You are on page 1of 2

E.

Manfaat Vaksin Bagi Kesehatan

Manfaat vaksin dapat dirasakan dalam tiga kategori yaitu secara individu, sosial, dan dalam menunjang sistem kesehatan nasional. Singkatnya, apabila seorang individu telah mendapatkan vaksin maka akan bisa terhindar dari penyakit infeksi yang ganas. Makin banyak individu yang mendapat vaksin, maka akan terjadi penurunan pada angka kesakitan dan kematian. Kekebalan individu ini akan mengakibatkan pemutusan rantai penularan penyakit dari individu ke individu lain lain. Inilah yang disebut keuntungan sosial, karena dalam hal ini anak yang tidak divaksin akan juga terlindung (kekebalan komunitas).1 Menurunnya angka kesakitan akan menurunkan pula biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit, mencegah kematian dan kecacatan yang dapat terjadi yang akan menjadi beban seumur hidup. Dengan mencegah seorang anak dari penyakit infeksi, berarti akan meningkatkan kualitas hidup anak dan meningkatkan daya produktivitasnya kelak.1 Disamping itu, manfaat vaksin dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : 1. Untuk anak, mencegah penderitaan yang disebabkan oleh penyakit, kemungkinan cacat atau kematian. 2. Untuk keluarga, menghilangkan kecemasan dan psikologi pengobatan bila anak sakit. Mendorong pembentukan keluarga apabila orang tua yakin bahwa anaknya akan menjalani masa kanak-kanak yang nyaman. 3. Untuk Negara, memperbaiki tingkat kesehatan, menciptakan bangsa yang kuat dan berakal untuk melanjutkan pembangunan Negara.2

Berbagai pertimbang manfaat vaksin harus memenuhi hal-hal dibawah ini 1. Aman (safety) : Vaksin yang diberikan tidak boleh menimbulkan penyakit. 2. Mempunyai daya proteksi : vaksin yang diberikan harus mampu melindungi penerima vaksin dari patogen. 3. 4. Dapat melindungi penerima vaksin dalam jangka waktu yang lama Mampu menimbulkan netralisasi oleh antibodi yang diberikan.

5. Mampu memberikan proteksi dengan meningkatkan respons imun sekuler terutama pada patogen yang ultraseluler. 6. Cara pemberian yang praktis dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

Tulus. Diakses dari http://id. Ariestuti.3 DAFTAR PUSTAKA 1. jenis vaksin. kontra indikasi. diakses . biaya. Ni Made.com/medicineand-health/2197315-macam-dan-manfaat-vaksin/ . diakses dari http://www. Wayan. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Pengembangan Nasional “Veteran” Jakarta.efek samping. Ebitsaja. diakses pada 30 desember 2011 . Macam dan Manfaat Vaksin. Skripsi. Manfaat. efek samping. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Keikutsertaan Anak Usia 1-3 Tahun Dalam Program Imunisasi Dasar Di RW 07 dan 08 Kelurahan Grogol Kecamatan Limo Kodya Depok Tahun 2008. dan Macam – Macam Immunisasi. Pengertian. 2. 2011. 2008. mudah disimpan.com/pengertian-manfaat-dan-macam-macam-imunisasi pada 30 desember 2011. 2011. dapat dibuat dalam jumlah banyak.wayantulus.shvoong. 3.