikan Qur’an (TPQ). Pengajian-pengajian besar juga dilakukan pada hari-hari besar islam dengan mengundang Tuan Guru dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada d Muhajirin 15 .

KESIMPULAN .

Kabul. Hayyi Abdul. Meniti Tapak Sejarah. Sosial. Nahdlatul Wathan Pusaka Masyarakat Sasak dan NTB. Selong: YPH PPD NW. 2005. M.DAFTAR PUSTAKA Badri. 66 Tahun Pondok Pesantren Darnnahdlatain Nahdlatul Wathan Pancor. 1998. Nu’man. Lombok: Aksara Indah. Muhammad. Nahdlatul Wathan Organisasi Pendidikan. 2001. DAFTAR ISI . Lombok: Pengurus Daerah NW Lombok Timur. Nasihuddin. dan Dakwah Islamiyah. Asy’ari Sahafari.

.KATA PENGANTAR………………………………………………………….7 2.2 Tujuan……………….2 Pendidikan dan Prestasinya……………………….4 Desa Pancor dan Sejarahnya……………………………………….………..4 BAB II TEORI…………………………………………………………………....………….16 DAFTAR PUSTAKA .……….1 Sejarah Singkat Kelahiran NW…………….8 BAB III Sejarah Kelahiran NW dan Perkembangannya………………………10 3.……………………6 2..1 DAFTAR ISI……………………………………………………………………2 BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………3 1..…………………………………………………...…………………………3 1.…………………………10 3.1 Biografi Pendiri NW……………………………….5 Perkembangan Dalam Bidang Sosial & Dakwah…………….15 3.………………11 3.………14 3.2 Kiprah NW Dalam Politik…………………………….……………….4 Perkembangan Dalam Bidang Pendidikan……………….3 Sejarah Masuknya NW di Muhajirin…………………………..…………………….…..1 Latar Belakang……….5 2....3 Letak Geografis Pondok Psantren…………………………….15 KESIMPULAN……………………………………………………………….5 2.......

SOSIAL.MAKALAH SEJARAH MASUKNYA NW di MUHAJIRIN DAN PERKEMBANGANNYA DALAM BIDANG PENDIDIKAN. DAN DAKWAH Disusun oleh Nama : Siti Marya Ulfa SMT/Kelas : III /A Prody : FISIKA NPM : 09230075 SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) HAMZANWADI SELONG 2010/2011 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful