PENGERTIAN-UNSUR PENUNJANG DAN STRATEGI MEREK

Heru Wijayanto

PENGENALAN BRAND / MERK

Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi hal-hal tersebut, yang dimaksudkan untuk

mengidentifikasi barang / jasa dari seorang atau sekelompok
penjual & untuk membedakannya dari produk pesaing. (Kotler, 1998)

6 Pengertian Merek /Brand
• ATRIBUT Merek meningkatkan pada atribut-atribut tertentu. Mercedez menyatakan sesuatu yang mahal, dibuat dengan baik,

terancang dengan baik, tahan lama, bergengsi tinggi dsb.
• MANFAAT

Pelanggan tidak membeli atribut tetapi manfaat. Atribut
diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat fungsional / emosional.(mobil ini membuat saya bergengsi & di hargai )

• NILAI Merek juga menyatakan suatu tentang nilai produsen. Jadi Mercedez berarti berkinerja tinggi, aman, bergengsi dsb. • BUDAYA Merek juga mewakili budaya tertentu, yakni terorganisasi, efisien & berkualitas merupakan budaya Jerman. • KEPRIBADIAN Merek juga mencerminkan kepribadian tertentu. Kadang merek mengambil sebuah kepribadian seseorang.

.

misalnya diasosiasikan dengan seorang presiden direktur. Pemakai Mercedez. Merek juga menunjukan konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut.• PEMAKAI. .

STRATEGI KUAT MEMBANGUN BRAND / MERK Menurut Denise Barnwell seorang penulis buku “How To Be Distinctive And Remarkable In What You Do And How You Do It”. Ada lima langkah strategi dalam membangun merek pribadi yang kuat. yaitu: .

• Temukan Target Anda Tidak semua pelanggan cocok dengan kriteria target Anda. • Kenali Persaingan Anda Yang Sebenarnya Tidak perduli dengan siapa Anda bersaing pastikan Anda menentukan pembeli akan membeli dari Anda karena produk Anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Sebuah kesalahan besar ketika Anda tidak membuat rincian mengenai gambaran target seperti apa kriteria pelanggan Anda. Temukan segera pelanggan yang sesuai dengan target tujuan Anda . .

Anda tidak perlu menjadi unik. Tetapi Anda hanya perlu tampil beda melawan dunia persaingan dan gambaran diri produk kita menempel pada target Anda. • Ciptakan Rencana Merek Pribadi Anda Dalam Pemasaran Bawa merek pribadi Anda dalam hidup dengan cara bagaimana mengkomunikasikan secara verbal. dalam tulisan dan gambaran umum .• Temukan Point Perbedaan Anda Hanya sebuah dongeng belaka yang bercerita tentang marketing yang hebat adalah ketika merek Anda menjadi unik. Kenali salah satu dari tiga unsur point Anda yang berbeda dan tunjukan kepada pada target Anda.

Hal ini akan menjadi sebuah catatan pribadi Anda bukan suatu hal yang harus Anda katakan kepada siapa saja. Pernyataan ini akan menjadi identitas merek pribadi Anda.• Tulislah Pernyataan Merek Pribadi Anda Strategi ini akan menarik bersama-sama yang merupakan akibat 3 langkah berikut. (2) Pertandingan Anda yang sebenarnya merupakan figur referensi dan. (3) Point Anda adalah berbeda. . Tulislah satu paragraf dari tiga pernyataan bahwa (1) Gambarkanlah target pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan.

8 pertanyaan penting dalam membentuk nama merek yang berkualitas Menurut Kaye Marks. ahli periklanan Amerika dalam membangun sebuah merek pribadi .

• Bentuk bisnis seperti apakah yang Anda miliki sekarang? Apakah Anda punya tempat di benak masyarakat? • Seperti apakah produk dan pelayanan Anda? • Berapa lama Anda sudah beroperasi untuk menghasilkan produk ini? • Apakah Anda mempunyai pesaing? Jika ya siapakah mereka? .

Apakah Anda selalu intensif bergabung dalam kelompok target market Anda? .• Siapakah target market Anda • Bagaimana target klien melihat Anda? Seperti apakah bisnis yang Anda lakukan saat ini? • Apakah tujuan dan cita-cita produk Anda? • .

.

• Tentukan aspek-aspek unggulan dari bisnis yang hendak disampaikan pada citra perusahaan. jenis kelamin. . .Tips untuk pembuatan brand image atau minimal untuk pembuatan logo perusahaan: • Tentukan target pelanggan. yang berarti mengetahui demografisnya (usia. pola dan kemampuan konsumsi). lokasi tempat tinggal.

.Tips untuk pembuatan brand image atau minimal untuk pembuatan logo perusahaan: • Salah satu tips shortcut untuk memudahkan pengembangan brand image ini juga dapat dengan mengamati brand dari pesaing. dari sana dapat dikembangkan/ditambahkan detail baru agar merk Anda menjadi lebih unik. ataupun brand yang telah berkembang baik dengan jenis produk dan konsep yang mirip dengan usaha yang hendak dibina.

bila Anda perhatikan. menggunakan gaya eksekusi merk-nya yang sangat sederhana hingga berunsur retro/vintage (beberapa bahkan menerapkan 'hand sketch style') untuk menekankan bahwa perusahaan menggunakan bahan baku dan proses alami yang turun temurun.Tips untuk pembuatan brand image atau minimal untuk pembuatan logo perusahaan: • Merk tidak selalu harus rumit dan canggih. . yang pada gilirannya akan meningkatkan loyalitas konsumen. banyak merk dari produk/perusahaan yang telah dikenal.

Jangan lupa menyampaikan konsep apa yang ingin ditekankan. . atau berikan beberapa contoh referensi merk acuan. jadi janganlah membiarkan designer yang menentukan aspek-aspek yang sebenarnya bisa menjadi keunggulan kompetitif Anda. dapat meminta bantuan rekan atau designer.Tips untuk pembuatan brand image atau minimal untuk pembuatan logo perusahaan: • Bila Anda tidak menguasai design grafis.

bukan tidak mungkin merk dapat diubah atau dirancang ulang demi menyesuaikan dengan perubahan yang telah terjadi. .Tips untuk pembuatan brand image atau minimal untuk pembuatan logo perusahaan: • Bila setelah sekian waktu. misalnya perubahan produk utama ataupun skala usaha. terjadi beberapa perubahan dalam usaha.

.Sebuah merk atau brand image baik disadari maupun tidak. pelayanan dan komitmen dari pelaku usaha atau pemiliknya. standar kualitas. kesungguhan. akan dapat menjadi identitas dan cerminan dari visi. sehingga akan sangat baik bila Anda merencanakannya secara cermat.

. Dengan pilihan warna yang minim.Unsur Dasar Penunjang Merek /Brand • PEMILIHAN WARNA Bila kita perhatikan. maka begitu banyak merk yang menonjol di pasaran ternyata dibuat dengan warna dengan hanya pilihan warna dasar dan dengan jumlah atau variasi warna yang minim. maka akan lebih mudah untuk mengaitkan pilihan warna dengan aspek emosi pemirsanya..

sebuah Brand / Logo akan mulai berfungsi pada kesan pertama dari pemirsanya. .Sebagaimana kita ketahui. maka dari itu pemilihan warna dasar akan berfungsi efektif mulai dari pertama kali diperkenalkan pada pemirsa.

.

.

Unsur Dasar Penunjang Merek /Brand • BENTUK DAN JENIS HURUF Bentuk juga merupakan komponen yang krusial dalam penyusunan logo sebagai identitas produk.. . bentuk dan jenis huruf yang tepat akan dapat lebih mudah diingat oleh konsumen.

Unsur Dasar Penunjang Merek /Brand • NAMA YANG BAIK Pemilihan nama merupakan hal pokok bagi setiap Brand. Pemilihan nama perlu juga mempertimbangkan target jangka panjang dari sebuah usaha. . bukan tidak mungkin sebuah bisnis dibuat untuk dikembangkan dengan metode waralaba di kemudian hari. sehingga nama yang mudah diucapkan dan dikenali (recognized) akan lebih menguntungkan pada perkembangan usaha di tahap selanjutnya. atau juga mencoba penetrasi internasional.

nama Starbucks. didapatkan dari nama sebuah perahu yang jelas-jelas tidak berhubungan dengan produk kopi.Pemilihan nama tidaklah juga selalu harus didasarkan sumber yang relevan atau berkaitan dengan produk. . sebagai contoh.

maka nama brand akan melekat lebih permanen di benak konsumen.co Donut. mari kita ambil contoh J. . maka ide tersebut akan melekat dengan kuat. dimana terkadang initial ini akan menjadi pertanyaan bagi konsumennya. sehingga saat mengetahui arti dari initial tersebut.Penggunaan initial atau singkatan tertentu bisa juga menjadi inspirasi. banyak orang yang sebelumnya tidak tahu dan setelah mendapat informasi bahwa pemiliknya adalah Johnny Andrean (initial J).

Bagaimana dengan Rotiboy? Sang founder yaitu Hiro Tan memang sejak kanak-kanak menyukai penganan kue. dan memang berhasil diterima masyarakat luas. sehingga dengan logonya tersebut ia mencoba mendisposisikan dirinya ke dalam merk. dengan citra kepolosan dan sukacita dari seorang pecinta bakery yang dituangkan dalam sebuah logo pria dengan topi chef. .

. Colonel Sanders menjajakan produknya (franchise) sendiri. hingga tahun 1960 sudah mempunyai 600 outlet di seluruh negeri Amerika.Kunci Sukses Brand KFC Colonel Sanders pada tahun 1950 menciptakan resep asli-nya dalam membuat sepotong ayam goreng yang disajikan dengan cepat pertama kalinya Di Amerika. berkeliling kota.

meningkat dengan cepat dalam skala nasional lalu menjadi internasional.Kunci Awal Kesuksesan KFC • Menjadi Yang Pertama Dalam Kategorinya Menghasilkan jumlah banyak dan cepat saji ayam goreng dengan “resep asli” Colonel Sanders • Lalu Kuasai-lah Kategorinya KFC dalam perjalanan bisnisnya. Dengan sekejab menutup peluang kompetisi dari pesaingnya dan menempatkan “Brand KFC” di benak konsumen dunia .

. Di tahun 1976 Colonel Sanders menurut survey beliau di kaegorikan sebagai orang kedua yang terkaya di dunia. Tetapi produk Anda akan bertambah kuat di benak masyarakat jika menampilkan sebuah sosok yang berbicara kuat di dalam benak konsumen.Kunci Awal Kesuksesan KFC • Ciptakanlah BRAND PERSONALITY Anda yakin akan sukses menjadi pertama dalam kategori produk.

.

.

.

Kendala Perjalanan Kesuksesan KFC Kesuksesan sebuah BRAND tidak selamanya berada. KFC di klaim dan dikategorikan oleh beberapa ahli kesehatan dalam urutan makanan yang tidak sehat. MENGAPA?. Karena Kentucky “Friend” Chicken adalah ayam yang disajikan dengan “digoreng” yang tidak baik bagi kesehatan. seperti yang didapatkan oleh KFC selama karirnya 20 tahun terakhir. . seketika akan mengalami benturan masalah .

Apa yang dilakukan “Kentucky Fried Chiken” dengan hal ini? Anda tahu masyarakat hanya anti & ingin menghindari tema makanan yang “Digoreng” karena tak sehat.Kendala Perjalanan Kesuksesan KFC …dan para konsumen ternyata ingin mendapatkan makanan yang sehat. Sepertinya lebih baik menggunakan cara lain “ide” dalam gaya & cara baru dalam menyajikan “ayam yang panas” . yang ada dalam pikiran mereka.

.

Sebenarnya sebuah singkatan “nama merek” tidak lebih kuat daripada “nama merek yang mempunyai kepanjangan nama” ( Al Ries) .Kendala Perjalanan Kesuksesan KFC Kentucky Friend Chicken melihat celah tersebut dan mengganti brand mereka dengan singkatan KFC di tahun 1990. Kentucky Friend Chicken di ubah menjadi KFC tetapi fokus pengerjaan tetap dengan “digoreng”.

Menyalip Kompetisi Persaingan Boston Chicken sukses pula menjadi pesaing. maka KFC membuat produk lain Colonel’s Rotisserie Gold & Tender Roast chicken untuk menutupi pasar pesaingnya .

Menyalip Kompetisi Persaingan White Castle sukses menjadi pesaing dalam hal Burger Sandwich. maka KFC membuat produk lain Chicken Little Sandwich untuk menutupi pasar pesaingnya .

Menyalip Kompetisi Persaingan Mc Donald’s sukses dalam kategori Chicken Nuggets. maka KFC membuat produk lain Kentucky Nuggets untuk menutupi pasar pesaingnya .

menjadi “Kentucky Fried & Grilled Chicken.(sayangnya (konsumen sedunia tetap ingat selalu KFC) Tetap dengan citra jeleknya “Fried” KFC berusaha menambahkan kata”Grilled”(panggang) pada brandnya sehingga. .” rencananya nanti secara global akan di-ubah.Apa Yang Dilakukan KFC Selanjutnya? KFC menyadari kesalahannya dan di tahun 2007 kembali brandnya dinamakan Kentucky Fried Chicken.

TERIMA KASIH SEMOGA SUKSES .