KKN-PPM LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN – PPM) UNIVERSITAS ANDALAS

DI KORONG TALAU KENAGARIAN KUDU GANTING KECAMATAN V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Disusun Oleh :

Nama No. KKN No. BP Fakultas

: Rahmi Maharani : 11.07.124/SJP : 0810752018 : Sastra

UNIVERSITAS

ANDALAS

PADANG 2011

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN AKHIR KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (KKN – PPM)

1. Lokasi KKN

:

Korong Talau Nagari Kudu Ganting Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman

2. Nama Mahasiswa BP No Regsitrasi KKN Fakuultas Jurusan 3. Dosen Pembimbing Lapangan a. Nama Lengkap b. NIP c. J u r u s a n d. F a k u l t a s

: : : : :

Rahmi Maharani 0810752018 11.07.124/SJP Sastra Sastra Jepang

: : : :

Drs. Agustri Bustari, M.Si 1953081819831001 Farmasi Farmasi

4. Waktu Pelaksanaan

: 11 Juli s/d 13 Agustus 2011

Talau, Agustus 2011 Pelaksana,

( Rahmi Maharani ) BP.0810752018 Mengetahui : Wali Jorong Talau Menyetujui/Mengesahkan : Dosen Pembimbing Lapangan

( Canra)

(Agustri Bustari, Drs. M.Si.) Nip. 196809032000031001

KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami ucapkan kepada ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga kami dapat menyelesaikan kuliah kerja nyata (KKN) disertai dengan penyusunan laporan akhir kegiatan, yang dilaksanakan mulai dari 11 Juli s/d 13 Agustus 2011 di Korong Talau, Kenagarian Kudu Gating, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman. Laporan akhir ini merupakan suatu pedoman dan gambaran mengenai berbagai kegiatan yang penulis lakukan selama menjalani program KKN di Korong Talau. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Prof. Dr.Ir.H Musliar Kasim, MS selaku Rektor Universitas Andalas Padang. 2. Bapak Dr. Ir. Feri Arlius, M.Sc selaku Ketua Badan Pelaksanaan KKNPPM Universitas Andalas beserta staf. 3. Bapak Drs. Agustri Bustari, M.Si, Apt. selaku dosen pembimbing lapangan yang telah memberikan bimbingan dan dukungan bagi kami mahasiswa KKN dalam melaksanakan program. 4. Bapak Syamsu Rahim selaku Bupati Kabupaten Padang Pariaman 5. Ibuk Nini Arlin, S.Sos selaku Camat V Koto Timur, beserta staf 6. Bapak Syafnil Oyon selaku Wali Nagari Kudu Ganting, beserta staf pemerintahan. 7. Bapak Canra selaku Wali Korong Talau 8. Uwo Lan selaku pemilik rumah tempat tinggal mahasiswa KKN Korong Talau.
9.

Sari, widia, yanti, endah, oji, dan habib untuk pertemanan selama menjalani kkn di korong Talau.

10. Masyarakat Nagari Kudu Ganting khususnya Korong Talau yang telah menerima kami dengan baik dan ikut mendukung dalam pelaksanaan program KKN.

Semua pihak yang telah memberikan bantuan. bimbingan. dan dukungan baik moral maupun material dalam terlaksananya kegiatan KKN ini. 12. yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.15Agustus 2011 Penulis . Rekan-rekan mahasiswa KKN Universitas Andalas yang telah memberikan bantuan dalam pelaksanaan program yang kami jalankan. Padang. maka penulis mengharapkan kritik dan saran demi kesempurnaan laporan ini untuk pelaksanaan KKN selanjutnya.11. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih belum sempurna.

2. Filosofi dan Tujuan KKN……………………………………………… 1. Kesimpulan dan Saran…………………………………………. Tujuan…………………………………………………………… b. Waktu dan Tempat……………………………………………. Waktu dan Tempat……………………………………………… c. PELAKSANAAN KEGIATAN 2...1. Metode Pelaksanaan………………………………………… e... BAB III.. b.. PENUTUP . Hasil dan Pembahasan……………………………………… d.. Profil Lokasi KKN…………………………………………………… 1..2. PENDAHULUAN 1.1. Kesimpulan dan Saran………………………………………. Identifikasi Masalah………………………………………………… BAB II. c. Program Pengajaran Dasar-dasar Bahasa Jepang…………………. a. Peserta………………………………………………………… d.2. Peserta………………………………………………………… d. Program Pengajaran Origami…………………………………... Metode Pelaksanaan………………………………………… e.. a.DAFTAR ISI HALAMAN PENGESAHAN……………………………………………………… KATA PENGANTAR…………………………………………………………… DAFTAR ISI……………………………………………………………………… DAFTAR TABEL………………………………………………………………… DAFTAR GAMBAR……………………………………………………………… DAFTAR LAMPIRAN…………………………………………………………… BAB I..3. Hasil dan Pembahasan……………………………………. d.. Tujuan………………………………………………………….

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN .

Luas danTingkat Kemiringan Daerah 3. Sungai Nagari Kudu Gantiang 4. Jumlah dan Pertumbuhuan Penduduk Nagari Kudu Gantiang 5. Pemerintahan Umum 10. Jumlah Sekolah Negeri dan Swasta menurut Tingkat Pendidikan 8.DAFTAR TABEL 1. Sarana dan Prasarana Kesehatan di Nagari Kudu Gantiang 7. Kepadatan dan Distribusi Penduduk Nagari Kudu Gantiang Menurut Jorong . Kondisi Geografis 2. Sumber Pemerintahan Nagari 6. Kondisi Sosial Budaya Nagari 9.

DAFTAR GAMBAR 1. Foto Kegiatan Pengajaran Origami 2. Foto Kegiatan Pengajaran Dasar-dasar bahasa Jepang .

Foto / dokumentasi kegiatan Lampiran 3.DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1. Nama-nama tokoh masyarakat . Surat pernyataan telah melaksanakan kegiatan Lampiran 2.

saling asah. KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi.BAB I PENDAHULUAN 1. dilaksanakan di luar kampus dalam waktu. asih. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis. Dengan demikian Kuliah Kerja Nyata merupakan keterpaduan antara kegiatan Pendidikan. mekanisme kerja.1. dengan didampingi oleh staf pengajar Universitas Andalas. Penelitian dan Pengabdian pada . dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat. Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu kegiatan intrakurikuler wajib yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat. dengan maksud meningkatkan relevansi pendidikan tinggi mengingat perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) untuk melaksanakan pembangunan. dan pengabdian masyarakat”. dan pengabdian masyarakat”. Oleh karena itu. Filosofi dan Tujuan KKN Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Andalas. serta meningkatkan persepsi mahasiswa tentang relevansi antara materi kurikulum yang mereka pelajari di kampus dengan realita pembangunan ditengah masyarakat. penelitian. Kegiatan KKN ini diselenggarakan berdasarkan UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional junto Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 20 ayat 2 menyatakan bahwa: “Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan. penelitian ilmiah. Kuliah Kerja Nyata dilaksanakan oleh mahasiswa di luar kampus. Pada pasal 24 ayat 2 disebutkan: “Perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi. dan persyaratan tertentu. KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. saling menerima dan memberi.

Masyarakat dalam bentuk pengamalan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) untuk pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. Dan berguna bagi masyarakat nantinya dalam memajukan daerahnya menuju ke arah yang lebih baik. tujuan dengan dilaksanakan kuliah kerja nyata ini adalah wujud pengabdian kepada masyarakat. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini wajib bagi semua mahasiswa Universitas Andalas. tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya program KKN PPM adalah sebagai berikut : a) Agar Universitas Andalas menghasilkan sarjana yang lebih memahami dan menghayati permasalahan pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah. c) Meningkatkan wawasan dan proses pendewasaan kepribadiaan mahasiswa. bertindak dan mengambil keputusan terhadap sesuatu yang akan atau telah direncanakan. Karena ilmu yang telah didapat dibangku perkuliahan akan dapat dikembangkan ke dalam masyarakat sehingga dapat diterapkan di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian KKN PPM disamping akan memberikan manfaat terhadap masyarakat. Ditempatkan diberbagai masing daerah. Tujuan utama dari pelaksanaan KKN PPM adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam keikutsertaannya dalam proses pembangunan. Kegiatan ini diharapkan akan membuka wawasan mahasiswa serta dapat dijadikan sebagai wahana dalam proses pematangan berfikir. e) Menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan kemampuan mahasiswa serta sarjana Universitas Andalas. d) Mendorong dan memacu pembangunan nagari dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Mahasiswa diharapkan dapat belajar dan menanggulangi setiap permasalahan secara pragmatis dan interdisipliner. Secara eksplisit. . b) Memberi pengalaman belajar tentang kehidupan sosial masyarakat nagari dan pengalaman dalam kerja nyata pembangunan. sehingga akan lebih mendekatkan Universitas Andalas pada masyarakat. namun juga memberikan manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa itu sendiri.

Masyarakat yang manyambut kedatangan kami bersedia membantu kami untuk melaksanakan program tersebut. Kampuang Tangah Gantiang. Kami dibagi per jorong sekitar enam orang. Udara yang sejuk. Semoga ilmu yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kenagarian Kudu Gantiang. tanah yang subur dengan ditumbuhi berbagai hasil pertanian yang merupakan penghasilan mayoritas masyarakat di Kenagarian Kudu Gantiang. Kampuang Pili. Namun kami hanya ditempatkan di tiga Korong . Kantor Wali Nagari sangat strategis dengan tempat yang kami tempati. Kampuang Parik. Kolam Janiah.1 KONDISI NAGARI a. Kecamatan V Koto Timur. begitupun dengan kantor camat tidak jauh dari tempat kami. Talau. Kolam Janiah.2 Profil Lokasi KKN 1.2. Geografis Nagari Kudu Ganting merupakan salah satu Nagari terluas yang posisinya berada pada bagian Utara Kabupaten Padang Pariaman. Kecamatan V Koto Timur. Segala urusan yang berhubungan dengan program yang akan kami jalankan sangat memudahkan kami dengan tempat yang strategis tersebut. Kabupaten Padang Pariaman. yaitu : Sungai Kalu. Kampung Tanjung. Berdasarkan data terakhir . Sungai Kalu. etos kerja dan tanggung jawab. Balai Kudu. Talao. kemandirian. diantaranya: Tiga Jerong.f) Meningkatkan empathy dan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahanpermasalahan yang ada di dalam masyarakat g) Pengembangan soft skill mahasiswa h) Melaksanakan terapan ilmu pengetahuan dan teknologi secara team work dan interdisipliner Menanamkan jiwa dan nilai kepribadian nasionalis. Mayarakat yang ramah dengan tutur kata yang lembut sangat menyenangkan dapat menjalankan program di sana. Wilayah ini dibagi lima jorong. Kabupaten Padang pariaman. Wilayah yang kami tempati di Kenagarian Kudu Gantiang. Kecamatan V koto timur. Bukik kudokudo. 1. Kabupaten Padang Pariaman.

670 Ha Jumlah Korong : 10 (Sepuluh) 1. berbukit sampai bergunung 23 %.yang diterbitkan oleh Direktorat Bina Program Direktorat Jendral Penyiapan Pemukiman Departemen Transmigrasi 2003 bahwa ketinggiana daerah Kudu Ganting berada pada 100-200 m dpl. Secara Administratif. 2.670 Ha yang terdiri dari 10 Korong. Korong Kp. Tabel 1. Tanjung 2. Korong Kp. Parit 3. Iklim sedang. Nagari Kudu Ganting memiliki iklim sedang. Tangah Ganting 5. Korong Bk. permukaan tanah umumnya dataran. Korong Kolam Janiah Keterangan . Korong Pasa Balai Kudu 4. Korong Talau 8. Kondisi Geografis No Uraian . Pili 7. berombak sampai berbukit 45%. dengan suhu berkisar 250 C sampai dengan 300 C. bentuk wilayah dataran 32%. Korong Kp. Secara geografis Nagari Kudu Ganting pada dasarnya sangat potensial untuk dikembangkan sebagai daerah perkebunan dan perdagangan karena posisi strategisnya berada pada pusat Kecamatan V Koto Timur dan tidak jauh dari Kota Pariaman. Luas wilayah : 14. berbukit-bukit dan berlembah. Kudo-kudo 6. Korong Kp. 1. Pemerintahan Nagari Kudu Ganting berbatasan dengan :     Sebelah Utara Sebelah Selatan Sebelah Timur Sebelah Barat : Nagari Gunung Padang Alai : Nagari Limau Purut : Nagari Koto Dalam / Lurah Ampalu : Nagari Cimpago / Sikucur Luas Nagari Kudu Ganting adalah 14.

Sapi : 325 ekor b. Korong Sungai Kalu 10. Klimatologi : a. Kayu Manis : 108 Ha f. Ayam Ras : f. Kerbau : 170 ekor c. Lain-lain : 940 Ha 4. Semak Belukar / Kering : 1.700 Ha c.434 Ha e. Curah Hujan : 2000/3000 mm c. Kelembapan udara d. Itik : 175 ekor g. Lain-lain : 70 Ha 5. Sawit : 200 Ha d. Korong Tigo Jerong 3. Suhu : 27 – 30 0C b. Karet : 25 Ha e. Pemukiman : 400 Ha d.970 ekor e. Perkebunan a. Puyuh : 8.9.000 Ha b. Kambing : 40 ekor d. Coklat : 300 Ha c. Kawasan rawan bencana :   Banjir : 100 Ha Longsor : 350 Ha .900 Ha f. Hutan : 1. Ayam Buras : 2. Peternakan a. Kelapa : 1. Lahan terlantar : 1. Kecepatan angin 6. Pertanian a. Sawah : 210 Ha b.

670 Berdasarkan data terakhir pemetaan Nagari Kudu ganting bahwa di Nagari Kudu ganting masih terdapat kondisi lahan tidur dengan tutupan lahan pda rumput dan semak belukar seluas 6. 4. Hidrologi . karena dengan kemiringn tanah yang cukup besar akan sangat mempengaruhi kontinuitas keseuburan tanah akibat daya rusak aliran air (tingkat erosi) terhadap permukaan tanah cukup tinggi. Kondisi ini menggambarkan bahwa daerah Nagari Kudu ganting relatif masih sangat potensial untuk dikembangkan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.lahan tidur yang dapat ditingkatkan sebagai lahan produktif.b.433 50 50 27 14. 2.443 Ha dan secara berturut-turut di ikuti dengan agak curam 50 Ha. curam 50 Haserta topografi sangat curam 27 Ha. Kondisi kemiringan daerah Nagari Kudu Ganting dapat dilihat sebagai berikut : Tabel 2 Luas dan Tingkat Kemiringan Daerah No.100 7. Topografi Topografi adalah gambaran tentnag tingkat kemiringan dan ketinggian tanah dari permukaan laut. Kondisi kemiringan tanah merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kesesuaian lahan untuk syarat tumbuh suatu tanaman. 1. 3. karena disamping budidaya pertanian dan perkebunan rakyat yang dilakukan masyarakat yang dilakukan masyarakat masih tergolong tradisionil dan semi teknis. 5.100 Ha dan landai seluas 7.3 km2 atau 30% dari luas daerah. c. Berdasarkan data terakhir pemetaan Nagari Kudu Ganting kondisi daerah didominasi oleh Topografi datar dengan luas 7. Topografi Datar Landai Agak Curam Curam Sangat Curam Total Kemiringan 0 – 45 % 45 – 90 % 90 – 94 % 94 – 98 % > 98 % Luas (Ha) 7. selain itu juga ditemukan lahan.

2.Hidrologi aalah gambaran air sungai yang mengalir ataupun melintasi suatu daerah tertentu.3 DEMOGRAFI a.Pokok Pemerintahan Nagari sehingga Nagari Kudu Ganting adalah gabungan dari tiga desa yaitu Desa Kudu Ganting Selatan. 1. Semenjak tahun 2003 ketiga desa tersebut digabung dan sampai saat ini bernama Kudu Ganting dengan jumlah korong sebanyak 10 Korong. Kolam Janiah. Air sungai menjadi salah satu alternatif sumber pengairan pertanian tanaman pangan terutama sawah yang memerlukan air. Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Jumlah penduudk yang besar merupakan salah satu modal dasar pembangunan. Sungai Batang Kalu Tigo Jerong. Sungai Kalu Kondisi aliran sungai tersebut menggambarkan bahwa Nagari Kudu Ganting dasarnya mempunyai potensi aliran sungai yang cukup prospektif untuk dapat dijadikan sebagai sumber pengairan lahan pertanian. Ket Kampung Parit. Aliran sungai merupakan salah satu sumber air utama untuk dapat dimanfaatkan menjadi irigasi/pengairan pertanian. Desa Kudu Ganting Timur dan Desa Kudu Ganting Barat. Kp. Tanjung. 1. Hal ini dimaksudkan apabila jumlah penduduk tersebut dapat . 1. Di daerah Nagari Kudu Ganting terdapat 2 sungai yang dapat dilihat pada tabel berikut : Tabel 3 Sungai Nagari Kudu Ganting No. 09 tahun 2002 tentang Ketentuan Pokok. Jenis Sungai Nama Batang Simbu Lokasi Pasa Balai kudu.2.2 SEJARAH NAGARI Dengan keluarnya Peratuan Daerah Provinsi Sumatera Barat no.2.

46 1. Selanjutnya bila dilihat dari tingkat pertumbuhan pendududk Nagari Kudu Ganting pada dasarnya mempunyai laju pertumbuhan penduduk relatif kecil yaitu 5.74% adalah pendududk Nagari Kudu Ganting.4 0.24 0.43 0. Untuk lebih jelas dapat dilihat dalam tabel berikut : Tabel 4 Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk Nagari Kudu Ganting Korong Jumlah Penduduk LPP 2007 1. 8. Nagari Kudu Nagari dengan jumlah penduduk sebesar 5. Berdasarkan data terkhir yang diterima dari Laporan Pengiriman Mutasi Penduduk Nagari Kudu Ganting tahun 2008 bahwa jumlah penduduk sebesar 5.diberdayakan sesuai dengan keahlian dan bidangnya masing-masing.4 PEREKONOMIAN NAGARI Tabel 5 .59 0. 7. Sebalikny apabila jumlah penduduk yang besar tadi tidak dapat diberdayakan dan dikendalikan secara bijak dan terencana bahkan akan menjadi beban pembangunan. 10. Bukit Kudo-kudo Kampung Pili Talau Kolam Janiah Tigo Jerong Sungai Kalu Jumlah 501 254 780 175 391 592 5. 6.642 0.46 5.080 541 288 866 195 450 638 5.2 0. 2.34 0. 9.6 691 301 495 Tangah 902 715 344 541 1064 2008 0. terlihat dari jumlah penduduk Kecamatan V Koto Timur yang berjumlah 14.6% pada tahun 2008 1.62 (%) No.2.642 jiwa.563 jiwa.86 0. 3.642 jiwa adalah merupakan daerah yang terbesar jumlah penduduknya bila dibandingkan dengan Nagari lain Kecamatan V Koto Timur. 38. 4. Kampung Tanjung Kampung Parit Pasa Balai Kudu Kampung Ganting 5.

00 2007 Tahun 2008 2009 150.753.00 200.000.5 KESEHATAN Di Kecamatan V Koto Timur terdapat 2 (dua) Puskesmas. Kenaikan tarif 2. Adapun penyebab dari peningkatan penerimaan pajak selama tahun 2007 s/d 2009 adalah sebagai berikut : a. sedangkan dari tahun 2008 ke tahun 2009 aalah sebesar 15 %. 10 Perawat dan Bidan. Puskesmas Padang Alai dan Puskesmas Limau Purut. Kedua Puskesmas tersebut melakukan pelayanan kesehatan Masyarakat di Kecamatan V Koto Timur. besaran dana tiap tahun bisa berubah sesuai dengan kebijakan PEMKAB. Penerimaan pajak.000.00 175. Sumber Penerimaan Nagari 1. DPD/K adalah Dana Pembangunan Nagari yang bersumber dari pemerintah.000.000. 1.000. besaran dana tiap tahun bisa berubah sesuai dengan kebijakan PEMKAB.Sumber Pemerintahan Nagari No. Peningkatan dari tahun 2007 ke tahun 2008 adalah sebesar 10 %. ADD atau Alokasi Dana Nagari adalah Dana APBD Kabupaten.00 28.2. Pajak DPDK / ADD 28.00 29. Bangunna baru / rumah bertambah b.707. 3. .00 Dari tabel dapat disimpulkan bahwa : 1.522. mulai tahun 2007 s/d 2008 mengalamin peningkatan.292.525.000. 2.141. dengan jumlah Dokter di Puskesmas Limau purut 2 orang. sedangkan di Puskesmas Gunung Padang Alai terdiri dari dua Dokter. Perawat dan Bidan sebanyak 9 (sembilan) orang.

212 1.Tabel 6 Sarana dan Prasarana Kesehatan di Nagari Kudu ganting No.423 352 144 62 39 Jumlah Murid Jumlah Guru Sumber : Data BPS tahun 2007 Dari tabel diatas tingkat pendidkan di V Koto Timur dari perbandingan jumlah sekolah dan jumlah murid melihatkan tingkat kemauan masyarakat tentang pendidikan masih rendah.6 PENDIDIKAN Tabel 7. 1. Tingkat Pendidikan Jumlah Sekolah 1 2 3 Sekolah Dasar SMP / MTsN SMA / MAS 24 3 2 2. Jumlah Sekolah Negeri dan Swasta menurut tingkat Pendidikan No. 2 3 4 5 6 7 Sarana dan prasarana Puskesmas Induk Puskesmas Pembantu Polindes Posyandu Klinik Bersalin Praktek Dokter Praktek BIdan Swasta Jumlah 1 11 3 1.2. .

005 355 5. Jumlah KK Sedang E.1. Jumlah KK Sejahtera C. Mata Pencaharian A. 16 – 55 tahun c. 0. Petani C. Tingkat Pendidikan A. Jumlah KK Miskin 3. Peternak 198 328 563 895 376 210 40 238 103 94 368 1. Jumlah KK Kaya D. Kesejahteraan Sosial A.2. Jumlah perempuan a.791 791 1.15 tahun b. Jumlah KK Prasejahteran B. Diploma / Sarjana 4. Jumlah laki-laki a.833 873 1. Jumlah Penduduk (jiwa) B. Buruh Tani B. 1. SD C. 0.505 755 Jumlah Keterangan . SLTP E. 16 – 55 tahun c.195 2. Diatas 55 tahun 2. Kondisi Sosial Budaya Nagari No. Jumlah KK Tani F.350 650 2. Diatas 55 tahun D. SLTP D. Jumlah KK C.15 tahun b. Tidak Tamat SD B. Uraian Kependudukan A.7 SOSIAL BUDAYA Tabel 8.624 1.

Perangkat Nagari L. Islam B. Pengrajin M. Tukang Batu G. TNI / Polri K. Penjahit H. Industri kecil N. 2. 6. Budha 69 12 15 13 75 13 5 8 100 20 105 142 100 % - 1.D.8 KONDISI PEMERINTAHAN NAGARI Tabel 9. Prosestan D. PNS I. Tukang Kayu F. Kantor Camat Kantor BPP Kantor KUA Kantor UPTD Pendidikan Kantor Nagari Gedung SLTA Gedung SLTP Jumlah 1 1 1 1 1 1 Gedung sementara Rusak berat Keterangan . 5. 4.2. 3. Lain-lain 5. Pedagang E. 7. Prasarana dan Sarana yang ada di Nagari No. Agama A. Katolik E. Buruh Industri O. Pensiunan J. Kristen C. Jenis Prasarana dan Sarana 1. Hindu F.

2. 5. Pelayanan kependudukan Pemakaman Perijinan Pasar tradisional Ketentraman dan tibum Ada Ada Ada Tidak Tidak Tidak Keterangan 1. Pemerintahan Umum No. Musholla Pasar Nagari Postu Kantor Korong Poskamling Jembatan Kapolpos 62 1 1 10 0 10 1 Gedung sementara Rusak berat 1.9 PEMERINTAHAN UMUM Tabel 10.8. . Pada tahun 2004 tingkat kepadatan pendududk Nagari Kudu Ganting adalah sebesar 54. 16. sementara tingkat kepadatan penduduk Provinsi Sumatera Barat sebesar 164 jiwa/km. 10. 11. 18.10 PEMBAGIAN WILAYAH NAGARI Kepadatan penduduk Nagari Kudu ganting tergolong jarang bila dibandingkan dengan kepadatan penduduk Provinsi Sumatera Barat. 15.83 jiwa/km. Uraian Keberadaan Ada 1. 4. 9. 12 Gedung SD Gedung MI Gedung TK Gedung PAUD Masjid 9 2 2 7 50 % rusak 80 % rusak berat 13. 3. 19. 17. 14.2.12.

34 1350 2050 288 866 195 5.99 % . Kudo6. 3.10. Nama Jorong Jumlah Penduduk Distribusi penduduk (%) 1. Hal ini disebabkan karena Korong Pasa Balai . Kudu Korong Kp.064 18.Apabila diperhatikan tentang tingkat distribusi penduduk pada 28 Kecamatan secara bervariasi didiamin oleh penduduk antara 0.47 950 1950 780 541 9. 7. Kepadatan dan Distribusi Penduduk Nagari Kudu Ganting menurut Jorong No.71 6. 2.62 1100 1.62 2008 Luas Wilayah (Ha) 2200 810 1180 Jumlah 5. Janiah Korong Tiga Jerong Korong Sungai Kalu 450 638 8. 5. Korong Kp.12 9. Tanjung Korong Kp.00 11. Pili Korong Talau Korong Kolam 9. Tangah Ganting Korong Bk.92 2300 715 344 541 12.26 %dari luas daerah masing-masing Kecamatan. 10.624 100 % 14670 Dari data tersebut dapat dilihat bahwa tingkat kepadatan penduduk daerah Nagari Kudu Ganting tertumpu di Korong Pasa Balai Kudu.12 15. Hal ini disebabkan karena Korong Pasa Balai Kudu. Parit Korong Pasa Balai 4.40 3. 8. kudo Korong Kp. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada tabel berikut : Tabel 11.

Kudu merupakan ibukota Nagari dan Kecamatan dan juga merupakan daerah pasar.

1.2.11 PERTANIAN, PERKEBUNAN DAN KEHUTANAN Secara geografis nagari kudu ganting memiliki potensi alam yang potensial untuk dikembangkan sebagai pusat pertumbuahan terutama dalam bidang pertanian di dukung posisis Nagari yang stategis dimana mata pencahariannnya merupakan petani dan pedagang. Subsektor Pertanian Pangan Pada tahun 2005 pertanian nya menunjukkan lua tanam 192 Ha yang dapat di panen 182 Ha sampai menghasilkan produksi sebesar 1179 ton, hal ini disebabkan irigasi yang cukup baik. Bila dilihat dari areal sawah yang di Tanami di nagari Kudu Ganting seluas 574 Ha dengan total produksi 934,75 ton. Dengan luas sawah diharapkan mampu memeberi hasil yang lebih baik lagi.

Sub Sektor Perkebunan dan Kehutanan Nagari Kudu Ganting memiliki luas lahan perkebunan rakyat yaitu 211 Ha dan hutan rakyat seluas 111 Ha. Hasil perkebunan yang menonjol kelapa, coklat(kakao), pinang, pisang, sawit, pala, dll. Pada perkebunan dan kehutanan komoditinya bukan komoditi andalan karena tingkat produksi yang rendah dan pengawasan hasil hutan yang rendah. Hutan rakyat sebagian besar ditanami oleh pohon bayur, durian, dan jati.

1.2.12 PETERNAKAN Sub peternakan terhadap Kudu Ganting belum begitu besar (11,3%) dari jumlah penduduk dengan mata pencariandi sektor peternakan. Namun pemerintah Kudu Ganting tetap memberikan perhatian yang besar karena sektor ini berpotensi mengingat potensi lahan untuk berkembang cukup memadai dan juga permintaan pasar yang tinggi. Ini juga ditunjang oleh pengelolaan ternak yang cukup bagus yaitu intensif. Cara untuk mengelompokkan bagi peternak adalah dengan dibentuknya kelompok-kelompok tani.

1.2.13 HOME INDUSTRI Di Negari Kudu Ganting ini terdapat beberapa Home Industri yang berskala menengah ke bawah diantaranya : 1. Industri perabot rumah tangga 2. Industri Bordiran Mukenah 3. Industri makanan

1.2.12 STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN NAGARI Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat nomor 9 tahun 200 hanya mengatur hal yang pokok-pokok dalam penyelenggaraan Pemerintah Nagari, secara detail dan teknis diatur oleh Pemerintah Kabupatendengan peraturan daerah Kabupaten Agam sesuai dengan kewenanagan otonomi yang dimiliki dan keanekaragaman serta spesifik daerah Kabupaten yang bersangkutan. Yang dimaksud pemerintahan Nagari sdalam peraturan darah provinsi sumatera barat nomor 9 tahun 2000 adalah kegiatan dalam rangka penyelenggaran pemerintah yang dilaksankan oleh organisasi pemerintah terendah, tetapi tidak lagi di bawah Camat karena Nagari merupakan kesatuan masyarakat hukum adat yang mempunyai susunan asli berdasarkan hak asal ususl yang bersifat istimewa. Oleh karena itu, pemerintah Nagari berhak menyelenggrakan urusan rumah tangga Nagari berdasarkan otonomi asli yang dimilikinya. Perngkat Nagari Kudu Ganting terdiri dari : 1. Wali nagari 2. Sekretaris Nagari 3. Kaur Pemerintahan 4. Kaur Umum 5. Kaur Pembangunan 6. Tiga orang staf

7. Sepuluh orang Wali Korong Lembaga-lembaga yang ada di Nagari : 1. Badan Musyawarah Nagari ( Bamus) Bamus merupakan komponen Pemerintahan Nagari yang mengupayakan terciptanya suasana yang kondusif guna mendukung terlaksananya pembanguna Nagari. Jumlah anggota BAMUS Nagari Kudu Ganting sebanyak 11 orang yang merupakan perwakilan masyarakat di tingkat Nagari dan 1 orang sekretaris BAMUS. 2. Kerapatan Adat Nagari ( KAN) Keanggotaan KAN terdiri dari Niniak Mamak Kepala Suku dan Niniak Mamak Nan Gadang di Pusako se Nagari Kudu Ganting yang terdiri dari 17 orang. 3. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin menuju terwujudnya keluarga yang bahagia, sejahtera dan mandiri yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan. Sasaran gerakakn PKK adalah keluarga yang ada di Korong – Korong dalam keNagarian.kegiatannya mencakup dalam sepuluh program pokok dan dilaksanakan oleh empat Pokja. Table Sarana dan prasarana

4. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat LPM adalah suatu lembaga yang berhubungan langsung dengan masyarakat dan mereka merupakan perpanjangan tangan dari

pemerintahan Nagari setiap kegiatan yang dilaksanakan. 5. Lembaga Pengelolaan Pendapatan Kekayaan Nagari (LPPKN)

4 Bidang Perekonomian Di bidang perekonomian yang agak menonjol adalah Home Industri yaitu industry mukenah dan industry perabot rumah tangga.1.13 POTENSI NAGARI 3. kambing.LPPKN adalah suatu lembaga yang bertugas mengiventaris dan melakukan pendataan / pengelolaan tentang kekayaan suatu kekayaan Nagari. 1.1.2 Bidang Pertanian Pertanian yang menonjol di Nagari Kudu Ganting adalah padi sawah.1 Bidang Perkebunan Dibidang perkebunan yang menonjol di Nagari Kudu Ganting adalah perkebunan Kelapa. 1. Identifikasi Masalah . 3. 3. pinang.1. pisang dan lainlain.3 Bidang Petenakan Peternakan di Nagari Kudu Ganting yang berpotensi yaitu beternak sapi.1.2. sawit. kerbau. 3. system pengolahan Nagari Kudu Ganting memakai pengelolahan semi tradisional. ayam dan ikan. cacao/coklat. Di bidang ini semuanya merata atau tidak ada yang menonjol. Dimana perkebunan masyarakat Nagari Kudu Ganting tidak terfekos dalam satu jenis tanaman dan dalam satu kebun ditanami dengan macammacam tanaman.1.

yaitu : 1. maka terdapat beberapa rumusan masalah. Bagaimana cara meningkatkan bahasa asing khususnya bahasa Jepang? 2. Bagaimana cara meningkatakan kreatifitas dengan keterampilan Origami? . khususnya di bidang pendidikan.Setelah menganalisa masalah yang ada di Nagari Kudu Gantiang.

Meningkatkan kemauan anak-anak dalam berkarya b. seperti burung bangau dari kertas. Memberikan pengetahuan kepada anak-anak dan orangtua tentang seni melipat kertas melalui berbagai bentuk origami. Memberikan gambaran kepada anak-anak dan orang tua bahwa kertas dapat menjadi wadah kreatif dan inovatif dalam berkarya 2. SDN 17 V Koto Timur Pertemuan Pertama Hari/Tanggal Tempat Pertemuan Kedua Hari/Tanggal Tempat : Sabtu. salah satunya origami. Posko KKN Korong . Waktu dan Tempat Program kegiatan ini dilaksanakan di sekolah dasar yang ada di Korong Talau Kenagarian Kudu Ganting dengan keterangan sebagai berikut: 1. 15 Juli 2011 : SDN 17 V Koto Timur 2. kodok dan origami lainnya 4. 3. bunga.1 Program Mengajar Seni Melipat Kertas (Origami) a. Menumbuhkan semangat anak-anak dan orang tua untuk menghasilkan sebuah karya kecil melalui pengenalan salah satu budaya Jepang.BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN 2. Tujuan Adapun tujuan pelaksanaan Program Mengajar Seni melipat kertas (origami) ini adalah: 1. 16 Juli 2011 : SDN 17 V Koto Timur : Sabtu.

Adapun teknik mengajarnya adalah penulis mengajarkan siswa-siswi SD 17 V Koto Timur selama dua kali pertemuan.siswa-siswi SDN 17 V Koto Timur kelas dari kelas I s/d kelas VI yang berjumlah lebih kurang 60 siswa . Hasil dan Pembahasan Secara umum program kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar dari awal pertertemuan sampai akhir pertemuan. Selain itu. Pertemuan pertama penulis masuk ke kelas 1.Anak-anak. e. Metode Pelaksanaan Program mengajar Seni Melipat kertas ini dilaksanakan dengan cara melakukan survey ke SDN 17 V Koto Timur. Program ini dijadikan oleh pihak sekolah sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler siswa-siswi SDN 17 V Koto Timur. Setelah melakukan wawancara penulis meminta persetujuan ke sekolah dengan cara menemui kepala sekolah yang ada di sekolah tersebut. melakukan wawancara dengan guru dari SDN 17 V Koto Timur. Rasa simpatik penulis timbul pada saat peserta .remaja putri yang tingal disekitar posko dan Mahasiswa KKN d. antusiasme siswasiswi sebagai peserta program ini menjadikan penulis tambah bersemangat mengajarkannya. Adapun faktor pendukung dari program ini adalah adanya dukungan dari pihak sekolah dan ditanggapi dengan baik oleh semua kalangan. Peserta Adapun peserta yang mengikuti program ini adalah: . 2 dan 3 dan pertemuan kedua masuk ke kelas 4. 5 dan 6. Penulis membagikan kertas origami yang disediakan sendiri oleh penulis pada masing-masing siswa.c. Untuk pertemuan selanjutnya penulis mengajar membuat origami di posko KKN dengan cara siswa-siswi tersebut datang ke posko KKN dan itu berlangsung bisa dikatakan setiap hari. setelah itu mengajarkan origami (seni melipat kertas) burung bangau kepada siswa-siswi yang ada di kelas itu dengan memperagakan cara-cara melipat kertas di depan kelas dengan bantuan mahasiswa KKN lainnya lalu diikuti oleh pesertanya sampai burung bangaunya jadi.

karena kurang menguasai kelas dan kurang bisa mengontrol suasana kelas. minat dan bakat siswa.menampakkan rasa keingintahuannya tentang origami. Tujuan Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah: 1. d. salah satunya bahasa Jepang 3. seperti suara rebut dan gangguan dari siswa-siswi lain yang ingin masuk menyebabkan penulis kurang konsentrasi dalam menjalankan program. 2. Waktu dan Tempat Program kegiatan ini dilaksanakan di sekolah dasar yang ada di Korong Talau Kenagarian Kudu Ganting dengan keterangan sebagai berikut: . salah satunya bahasa Jepang 2. namun hal itu bisa diatasi dengan adanya bantuan dari mahasiswa KKN lainnya. salah satunya bahasa Jepang b. selain itu gangguan dari luar kelas.2. Penulis berharap supaya pihak sekolah lebih memperhatikan manfaat apa yang dapat diperoleh oleh siswa-siswinya dari kegiatan ekstrakurikuler ini dengan menambah kegiatan-kegiatan tambahan lainnya. Kesimpulan dan Saran Program kegiatan ini dapat menambah pengetahuan siswa dalam seni melipat kertas dan menambah keterampilan siswa dalam menghasilkan sebuah karya. Menambah pengetahuan siswa dalam hal kebahasaan. Memberikan pemahaman pada siswa akan pentingnya mempelajari bahasa asing. Meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari bahasa asing. sedangkan faktor penghambatnya adalah penulis merasa kewalahan menghadapi peserta yang ada di dalam kelas. Program Mengajar Dasar-dasar Bahasa Jepang a. hal ini bertujuan untuk mengasa keterampilan.

kosa kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan perkenalan dalam bahasa Jepang. penulis memperkenalkan bahasa Jepang kepada peserta.- SDN 17 V Koto Timur Pertemuan Pertama Hari/Tanggal Tempat Pertemuan Kedua Hari/Tanggal Tempat : Jumat. harihari. Setelah itu penulis . Peserta Adapun peserta yang mengikuti program ini adalah: . Penulis mengajarkan bahasa Jepang melalui nama-nama anggota keluarga. organ tubuh. anak-anak orang tua tempatan. orang tua tempatan dan Mahasiswa KKN d. Metode Pelaksanaan Program mengajar Bahasa Jepang ini dilaksanakan dengan cara melakukan survey SDN 12 korong Kampung Bendang.siswa-siswi SDN 17 V Koto Timur kelas 3 s/d kelas 6 yang berjumlah lebih kurang 30 siswa . Program ini juga dijadikan oleh pihak sekolah sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler siswa-siswi SDN 17 V Koto Timur. kedua. penulis menulis bahasa Jepang di atas kertas plan lalu di temple di papan tulis. Setelah melakukan wawancara penulis meminta persetujuan ke sekolah dengan cara menemui kepala sekolah yang ada di setiap sekolah tersebut. Pertama. 16 Juli 2011 : SDN 17 V Koto Timur : Jumat. 15 Juli 2011 : SDN 17 V Koto Timur - Posko KKN Korong c. Adapun teknik mengajarnya adalah penulis mengajarkan siswa-siswi SD diatas selama 2 kali pertemuan pada kelas 3 s/d kelas 6. melakukan wawancara dengan salah seorang guru dari SD diatas.guru SD.

Adapun saran untuk selanjutnya adalah ada baiknya sekolah kembali mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler sekolah guna mengasah keterampilan dan kemampuan siswa diluar bidang ilmu yang dipelajarinya. namun sebagian yang lain tetap antusias menerima mengikuti program ini. Program ini sukses dilaksanakan di SDN 17 V Koto Timur. Selain di sekolah penulis juga mengajarkan bahasa jepang kepada anak-anak dan remaja yang ada disekitar posko KKN. Penulis menilai siswa-siswi kelas 3 s/d Kelas 6 ini memiliki semangat untuk belajar dan keinginan untuk belajar sangat tinggi. . Hasil dan Pembahasan Secara umum program ini terlaksana dengan baik dan lancar dari awal sampai akhir pertemuan. e. Pada pertemuan terakhir semakin sedikit yang datang.mengajarkan cara baca bahasa Jepang yang tertera dikertas lalu diikuti oleh peserta. Kesimpulan dan Saran Program ini mendapat respon dari sekolah yang bersangkutan dan semuanya tidak akan terlaksana tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak. mungkin sebagian dari peserta memiliki keperluan lain. d. karena program ini dilaksanakan pada siang hari.

BAB III PENUTUP 3. sifat keingintahuannya membuat mereka mau mengikuti program ini.1 Kesimpulan Berdasarkan apa yang penulis uraikan diatas. Mereka memiliki semangat dan keinginan belajar yang tinggi. remaja-remaja Korong yang sudah putus sekolah dan orang tua. tidak hanya sekedar menjalankan program saja. Lembaga pendidikan memberikan pengetahuan dalam hal kebahasaan pada peserta didik yang dimulai dari dini. . 3. begitu juga anak-anak di luar sekolah dasar lainnya seperti anak TK. Mereka tidak mau melewati kesempatan mendapatkan ilmu baru dari mahasiswa KKN penulis. Siswa-siswi SD yang menjadi peserta dalam program mengajar origami dan bahasa Jepang sangat antusias menerima pengetahuan baru dari penulis dan mahasiswa KKN lainnya.2 Saran Adapun Saran untuk program mahasiswa KKN dan pihak sekolah selanjutnya adalah: 1. supaya peserta didik mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 3. maka penulis berkesimpulan bahwa pelaksanaan program yang telah dijelaskan diatas telah berjalan dengan baik dan lancar. Mahasiswa KKN lebih jeli memperhatikan kondisi lokasi KKN dimana dia ditempatkan. Lembaga pendidikan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengasah keterampilan dan kemampuan diluar bidang ilmu yang diperoleh di sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler 2.

Lembaga Pengabdian Masyarakat: Universitas Andalas Padang. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata (KKN).DAFTAR PUSTAKA Pelaksana Kuliah Kerja Nyata. . 2009.

Nama-nama Tokoh Masyarakat . Foto / Video dokumentasi kegiatan 3. Surat Pernyataan sudah melaksanakan kegiatan 2.LAMPIRAN 1.

Msi Canra Rahmi Maharani . Nama : RAHMI MAHARANI No.07. dan bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Anggota Panitia : : : : : : : 1 2 3 4 5 6 Program Utama Pengenalan Budaya Jepang (Origami) 60 orang 60 orang 15 dan 16 Juli 2011 2 KALI SD Negeri 17 Koto Timur Nama anggota Tugas dan Tanggung jawab Habibullah Dokumentasi Dufanni Yosfi Fauzi Pendukung Endah Wahyuni Pendukung Widya Marcelena Pendukung Novita Sari Pendukung Novida Yanti Pendukung Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.Formulir KKN 1 (Kegiatan A) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.Agustri Bustari .124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11. 23 Juli 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.

Msi Canra Rahmi Maharani .Formulir KKN 1 (Kegiatan A) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini. Nama : RAHMI MAHARANI No. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011.Agustri Bustari . 20 Juli 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. dan bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Anggota Panitia : : : : : : : 1 2 3 4 5 6 Program Utama Pengenalan Bahasa Jepang 60 orang 60 orang 15 dan 16 Juli 2011 2 KALI SD Negeri 17 Koto Timur Nama anggota Habibullah Dufanni Yosfi Fauzi Endah Wahyuni Widya Marcelena Novita Sari Novida Yanti Tugas dan Tanggung jawab Dokumentasi Pendukung Pendukung Pendukung Pendukung Pendukung Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.07.

d 11 Agustus 2011 29 KALI Tempat Penginapan Mahasiswa Nama Anggota Tugas dan Tanggung Jawab Habibullah Dokumentasi Dufanni Yosfi Fauzi Pengajar Endah Wahyuni Pengajar Widya Marcelena Pengajar Novita Sari Pengajar Novida Yanti Pengajar Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. 11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.Agustri Bustari .124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011. dan bertindak sebagai Panitia Pelaksana dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Anggota Panitia : : : : : : : 1 2 3 4 5 6 PROGRAM PENUNJANG RUMAH BIMBINGAN BELAJAR 15 ORANG / PELAJAR 15 ORANG 12 s. Nama : RAHMI MAHARANI No.Formulir KKN 1 (Kegiatan B) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.MSi Canra Rahmi Maharani .07.

Nama : RAHMI MAHARANI No.d 9 Agustus 2011 4 KALI Korong Talau Nama Anggota Tugas dan Tanggung Jawab Habibullah Pelaksana Dufanni Yosfi Fauzi Pelaksana Endah Wahyuni Pelaksana Widya Marcelena Pelaksana Novita Sari Pelaksana Novida Yanti Pelaksana Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11. 11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.MSi Canra Rahmi Maharani .07. dan bertindak sebagai Panitia Pelaksana dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Anggota Panitia : : : : : : : 1 2 3 4 5 6 PROGRAM TAMBAHAN SENSUS PENDUDUK 188 KEPALA KELUARGA / MASYARAKAT KORONG TALAU 188 KEPALA KELUARGA 6 s.Agustri Bustari .Formulir KKN 1 (Kegiatan C) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.

124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : NOVIDA YANTI No.07.02.306/PIM Jurusan : KESEHATAN MASYARAKAT Fakultas : KEDOKTERAN dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PENYULUHAN PHBS SISWA SD No 17 V KOTO TIMUR 60 ORANG 15 JULI DAN 16 JULI 2011 2 KALI SD NO 17 V KOTO TIMUR ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Nama : RAHMI MAHARANI No.MSi Canra Rahmi Maharani .11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.Agustri Bustari . BP : 0810332035 No Reg KKN : 11.

BP : 0810332035 No Reg KKN : 11. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.306/PIM Jurusan : KESEHATAN MASYARAKAT Fakultas : KEDOKTERAN dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja : PENYULUHAN IMUNISASI Sasaran/Peserta : IBU-IBU Jumlah Sasaran/Peserta : 20 ORANG Tanggal Pelaksanaan : 20 JULI 2011 Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan : 1 KALI Tempat Kegiatan : TEMPAT POSYANDU Tugas dan tanggung jawab : ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.07.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : NOVIDA YANTI No.MSi Canra Rahmi Maharani Formulir KKN 2 (Kegiatan D) .02.Agustri Bustari .11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Nama : RAHMI MAHARANI No.

SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Nama : RAHMI MAHARANI No.MSi Canra Rahmi Maharani .11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : ENDAH WAHYUNI No. BP : 0811012018 No Reg KKN : 11.69/FAR Jurusan : FARMASI Fakultas : FARMASI dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PENANAMAN TOGA SISWA SD NO 17 V KOTO TIMUR 60 ORANG 16 JULI DAN 23 JULI 2011 2 KALI SD NO 17 V KOTO TIMUR ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.10.07.Agustri Bustari .

BP : 0811012018 No Reg KKN : 11. Nama : RAHMI MAHARANI No. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.69/FAR Jurusan : FARMASI Fakultas : FARMASI dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PENYULUHAN SWAMEDIKASI SISWA SD NO 17 V KOTO TIMUR 60 ORANG 20 JULI 2011 1 KALI SD NO 17 V KOTO TIMUR ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.07.MSi Canra Rahmi Maharani .11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.10.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : ENDAH WAHYUNI No.Agustri Bustari .

08.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : WIDYA MARCELENA No.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. BP : 0810931005 No Reg KKN : 11.213/TII Jurusan : TEKNIK INDUSTRI Fakultas : TEKNIK dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja : PENYULUHAN KECELAKAAN DAN KESELAMATAN KERJA SERTA PERANCANGAN STASIUN KERJA PADA INDUSTRI PERABOT INDUSTRI PERABOT KORONG TALAU 1 USAHA PERABOT 19 JULI DAN 7 AGUSTUS 2011 2 KALI USAHA PERABOT “AMAN” DOKUMENTASI Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.MSi Canra Rahmi Maharani . Nama : RAHMI MAHARANI No.Agustri Bustari . BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.07.

MSi Canra Rahmi Maharani .Agustri Bustari .11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. BP : 0810931005 No Reg KKN : 11.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : WIDYA MARCELENA No.213/TII Jurusan : TEKNIK INDUSTRI Fakultas : TEKNIK dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PEMBUATAN PLAT NAMA KELAS SD NO 17 V KOTO TIMUR SD NO 17 V KOTO TIMUR 60 SISWA 16 JULI DAN 8 AGUSTUS 2011 2 KALI SD NO 17 V KOTO TIMUR DOKUMENTASI Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.08.07. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11. Nama : RAHMI MAHARANI No.

Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.MSi Canra Rahmi Maharani . BP : 0810212065 No Reg KKN : 11.07. Nama : RAHMI MAHARANI No. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.01.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : NOVITA SARI No.243/BDP Jurusan : AGROEKOTEKNOLOGI Fakultas : PERTANIAN dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PENYULUHAN PEMANFAATAN SABUT KELAPA SEBAGAI PUPUK CAIR MASYARAKAT TALAU BEBERAPA PETANI 4 DAN 10 JULI 2011 2 KALI TALAU ATAS ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.Agustri Bustari . 11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.

11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini. Nama : RAHMI MAHARANI No.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : NOVITA SARI No.01.Agustri Bustari .MSi Canra Rahmi Maharani . BP : 0810212065 No Reg KKN : 11.07. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.243/BDP Jurusan : AGROEKOTEKNOLOGI Fakultas : PERTANIAN dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PEMANGKASAN KAKAO PETANI BEBERAPA ORANG 29 AGUSTUS DAN 2 JULI2011 2 KALI TALAU ATAS ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.

11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.286/KIX Jurusan : KIMIA Fakultas : MIPA dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PENYULUHAN SEGITIGA PADA KEMASAN PLASTIK MASYARAKAT TALAU 25 ORANG 21 JULI DAN 5 AGUSTUS 2011 2 KALI TALAU BAWAH ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.Agustri Bustari .05.MSi Canra Rahmi Maharani .124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : DUFANNI YOSFI FAUZI No.07.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini. BP : 0810413077 No Reg KKN : 11. Nama : RAHMI MAHARANI No.

BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.Agustri Bustari .MSi Canra Rahmi Maharani .124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : DUFANNI YOSFI FAUZI No.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.07.11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.05. Nama : RAHMI MAHARANI No.286/KIX Jurusan : KIMIA Fakultas : MIPA dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PEMBUATAN SIRUP COCOPANDAN MASYARAKAT TALAU BEBERAPA ORANG 26 JULI 2011 1 KALI TALAU BAWAH ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. BP : 0810413077 No Reg KKN : 11.

Agustri Bustari .124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : HABIBULLAH No. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.07. 11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.03. BP : 0810512182 No Reg KKN : 11.394/ESP Jurusan : EKONOMI PEMBANGUNAN Fakultas : EKONOMI dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PENYULUHAN PENTINGNYA ORGANISASI DALAM BERMASYARAKAT MASYARAKAT BEBERAPA MASYARAKAT 27 JULI DAN 3 AGUSTUS 2011 2 KALI SURAU KARIANG ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.Msi Canra Rahmi Maharani Formulir KKN 2 (Kegiatan D) . Nama : RAHMI MAHARANI No.

07.03.394/ESP Jurusan : EKONOMI PEMBANGUNAN Fakultas : EKONOMI dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : PENTINGNYA MENABUNG SISWA 60 ORANG 18 JULI 2011 1 KALI SD NO 17 V KOTO TIMU ANGGOTA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. Nama : RAHMI MAHARANI No.Agustri Bustari .Msi Canra Rahmi Maharani . BP : 0810512182 No Reg KKN : 11. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini. 11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : HABIBULLAH No.

BP : 0810832016 No Reg KKN : 11.09.Agustri Bustari . 11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.Formulir KKN 2 (Kegiatan D) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.07. Nama : RAHMI MAHARANI No.Msi Canra Rahmi Maharani .22/POL Jurusan : ILMU POLITIK Fakultas : ISIP dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Nama Program Kerja Sasaran/Peserta Jumlah Sasaran/Peserta Tanggal Pelaksanaan Jumlah KALI Efektif Pelaksanaan Tempat Kegiatan Tugas dan tanggung jawab : : : : : : : LOMBA PIDATO ANTAR WALI KORONG SENAGARI KUDU GANTING WALI MASING-MASING KORONG 10 WALI KORONG 28 JULI 2011 1 KALI KORONG SUNGAI KALU ANGGOTA PELAKSANA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan KKN PPM Unand Tahun 2011 dari : Nama : LISA FEBRIYANTI No.

Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini. Nama : RAHMI MAHARANI No.MSi Canra Rahmi Maharani .07.11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.Agustri Bustari .124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG ISRA MI’RAJ 15 JULI 2011 SURAU TALAU Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.

11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.MSi Canra Rahmi Maharani .124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG ISRA MI’RAJ 22 JULI 2011 MESJID RAYA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11. Nama : RAHMI MAHARANI No.Agustri Bustari .07.Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.

MSi Canra Rahmi Maharani . BP : 0810752018 No Reg KKN : 11. Nama : RAHMI MAHARANI No.Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG GORO SURAU 22 JULI 2011 SURAU TALAU ATAS Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.Agustri Bustari .11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.07.

Nama : RAHMI MAHARANI No.Agustri Bustari .Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.07.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG GORO PUSARO KAUM 29 JULI 2011 PUSARO KAUM Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.MSi Canra Rahmi Maharani .

124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG BATAGAK KUDO-KUDO 24 JULI 2011 RUMAH WARGA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. Nama : RAHMI MAHARANI No. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.MSi Canra Rahmi Maharani .Agustri Bustari .Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.07.

07.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG WIRID MINGGUAN SETIAP HARI KAMIS SURAU TALAU Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. Nama : RAHMI MAHARANI No.11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.MSi Canra Rahmi Maharani .Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.Agustri Bustari .

124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG SILAT MINGGUAN SETIAP HARI SABTU DEPAN RUMAH WARGA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.07.11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.Agustri Bustari .MSi Canra Rahmi Maharani . Nama : RAHMI MAHARANI No.

Agustri Bustari .07.Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG ARISAN KAMPUNG 18 JULI 2011 RUMAH WARGA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.MSi Canra Rahmi Maharani . Nama : RAHMI MAHARANI No. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.

11 Agustus 2011 Diperiksa oleh DPL Diketahui oleh Kepala Jorong/Wali Nagari (cap stempel) Dibuat oleh Drs. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11.Agustri Bustari . Nama : RAHMI MAHARANI No.Formulir KKN 3 (Kegiatan E) SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Saya yang bertanda tangan di bawah ini.07.MSi Canra Rahmi Maharani .124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA dengan ini menyatakan bahwa saya telah melaksanakan kegiatan khusus dalam KKN PPM Unand Tahun 2011 dengan rincian kegiatan sebagai berikut: Jenis Kegiatan Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Tempat Kegiatan : : : : KEGIATAN KORONG SYUKURAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN 24 JULI 2011 RUMAH WARGA Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya Talau.

Kegiatan Tambahan 1. Penyuluhan Imunisasi (1x) 3. Arisan Kampung 8.Batagak Kudo-Kudo 5. BP : 0810752018 No Reg KKN : 11. Penyuluhan SWAMEDIKASI (1x) 5.Goro Surau 3. Penyuluhan PHBS (2x) 2. Kegiatan Khusus 1. Pengenalan Bahasa Jepang (2x) 2.Isra Mikraj (2X) 2.07. Syukuran Menyambut Bulan Ramadhan Jumlah Nilai 21 21 15 1 3 3 3 3 3 Nilai DPL Ket/ Bukti: Surat Pernyataan dll 3 3 3 3 3 3 3 3 1 1 1 1 1 1 1 1 105 . Lomba Pidato Antar Wali Korong (1x) E. Kegiatan Pendukung 1. Penyuluhan Pentingnya Organisasi dalam Bermasyarakat (2x) 12.Wirid Mingguan (4x) 6. Silat Kampung (4x) 7.124/SJP Jurusan : SASTRA JEPANG Fakultas : SASTRA Kegiatan Mahasiswa A. Pengenalan Budaya Jepang (Origami) (2x) 8. Kegiatan Utama 1. Pembuatan Sirup Cocopandan (1x) 11.Rumah Bimbingan Belajar (lebih dari 5) C.Penyuluhan Kecelakaan dan Keselamatan Kerja serta Perancangan Stasiun Kerja pada Industri Perabot (2x) 6. Pengenalan Bahasa Jepang (2x) 9. Penanaman TOGA (2x) 4. Penyuluhan Segitiga Pada Plastik (2x) 10. Pentingnya Menabung (1x) 13.Sensus Penduduk D. Kegiatan Penunjang 1.Goro Pusaro Kaum 4. Pengenalan Budaya Jepang (2x) B.Formulir KKN 4 LEMBARAN PENILAIAN PELAKSANAAN KEGIATAN KKN PPM UNAND 2011 Nama : RAHMI MAHARANI No.Pembuatan Plat Nama Kelas Pada Sekolah Dasar (2x) 7.

MSi Rahmi Maharani .11 Agustus 2011 Dinilai oleh DPL Dibuat oleh Drs.Talau. Agustri Bustari.

Telp/ Hp 085263370925 085274351323 081374424308 081374907070 081363049309 085363798577 081374087014 081266720526 081380780549 082170001411 085263105726 klm 081374973982 15. 4. 12. SHI Yusri. 5. 2.Lampiran 3. Rasyidin Suherna Defni Fias Dt. Nama Nini Arlin. 082169882286 16. 13. S. Bidan Riri Desmawati Bidan desa Kader 082173116698 085274171316 . 10.Hut Lilis Suryani Azhar Chan M. 8. S. 3. 14. Nama-nama Tokoh Masyarakat No. S. 17. 9. 7.Sos Nurdin Chan. 6. Bandaro Basa Panungkek Wirman. 11. Muhammmad Yani Wali Kalu Korong Sg.Sos Canra Syaiful Jabatan Camat Sekretaris Camat Wali Nagari Sekretaris Nagari Ketua Bamus Sekretaris Bamus Ketua LPM Sekretaris LPM Ketua PKK Sekretaris PKK Ketua KAN Sekretaris KAN Wali Korong Talau Wali janiah Korong No.Sos Syafnil Oyon Joni Arifnel. 1. S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful