ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KELUARGA NY.

M DENGAN MASALAH UTAMA HIPERTENSI DI WILAYAH RT 2 RW IV KELURAHAN BANGETAYU WETAN

PENGKAJIAN I. IDENTITAS UMUM KELUARGA a. Identitas Kepala Keluarg Nama Umur Pendidikan Agama Pekerjaan Nomor.Hp Alamat : Ny. M : 56 Tahun : Tidak Sekolah : Islam : Ibu Rumah Tangga : 024 70355416 : RT.2 RW IV Kelurahan Bangetayu Wetan

b. Komposisi Keluarga No Nama L/ Umur P 1. Ny.S P 90 th Ibu Kandung Tidak Ny.M Anak 2. Sdr.M L 25 th Kandung Ny.M Swasta SMK Islam bekerja Islam Hub.Keluarga Pekerjaan Pendidikan Agama

1

c. Genogram

Keterangan ; Ny.M Sdr.M Ny.S Meninggal laki-laki Anggota keluarga laki-laki Tinggal satu rumah ------------

Meninggal perempuan

d. Type Keluarga Keluarga yang telah kami kaji termasuk dalam type keluarga The Single-Parent Family yaitu keluarga yang terdiri dari satu orang tua (Ibu/Ayah) dengan anak, hal ini terjadi karena perceraian/kematian dan ditinggalkan. Keluarga Ny.M dengan the single-parent family dikarenakan suami Ny.M sudah meninggal dunia 2 tahun yang lalu, saat ini Ny.M tinggal bersama Sdr.M anak terakhirnya dan Ny.S (ibu kandung Ny.M).

e. Suku Bangsa 2

Keluarga Ny.M bersuku bangsa Jawa, tidak ada budaya yang mempengaruhi kesehatan kelurga.

f. Agama dan Kepercayaan Yang Mempengaruhi Kesehatan Keluarga Ny.M memeluk agama Islam. Semua anggota keluarga selalu berpegang teguh pada keyakinan untuk selalu menghindari hal yang dilarang agama, dan menjalankan perintah.

g. Status Sosial Ekonomi Keluarga Ny.M walaupun sebagai kepala keluarga tetapi yang bertugas mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga adalah anak terakhirnya (Sdr.M) dari pekerjaan sebagai karyawan pabrik Cat disalah satu perusahaan swasta yang memperoleh penghasilan  Rp.900.000 perbulan. Harta yang dimiliki dirumah yaitu 1 buah Televisi 21’, dan sepeda motor. Dengan pendapatan tersebut semua digunakan oleh keluarga Ny.M untuk memenuhi kebutuhan sehari- sehari seperti ; bayar air PAM, Listrik, makan sehari-hari dan juga biaya untuk membeli obat. Total pengeluaran selama satu bulan  Rp. 600.000.

h. Aktifitas Rekreasi Keluarga Keluarga Ny.M mengatakan tidak pernah meluangkan waktu untuk rekreasi keluarga, dikarenakan keterbatasan ekonomi dan sedikitnya waktu untuk meninggalkan rumah karena Ny.S sudah lama sakit dan hanya dirawat sendiri dirumah.

II.

RIWAYAT DAN TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA a. Tahap perkembangan keluarga saat ini Tahap perkembangan keluarga Ny.M saat ini sampai pada tahap VI : keluarga dengan anak dewasa (pelepasan). Adapun tugas perkembangan pada tahap ke VI sbb ;  Memperluas keluarga inti menjadi keluarga besar.  Mambantu orang tua suami/istri yang sedang sakit dan memasuki masa tua.  Mempertahankan keintiman pasangan.  Membantu anak untuk mandiri di masyarakat.  Penataan kembali peran dan kegiatan rumah tangga. 3

M tekanan darahnya diatas normal (Hipertensi). Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi :  Mempertahankan keintiman pasangan. Sehingga yang bertugas mencari nafkah diambil alih oleh Sdr.S. Keluhan kesehatan yang sering kali dirasakan sebagai berikut :  Ny.M diukur tekanan darahnya ternyata Ny.M sudah berkeluarga dan hidup mandiri.S selama 8 tahun dengan penuh kesabaran. Ketika Ny.  Membantu anak untuk mandiri di masyarakat. badan terasa meriang. saat ini Ny. M mengatakan saat ini yang ia rasakan kepalanya pusing. pegal-pegal diseluruh tubuhnya. Ny.M terjatuh saat merawat Ny. Riwayat kesehatan keluarga : Riwayat kesehatan keluarga saat ini : Keluarga Ny.M mengatakan kalau ia dan ibunya (Ny.  Mambantu orang tua suami/istri yang sedang sakit dan memasuki masa tua. akan tetapi Ny. keempat anak Ny. mudah lemes.M.  Penataan kembali peran dan kegiatan rumah tangga. Tahap perkembangan keluarga terpenuhi. c. tugas ini tidak dapat terlaksana di keluarga Ny.M ditinggalkan oleh pasangannya.M yang masih tinggal serumah dengan Ny. 4 .S) memang sudah lama mengalami Hipertensi.M sudah sejak 2 tahun yang lalu meninggal dunia. yang sudah terpenuhi dan yang belum Tahap perkembangan keluaraga yang sudah terpenuhi :  Memperluas keluarga inti menjadi keluarga besar.M mengatakan sering kali mengalami berbagai macam keluhan kesehatan dan biasanya hal tersebut terlebih dirasakan saat banyak kesibukan dan kecapekan.b.M. karena baru saja Ny. tugas ini sudah terlaksana semenjak Ny.M terhadap keempat orang anaknya yang saat ini sudah berumah tangga. tugas ini sudah dilakukan oleh Ny.M sebagai anak pertama sudah menjalankan bentuk pengabdiannya kepada orang tua yaitu sudah merawat Ny.M karena suami Ny.M saat ini sering kali merasa sedih dan khawatir karena anak terakhirnya belum berumah tangga dan ia hanya seorang diri mendampingi Sdr.

5 . berkeringat dingin. Riwayat . 8 tahun yang lalu Ny. dan tiba-tiba lemas. Bidan.S 90 th 30 kg Tidak Lengkap Periksa ke dokter dan minum obat. Ny. Setelah di lakukan pengukuran tekanan darah ternyata Ny. Sakit Gigi. S semasa muda memiliki riwayat Tekanan Darah Tinggi. Nama 1. minum obat.M 25 th 43 Kg Lengkap 3. Sdr. ke orang pintar dan lain-lain. dokter. Batuk. Keluarga Ny. Periksa ke Dokter. Ny. S dirawat sendiri dirumah. keluhan ini sering kali ia rasakan semenjak ia bekerja di suatu pabrik yang pekerjaannya selalu terpapar zat kimia.S juga sudah 1 tahun terakhir tidak bisa diajak berkomunikasi. Ny.S juga mengalami Hipertensi.M memiliki riwayat tinggi kolesterol dan Hipertensi Riwayat . Riwayat : Ny.  Saat ini anggota keluarga yang sakit adalah Ny. Riwayat kesehatan masing-masing anggota keluarga : No. sudah sejak 8 tahun yang lalu Ny.S tiba-tiba saja mengalami kelumpuhan hingga saat ini. tiba-tiba berdebardebar.S mengalami sakit yang tidak kunjung sembuh keluarga juga selalu berupaya seperti: mengikuti program terapi alternative.M sering merasakan kepalanyapusing.M mengatakan di sore hari ia sering merasakan badannya panas. Oleh karena Ny. minum obat dan jamu. 2. pengobatan alternative (terapi). dikarenakan Stroke dan seluruh aktifitasnya harus dibantu total. klinik dan rumah sakit yang terdekat. Ny.M juga memiliki kebiasaan untuk pijat saat badan terasa kecapekan.S. Ny.M Umur 56 th BB 50 kg Imunisasi Tidak lengkap Masalah Kesehatan Tindakan Yang telah dilakukan Dirawat kali dirumah sakit. Sdr. Sumber pelayanan kesehatan : Keluarga mengatakan pusat pelayanan kesehatan yang dipilih seperti puskesmas.

faktor penyebab penyakitpenyakit hipertensi keluarga Ny. Barang Ruang TV Keluarga Ny. Sejak 1 tahun yang lalu Ny.S saat muda sudah mengalami tekanan darah tinggi. dikarenakan Stroke dan seluruh aktifitasnya harus dibantu total.M tinggal di rumah milik pribadi seluas  14x7 meter. lalu mengikuti program terapi. PENGKAJIAN LINGKUNGAN a. Saat ditanya mengenai pengertian. Sdr. M banyak belum mengetahui. ruang tamu selain digunakan sebagai ruang tempat berkumpul akan 6 . tanda dan gejala. dan sakit gigi akan tetapi tidak pernah sampai dirawat di rumah sakit. sudah sejak 8 tahun yang lalu dirawat sendiri dirumah. III. Batuk. Ny. Setiap kali Ny.P. Ny.S. berbentuk bangunan semi permanen karena sebagian besar masih dari kayu. M dalam setahun terakhir pernah dirawat di rumah sakit dengan riwayat penyakit Hipertensi dan kadar kolesterol tinggi. seperti .S sudah tidak bisa diajak berkomunikasi.Riwayat kesehatan keluarga sebelumnya : Ny.M merasa kecapekan selalu mengeluhkan jantungnya berdebar-debar.M kurang tepat dalam memanfaatkan ruangan. minum obat dan jamu akan tetapi tetap tidak ada perubahan. dan badan terasa lemas. M pernah mengalami sakit seperti . Dalam rumah terdapat 5 ruangan kecil hanya saja keluarga Ny. Karakteristik Rumah Dapur Kamar I Kamar II Ruang Tamu Kamar Mandi/WC R. lalu tiba-tiba saja mengalami kelumpuhan sudah beberapa kali berobat jalan ke dokter. keluar keringat dingin.

M mengatakan selalu aktif dalam mengikuti kegiatan yang ada dilingkungan sekitar untuk mewakili keluarga seperti . Kakak Ipar. Ny. dan anak kandung yang kebetulan juga dekat dengan rumah. gotong royong untuk bersih-bersih lingkungan sekitar. Adapun seorang yang sangat dipercaya dan sering dimintai tolong adalah para tetangga terdekat. pengajian ruti ibu-ibu. b.M memiliki masalah.M menerapkan cara komunikasi fungsional. kumpulan remaja. Ny. Perkumpulan keluarga dan iteraksi dengan masyarakat Ny. seperti c. Pemberian ventilasi atau jendela sudah baik  10 % dari luas rumah. dll. STRUKTUR KELUARGA a. c.M berinteraksi dengan masyarakat disekitar walaupun hanya sebentar saja. tetapi keluarga tidak memisahkan antara sampah organic/anorganik dan pengolahan sampah keluarga dengan cara dibakar. dalam hal ini anggota keluarga masing-masing mengutarakan pendapat dengan menggunakan komunikasi yang baik sehingga menghasilkan suatu hubungan timbal balik yang bermanfaat dan penuh toleransi. pertemuan RT dan lain-lain. Karkteristik Tetangga dan Komunitas RW Ny. b. dikarenakan tidak tega meninggalkan Ny. Keluarga Ny. selalu diselesaikan dengan cara musyawarah bersama keluarga. IV.M mengatakan tetangga disekitar rumahnya semua baik dan saling tolong menolong. Tempat pembuangan sampah sudah tersedia.tetapi dimanfaatkan juga sebagai ruang tidur siang/istirahat siang dan ruang menonton TV.M juga terbiasa aktif mengikuti kegiatan di wilayah RT pertemuan PKK yang diadakan satu bulan sekali.M memiliki septic tank khusus. Pola/Cara Komunikasi Keluarga Keluarga Ny. Struktur Peran 7 . Sdr.S yang sakit dan berada sendirian dirumah. S sudah tidak dapat berinteraksi dengan orang lain dikarenakan tidak dapat berbicara. Sumber air yang digunakan dari PAM. System Pendukung Keluarga Bila keluarga Ny.

b. S adalah ibu kandung Ny.M terdapat keterikatan kasih sayang yang sangat kuat.M (nenek) .M juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan gotong royong.  Ny. pengajian dan lain-lain.M selama ini sudah berusaha dengan baik dalam merawat anggota keluarga yang sedang sakit termasuk dalam hal pengobatanpun sudah diupayakan 8 . Sdr. tidak pernah berpindah tempat. menghargai dan menerima. Interaksi dan hubungan dalam keluarga terjalin dengan baik. oleh karena usianya yang sudah tidak muda dan karena larangan dari Putranya.M yang masih tinggal serumah dan belum berkeluarga. saling menghormati dan saling memahami keadaan dan masalah yang sedang dihadapi. saling mendukung.M selalu memiliki aturan untuk mengutamakan nilai kesopanan. Fungsi afektif Dalam kelurga Ny. Keluraga Ny. S yang terbaring sakit selama 8 tahun tidak kunjung ada perubahan yang lebih baik. kegiatan rutin di RT.M harmonis. M berperan sebagai kepala keluarga dan ibu rumah tangga. FUNGSI KELUARGA a.M bertindak sebagai tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah. M bertindak sebagai kepala keluarga akan tetapi tidak bertugas untuk mencari nafkah. c.  Sdr. dan lain-lain. Fungsi perawatan kesehatan Keluarga Ny. V. ngobrol dengan tetangga. Ny. sarana transportasi yang digunakan keluarga yaitu : sepeda motor.Peran masing-masing keluarga :  Ny.M sudah dari lahir tinggal dirumah yang saat ini dihuni. Keluarga Ny. Mobilitas Geografi keluarga Keluarga Ny.M adalah anak terakhir Ny. Fungsi sosialisasi Kerukunan hidup dalam keluarga Ny.M selalu memanfaatkan waktu senggang/libur untuk nonton TV bersama bercanda. Nilai dan Norma keluarga : Keluarga Ny. d. walaupun saat ini sering kali diuji dengan kesedihan yang mendalam kerena keadaan kesehatan Ny.

Ny. maka tidak semua pelayanan kesehatan mudah dijangkau. Keluarga Ny. Stressor jangka pendek yang dihadapi keluarga adalah Ny. STRESS DAN KOPING KELUARGA a. baik dari segi medis maupun alternative. hal ini dilakukan dengan cara membersihkan rumah setiap hari. Kemampuan keluarga dalam memelihara lingkungan rumah cukup. dokter.secara maksimal.M memutuskan untuk merawat sendiri dirumah. S yang sudah sakit selama  8 tahun Ny.M mengatakan sudah sangat bersyukur karena telah dikaruniai 5 orang anak dan saat ini Ny.M) dan kesehatan Sdr.M memiliki keyakinan bahwa semua yang dialami adalah sebuah cobaan yang harus dilalui dengan tetap berusaha dan berserah diri pada Allah SWT.M sudah merasakan tanda-tanda kurang enak badan maka akan langsung dibawa ke pelayanan kesehatan seperti puskesmas.S sedangkan anaknya yang lain sudah sibuk bekerja dan punya rumah tangga sendiri. Kemampuan keluarga Ny.M atau Sdr. klinik dan rumah sakit yang terdekat. VI. Bidan.M memutuskan khusus untuk perawatan Ny.M yang ia 9 .M dalam mengunakan fasilitas kesehatan dimasyarakat sudah baik akan tetapi karena factor ekonomi yang kurang memadai.M mengatakan sangat khawatir jika dirinya atau ada anggota keluarga lain yang sakit. d. Ny. membuka ventilasi/jendela rumah. Oleh karena itu.M sudah memasuki massa menopause.M mengalami sakit maka tidak ada yang akan merawat Ny.M merasakan kekhawatiran jika dirinya atau Sdr. dikarenakan perawatan rumah sakit sangat mahal dan perekonomian keluarga tidak mencukupi. jika Ny. Fungsi Reproduksi Ny. Stressor jangka panjang yang dihadapi keluarga adalah Ny. Terlebih dalam merawat Ny.M sering kali memikirkan massa depan anak terakhirnya (Sdr. S yang sudah berusia lanjut akan dirawat sendiri dirumah dengan tujuan agar lebih dekat dengan keluarga.

b. Solusi yang dipilih oleh keluarga.M dapat beraktifitas atau bergerak secara normal. AKTIVITAS KEHIDUPAN SEHARI-HARI ANGGOTA KELUARGA a.M dan Sdr. Keluarga Ny. kecuali Ny. sayuran dan buah jika ada. Intake Cairan Keluarga Ny.M kebiasaan minum air putih  6-8 gelas dalam sehari.M tidak mengalami gangguan BAK dan BAB selama 3 bulan terakhir. rutinitas makan 3 kali dalam sehari dengan menu yang sederhana tetapi sudah cukup dengan lauk – pauk.M berharap seluruh anggota keluarga diberikan kesehatan dan kesempatan untuk menjadi lebih baik dari keadaan yang saat ini. b.S yang hanya minum air putih kurang dari 6 gelas. VII.M sudah cukup walaupun dengan kesederhanaan. Nutrisi Pemenuhan gizi keluarga Ny. yaitu keluarga selalu berserah diri kepada Allah SWT dan tetap bersabar menjalani cobaan.M memiliki kebiasaan makan tanpa sayur dan dengan porsi yang sedikit. Kemampuan keluarga berespon terhadap situasi : Ny. 10 . Mobilisasi Ny.M yang susah sekali makan dan hanya mau makan tanpa sayur. Makanan tambahan lainya seperti cemilan dll hanya sesekali saja diolah sendiri oleh keluarga selebihnya beli diwarung kalau ada uang. e. Personal Hygine f. Ny.lihat semakin hari semakin kurus dan kurang sehat apalagi melihat kebiasaan Sdr. c.S sudah sulit untuk menelan dan mengunyah lagi. Eliminasi Keluarga Ny. d. makan cumin sedikit ½ porsi kadang tidak habis.M selalu mandi 2-3 kali sehari. Sdr.

Penyakit Saat Ini badan terasa meriang. Pe : Pekak A : S1 dan S2 regular TD : 170/100 RR : 22 menit Nadi : 76 x / menit Suhu : 36. akan tetapi dulu pernahmemiliki riwayat sakit gigi. Sdr.M Ny. PEMERIKSAAN FISIK PENGKAJIAN Nama Umur L/P Pendidikan Pekerjaan Ny. dan baru di perusahaan yang selalu1 tahun terakhir ia tidak terpapar bahan-bahan kimia.M mengatakan disore hari Sudak dari 8 tahun ia sering kali merasakanyang lalu Ny.8 0 C I : Ictus Cordis tidak tampak Pa : Ictus Cordis Teraba pada ICS ke 5 linea mid clavikula sinistra.S badannya panas.S. dapat berkomunikasi dengan orang lain dikarenakan tidak bisa bicara. mudah lemes.2 0 C : Ictus Cordis tidak System Cardio I tampak Vascular Pa : Ictus Cordis Teraba pada ICS ke 5 linea mid clavikula sinistra. TD : 100/80 mmhg RR : 22 x/menit Nadi : 88 x/menit Suhu : 370 C Ictus Cordis tidak tampak Pa : Ictus Cordis Teraba pada ICS ke 5 linea mid clavikula sinistra. Tanda – tanda TD : 150 / 100 RR : 24 x / menit vital Nadi : 82 x / menit Suhu : 37.VIII.M Ny.M memiliki riwayat tinggi kolesterol dan Hipertensi.M 56 Tahun Perempuan Tidak Sekolah Ibu Rumah Tangga Keluhan / Saat ini yang ia rasakan pegal-pegal diseluruh Riwayat tubuhnya. dan batuk. Y 25 Tahun 90 Tahun Laki-laki Perempuan SMK Tidak Sekolah Swasta (Karyawan Pabrik Tidak bekerja Pembuat Cat) Sdr. mengalami hal ini bermula karena ia bekerjakelumpuhan. Pe : Pekak A : S1 dan S2 regular Riwayat Penyakit Sebelumnya Sdr.M Ny. M tidak pernah dirawat Hipertensi dan Struk di rumah sakit. Pernah dirawat di rumah sakit karena Ny. dan pusingkarena baru saja habis jatuh saat merawat Ny.S Sdr. Pe : Pekak A : S1 dan S2 regular 11 .

tidak kanan tampak ada benjolan. Pe : Sonor A : Terdengar Vesikuler. Ronki(-) Pe : Sonor A : terdengar Ronki System Gastrointestinal System Persyarafan System Muskuloskeletal I : Abdomen tampak datar. Tidak dilakukan pemeriksaan System Genetalia Pemeriksaan lain sbb:  Kepala Tidak dilakukan Tidak dilakukan pemeriksaan pemeriksaan Bentuk kepala mesochepal. tidak ada lesi. pemeriksaan Extremitas atas dan bawah baik. tidak ada ketombe kulit kepala bersih. kiri sama. turgor kulit baik. ada sedikit ketombe.System respirasi I : Dada kiri dan kanan tampak simetris. I : Abdomen tampak datar. Pa : Vokal fremitus Pe : Sonor kanan & kiri A : Terdengar Vesikuler. kekuatan otot maksimal. Extremitas atas dan bawah baik. CR < 2 detik. Bentuk mesochepal. tidak ada benjolan. tampak kusam dan kotor. simetris. sama. rambut lurus terdapat uban. 12 .extremitas bawah sudah tidak dapat digunakan untuk berjalan kaki. Ronki(-) I : Dada kiri dan kanan I : Dada kiri dan tampak simetris. turgor kulit baik. Bentuk kepala mesochepal. A : Peristaltik usus > 15 x/menit Pe : Tympany Pa : Tidak terdapat nyeri tekan Tidak ada gangguan / tidak Tidak dilakukan dilakukan pemeriksaan. tidak Pa : Vokal fremitus kanan & ada benjolan. A : Peristaltik usus > 25 x /menit Pe : Tympany Pa : Tidak terdapat nyeri tekan I : Abdomen tampak datar. kekuatan otot maksimal. . Pa : Vokal fremitus kanan & kiri sama. rambut beruban. rambut lurus hitam. CR < 2 detik. tidak ada lesi. Extremitas atas masih bisa digerakan walaupun tidak dengan kekuatan penuh dan dapat menggenggam. tidak ada lesi. A : Peristaltik usus > 25 x /menit Pe : Tympany Pa : Tidak terdapat nyeri tekan Tidak ada gangguan / tidak dilakukan pemeriksaan. tidak rapi.

ada pergerakan cuping hidung. Sklera tidak ikterik.conjungtifa tidak anemis. mudah lemes. sawo  Mata Sklera tidak ikterik. hal ini bermula karena ia bekerja di perusahaan yang selalu terpapar bahan-bahan kimia. Simetris kiri dan kanan. matang. hidung. ada reflek berkedip. tidak ada polip. tidak ada tidak ada penyakit kulit. mengunyah dan menelan menelan makanan. ada reflek berkedip. badan terasa meriang. tidak mengalami gangguan pendengaran. masih dapat merespon percakapan orang lain walaupun tidak dapat berbicara. Kebersihan gigi terjaga.conjungtifa tidak anemis. kulit baik.S sudah sulit untuk 13 .S kondisi kesehatannya sangat memperihatinkan.  Telinga  Mulut Keluhan Ny. tidak ada pergerakan cuping pergerakan cuping hidung.S. penyakit kulit. tidak Terlihat bersih.M mengatakan Ny.M mengatakan di sore hari ia sering kali merasakan badannya panas. tidak mengunakan alat bantu penglihatan. tidak ada kesulitan ada kesulitan mengunyah dan ada kesulitan mengunyah dan menelan makanan/minuman. tidak ada polip.  Hidung Terlihat bersih. Sklera tidak ikterik. ada reflek berkedip. tidak Gigi sudah ompong. terdapat serumen. Ny. pupil ki/ka sama. Simetris kiri dan kanan. Simetris kiri dan kanan. dan sudah tidak bisa berbicara. makanan/minuman. Kulit Warna kulit sawo Warna kulit sawo matang. Kebersihan gigi terjaga. terdapat sedikit serumen. tidak ada polip. Turgot Turgot kulit baik. Warna kulit matang. penglihatan agak kabur pada jarak tertentu. tidak ada Terlihat bersih.M mengatakan saat ini yang ia rasakan pegal-pegal diseluruh tubuhnya karena habis jatuh/terpeleset saat merawat Ny. Ny. tidak mengunakan alat bantu penglihatan. tubuhnya kurus. bathrest total (seluruh aktifitasnya dibantu). terdapat sedikit serumen.conjungtifa tidak anemis. dan pusing Sdr. tidak mengalami gangguan pendengaran. pupil ki/ka sama. pupil ki/ka sama.

14 . Terhadap masalah kesehatannya Keluarga Ny. IX. HARAPAN KELUARGA a.menelan makanan/minuman.M berharap seluruh anggota keluarganya selalu diberikan kesehatan dan diberikan kesabaran dalam merawat Ny. khususnya pelayanan kesehatan keluarga lebih ditingkatkan lagi dan dari petugas kesehatan ada program kunjungan rumah untuk memantau kesehatan keluarga di rumah. Terhadap petugas kesehatan yang ada Keluarga Ny.S yang sudah bertahun-tahun terbaring sakit dirumah. b.M berharap pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

M tekanan darahnya diatas normal (Hipertensi).  Sdr.X. Subjektif : Masalah Ketidakefektifan Penyebab ketidakmampuan untuk membuat Keluarga Ny.M diukur tekanan darahnya ternyata Ny.S) memang sudah lama mengalami Hipertensi. M mengatakan saat ini yang ia rasakan kepalanya pusing. mudah lemes. Ketika Ny. Ny.M terjatuh saat merawat Ny.M mengatakan sering pemeliharaan kali mengalami berbagai macam kesehatan keluhan kesehatan dan biasanya hal tersebut dirasakan terlebih saat penilaian yang tepat banyak kesibukan dan kecapekan.M mengatakan kalau ia dan ibunya (Ny. keluhan ini sering kali ia rasakan semenjak ia bekerja di suatu pabrik 15 .M mengatakan di sore hari ia sering merasakan badannya panas. No ANALISA DATA Data 1. Keluhan kesehatan yang sering kali dirasakan sebagai berikut :  Ny. pegalpegal diseluruh tubuhnya.S. karena baru saja Ny. badan terasa meriang.

RR  Sdr. TD 36. baik dari segi medis maupun alternative. 2. Objektif : Keluarga Ny. : 170/100.  Ny.M tampak lemas. TD : 150/100 mmhg. Suhu : 37. Nadi : 88 x/menit. RR 22 menit. Suhu : 370 C.2 0 C.M selama ini Kesiapan sudah berusaha dengan baik dalam meningkatkan merawat anggota keluarga yang Manajemen Koping Keluarga yang Adaptif sedang sakit termasuk dalam hal Kesehatan Diri pengobatanpun sudah diupayakan secara maksimal. Suhu : Subjektif : Keluarga Ny. tampak kurang begitu bersemangat TD : 100/80 mmhg.yang pekerjaannya selalu terpapar zat kimia. Nadi : 82 x / menit. Terlebih dalam 16 .S megalami Stroke. tidak bisa diajak berkomunikasi dan riwayat Hipertensi.M : 24 x / menit.  Ny.8 0 C. M ketika ditanya mengenai Hipertensi hanya menjawab sebisanya dan tampak tersenyum.S terlihat sangat kurus.  Ny. terbaring lemah bahkan menggerakan bagian tubuhnya sulit untuk ia lakukan dan seluruh aktifitasnya dibantu : keseluruhan. Nadi : 76 x / menit. RR : 22 x/menit.

merawat Ny.M memutuskan untuk merawat sendiri dirumah. S yang sudah sakit selama  8 tahun.M mencukupi. Objektif : Keluarga Ny. 17 .M tampak antusias dalam perawatan kesehatan terhadap setiap anggota keluarga yang sakit. dikarenakan perawatan rumah sakit sangat keluarga mahal tidak dan perekonomian Ny. memiliki keyakinan bahwa semua yang dialami adalah sebuah cobaan yang harus dilalui dengan tetap berusaha dan berserah diri pada Allah SWT. Ny.

M sedang 2) Kemungkinan masalah diubah : Mudah dapat 2/ 2 X 2 = 2 Jika Sdr.M atau sudah tanda- merasakan tanda kurang enak badan maka akan langsung berobat 18 dibawa ke . dan Ny.M Ny.M mengatakan sering kali anggota keluarganya mengalami berbagai macam kesehatan keluhan dan penilaian yang tepat biasanya hal tersebut dirasakan saat kesibukan kecapekan. PENILAIAN SKORING DIAGNOSA KEPERAWATAN KELUARGA a) Diagnosa I Dx Keperawatan Ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan berhubungan dengan ketidakmampuan untuk membuat Kriteria 1) Sifat actual Masalah Skor : 3/3 X 1 = 1 Pembenaran Ny. terlebih banyak dan Ny.XI.S mengalami Hipertensi.

S sedangkan anaknya yang sibuk lain sudah bekerja dan punya rumah tangga sendiri. 4) Menonjolnya Masalah masalah dirasakan harus diatasi. Bidan.M merasakan jika kekhawatiran dirinya atau Sdr.pelayanan kesehatan seperti puskesmas. klinik dan rumah sakit yang terdekat. 19 .M mengalami sakit/dirawat dirumah sakit maka tidak ada yang akan merawat Ny. : ada yang dan penyakit 2/ 2X 1 =1 Ny. 3) Potensial untuk sedang masalah 2/ 3 X 1 = 2/3 dicegah : Dengan mengupayakan pendidikan kesehatan melibatkan anggota yang semua keluarga. diharapkan mampu untuk meningkatkan kewaspadaan mengenai hipertensi. dokter.

3) Potensial untuk rendah 20 masalah 3/ 3 X 1 = 1 dicegah : Kemampuan keluarga Ny.M dalam mengunakan . 2) Kemungkinan masalah dapat diubah : sebagian 1/ 2 X 2 = 1 Keluarga selama berusaha ini Ny.M sudah dengan baik dalam merawat anggota keluarga yang sedang sakit termasuk dalam hal pengobatanpun sudah secara diupayakan maksimal. baik dari segi medis maupun alternative. Koping yang Diri Kriteria 1) Sifat Masalah Skor : 3/ 3 X 1 = 1 Pembenaran Ny. S Aktual Kesehatan yang sudah berusia lanjut akan dirawat sendiri dirumah dengan tujuan agar lebih dekat dengan keluarga.M memutuskan khusus perawatan untuk Ny.Total Skor 4 2/3 b) Diagnosa II Dx Keperawatan Kesiapan meningkatkan Manajemen Kesehatan berhubungan dengan Keluarga Adaptif.

Kesiapan meningkatkan Manajemen Kesehatan 3 ½ Diri berhubungan dengan Koping Keluarga yang Adaptif. maka tidak semua pelayanan kesehatan mudah dijangkau.fasilitas kesehatan dimasyarakat sudah baik karena ekonomi kurang akan tetapi factor yang memadai.M merawat anggota yang sakit. PRIORITAS MASALAH Prioritas 1. Diagnosa Keperawatan Keluarga Ketidakefektifan pemeliharaan Skor kesehatan 4 2/3 berhubungan dengan ketidakmampuan untuk membuat penilaian yang tepat 2. 4) Menonjolnya Masalah : masalah dirasakan tapi tidak harus diselesaikan 1/2 X 1 = ½ Anggota Keluarga Ny.M banyak sekali memiliki kesehatan dengan Ny. keluhan dan kesabaran mampu sediri keluarag Total Skor 3½ XII. 21 .

22 .

1 Keluarga mampu menjelaskan Verbal tentang pengertian hipertensi 1.3 Keluarga mampu mengerti Verbal 1. Merokok 3. Observasi TTV 2. Hipertensi Ringan 2. Ajarkan keluarga cara membuat jus timun untuk mengontrol hipertensi dengan benar. Keluarga mampu mengetahui penyakit kesehatan pada keluarga tentang hipertensi. tentang jenis-jenis hipertensi tentang penyebab hipertensi . Alkohol 23 4. Obesitas (Kegemukan) 4.XIII. Gali pengetahuan keluarga tentang hipertensi . Stress 2.2 Keluarga mampu mengerti Verbal Intervensi Ketidakefektifan pemeliharaan kesehatan berhubungan dengan ketidakmampuan untuk membuat penilaian tepat yang Setel Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 6 kali pertemuan diharapkan keluarga dapat. Jelaskan pada keluarga obat tradisional hipertensi. 3. Hipertensi Sedang 3. Kenaikan tekanan darah lebih dari normal yaitu (120/80) 1. Diagnosa RENCANA ASUHAN KEPERAWATAN Tujuan Umum Tujuan Khusus Evaluasi Kriteria Standart 1. penatalaksanaan hipertensi 1. 5. Beri pendidikan 1. Hipertensi Berat 1.

5 Keluarga mampu mengerti Verbal 1. Hidup tenang 6. Penyakit Ginjal : Gagal Ginjal 3. gaduh. 24 . 1. dan tentang komplikasi hipertensi.5. Kelelahan 7. Otak : Serangan Stroke 4. Berenang 6. Rasa berat di tengkuk 1. Lemas 4. Faktor keturunan 6. Berikan penjelasan kepada keluarga manfaat pengaturan diit untuk penderita hipertensi. Bersepeda. Menghindari ketegangan 7.4 Keluarga tentang hipertensi mampu tanda mengerti Verbal gejala 1. Jalan cepat. Sakit kepala 2. Pusing 3. Olah raga teratur seperti : Jogging. Sesak nafas 5. Istirahat 8. Faktor lingkungan : bising. Menurunkan berat badan bagi yang kegemukan 5. Penyakit Jantung : Gagal Jantung 2. Kesemutan 6.

7 Keluarga mampu mengerti Verbal 1. Minum obat teratur 3.1. Berhenti merokok tentang pengobatan hipertensi 1.6 Keluarga mampu mengerti Verbal 1. Makanan yang diawetkan : Chicken nugets. Telur boleh dikonsumsi maksimal 2 butir dalam 1 minggu 5. Sayur-sayuran hijau 2. Mengurangi asupan alcohol 3. Mengurangi asupan garam dan lemak 2. mie. untuk penderita mengandung lemak) MAKANAN YANG DIHINDARI 1. Buah-buahan 3. Diit : rendah garam tentang pencegahan 1. Ikan laut 4. Kontrol teratur 2.8 Keluarga mampu mengerti Verbal tentang makanan yang MAKANAN YANG DIANJURKAN 1. Daging ayam (jangan dengan kulitnya karena banyak dianjurkan dan makanan yang dihindari hipertensi. minuman 25 .

Seledri 4. daging sapi. daging kambing. 2. ½ kg buah ketimun / belimbing cuci hingga bersih 2.Keluarga mampu menyebutkan Verbal macam-macam obat 1. Keluarga mampu memahami obat tradisional untuk hipertensi. menggunakan kain atau penyaring 4.Keluarga mampu mengerti cara Psikomotor membuat jus timun untuk mengontrol hipertensi dengan benar 1.1. Blimbing 2. Kupas kulitnya kemudian diparut 3. 2. Saring airnya dengan tradisional untuk hipertensi. Setelah diminum 26 disaring kemudian . 3. Minuman kopi 2. Sayur daun singkong 4. Daging-daging warna merah segar seperti hati ayam. Buah Timun 2. sosis sapi.kaleng dll. Menkudu 3.2.

1 Keluarga dapat menyebutkan Verbal manfaat pengaturan diet Keluarga mengatakan diet baik untuk kesehatan terutama untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Lakukan setiap hari kurang lebih 1 kg untuk 2 kali minum. 27 . Keluarga mampu membuat Psikomotor Keluarga tampak membuat sendiri jus sendiri jus timun untuk timun untuk mengontrol hipertensi mengontrol hipertensi 3. 3.2 Keluarga bersedia mengatur Afektif diet dalam makan Keluarga mengatakan/bersedia untuk pengaturan diet.5. 2.3. Keluarga memahami manfaat pengaturan diet untuk penyakit hipertensi 3.

Keluarga memiliki Verbal Keluarga mengatakan semua penyakit pasti ada obatnya dan manusia wajib untuk berusaha dan tawakal. 2. bersih dan sehat.Keluarga mendatangi dan menyebutkan mampu Verbal Afektif pusat & Keluarga mampu menyebutkan dan mendatangi pusat pelayanan kesehatan seperti : puskesmas. Memberikan penguatan secara spiritual.1. 2. yang Manajemen Kesehatan Diri. rumah sakit dan tenaga kesehatan. keyakinan untuk sembuh.2. pelayanan kesehatan yang tepat bagi keluarga. jika sakit itu pasti ada obatnya wajib berusaha kesehatan yang dialami dengan Koping meningkatkan Keluarga Adaptif. 2. Memberikan motifasi untuk selalu berperilaku hidup keperawatan selama 6 kali pertemuan diharapkan keluarga dapat: 1.Kesiapan meningkatkan Manajemen Kesehatan berhubungan Setelah dilakukan tindakan keperawatan Diri selama 2 minggu keluarga mampu Setelah dilakukan tindakan 1. 28 . Mengatakan akan selalu menjaga kesehatan 2. Memahami kondisi Verbal Keluarga mengatakan keluhankeluhan kesehatan yang selama ini dialami sangat merugikan bagi dirinya.

29 .

30 .