TUGAS PENGANTAR ILMU PETERNAKAN DOKUMENTER KEGIATAN BERKURBAN IDUL ADHA 1432 H

A. PRA PEMOTONGAN HEWAN KURBAN

Kebetulan, Idul Adha kali ini berjalan serempak sama se Indonesia, jatuh pada hari Minggu, 6 November 2011. Walaupun hanya mendapat jatah libur sehari, saya pun memaksakan pulang kampung untuk berlebaran bersama keluarga di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Singkat cerita, Idul Adha pun tiba. Tidak terlalu ramai seperti Idul Fitri memang, tapi kemeriahan banyaknya hewan hewan yang akan di kurbankan tetap menjadi daya tarik tersendiri. Dan kebetulan, di samping rumah saya ada seorang warga yang akan berkurban sapi satu ekor. Ini jelas mempermudah pengerjaan tugas dokumenter ini.  Tradisi daerah sekitar Setiap daerah mempunyai tradisi sendiri sendiri dalam

melaksanakan kurban, termasuk di desa saya, Desa Sukamukti Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Disini, proses kurban dibagi menjadi dua bagian, yaitu terpusat, artinya dikelola oleh aparatur desa, dan juga ada yang dikelola mandiri oleh individu masing masing. Terlihat kurang rapih dan terorganisir memang, tapi sampai sekarang belum ada yang terlihat mempermasalahkan sistem tersebut.

semua ikut berbaur senang mengikuti acara saweran ini. acara ini sekaligus membuka rangkaian pemotongan hewan kurban. tak peduli berapa rupiah yang didapat. . Entah apa tujuannya. tua muda. tapi mungkin untuk menarik perhatian warga agar datang.1 Acara saweran Terlihat beberapa warga antusias mengikuti acara saweran ini. laki laki atau perempuan. Dilanjut dengan prosesi doa dan menyiram hewan kurban dengan air kembang tujuh rupa dan memayungi hewan kurban yang akan disebembelih. Gambar 1.Diawali dengan acara saweran.

2 Prosesi siram air tujuh rupa Ritual ini diyakini merupakan peninggalan bebuyutan daerah ini yang harus terus dilestarikan. Selepas itu. . Sebelum pemotongan. air kembang tujuh rupa yang diyakini telah mengandung khasiat doa diguyurkan ke tubuh hewan kurban yang akan segera disembelih.Gambar 1. untaian doa tersebut seolah-olah dimasukkan ke dalam air kembang tujuh rupa yang telah disediakan.

. Sambil mengucap bismillah. Gambar 2. Pemotongan oesophagus/kerongkongan secepatnya setelah pemotongan hewan untuk menghindari keluarnya isi rumen mengotori daging.1 Prosesi pemotongan hewan kurban Penyembelihan dilakukan diatas luang penampungan darah. Tata cara penyembelihan sesuai dengan syariat agama Islam. Pemotongan hewan adalah Ustadz di RT kami. dilanjutkan dengan prosesi pemotongan dan pengulitan hewan kurban.B. PEMOTONGAN HEWAN KURBAN Setelah beberapa ritual sebelum pemotongan. hewan kurban kemudian dipotong melewati saluran kerongkongan(Oesophagus) saluran pernafasan (Trachea) dan saluran urat darah nadi.

Gambar 2. Tradisi di desa kami. Baru daging .2 Prosesi pengulitan hewan kurban Selanjutnya adalah proses pengulitan dan pemotongan daging untuk dibagikan kepada warga. Sapi kurban yang telah disembelih ditelentangkan diatas tatakan. kepala hewan kurban biasanya telah laku dijual karena banyak pemesan yang telah memesan sebelumnya. Sedangkan 1 kaki hewan kurban diberikan kepada ustad yang mengurus kegiatan kurban tersebut. Pengulitan. pengeluaran jeroan hewan kurban dilakukan dengan menggunakan tatakan kayu. baru dikuliti dan dikeluarkan isi perut dan isi badan (jeroan).

1 Prosesi pembungkusan dan pendistribusian daging hewan kurban . Acara dimulai pada pukul 09. Hanya pengulitan saja yang menyewa ahlinya (jagal).00 WIB. Selanjutnya adalah proses pembagian dan pendistribusian daging hewan kurban kepada warga. Penyelenggaraan kegiatan ini ditangani oleh masyarakat setempat di bantu sanak keluarga yang berkurban.beserta bagian yang lain dipotong dan dibagi secara merata kepada para panitia dan warga sekitar. C.00 WIB dan selesai pada pukul 12. Gambar 3. PASCA PEMOTONGAN HEWAN KURBAN Setelah proses pengulitan dan pemotongan selesai.

Proses ini memakan waktu hanya 1 jam. panitia kecil yang telah ditunjuk memotong dan menimbang daging hewan kurban.5 Kg. karena ini berasal dari perorangan.Setelah istirahat sejenak untuk solat duhur. berbeda dengan daging hewan kurban yang keluarga saya terima dari pengelola desa yang beratnya ditaksir mencapai 1. karena memang pendistribusiannya pun tidak terlalu mencakup wilayah yang luas.5 Kg/KK. disepakati bersama bahwa daging yang didapat adalah 0. Setelah dilakukan penghitungan berat daging dan jumlah KK yang ada di RT 21 RW 06. Jumlahnya kecil. pada saat pemotongan hewan kurban sampai kegiatan setelah pemotongan hewan kurban di RT 21/06 Desa Sukamukti Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan . Sekian cerita dokumenter singkat saya untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Peternakan mengenai kegiatan berkurban dari mulai sebelum pemotongan hewan kurban.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful