Cloud Computing

Click to edit Rizqimufidah (2411031002) By: SorayaMaster subtitle style Onny Surya Pratama (2411031012) Yusrizal Hamsyah (2411031042)

4/22/12

Apa itu Cloud Computing? 4/22/12 . perangkat lunak.Cloud computing adalah pengiriman komputasi sebagai layanan bukan produk . dan informasi disediakan untuk komputer dan perangkat lain sebagai utilitas (seperti jaringan listrik) melalui jaringan (biasanya internet). dimana sumber daya bersama.

Tentang Cloud Computing… 4/22/12 . akses data. dimana pengguna akhir mengkonsumsi daya tanpa perlu memahami komponen perangkat atau infrastruktur yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan.Cloud computing menyediakan komputasi. dan layanan penyimpanan yang tidak memerlukan pengguna akhir pengetahuan tentang lokasi fisik dan konfigurasi dari sistem yang memberikan layanan. Parallels untuk konsep ini dapat ditarik dengan jaringan listrik . perangkat lunak.

Tentang Cloud Computing… 4/22/12 .Infrastruktur komputasi awan yang paling terdiri dari pelayanan yang diberikan melalui berbagi data-pusat dan muncul sebagai titik akses tunggal untuk memenuhi kebutuhan komputasi konsumen. Penawaran komersial mungkin diperlukan untuk memenuhi perjanjian tingkat layanan (SLA). namun istilah tertentu kurang sering dinegosiasikan oleh perusahaan kecil.

Komputasi Otonom – Sistem komputer mampu manajemem diri. longgar Karakteristik Saham… ditambah komputer bertindak dalam konser 4/22/12 untuk melakukan tugas yang sangat besar. Client-server model .Suatu bentuk terdistribusi dan komputasi paralel. . Komputasi Grid .Klien-server komputasi mengacu luas pada setiap aplikasi terdistribusi yang membedakan antara penyedia layanan (server) dan pemohon layanan (klien). dimana 'super komputer dan virtual' terdiri dari sekelompok dari jaringan.

sebagai layanan meteran Karakteristik Saham… mirip dengan utilitas umum tradisional. seperti perhitungan dan penyimpanan. statistik industri dan konsumen. Utilitas komputasi – “sumber daya komputasi”. seperti listrik. 4/22/12 . data biasanya curah pengolahan seperti sensus. perencanaan sumber daya perusahaan.komputer Powerfull digunakan terutama oleh organisasiorganisasi besar untuk aplikasi kritis.Mainframe komputer . dan keuangan proses transaksi.

5 Karakteristik Utama Cloud Computing • • Sampai saat ini paradigma cloud computing ini masih berevolusi. vendor TI dan pemeritah/bisnis Berdasarkan NIST. ada 5 kriteria yang harus dipenuhi oleh Broa Measu d red Karakteri netw servic ork stik es acce Cloud ss Computin Resou Rapid rces elastici g Poolin ty 4/22/12 g On Dema nd Self Servic 5 e . masih menjadi subjek perdebatan dikalangan akademisi.

Pengadaan dan . Misalnya dengan mengguna-kan.5 Karakteristik Utama Cloud Computing • Broad Measu netwo red rk servic Karakteri access es stik On Dema nd Self Servic 5 e • Cloud Computin Resour Rapid ces g elastic ity Poolin 4/22/12 g • Pengguna dapat memesan dan mengelola layanan tanpa interaksi manusia dengan penyedia layanan. sebuah portal web dan manajemen antarmuka.

5 Karakteristik Utama Cloud Computing On Dema nd Self Servic 5 e Layanan yang tersedia terhubung melalui jaringan pita lebar. thick client ataupun media lain seperti smartphone Measu red servic es Karakteri stik Cloud ComputinResour Rapid g ces elastic ity Broad netwo rk access Poolin 4/22/12 g . baik menggunakan thin client. terutama untuk dapat diakses secara memadai melalui jaringan internet.

Dengan demikian. setiap permintaan dapat dipenuhi. Yang penting. Mekanisme multi-tenant ini memungkinkan sejumlah sumberdaya komputasi tersebut digunakan secara bersama-sama oleh sejumlah user. dapat dialokasikan secara dinamis untuk kebutuhan pengguna/pelanggan sesuai permintaan.5 Karakteristik Utama Cloud Computing On Dema nd Self Servic 5 e • Measu red servic es elastic ity Karakteri stik Cloud Computin Resour Rapid g ces Poolin g Broad netwo rk access • • 4/22/12 Penyedia layanan cloud. pelanggan tidak perlu tahu bagaimana dan darimana permintaan akan sumberdaya komputasinya dipenuhi oleh penyedia layanan. memberikan layanan melalui sumberdaya yang dikelompokkan di satu atau berbagai lokasi date center yang terdiri dari sejumlah server dengan mekanisme multi-tenant. di mana sumberdaya tersebut baik yang berbentuk fisik maupun virtual. Sumberdaya komputasi ini meliputi media .

Untuk pelanggan sendiri.5 Karakteristik Utama Cloud Computing • • Kapasitas komputasi yang disediakan dapat secara elastis dan cepat disediakan. dengan Measu red servic es elastic ity 4/22/12 stik Cloud Computin Resour Rapid g ces Poolin g On Dema nd Self Servic 5 e Karakteri Broad netwo rk access . baik itu dalam bentuk penambahan ataupun pengurangan kapasitas yang diperlukan.

processor.5 Karakteristik Utama Cloud Computing On Dema nd Self Servic 5 e Sumberdaya cloud yang tersedia harus dapat diatur dan dioptimasi penggunaannya. aktivitas Measu red servic es elastic ity 4/22/12 Karakteri stik Cloud ComputinResour Rapid g ces Poolin g Broad netwo rk access . lebar pita. memory. dengan suatu sistem pengukuran yang dapat mengukur penggunaan dari setiap sumberdaya komputasi yang digunakan (penyimpanan.

4 Deployment Model Infrastruktur Cloud Computing Private Cloud • Infrastruktur layanan cloud dioperasikan hanya untuk sebuah organisasi /perushaaan tertentu Pelanggannya biasanya organisasi dengan skala besar Infrastruktur dapat dikelola sendiri oleh organisasi atau oleh pihak ke-tiga Lokasi bisa on-site atau off-site Community Cloud Public Cloud • • • Hybrid Cloud 4/22/12 .

4 Deployment Model Infrastruktur Cloud Computing Private Cloud • Community Cloud • Dalam model ini. atau tingkat keamanan yang dibutuhkan. Jadi. infrastruktur cloud yang ada bisa di-manage oleh salah satu dari organisasi itu. sebuah infrastruktur cloud digunakan bersama-sama oleh beberapa organisasi yang memiliki kesamaan kepentingan. Dan sama juga dengan private cloud. community cloud ini merupakan "pengembangan terbatas" dari private cloud. Public Cloud Hybrid Cloud 4/22/12 . ataupun juga oleh pihak ketiga. dan lainnya. misalnya dari sisi misinya.

4 Deployment Model Infrastruktur Cloud Computing Private Cloud Community Cloud Public Cloud • Jenis layanan cloud yang disediakan untuk umum atau group perusahaan Layanan disediakan oleh perusahaan penjual layanan cloud • Hybrid Cloud 4/22/12 .

Bahkan lembaga riset bergengsi Gartner Group juga telah menyatakan bahwa Cloud Computing adalah wacana yang tidak boleh dilewatkan oleh seluruh pemangku 4/22/12 kepentingan di dunia TI. tapi dihubungkan oleh suatu teknologi/mekanisme yang memungkinkan portabilitas data dan aplikasi antar cloud itu.4 Deployment Model Infrastruktur Cloud Computing Private Cloud • Merupakan komposisi dari dua atau lebih infrastruktur cloud (private. Misalnya. Menurut lembaga NIST bahwa definisi dan batasan dari Cloud Computing sendiri masih mencari bentuk dan standarnya. Namun semua sepakat bahwa cloud computing akan menjadi masa depan dari dunia komputasi. Sehingga nanti pasarlah yang akan menentukan model mana yang akan bertahan. sehingga alokasi sumberdaya bisa dipertahankan pada level yang optimal. community. • Community Cloud Public Cloud • • Hybrid Cloud . Meskipun secara entitas mereka tetap berdiri sendirisendiri. mekanisme load balancing yang antarcloud. atau public).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful